[JOI Spotlight] The Metamorphosis Edition

September 17, 2023 19:40
[JOI Spotlight] The Metamorphosis Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di tengah bulan September ini. Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang telah hadir di minggu ini.

Jujutsu Kaisen 32

Kaptain

Skillnya Gojo emang dah didokumentasi dengan baik dan ini payoff dari semua strategi yang disiapin buat ngejebak dia. Mulai dari nyegel Nuke dia via penggunaan sandera dan mastiin dia gak dapet support. Tetep aja repot ngeliat ini semua cuma biar tim antagonis ga kena instakill dan nyatanya ada satu cara biar domain expansion dia gak ngehasilin collateral damage.

Mushoku Tensei II 10

Kaczmarek

Kamu gak gay Rudeus, kamu masih straight. Episode terbaik bagi Rudeus karena dapet obat penyembut impotensinya karena Fitz. Jenius sebagai pengajar pun masih bungkam untuk ngungkap gender asli Fitz walau keliatannya lebih ada permintaan dari Fitznya sendiri. Drama sabun ini bakal berakhir dalam waktu dekat, jadi mari nantikan klimaksnya Rudeus.

BlueHeaven

Syukuran joninya Rudi sudah tidak malas berdiri lagi.

Yumemiru Danshi 11

Kaczmarek

Pertemuan (calon) istri tua dan (calon) istri muda yang mungkin gak terpikirkan Sajou. Ini jadi yang pertama kalinya baginya untuk ngeliat si Sasaki dalam outfit SMP-nya. Seperti yang diprediksi, dia adalah tipikal daydreamer juga dan untungnya temen-temen terdekatnya juga gak masalah sama ciri khasnya itu. Aika udah mulai ngebuka diri setelah berlama-lama maen ayunan, tapi perkembangannya (kayaknya) gak bakal diakhiri dengan jadian melainkan kencan.

BlueHeaven

Sasaki dan Sasaki. Nice joke you put there. Bakal keren kalau Aika mulai gerak setelah melihat Sasaki (SMP) yang sudah dekat dengan Sajou, tetapi di cerita Aika sudah gerak sebelum itu. Jadi, emang trigger perubahan Aikanya kurang jelas aja, munculnya di timing pas semua karakter lagi agak “nganggur” dalam artian belum ada konflik yang harus diselesaikan. Lagi-lagi transisi ending ampas.

Eiyuu Kyoushitsu 10

Kaczmarek

Sampe sekarang masa lalu Blade belum juga diungkap dan agak berharap di bagian chapter ultah ini bisa ke-reveal dikit walau akhirnya gaada informasi penting. Selain maen di dungeon, ini episode unnecessarily punya inflated budget. I mean i know that this project also funded by Actas themselves. Yang gak tahu, mereka yang ngerjain proyek film Princess Principal dan Girls un Panzer yang gatau tamatnya sampe kapan. Satu hal yang gue sadari disini Claire dibikin normal lagi walau versi seragamnya justru malah kena sunat.

Okashi no Tensei 12 (End)

Kaczmarek

Akhir adaptasi yang lebih berat ke masalah mental Squale daripada Pastry. Paling enggak Casserole sekarang bisa manfaatin kekuatan Pastry daripada makin dibikin pusing sama kelakuan anaknya. Ini pilihan ending yang gak gue duga karena ada klimaks berikutnya yang eventnya justru lebih gede. Kalian bisa cek sumber aslinya karena ini ada hubungannya sama Licorice nantinya.

BlueHeaven

Anime pertama yang saya tamatin di musim ini. Karena saya baru nonton marathon, mungkin bakal nulis full review langsung. Impresi saya secara singkat, permainan politiknya masih enak dipandang. Lebih banyak perang daripada masak makanan pencuci mulut. Licorice imut, apalagi dia lebih tinggi dari calon suaminya.

Higeki no Genkyou 11

Kaczmarek

Val, Sefek, dan Kemet akhirnya bisa bareng lagi. Awalnya sedikit flashback buat nambah konteks yang sebenernya gak terlalu penting banget. Tapi setelah ngeliat outro preview untuk episode berikutnya, gue nyadar flashback itu penting buat pembentukan karakternya Val. Gak sabar buat episode terakhir nantinya.

BlueHeaven

Plot armor maksa. Stale dipaksa bangun pas masih sekarat. Antagonisnya agak dibuka di episode ini, tetapi cuma jadi karakter numpang lewat. Satu episode terakhir kayaknya ga bakal bahas itu karakter antagonis lebih jauh. Ga muat durasinya.

Spy Kyoushitsu II 10

Kaczmarek

Ok what an adaptation. Gue gak tahu apa yang dikonsumsi Kawaguchi Keiichirou di musim pertamanya, tapi di musim kedua ini dia pasti dapet makan enak terus. Ini bagian yang gak gue jamah sama sekali di novelnya tapi dengan penggambaran yang jelas soal Murasakiari dan bagaimana doi jalanin prakteknya dengan mengancam orang terdekat mereka dari anime ini gue jadi punya kesan “ini orang lebih berbahaya dari first villain saat ngelawan Klaus”. Paling enggak dapet jawaban penyebab Feronika meninggal disini. Tapi sayangnya ini jadi bagian dari sisi minus bagi Thea yang sama sekali enggak punya cara lain buat ngejalanin misinya.

Nanatsu no Maken 11

Kaczmarek

Akhirnya sampai di poin dimana akal dipake lebih daripada otot. Karena ini sifat shounen-nya masih gede, jadi enemy becomes friend bakal kepake terus sampe akhir novel. Gue bisa maklum sama yang gak ngikutin bacaan utamanya karena perubahan pandangan Albright ini terlalu mudah dipecahin sama Horn dkk. Seakan ada plot yang sengaja dipotong agar bisa padet di satu episode aja. Terus itu Marco seakan-akan sembuh begitu aja pasca kena sengatan lebah itu. Janggal kan?

Masalah Albright masih serupa kayak masalah Andrews sebelumnya. Meski gak seekstrem Andrews, masalah Albright sendiri cukup buat gambarin produk dari keluarga yang mengekang dan superioritas tinggi.

Michela sudah ngungkapin kartu terbarunya sebagai half-elf dan half-human. Seperti yang diomongin Stacy, half-half ini punya keuntungan gede dimana persediaan mananya lebih besar daripada manusia tulen. Untuk masalah berikutnya bakal fokus ke Ophelia dan praktek sembarangannya. Sekali lagi, ini bukan Hogwarts yang dimana hukum ditegakin setinggi mungkin.

BlueHeaven

Chela cakep banget. Karakter terwaras ya begini. Meski OP, masih dikasih lihat sisi imutnya pula.

Di mana catur ada, di situ saya bakal kupas bagian itu secara mendalam. Skakmat pake dua benteng itu berarti musuh dah kena bantai duluan sampai kena skakmat begitu. Memang Albright aja yang ampas mainnya, makanya layak dapet tornitus punishment dari bapaknya.

Temple 11

Kaczmarek

Same formula again, jadi ini progresnya bakal tetep di perputaran di mereka aja ya. Tapi ya minimal Tsukuyo dapet progres baru untuk jadi pasangannya Akagami. Mia sama Kagura meanwhile pergi entah kemana.

Maou Gakuin Futekigousha 11

Kaczmarek

Gue bisa bilang ini clusterfuck karena banyak konteks yang harusnya dijelasin tapi diskip demi dapet penyelesaian yang diinginin. Gak masalah sama storytellingnya kecuali yang gue sebutan di kalimat pertama. Episode penuh cinta namun cinta yang sulit gue cerna karena mungkin ada faktor eksternal yang bikin Avos-Misha ini masih jadi outsider daripada jadi bagian masalah. Entah kenapa Anos selalu datang di waktu yang tepat tapi enggak sempet bantuin rekannya lebih cepat.

One Piece 1076

Kaptain

Selesai. The rooftop is no more. Bait and switch yang bagus juga via kesadaran Kaido soal siapa itu Joyboy. Emang ga sebaik 1074 berantemnya tapi nih klimaks lebih buat ngungkap apa yang ngegerakin monster semacam Kaido. Saya ngerti bakal ada yang kesel Kaido dikalahin “cuma” via ditonjok, tapi ini health bar dia juga terus diturunin selama dua dekade.

Dark Gathering 10

BlueHeaven

Dijelasin sistem lulusan. Jadi, memang para arwah gentayangan dijadiin fooder buat ngehasilin satu lulusan terkuat. Ujung-ujungnya, Yayoi pakai cara yang sama dengan musuh yang paling diincernya. Makan roh yang lebih lemah untuk memperkuat diri. Berasa sia-sia development kumpulan roh yang geram pengen balas dendam dengan dewa.

Jidou Hanbaiki 11

BlueHeaven

Mendekati tamat, saya kebut lagi nonton anime ini. Memang ceritanya enak diikuti, sekarang fokus ke kelemahan Lammis yang secara umum ada di kebanyakan perempuan. Sepertinya masih jauh untuk Lammis bisa mengobati ketakutannya dengan makhluk goib.

Agak sedih zombie bocah kena tebas Si Super Waspada. Dua karakter kembar itu memang rada ga punya impresi bagus sih, jadi sekalian dibuat scene begini biar diingat. Cuma ya itu, Hakko aja pengen marah tapi nyadar mereka juga ga salah sepenuhnya. Kalau begini salahin authornya yang mempermainkan perasaan pembaca. Bisa-bisa nyelipin mini story beginian.

Jitsu wa Ore Saikyou Deshita 10

BlueHeaven

Sekarang semua jadi masuk akal mengapa si ponytail silver selalu muncul dengan berbagai kebetulan yang ada. Kalau begini saya bisa menerima beliau sebagai karakter tambahan dengan segala setting yang menguntungkan dirinya. Iris perlu banyak belajar lagi soal pergaulan manusia. Terlalu polos dari umur 5 tahun kagak ada development sosial begitu menyedihkan. Hart malah ngadu nasib pula sama reborn maou satu ini. Dengan namanya disingkat, Fay dijamin ga bakal nyadar kalau maou yang disembahnya ternyata adalah teman sekolah Hart.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: als9786