[JOI Spotlight] Entering Fall Season 2024

October 6, 2024 20:39
[JOI Spotlight] Entering Fall Season 2024

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menyambut blok musim gugur ini. Seperti biasa staf Jurnal Otaku masih mengumpulkan seri untuk ditonton dan saya bilang kita nggak kekurangan seri Fantasi RPG di musim ini.

Amagami-san chi no Enmusubi 01

What’s this?

Bukan Amagami yang dulu.

Kaptain

Duit proyeknya ada jadi kualitas produksi nih episode cukup solid, walau jelas banget heroine tertentu dapet lebih banyak jatah. Setting yang lebih rural juga nilai tambah buat saya.

BlueHeaven

Harem lite pack. Tiga heroine sudah cukup untuk memenuhi standar seri tipe begini. Sedikit perdebatan soal kepercayaan buat tegasin seri ini punya latar shrine meski banyak unsur ecchi sepanjang perjalanan. Naitou benar-benar belajar dari gurunya gimana cara bikin seri harem yang menarik, setidaknya cara intronya agak mirip ditambah desain karakter yang 11-12 kayak Go Toubun.

Kaczmarek

Kriminal Sumippe ada disini dan juga di Tenpuru. Dua-duanya juga bukan karakter yg tipikalnya dia juga, jadi makin tebal pertanyaan ‘mengapa’ gue.

Dandandan 01

What’s this?

Versi Anime Regular Show

Kaptain

Tayang di Muse Asia. Big Hitter musim ini. Salah satu manga yang punya kualitas animasi yang lebih bagus daripada kebanyakan anime dan untungnya studio Saru mampu ngasih nilai tambah ke nih proyek ngeliat konflik awal sama Turbo Granny lebih bagusan.

Lucu aja sih Okarun masih pake flip phone tapi presiden di majalah udah kena update.

Trillion Game 01-02

What’s this?

Kaptain

Buatan Riichiro Inagaki, jadi beberapa karakter walaupun namanya beda templatenya masih sama kayak karya dia sebelumnya. Untung aja ini tayang dua episode langsung karena episode pertamanya tuh ga bagus buat ngenalin premisnya: “Selling Nothing for Everything”, versi sopan dari “Orang kayak Masayoshi Son tuh banyak, scam away.”  

But yeah, start-up udah ga dibuat sama engineer yang nemu masalah dan bikin solusi buat diduitin. Adanya juga kompetisi buat siapa yang paling jago ngejilat orang tua yang kebanyakan duit. Berita bagusnya ya tim kita ada dua orang itu.

Nageki no Bourei 01

What’s this?

Pensiun dini itu impian

Kaczmarek

Hal pertama yg jadi perhatian menarik tentunya desainnya Tino. Timeline gue di awal minggu ini penuh sama ini karakter. Ini situasinya di guild sudah tertata rapi tapi masih jadi fasadnya aja. Belum bisa nebak diarahin kemana situasi ini ke arah adventure unless kita fokus ke Tino, Rhuda, Gilbert, sama Greg.

BlueHeaven

Tino udah cukup jadi alasan nonton anime ini. Sebenarnya idenya cukup appealing, tetapi seri salah paham udah mulai banyak dan hampir selalu di setiap musim. Makanya pas ngelist seri rekomendasi fall, saya ga masukin anime ini. Harap aja saya salah ga input anime ini.

Rekishi ni Nokoru Akujo ni Naru zo 01

What’s this?

(Not) being seriously become a antagonist

Kaczmarek

Alicia mencoba lebih dari antagonis biasa seperti tipikal seri “Akuyaku Reijou” lainnya. Ini seri disutradarin sama Yuuji Yanase yg secara teknis sutradara permanen di Maho Film. Sampe sekarang, studio dan Yuuji sendiri gak terlalu bikin gue “wah adaptasinya bagus”.

BlueHeaven

Baru episode 1 dan udah tahu ini bakalan standard kualitasnya. Doain aja ga jatuh ke kategori jelek banget. Meski idenya mencoba berbeda dari seri Akuyaku Reijou lainnya, still esensinya masih sama. Ga ada bedanya kayak nonton seri Akuyaku Reijou seperti biasa.

Hitoribocchi no Isekai Kouryaku 02

Kaczmarek

Ngebantuin Nerd-group, dan ngasih wejangan untuk pindah ke pemukiman emang jadi keputusan terbaik. Ini hidupnya Haruka bakal jadi tulang punggung temen-temennya sampai ada salah satu dari mereka pengen tetep melekat bareng dia. Lu bisa nebak siapa, dan peningkatan visual di episode kedua ini bisa jadi petunjuk penonton siapa yg bakal jadi pendampingnya Haruka.

BlueHeaven

Sudah waktunya memulai harem di isekai. Ga butuh lama buat si bocchi dapat interaksi dan itu langsung bejibun. Skill yang bikin grup gyaru manut boleh juga. Bisa dipakai buat plot bahaya nih.

DanMachi S5 01

What’s this?

Season for Freya’s food

Kaczmarek

Mungkin satu-satunya seri musim ini yang saya suruh penontonnya SKIP animasi openingnya karena ada spoiler. Ryu vs. Syr (+ Freya) demi dapetin Bell. Kedua pihak tentunya punya kapasitas berbeda untuk manfaatin Bell. Lebihnya di sisi Syr yg sudah mulai ditunjukin hubungannya ke Freya Familia. Andaikan Bell dicaplok Freya, entah bakal seganas apa nantinya Ryu sendiri. Dapet highlight jg beberapa anggota inti Freya yg sebelumnya cuma jadi kameo.

Sayonara Ryuusei, Konnichiwa Jinsei 01

What’s this?

Isekai Nonbiri Nouka Spinoff

Kaczmarek

Dari naga jadi manusia dan hidup lagi di dunia fantasy. Gue ngasih tebakan ini lebih ke coming-of-age story daripada breakthrough-boundary. Also, agak aneh ngeliat Ayaka Oohashi ngisi karakter stoic macam Christina. Ini Celina langsung ngebeberin situasi Lamia jadi gak heran Dolan jadi kandidat suaminya jg.

Kekkon Suru tte, Hontou desu ka? 01

What’s this?

Reject Russian, Stay in Japan for Abe

Kaczmarek

Dari kreator yg sama dengan TWGOK, Hayamin ngisi heroine dingin (lagi). Ini ada perubahan dari Russia ke Alaska di anime-nya entah kenapa. Anggep aja permintaan level teratas. Meanwhile ini proyek dikerjain sama studio yg bolak-balik ganti nama dari masa Production Reed.

Monogatari Series: Monster/Off Season 12 (When it’s gonna end?)

Kaczmarek

Mecahin kode lagi dan dapet jawaban tak ada vampire di klub basket atau lebih tepatnya fanclub Kanbaru. Sempet bertanya-tanya sebelumnya kalo Yozuru dateng sebelum masalah Suicide-Master ini selesai. Tapi setelah dikasih penjelaran Izuko soal ‘kemungkinan’ solusi yg digunakan, paling enggak hal itu gak membahayakan Suicide-Master.

“Kanbaru, lu mau jadi budak gue gak? Sekalian minjem rumah lu?” adalah pertanyaan yg pengen didenger Kanbaru sejak arcnya selesai. Gue ikutan ketawa saat Suicide-Master akhirnya bangun dan kode pertama ke Acerola-Orion adalah dengan tawaan khasnya. Ka Ka Ka.

Kabushikigaisha Magi-Lumière 01

What’s this?

  1. Mahou Shoujo Pating Mress Kirana Sejahtera Tbk.

Kaczmarek

Naruh Yumiri Hanamori dan Ai Fairouz sempet bikin gue “waduh, ini suara tomboynya bisa jadi kandungan utama”. Tapi beruntungnya Ai dapetnya yg gak tomboy wkwk. Ini J.C. Staff musim ini banyak banget yg tayang. Udah bisa bilang deparetmen animasinya udah step-up sejak pandemi mulai. No fanservice, tapi adegan transformasinya legit kali.

Kimi wa Meido-sama 01

What’s this?

Annual Maid series

Kaczmarek

Ayyyooooo, tricot akhirnya ngisi opening anime! Setelah ikkyu dengan proyekan solonya nongol di NazeBoku sama BTR, akhirnya band ini nongol full! Ini MC-nya diisi seiyuu 17 tahun dan suaranya sempet ngira udah 20-30 tahunan. Episode pertama yang melebihi ekspektasi apalagi dari sisi visual.

Naze Boku 12 (End)

BlueHeaven

Adaptasinya kurang begitu bersinar dibanding seri lainnya, jadinya saya telat seminggu buat namatinnya. Misteri belum 100% solved, classic ngegantung, ditambah last battle mid masih kurang all out. Decent ending for me.

Koi wa Futago ni Warikirenai 12 (End)

BlueHeaven

Saya baru saya menyaksikan MC anime romance paling kocak yang pernah ada. Untung loh, untung, ga berakhir kayak School Days. Dikit lagi level kocak udah menyaingi Makoto. Lagian Rumi first move udah blunder sampai end game ga bener dah ini progress romancenya. Berbahagia kalian yang drop anime ini dari awal. Totally a waste of time.

Tensei Kizoku Kantei Skill Season 2 01

BlueHeaven

Langsung lamar dan pesta nikah di episode 1? Saya ga nyangka mereka langsung ngegas ke sini baru di episode 1. Sudah waktunya menghujat K-?

Blue Lock vs U-20 Japan 01

BlueHeaven

Nice step buat manasin tensi ke permasalahan inti. Dikasih mini game dulu sebelum ke puncak konflik. Porsi episode musim ini juga make sense buat adaptasi arc ini. Episode satu ini kurangnya satu, mana Anri saya?

SAO Altenative GGO Season 2 01

BlueHeaven

Auto demen saya ending songnya. Cakep banget ini Karen rambutnya LSBH. Baju bunny LENN juga bikin saya ga langsung nyadar kalau itu avatarnya dia. Buat starter bolehlah ngingetin penonton cerita terakhirnya gimana dan karakternya siapa aja, mengingat jarak adaptasi musimnya yang lumayan jauh.

Saikyou no Shienshoku Wajutsushi 01

What’s This?

Bukan bacot no jutsu Naruto

BlueHeaven

Saya kira skill talkernya kayak Naruto gitu, ternyata malah jadi semacam player di game RPG. Sifat MC juga ga naif, bakal dibuktiin lebih jelas di episode 2 kalau kurang jelas. Segini dibilang skill lemah sih asli gimmick doang. Udah kebukti partynya gembel tanpa kontribusi MC.

Atri 13 (End)

BlueHeaven

Ga terlalu nguras air mata karena antisipasi yang siap. Hingga final moment sampai Atri masuk kapsul itu cuma ngegelitik mata saya. Nah, pas time skip dikasih lihat karakter udah tua dan apalagi dikasih lihat cucu-cucu mereka beraksi, barulah berasa feelsnya. Natsuki sengaja banget alpa muka tuanya, tapi understandable lah. Closing juga ditutup cantik, ga perlu dikasih seabrek info. Total durasi 26 menit khusus episode terakhir, effort studio yang ngerjain adaptasi ini nyampe ke saya sebagai penonton. Tinggal beli VN-nya yang lagi diskon di Steam.

Re: Zero Season 3 01

BlueHeaven

Bukan Re:Zero kalau ga mulai musim baru dengan durasi sejam lebih. Berulang kali mungkin sudah disebutkan kalau sutradaranya emang segitu niatnya buat nampilin adaptasi hingga bisa memuat banyak detail yang kagak diskip. Satu tahun ga reset itu cukup lama, makanya kematiannya Subaru di akhir episode itu bikin dia balik lagi rasa yang sudah lama. Restart pointnya juga deketan sama waktu kematiannya. Penasaran gimana cara Subaru yang lebih dewasa ngalahin lawannya ga sedikit dengan kematian yang katanya ga sebanyak arc yang dulu.

Party kara Tsuihou sareta Sono Chiyushi, Jitsu wa Saikyou ni Tsuki 01

What’s this?

Your typical harmacist

Kaczmarek

Narsena bakal nge-carry minat penonton ini sampai akhir adaptasi, prediksi doang sih. Ngeliat ini anak kembali jadi target fanservice jadi alasan untuk itu. Ditambah karakternya yang polos dan kudu dikasih saran tiap waktu jelas bikin chara-developmentnya pasti ada minimal di tiap episodenya.

BlueHeaven

Berhenti nonton pas di menit 7 dan kemungkinan besar drop mengingat saya mencoba mengurangi porsi anime musim ini ke bawah 20 judul. Ngelihat scene pelit yang kotak kecil dominan black screen belakang itu udah ngilangin mood banget. Kalau saya balik nonton ini, berarti ada rangsangan kuat yang ga masuk prediksi saya dari seri ini.

Ao no Hako 01-02

What’s This?

You know, most anime with “Ao’/Blue” in their title are gonna be good ones.

BlueHeaven

Anime yang wajib bagus. Openingnya aja udah sakti kombinasi visual apik plus Higedan. Seiyuunya juga mahal-mahal. Berdoa aja semoga 24 episode bisa dijaga kualitasnya.

Oshi no Ko S2 13 (End)

Kaptain

Season 3 langsung diumumin. Kutukan berlanjut. Saya bilang efeknya ke Ruby lebih brutal karena ini terjadi dua kali. Ini juga keren MV di akhir tuh keliatan adegan yang direkam sebelum dan sesudah insiden jadi Ruby dapet “bumbu spesial” dia sendiri sebagai talenta.

Ada post-credits scene in case kalian ngelewatin soal tersangka utama.

Yozakura-san Chi no Daisakusen 27 (End)

BlueHeaven

Season 1 kelar dengan closing tuntas, misi selesai ditutup dengan pernikahan. Season 2 confirmed, masih ada misi yang harus diselesaikan. Pas bagian video dari ibunya Mutsumi itu peak point, bisa melihat beliau berbicara meski sudah tiada dan show off sekian menit sangat berharga. Feelsnya dapet dan komedi klasiknya dapet. Yozakura adalah anime yang makin lama ditonton, makin bagus ceritanya. Keep it up!

Arknights

Kaczmarek

Minggu yang berat. CC ini mungkin jadi CC terakhir yang pernah ada di dalam gim. Jujur gue masih struggling ngerjain perma tapi utk rotating mapsnya masih gampang. Persiapan oru dan tickets untuk babel-victoria berikutnya sudah ada namun berharapnya agak di-stretch kan momennya gak pas sama urusan real life.

Meanwhole di CN kita dapet Vina Victoria yang dibuat non limited seperti pattern sebelumnya. Pasca ngeliat skillsnya, ok gue harus ikut berduka untuk Viviana.

Neural Cloud

Kaptain

Ngerti sekarang kenapa beberapa campaign baru-baru ini lebih kerasa paddingnya. Ini karena viewpoint-nya lebih dikit kayak yang sekarang yang mayoritas fokus di Hubble & Fresnel. Granted ini emang reveal alasan gaya dialognya Hubble yang padet cukup ngena tapi ya sekali lagi momentum cerita baru bener-bener enak di 30% akhir.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Jiege