[JOI Spotlight] Wizard Uno Edition

August 18, 2024 22:15
[JOI Spotlight] Wizard Uno Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada weekend besar nasional ini. Entah kalian di usia atau profesi yang barusan upacara atau sekedar menikmati perayaannya, mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Oshi no Ko S2 07

Kaptain

Episode Akane. Namun saya yakin ada yang protes kalau ini tuh episode Kana. Kana ngelihat akting dia sebagai pemberian jasa, sentimen yang wajar buat artis yang terus dapat kerjaan karena gampang diajak kerja. Tentu aja si istri kedua dan suami nggak mau nerima nih posisi.

BlueHeaven

Kana kelakuannya emang keterlaluan di sini. Sok dewasa padahal masih bocah. Pemikirannya terlalu sempit, makanya selalu perlu dikatrol dulu sama orang biar naik, ngelihat dari perspektif lebih tinggi.

Vtuber Nanda ga 07

Kaczmarek

Ini acara kuis bakal jadi adult-joke dump dan benar aja, kita dipandu sama sosok pecinta binatang. Meanwhile Hareru dengan nipple push demi dapetin Ran di Bandori. Saat gue berpikir Shion bakal jadi anggota ternormal di agensi ini, ternyata enggak. Siapa yg nyuruh Sumire Mohoroshi ngomong “bali ke rahim” di adaptasi ini?

Mayonaka Punch 06

Kaczmarek

Sosok emak yang dimaksud juga aslinya diisi emak-emak 17 tahun. Vibe idol sekolahan entah kenapa kerasa banget di episode ini. Ini si emak dibuat cryptic jadi bingung mau nebak apa setelahnya. Semoga sosoknya nongol beneran pasca ini.

Roshidere 07

Kaczmarek

Ayano is just an animal in the middle of a forest. You’ll find Yuuki and Ayano are tame animal in the middle of it after this episode. Sudah saatnya adu debat sama Sayaka. Ada debut Nonoa jg di episode berikutnya dan technically reunian dua seiyuu MC BTR. Masha meanwhile membuat dirinya juga makin menarik dengan permasalahan permainan karakternya demi mendukung Alya.

BlueHeaven

Bahkan Yuki saja tidak bisa mengimbangi pikiran liar Ayano. Masha dapat spotlight mode onee-san, agak sayang emang harus berkorban kakak demi adik. Ini karakter kacamata kenapa malah nyari ribut tiba-tiba. Agak ga nyaman saya pas nonton adegan ini, kayak terlalu over dramatic buat percakapan dua orang diperhatiin banyak orang.

Gimai Seikatsu 07

Kaczmarek

Episode ini berasa recap sampai Saki bilang bahwa apa yang ia rasakan selama ini adalah kecemburuan. Banyak hal proper yang kena cut tapi ini gak terindahkan demi menjaga atmosfir. Gue demen banget frame 4:3 di bagian flashbacknya serta customized frame saat Saki melihat/membayangkan

Megami no Cafe Terrace 07

Kaczmarek

Episode 7 di berbagai seri sering dipake sebagai fanservice episode seperti onsen, pantai, kolam renang dan lainnya. Terima kasih Seo dan staf adaptasi, yang memastikan penempatan tradisi ini tetap terjaga. Aaaahhhh, ini dia POV dari heroine melihat batang masa depan MC yang tentunya bikin penasaran. Setelah berulang kali melihat dari sisi manapun, sekaligus Hiragiku hampir mengendus atau menggerayangi selangkangan, kita dapet Ami yang dengan mudahnya memegang masa depan Hayato.

Kaptain

Ini kayak momen di game di mana karena poin tiap karakter dah maksimum, event flag mereka pada jalan berderet-deret. Sama kayak onderdil Hayato, ini arc liburan emang dipanjang-panjangin via anggota harem yang ngegosip.

2.5 Jigen No Ririsa 07

Kaczmarek

Gue pikir dua anggota klub itu gak  cukup bikin eksistensi klub manga terjaga, tapi ternyata satu penasihat klub sudah cukup? Pengen liat detail dokumen yg dikasih anggota OSIS bernama Midori itu. Btw, umur 22 dan udah jadi guru home economics itu pencapaian bagus. Jadi gak heran Mayuri-sensei pengen lepas kegiatan non edukatifnya di dunia percosplayeran. Thank goodness, dia masih kontakan sama Eri.

Kaptain

Ini sebenernya ga perlu drama masa lalu kelam. Udah cukup sensei bilang dia gak bisa cosplay karena jualan foto badan bakal bikin akses lapangan kerja lebih kecil. Tapi ya sampe buka mulut kalau dia mau keluar duit buat “akses lebih lanjut” siswi sekolah. Okumura bilang dia ga bisa gambar, tapi ngeliat draft dia udah keliatan kalau dia punya sense buat storyboarding dan struktur.

Masih soal struktur, ini begitu target jangka panjang dan pendek dah jelas emang lebih enak nontonnya.

BlueHeaven

Mayura cukup menghibur dengan perannya sebagai guru pembimbing klub. Ngelihat Eri cukup bikin saya bahagia karena ini NPC sangat mempesona balik cosplaynya sebagai elf atau tanpa cosplay. Hook di ending bagus sih, bikin penasaran kenapa malah dibuang usaha mereka yang kelihatan cukup bagus itu.

Tensura S3 18

Kaczmarek

Arc ini berasa kayak nikahan 7 hari. Gak kelar-kelar dan tiap harinya bikin capek. Tapi kita kayaknya menuju episode terakhir dari festival serta puncaknya melawan hero dan kompatriotnya yang obnoxious af. Sempet kepikiran kenapa Rimuru gak nge-punish Yuuki disini duluan. Kemudian keinget, oh iya belum saatnya memang karena masih ada “arc” lain yang bisa mompa kekesalan terharap Yuuki nantinya.

Monogatari Off/Monster Season 6,5

Kaczmarek

Saat kepikiran ini episode recap, tapi ternyata bukan, dan isinya ½ episode karena kena gocek slot tayangnya bikin episode ini jadi episode spesial. Maaya Sakamoto sendiri yang membaca narasi ini dan menceritakan Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade dari sebelum ia menjadi vampir.

Maougun Saikyou no Majutsushi 08

BlueHeaven

Kirain pasukan penembak bakal keluar epic di perang ini, eh malah dilepas gitu aja. Kalau gitu ngapain pake acara ditahan di episode sebelumnya? Taktiknya juga receh, cuma gantian shift nyerang. Itu kota cuma ada satu sisi tembok? 10 kali lipat pasukan juga taktiknya kocak amet nyerang satu sisi doang. Kalau mau kepung, sekalian lah kepung. Bener-bener ga asik perangnya. Mending saya nonton David OTK Goliath langsung kelar daripada proses sereceh ini.

Isekai Shikkaku 06

BlueHeaven

Tama itu ngelakuan ketololan heroine yang klasik, egois mau nyoba sendiri malah jadi blunder ngorbanin yang nolong dia. Dari musuhnya yang hobi makan, sudah dipastikan head to head sama Sensei bakal menang telak. Itu badan racun semua, dimakan auto berbusa mulutnya. Kegunaan Nier kelihatan gantiin Tama buat tsukkomi sekarang.

Makeine 06

BlueHeaven

Don’t stop cooking, A-1 Pictures! Episodenya Remon dengan ending yang makan effort dan budget ekstra. Gokil emang udah setengah musim kualitas visual tetap di level teratas. Anna itu kayaknya udah settingan anti absen selalu hadir tiap episode. Doi tipikal side chara yang enak sih kalau lagi ga ngambil lead role. Sejauh ini jokes kalori dan IQnya masih menghibur, tetapi mungkin ke depannya bisa lebih diekspos karakter lain biar lebih imbang aja porsinya.

Atri 06

BlueHeaven

One sweep and go! Satu karakter baru yang dimunculin langsung menunaikan tugasnya dengan baik. Dari end point episode kemarin bisa dapet momen di ending episode ini sih GG abis sih tata episodenya. Siapa sangka dari awalnya main detektif cinta ala-ala komedi, dieksekusi ke plot serius ngehadirin masa lalu dan jawabannya sekaligus. Ini mah fix Atri masuk jajaran top 5 versi saya di musim ini.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 06

BlueHeaven

Ah, yes… Sion itu kayak anak nakal yang pengen perhatian dari idolanya. Cuma ya caranya malah jahilin bukan support macam Collette. Bisa dipahami sih karena statusnya mungkin dan pridenya ketinggian, tapi cukup understable emosinya memuncak walau eksekusinya masih badut. Minggu depan baru bisa lawan real Julius asli yang pakai cara kage bunshin buat tahan tim lain. 1 vs 3 mungkin kelihatan ga adil, tapi kita udah tahu 2 kroco di tim Julius ga perlu dianggap lawan.

Girls Frontline

Kaptain

Penutup subplot Hume dan dengan ini produksi Nyto udah berhenti total. Jujur kalau dah main Reverse Collapse jadi jauh lebih gampang mahamin konsep sci-finya berhubung ketika ngeliat prototype tech yang baru terealisasi di tuh game.  Ini emang efektif pake ingatan kabur Erma buat perspektif sejarah ngeliat HMTK juga bilang kalau Erma cuma inget sisi baik Hume. Jadi panjang skrip bisa diteken dan pemain bisa ngambil kesimpulan sendiri. Yang penting ini emotional arc bisa ngena semua walau saya yakin ada yang nggak sreg sama kesimpulan fatalistik Erma.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: bread_forbidden