[JOI Spotlight] 142 CM Edition

September 29, 2024 21:07
[JOI Spotlight] 142 CM Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup September dan mayoritas seri musim panas. Seperti biasa staf Jurnal Otaku siap memberi impresi untuk seri yang hadir di minggu ini.

Kinnikuman Perfect Origin 11 (Cour End)

Kaptain

Lanjut lagi Januari. Seperti biasa nulis buat formalitas seri yang underwatched ini. Karena emang ini lebih ditujuin buat fans lama dan buat pasar lokal juga siapa sih yang masih inget penayangan pas sore hari di Indosiar dulu. Big men with big feelings dan special move yang spektakuler, itu aja eksekusi yang dipentingin nih proyek dan saya bilang tiap minggunya saya bisa dipuasin dua hal itu.

Oshi no Ko S2 12

Kaptain

Cara terburuk buat reuni, Ruby yang ga dapet efek penuh dari kematian Ai sekarang dapet paket penuhnya via pertemuan ini. I mean yeah, Akane emang punya blind spot total soal aspek supernatural nih cerita, jadi kali ini dia ngambil kesimpulan gak tepat soal si kembar.

Kaczmarek

Akane ngefangirling Kana sepanjang episode jadi kado dibalik momen Ruby dapet staringan.

BlueHeaven

Episode yang dibuat dengan pintar, jadi penonton dikasih foreshadow from the past ditambah key item pemberian Sarina terakhir ke Gojo. Dapet banget momennya dan khas Oshi no Ko nutup episodenya itu ngena banget.

Spice and Wolf Remake 25 (End, but continues to 2nd season)

Kaczmarek

Penny drop. Terima kasih untuk komite untuk lanjutin ini ke musim kedua karena sosok misterius sedari awal itu belum juga terungkap. Remake yang beruntungnya masih berkeyakinan dengan sumber orisinalnya. Gak cuma plak-plek-plak ambil intinya aja trus ditambahin filler remah-remah biskuit kesukaannya Holo. 9/10.

Hazure Waku 12 (End)

Kaczmarek

Finally trash ini berakhir. Gue gatau apa yang terjadi di dapur produksi ini seri, tapi gue nebak art directornya nganggep kombinasi background dan main framenya udah sesuai standar. Fuckin hell no. Jangan tanya soal switching-CG dari 2D dan 3D disini gak ada alus-alusnya. Momen terbaik hanya dari non-battle, dan itu ketolong seiyuu dan sound directionnya. Anyway, 5,5/10. Sekali lagi, nonton ini cuma karena Seras. Failure Frame, lived up the name.

Tensura S3 24 (End, but OVA + S4 in production)

Kaczmarek

Sisa arc diubah jadi OVA. Musim rapat ini akhirnya kelar dan banyak hal yang dibuka termasuk masalah Yuuki yg jadi highlight utama rapat penutupan. Gak bisa hubungan Yuuki-Rimuru ini sebagai Love-Hate, lebih mirip kayak musuh dalam selimut. Seenggaknya arc festival ini bikin Yuuki sedikit mundur dari ngerecokin Rimuru seperti di arc-arc sebelumnya. Namun bukan berarti ancaman darinya mengendur untuk masa depan, terutama Rimuru udah menyadari motifnya.

BlueHeaven

Agak kurang buat bisa ngerti kenapa Rimuru bisa dapat konklusi Yuuki sebagai musuh. Dua puluh empat episode dengan seabrek durasi dihabiskan dalam format rapat, understandable tapi buat saya ini masih lebih enjoyable dari mid isekai di luar sana yang pakai template basi. Ayo adu sini mana seri yang paling rapat sepanjang sejarah anime!

2.5 Jigen no Ririsa 13

Kaczmarek

Okumura tolong sembuhin ini anak yang kayaknya butuh lebih dari ajakan ngobrol. Tapi tahu sendiri situasinya mereka gak bersama, dan di momen ini aja mereka bertemu karena ada event. Demen ngeliat Mayuri udah gak ngerem lagi disini, tapi harus ngerem saat Ririsa hampir ngebongkar situasinya ke Nagomi.

BlueHeaven

I have no enemies diterapkan buat bocah polos yang pakai kustom serba terbuka. Aduhai Liliel ada berapa versi coba, emang konsisten banget buat cinta mati sama satu chara.

Hitoribocchi no Isekai Kouryaku 01

What’s this?

Pentingnya membaca Arifureta sebelum menuju isekai

Kaczmarek

Downside dari sebelum tayang disini cuma desain karakter MC, heroine, side-chara dan mobnya sulit dibedakan. Ditambah ini proyek dua studio animasi, Passione dan Hayabusa Film. Nama terakhir belum proven untuk ngeimbangin expertisenya Passione. Semoga per episodenya gak jomplang kualitasnya. Goodsidenya, Haruka Shiraishi lagi jadi salah satu seiyuu heroine-nya. Ini seiyuu-nya Chiyoko tiap musimnya kayaknya dapet role heroine di seri isekai atau fantasy. Karena ini ensemble cast, ngumumin seabrek karakter serta seiyuu-nya jadi hal lumrah. Jangan kaget treatment ini adaptasi bakal kayak Dead Mount Death Play. Also, visual pertama ini adaptasi kenapa kayak cover JAV 100 vs. 1 actress.

BlueHeaven

Is this Isekai Nonbiri Nouka with Arifureta settings?

Monogatari Series Off/Monster Season 11

Kaczmarek

Sedari awal kita tahu jawaban dari masalah ini adalah darah Acerola Hime daripada darah orang lain dari kolam neraka. Tapi karena tujuan asli Araragi berubah dari neraka ke surga, jawaban utamanya akhirnya terjawab. Ini sebenernya kepikiran juga kenapa gak Shinobu aja yang ngasih darahnya ke Suicide-Master. Tapi pilihan itu langsung dibantahkan Acerola karena jiwa manusianya sudah berpisah dengan badannya yg bergerak atas nama Kiss-Shot.

Araragi untung besar di episode ini. Setelah dapet darah via mulut dari Acerola (technically ciuman), kemudian mentransfer ke Suicide-master via mulut lagi. Ditambah adegan nangis-nangis berpelukan dua makhluk non manusia ini. Gaen untungnya gak ikutan. Lebih parahnya, Kagenui mau dateng. Ini kudu diselesain secepatnya sebelum itu makhluk-yg-gak-bisa-nyentuh-tanah mengaplikasikan solusi lain dari kasus mumi ini.

Nige Jouzu no Wakagimi 12 (End)

Kaptain

Ada yang bilang ini split cour tapi saat artikel ditulis ga ada pengumuman dari akun resmi. Evakuasi berhasil dan ini keputusan bagus ngebiarin pimpinan yang ga kompeten hidup karena seperti yang dibilang, ini kegagalan perang sepenuhnya salah pemimpin yang payah.

Masih obsesi soal bikin penonton ngambil pelajaran yang bener, klan Hoshina tetep hidup sampe era Meiji karena lebih mentingin keselamatan dibanding kehormatan.

NieR:Automata S2 12 (End)

Kaptain

Informasi baru eksklusif dari nih adaptasi. 1. Yang nyelametin A2 dari tower tuh Accord 2. Di segmen Hex code, bencana yang diomongin tuh antara kedua protag yang berhasil selamat atau kekuatan yang bikin mereka tetep hidup. Karena walaupun ini itungannya worst timeline, 2B & 9S tetap hidup jadi semacam stable timeloop udah kebentuk.

Cukup kompeten buat anime adaptasi game. Kurang lebih bisa muatin mayoritas konten Automata dan pendukungnya, walaupun konten Reincarnation ga kesampean. Jadi sebenernya yang udah ngelahap semua konten nih seri cuma butuh episode akhir ini aja buat klarifikasi terakhir.

Make Heroine ga Oosugiru 12 (End)

Kaptain

Nyambung ke komentar saya di minggu lalu, episode orisinal ini jatoh di “draft soal endgame nih seri”. Sesuai judul, fokus kembali ke heroine yang ga bisa move on sampe di mimpi aja kena NTR. Saya masih megang opini kalau nih anime banyak keangkat sama kualitas produksinya yang ngebuat nih musim ga punya episode lemah.

Saya ga bilang sumber materinya jelek. Lebih akuratnya ya fungsional sebagai sebuah cerita romcom.

Kaczmarek

Mereka nge-double-down deritanya Anna dengan adegan paling menjijikan di minggu ini dari Sousuke dan Karen. Gue gak menyalahkan pasangan ini, tapi ke Sayo yang menikmati pertujukan yang dia siapin dari awal. Jadi intinya, permintaan tolong Anna ke NKMZ resmi dituntaskan di episode ini. Terburuknya, Anna lagi yang kena L karena make pengandaian.

BlueHeaven

Episode original yang bisa munculin beberapa scene yang kepotong di 11 episode sebelumnya, salah satunya omongan Basori soal empat pita di seragam. Saya cukup wow setelah nonton episode ini, dikiranya bakal all out all chara tapi itu senpai dari literature club ga muncul sama sekali. Hampir semua karakter yang berpartisipasi dalam episode ini keluar daya tariknya, kecuali two of our main losing heroine: Komari dan Yakishio. Directornya ngasih satu momen ambigu sengaja buat ngasih lihat jagoannya dapet supremacy di episode akhir. Positive thinking aja, kayak di waktu persiapan festival, mereka ga ada sama sekali hal romansa yang berkibar. Buktinya NKMZ ga ada blush sama sekali, mana mungkin cowo biasa aja kalau dikasih momen romansa sedekat itu? The race still goes on #KTBFFH (Keep Tiara Basori Flag Flying High)

Giji Harem 12 (End)

BlueHeaven

Saya baru bisa ngejar seri ini tamat di minggu ini. Episode terakhir Giji Harem cukup membekas karena timeline di anime ini agak rushed. Momen kayak hanabi aja harus dua kali baru berasa romancenya. Emang anime ini dibuat karena ada kewajiban buat show off skill seiyuu dalam multi peran di satu karakter. Kalau plotnya disusun lebih rapi pasti bakal lebih bagus lagi anime ini jatuhnya.

Katsute Mahou Shoujo to Aku wa Tekitai shiteita 12 (End)

BlueHeaven

Iya, ini seri pendek banget, cuma nyeritain hal yang berulang dengan sedikit progress, setidaknya itu yang ada di atas kertas teori. Meski demikian, saya dapat rasa sedihnya pas last framenya mencatutkan kata “end less”. Kita ga bakal tahu gimana ending dari seri ini karena authornya, Fujiwara Cocoa sudah berpulang. Ini yang bikin sedih dan yang buat anime benar-benar tahu menghargai jasa author. What a journey even though this is not an adventure.

Shinmai Ossan Boukensha 12 (End)

BlueHeaven

Simple tapi Record of Ragnarok ga bisa. Adu jotos kayak gini emang asik banget buat jadi finale. Dari segi action emang anime ini boleh dibilang bagus, cuma buat bakal lanjutan saya lebih milih seri yang ada parrynya karena materinya serta visual lebih menjanjikan. Still, this series got higher score, jadi impresi menang banyakan suara yang unggul.

Isekai Shikkaku 12 (End)

BlueHeaven

Satu episode dan itu cukup untuk eksekusi closing ciamik dari seri yang mengcarry subgenre isekai di musim ini. Perjalanan yang bagus meski banyak ngasih spotlight ke mob yang numpang lewat. Pertemuan semenit dengan Saa-chan concludes everything in this season. Berharap ada musim kedua, cuma seri ini masih belum bisa dikatakan layak selama belum meraup cuan dari hasil sales.

Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru 13 (End)

BlueHeaven

Kalau seri di atas pintar dalam closing, seri ini jelek banget dalam closingnya. Asli bukan episode terakhir yang ideal, ga ada yang bisa dikatakan kelar. Yang eksplorasi dungeon di bawah masih bertarung phase kedua, yang di atas cuma soal Nikola diusir terus niat balik. Mau dikatakan gantung juga ga cocok, mau dibilang promosi sumber asli juga ga ada appealnya, ini murni unfinished business, jauh dari kata selesai. Kalau mereka ga bikin season 2, kebobrokan ini bakal tertinggal terus sampai dapat kejelasan.

The Fable 25 (End)

BlueHeaven

Fable ini dibagi 2 arc, dan 2 arc itu diselesaikan tuntas dalam 25 episode. Tiap arc ganti heroine, tapi main heroine tetap jatuh ke gadis pertama. Bisa lihat aksi Yoko emang menghibur banget sih. Sayang ga ada bahan ditampilkan untuk sekuel. Mau tamat di sini pun saya ga masalah karena awalnya saya cuma expect ini hiburan selingan di tengah banyak anime fantasi. Cuma itu seri Jackal aja dilanjutin, masa Fable ga terus?

Atri 12

BlueHeaven

Ah, saya disegarkan dengan memori ending Atri dari spoiler beberapa tahun lalu. One final twist, siapa sangka Nonko jadi antagonisnya di terakhir. Keputusan berat dan it is already decided. Minggu depan kita bakal banjir ria dengan isak tangis.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 12 (To Be Continued)

BlueHeaven

Lihanna dapat julukan baru dari Miss Perfect jadi Hungry Knight. Sengaja dikasih gap moe di sini setelah kelar. Pengenalan materi season 2 juga pas di ending meski ada sedikit deus ex machina. Korban jiwa hanya memakan 11 professor yang disebut, ga ada siswa yang kehilangan nyawa agak tanda tanya karena kasus ini harusnya makan korban lebih banyak. Ya kali kalau misal partynya Will ga ditolong tepat waktu cuma mereka yang jadi korban jiwa di pihak siswa. Musim kedua harusnya lebih gelap dan berdarah dari sekadar insiden ini.

Girls Frontline

Kaptain

Bener-bener event filler ngeliat cuma ada 3 menit cerita aja. Kesannya kayak ada map yang ga kepake terus didaur ulang buat ini. Anyway prereg buat GFL2 dah nongol dan dari tanggal placeholder antara awal Desember atau akhir November rilis penuhnya. Sini estimasi Oktober bakal ada close beta.

Neural Cloud

Kaptain

Jadi setelah nyampe AI2, cara kerja Darkstar tuh Skill bar penuh>langsung menang. Bukan unit murah emang karena ga hanyak limited, dia juga butuh unit pendukung macem Turing & Puzzle. Lucu aja nih main mode ”ranking” bisa cukup buat ngebuka semua cerita. Seperti biasa ini pelan mainnya buat ngumpulin buff dulu.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: nemuri_gbng