[JOI Spotlight] Not A Goodbye Edition

September 22, 2024 22:20
[JOI Spotlight] Not A Goodbye Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya tiba di minggu di mana berbagai seri kelar penayangannya. Seperti biasa mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

Oshi no Ko S2 11

Kaptain

Kana ga boleh dapet episode yang murni buat dia aja. Tentu aja Akane langsung sadar soal loophole kesimpulan Aqua jadi tinggal masalah waktu aja sampe dia nyadar sendiri. Kalaupun penonton masih ga nangkep juga itu di adegan akhir karakter yang relevan langsung nongol.

BlueHeaven

Ini kan yang diinginkan para wanita kalau ngedate? Kurang perfect apa eksekusi Aqua buat escort seharian Shikanoko? At the end, Akane tetap yang paling mencuri spotlight dengan perkataan nyes. Emang cewek cantik ditambah cerdas mantap kombinasinya, we got cowok idaman plus cewe idaman dalam 1 episode, emang pantas mereka jadian.

Shikanoko 12 (End)

Kaptain

Seri dengan hype terbesar musim ini. Yang secara praktis keredam banget begitu tayang ngeliat joke-nya juga banyak melesetnya dibanding kenanya. But yeah saya juga yakin ini produksinya bisa cuan via promosi pariwisata yang dibanterin di episode akhir ini. Pada akhirnya efek paling ged nih proyek ya lagu opening dan trailer klip tanpa konteks sebelum tayangnya.

Megami no Cafe Terrace 24 (End)

Kaptain

Masih soal mandat, ini Seo Kouji masih belagu aja pake fakeout truk. Emang keputusan berani sih mangkas cast dan secara praktis juga ini Familia lebih stabil kalau cuma perlu ngurus 3 rival + 1 karakter guyonan. Ini emang tipe anime yang dosis tayangnya perlu rendah buar ga ngeselin jadi ya ga masalah deh kalo baliknya lama.

Kaczmarek

Ini gue terbelah keputusannya karena kalau dilanjutin pengennya pake cara TWGOK, tapi di satu sisi realistisnya gak usah dilanjutin karena manga-nya dari sini sampe chapter terakhir masih ngalor-ngidul bgt. 2 musim cukup lah Seo. Cukup ye gausah pake truk-trukan segala busetdah.

VTuber Nanda Ga 11

Kaczmarek

Konser diterima dan alasan kenapa Hareru akhirnya keluar kandang juga terdengarkan. TBH ini duo aslinya udah punya radio show sendiri jadi materialnya gak perlu butuh waktu tambahan untuk dibaca. Ini cukup aneh/unik, tapi bikin doujin sebagai revenge itu ada sisi menariknya dari pihak korban.

Roshidere 12 (Season 2 confirmed!)

Kaczmarek

Klimaks pertama dari perjalanan Alya dan Kuze selesai. Momen dimana Yuki harus bertekuk lutut karena Kuze sudah main taktik rekonsiliasi dengan Nonoa dan Sayaka. Momen Yuki kena gertak kakak sendiri udah bikin debat ini bisa ditebak hasilnya.

BlueHeaven

Momen ketika paslon satu bawa proker, eh paslon dua ngasih janji kosong tanpa bukti plus pamer backingan. Di sisi lain saya paham Alya lebih sincere buat pemilihan ketos ini, di sisi lainnya saya agak risih dengan caranya menangin suara dengan cara gini. Sayang banget emang Yuki terlalu basic pidatonya, ditambah Ayano ga bantu sama sekali omongannya, cuma dianggap cakep doang ini wakilnya Yuki.

Gimai Seikatsu 12 (End)

Kaczmarek

Jalan berduri yg bakal dilaluin Saki dan Yuuta dimulai dari sini. Di satu sisi pengen ada cour terbaru karena momen disinilah hubungan keduanya bakal dicampuradukan dengan berbagai faktor kehidupan. Apalagi momen dimana keduanya ngaku ke Maya, ini si redhead pasti kegirangan banget. S2 required for this series for sure, especially from the same director of “Sasaki to Miyano”  which he did get sequel project for that in OVA and movie format.

Hazure Waku 11

Kaczmarek

Salah ngitung episode di spotlight sebelumnya, we are sorry for that. Ini episode menyambut kembalinya excessive 3DCG karena monsternya juga makin kompleks wujudnya. Agaknya disini kualitas cerita bisa naik lagi tapi momen itu baru ada setelah mereka sampai tempat witch. Meanwhile, gue ampe gak kepikiran sama temen sekelas Touka lagi sejak Seras sadar sama perasaannya.

BlueHeaven

Ayy full CGI goes brrrrr… Udah sampah parah hampir semua temannya Touka, Kalau si macan mati sih makin tambah jengkel buat nontonin bagian kelompok yuusha tampil. Seri ini ketolong Seras yang ga pernah alpa di tiap episode sejak kemunculannya.

2.5 Jigen no Ririsa 12

Kaczmarek

Jir ketua OSIS-nya bener-bener jadi idaman. Jujur aja nonton/baca ini karena Mayuri, tapi karena author mengarahkan dia ke arah lain daripada jadi kandidat, akhirnya menaruh ekspektasi sebelumnya keluar jendela. “Proyek ginian kok dapet 2 cour?”, coba tanya langsung ke Tatsurou Hayashi yg jadi exec. Producer (bukan produser doang) adaptasi ini. FYI doi jadi salah satu alasan kenapa Spy x Family, Kaguya, dan Jujutsu dapet banyak cour.

BlueHeaven

Sama, saya juga kesesem sama ketosnya. Pengertian dan agak polos. Who knows kalau doi jadi cosplayer jadi tambah jos. Ini solusi buat harta karunnya apa cuma ada opsi dibakar? Terlalu serius Okumura buat taatin terms and conditions dari OSIS.

Tensura S3 23

Kaczmarek

Promosi dungeon kelar, tapi yg bakal jadi puncak bukan adu pedang atau sihir di musim ini. Tapi penagihan progres wkwkwk. Yep acara selesai sekarang vendor-vendor mulai menagih Rimuru soal progres serta meminta invoice dari tim EO/budget Tempest. Pesen Dryadnya satu boleh gak sih? Apalagi yg terakhir itu.

Monogatari Monster/Off Season 10

Kaczmarek

I suppose the time has finally come for me to talk about that

Basically alasan kenapa ada monster/off season.

I mean, ini episode yang bisa mengubah masa depan Araragi sendiri terutama sangkut pautnya Shinobu sama Suicide Master di dunia modern. Kehadiran atau lebih tepatnya kembalinya Suicide Master sudah ada peluangnya sejak Kizu ditulis. Nisio baru ngarahin lampu pembaca kesana, tanpa mengurangi penerangan di bagian sebelumnya.

Fwip. Ya Ononoki, pasti ada alasan tiap lu dateng ke Araragi. Tbh, Mayoi lu kudu berubah ke versi Onee-san deh biar aman dimata orang-orang ini. Beruntung Suicide-Master gak dalam situasi buron, tapi malah dalam kondisi butuh bantuan. Also, KATANAGATARIIIIII!!

Makeine 11

Kaczmarek

Finally bukan skenario apa yg diinginkan heroine yg jadi jalan keluar. Namun dibelokan sedikit sama NKMZ untuk menyadarkan Chika terkait situasinya. Oh NKMZ, kalimat lu di chat grup itu bikin baper asli. Gak heran Lemon sama Anna ngasih kritik pedas wkwkw. Episode terakhir jadi episode original dari authornya sendiri. Entah ini jadi wrapped-up original yg berbeda dengan novelnya atau filler semi-wrapped-up yg masih canon sama novelnya.

BlueHeaven

Konflik yang bikin progress buat chara development Komari. Selesai sudah 3 volume ngebahas ketiga make heroine. Sejauh ini seri ini cukup baik dalam menampilkan 11 episode dibagi ke jatah banyak karakter. Basori aja yang tampil di belakang dapat perhatian besar dari fans. Episode 12 original semoga bukan jadi ending anime no sekuel. Itu bahan buat season 2 harusnya ready to adapt.

Kaptain

Saat penulis sumber materi bilang dia bakal kontribusi materi orisinal, ini antara endgame seri bakal dibocorin atau nuntut penonton buat beli dan baca novelnya. Kita liat bakal jatoh di mana.

Nige Jouzu no Wakagimi 11

Kaptain

Misi diplomatik. Selama ini emang Tokiyuki bisa diandalin buat kabur secara individu dan kali ini sebagai pimpinan dia harus bisa mimpin evakuasi. Sadamune emang masih seorang tiran tapi ga kayak si atasan, minimal dia ngerti mayat ga bisa dipajakin. Masih soal hindsight, ini juga si author kukuh banget nekanin kalau generasi yang akan datang ga peduli sama kehormatan orang mati.

I Parry Everything 12 (End)

BlueHeaven

Ide simple, eksekusi elit. Great closing buat seri yang receh banget konsepnya. Saya suka dengan gimana anime ini ngasih flashbacknya membuat cerita ini jadi completed series. Dari POV per karakter, penonton dibuat paham dengan cerita ini luar dalam. Di luar dari Noor yang ga peka, ceritanya masih menyimpan beragam potensi buat konflik melebar. Impresi saya seharusnya cukup untuk menggambarkan kalau anime ini berada di top 10 musim ini versi saya.

Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru 12

BlueHeaven

Saya coba kejar seri yang saya ketinggalan, salah satunya ini. Di marathon asyik juga, cuma ternyata belum tamat. Ngasih last boss yang setara pastinya jadi finale yang bagus buat 1 cour. Cuma 20 menit untuk konklusi masih jauh dengan sisa cerita yang ada di episode 12.

Atri 11

BlueHeaven

Masalah baterai ini banyak flawnya dari segi plot, cuma episode ini bisa menambal major holenya dengan baik bahkan langsung one hit done. Bisa-bisanya ngasih konflik yang disangka jadi last turnabout, kalau mereka bisa kasih one final push for surprise bukan tidak mungkin Atri bakal jadi salah satu yang terbaik di musim ini dari segi ending.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 11

BlueHeaven

Selalu ciamik animasinya kalau Will lagi aksi. Titling drop ini ya jatuhnya, dikeluarin lewat ultimate move setelah banyak ulti yang gagal. Script writer jadi staff yang layak saya mention, dialog dan monolognya punya nyawa ditambah shounen banget vibe yang dibuild. Sudah ga perlu ditutup lagi itu Rosti adalah Elfie, masih kurang jelas apa leaknya.

Isekai Yururi Kikou 12 (End)

BlueHeaven

Mau dibilang ga ada konflik, secara teoritis masih ada walau dalam batin. Emang anime ini child friendly, jadi ga bakal ada hal serius yang mau jadi bahasannya. Soal perpisahan gini aja jadi last spurtnya udah make sense, sih. Cuma buat kamu yang suka thrill, ya emang ga bakal cocok sama hal receh beginian. Closingnya juga masih belum nutup sempurna karena dipanggil raja itu nagih buat aksi selanjutnya, ga ideal buat jadi momen pamungkas.

Isekai Shikkaku 11

BlueHeaven

Episode 11 berakhir dengan selesainya arc kakak adik. Touching story, what else? Sisa 1 episode itu yang bakal jadi hal yang menarik mau dibikin gimana endingnya. Berasa jadi NPC kayak Nukumizu, si Senseinya kalau di arc beginian. Ayolah, sudah terlalu banyak durasi habis buat karakter sekali lewat, masalah Sensei kalau diangkat pasti seru.

NieR Automata S2 11

Kaptain

Oh no saya kecepetan komentar soal si kembar, this is somehow worse. Here’s the thing soal kebenaran dibalik Yorha, di postgame ada karakter yang “ngurus” informasi ini namun ga selamat di timeline ini. Ini jadi ini bener-bener timeline mati.

Cuma ada satu dari dua protag kita yang bisa menang. Saya penasaran gimana caranya nih anime bikin lebih tragis lagi.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: gurumie1229