[JOI Spotlight] Swarm Control Edition

June 23, 2024 22:39
[JOI Spotlight] Swarm Control Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang mulai ngasih impresi penutup berbagai seri yang penayangannya selesai di blok musim ini. Daftar tontonan mulai kosong, membuka slot mereka untuk seri musim berikutnya. Jadi mari kita lihat apakah seri minggu ini berakhir dengan baik atau tidak.

Blue Archive 11

Kaptain

Gehenna sensei nongol dikit. Saat saya mulai main nih seri Gematria tuh plotpoint pertama yang nge-hook saya karena sebagai “antagonis” mereka kooperatif banget, emang mereka tuh sumber perkara yang bikin kita harus main TA tapi mereka juga ga protes kalau proyek mereka ancur, bagi mereka ini bagian dari proses. Ditambah lagi ini juga momen pertama Sensei ngomong sebagai “Orang Luar” dan bukan makhluk dari Kivotos sekaligus pengenalan Kartu Kredit sebagai senjata rahasia. Aspek ini yang sayangnya ga tersirat di nih adaptasi.

Anyway, on a better note protag volume selanjutnya pada nongol. Yang kayak gini harusnya diseringin dari dulu.

Konosuba S3 11 (End)

Kaptain

Ai Kayano earned her pay buat musim ini. Latar belakang Maxwell disingkat di sini, saya bilang bagian penting yang dilewatin tuh Maxwell punya ingatan pendek jadi dia lupa melulu buat nagih jasa dia, sampe Vanir ngelakuin intervensi dia di episode ini. Artifak bodyswap emang diomongin di akhir, tapi strategi buat nyolong badan Iris dan si tunangan Darkness yang nongol di season 2 itu kesimpulan yang penonton perlu bikin sendiri.

Masih soal Kazuma yang sama kayak Alderp, secara teknis Maxwell tuh Aqua dia. Beruntung banget makanya si dewi itu ga bisa santai ngadepinnya.

Peningkatan signifikan di kualitas produksinya. Emang sayang aja lanjutannya ga langsung diumumin kayak seri lain. Buat film juga susah karena secara pribadi cuma volume 9 aja yang worth buat jadi film ngeliat insiden di dalemnya. Bisa aja sih nekat adaptasi spinoff lain + volume 8 buat satu musim.

BlueHeaven

Kebiasaan Konosuba namatin season ga sampe 12 episode. Aqua emang spesialis perusak suasana, but it’s better than lost a father. Kuat-kuat Lalatina bakal dikatain janda perawan ga cuma buat episode kali ini aja, bisa aja buat episode-episode berikutnya di musim terbaru kalau ada. Seperti biasa ga sampai kelar voice udah tutup tirai.

Mushoku Tensei 2 Part 2 10

Kaczmarek

Selamat datang kembali Zenith, dan selamat tinggal Paul. Rudy cuma bisa menyalahkan diri sendiri kalau disuruh mengingat lagi momen kelengahannya membuat ayahnya meninggal dunia. Selain kehilangan Paul, Rudy juga dibuat syok sama keadaan Zenith yang gak 100% normal. Or should i say, baby Zenith state. Roxy udah terlihat pengen ngasih pelukan ke Rudy tapi tertahan situasi. Tapi bakal berbeda malam ini.

BlueHeaven

Manusiawi dan kematian yang bisa diterima untuk plot. Studio Bind totalitas dalam membuat animasi pertarungan lawan Hydra di episode ini. Cara mereka retreat dulu, menemukan hipotesa sebagai strategi melawan dan clutch moment kepala terakhir Hydra semuanya berjalan mulus. Setelah Paul meninggal, cara mereka bercerita tanpa ngeluarin dialog sepatah katapun itu membuat suasana duka begitu terasa ke penonton.

TsukiMichi S2 12

Kaczmarek

Kerasa stretching-nya tapi cukup adil untuk dapet Sofia Bulga disiksa lebih dari 2 episode. Oh iya Lancer juga binasa sama Shiki. Implikasinya ini episode dipake buat berkompromi sama Rona juga, tapi ternyata tertahan sampe ngehancurin bangunan Fort Stella aja. Masih ada satu episode terakhir, mungkin cuma buat nyelesain di demiplan.

BlueHeaven

Lancer badut, matinya kocak. Sofia lebih-lebih, mau keluarin UBW moment malah kena bully sendiri.

Lv2 kara Cheat 11

Kaczmarek

Hiya ini hermaphrodite atau “gender swing”? Lokasi konfrontasi kedua pihak bukannya di medan perang malah di onsen. Udah sus duluan pas disambut sama pegawai onsennya yg udah keliatan demonic dari manusia tulen. Kemudian Phufun sama Yuigarde nongol juga udah bikin “yep, kita gajadi perang” lebih ke encounter “lah lu disini juga”. Lagi-lagi skenario Ballirosa jadi korban naik lagi dan bakal mengubah pendiriannya pasca diselametin Gholl. FYI, gue gak baca manga-nya sampe masalah kudeta.

BlueHeaven

Kebetulan di tengah kebetulan. Kebetulan pasukan iblis satu tempat dengan party Flio. Kebetulan pula ini mantan pahlawan ampas muncul di tempat yang sama dan jadi tumbal lagi buat bikin bencana. Episode onsen yang biasanya jadi filler malah jadi momen pamungkas anime. Saya mau lihat aksi dari Gholl karena dah bosan dikasih lihat Flio yang OP di anime ini.

Unnamed Memory 11

Kaczmarek

Di satu sisi bisa kasih selamatan ke ini berdua akhirnya mau mingle and married. Tapi di satu sisi, itu masalah di luar mereka dikemanain? Premis masalah turunan yg dikasih sepanjang adaptasi udah “ok” tapi penyelesaiannya “meh” parah. Nonjolin keintiman keduanya jadi hal utama dan mereka lupa pengembangan karakter gak cuma didorong sama internal, tapi juga eksternal.

Date A Live V 11

Kaczmarek

Quick thinking dari Kurumi nyelametin kesempatan (maybe) terakhir untuk Shido demi menaklukan Mio. Andil Reine juga masih ada terutama untuk membawa ke dunia terbaru ini. Ini tinggal diselesaikan dengan sesuai cerita utama di akhir episode. Nevertheless, Kurumi jadi MVP di season kelima ini.

Henjin no Salad Bowl 12 (End)

Kaczmarek

Grasshopper major debut, tapi Noa ditangkep polisi karena insider-trading. Tarnished gitu aja tapi predicted karena dia sendiri juga pemimpin kultus. Kemudian momen Sara lulus, tiga bulan sejak dia masuk SD wkwk. Selama tiga bulan malah dia udah bikin kultus juga di sekolah sampe orang tua murid juga ngikut-ngikut. Ditambah tiap sambutan selalu disebut khusus lagi, waduh bahaya ini bocah. Poor Brenda tho, diakhiri coklatnya gak kemakan.

BlueHeaven

Kirain Livia lepas dari jeratan nasib sial, udah dikasih nasib bagus sampai major debut malah si Noa koplok ketangkep polisi. Saya ga bisa nahan ngakak lihat kelulusan Sara yang sangat diagungkan. Gimana ceritanya dia sampai bisa gagal perceraian orang tua murid, bikin kakak no life bisa normal lagi, dan masih banyak cerita yang mungkin ga kesebut di speech. Animasi pas nyanyi di panggung masih lowkey shit tapi untungnya enjoyable. Dengan demikian tamatlah anime promosi kota Gifu mantan basecamp Oda.

Tensura S3 12

Kaczmarek

Sutradaranya ganti kah per episode ini? Atau cuma animation directornya aja? Sumpah ini lebih mirip Tensura Nikki daripada Tensuranya wkwk. Kembali berbisnis dan mencoba menggoda untuk menarik orang-orang penting ke Tempest. Kampanye untuk jadi ibukota terbaik di dunia ini bakal terus dikebut. Fix tahun politik gini udah kayak belut menuvernya Rimuru. OP ED-nya juga beda.

Mahouka S3 12

Kaczmarek

Detail kecil yg penting dimana Tatsuya punya handphone sendiri selain yg ia pakai untuk menjalankan misi. Double device ini entah udah kepake dari musim pertama atau sejak ngurusin Lina. Mayumi ngikut misi ini berkat kematian bodyguardnya, tapi ada Masaki jg dari luar First School. Satu episode doang untuk nangkep Zhou? Entah kenapa prediksinya anti klimaks.

Girls Band Cry 12

Kaptain

Secara keseluruhan emang TogeToge ga semelek sosmed kayak JEELE, view count segitu emang wajar kalau kapasitas awalnya kepenuhan plus ini juga diceknya pas belom prime time. Semoga aja ini ga jadi drama akhir episode karena ini ngehina banget kecerdasan penonton. Then again ya kayak ini ada slot drama nyisa aja ngeliat ini perlu fokus sama konflik dengan Diamond Dust.

BlueHeaven

Back to gremlin mode, Nina. Tomo nyolong spotlight dengan pilihan fashion episode ini. Jokes episode ini ngena parah di bagian nama orang-orang di balik audio works. Tanaka, Nakata, namanya mirip-mirip dan penampilannya juga. Cuma Nakata yang stay, entah kenapa terlalu sepi. Apa seperti ini recording sesungguhnya?

Yorukura 12 (End)

Kaptain

Buru-buru banget tamatnya makanya ini penyelesaiannya belepotan. Jujur ini ga nyelesain konflik dasarnya yaitu Yukine yang sampah banget sebagai orang tua. Saya ngeliat di paruh akhirnya ini ada tren “Really bleak stuff>Ga jadi. Masalah kelar blas” yang emang bagus pas terjadi di episode bu idol biar cepet tapi karena keseringan jadi ngeselin di akhir. Mesin yang makan talenta dan muntahin produk terus berjalan.

Saya ga bilang ini seri jatoh di garis finish, cuma ga rapi aja setelah paruh awal yang kuat banget. Banyak banget karakter mubazir kayak Koharu dan bapaknya Kano, ini juga para bully tiap karakter kesannya musnah jadi atom abis kamera ga fokus ke mereka.

BlueHeaven

Tonenya agak turun di episode 11 berhasil dinaikin lagi dan ditutup cantik di episode ini. Memang ada beberapa missing point terutama soal emak dan (terutama) bapaknya Kano. Namun, kalau kita mengabaikan hal itu, episode bener-bener bisa bikin saya puas setengah mati.

Konsep pertunjukkan dengan eskalator sebagai jalan masuk keluar performer baru kali ini saya lihat eksekusinya di anime. Lirik lagu yang dinyanyiin Kano itu punya makna tersirat. “Walau tidak bisa mendengar suara salju (yuki) lagi”, itu jelas banget ngarahin emaknya Kano dengan sorot kamera ke dia plus momen turun salju.

Shibuya benar-benar disulap jadi akuarium berkat uang hasil adsense Nox. Ini bagus daripada dibuang buat gacha. Jangan lupa buat benerin layar HP yang masih retak ye, vtuber wong sugih. Momen buka payung juga keren walau ini konsep yang harusnya bisa jalan di konser pertama. Sensor muka terbuka itu ngingetin sama Koe no Katachi.

Yang saya ga ekpektasi itu yang nyadarin Kano malah si idol tukang doxxing. Anime ini malah ngehapus dosa dia sebagai antagonis. Adapula Yukine yang nampilin nama Kano pakai marga yang sama dengan dia. Sebagai emak dia ga bisa cover Kano pas lagi terpuruk (bisa dimengerti karena ngancam karir grup idol binaannya), tetapi intinya di episode ini dua-duanya sama-sama nepatin janji walau bukan konser di dome.

Graduation berempat bikin saya baru sadar mereka ini semua satu angkatan. Pada akhirnya semua kembali ke titik awal, gambar ubur-ubur yang melahirkan JELEE pertama kali. Semua karakter pada dadah mengucapkan selamat tinggal, lengkap dengan detail kecil terutama kakaknya Kano yang kerjanya kebanyakan turu doang. Overall, saya puas sepuasnya seperti Kim yang nafsuan lihat Kano pakai seifuku (tercut momen).

Re:Monster 12 (End)

BlueHeaven

Obligatory end-series spotlight. Saya cukup enjoy menikmati seri ini selama berjalan, cuma nothing to write karena ga ada yang bener-bener wah di seri ini. Sebagai manga yang keluar 10 tahun lalu, emang telat banget keluar animenya buat diadu sama isekai lain yang pada season 3 kebanyakan. Hal yang bisa dinotis, umur mereka masih belum setengah tahun, dan si rambut merah masih belum kereveal namanya.

Jiisan Baasan Wakagaeru 11 (End)

BlueHeaven

Sweet ending. Dikelarin dulu soal ngumpul keluarga, bisa ketemu cucu bahkan yang datang dari Tokyo di tahun baru, dan diakhiri pewarisan kebun apel. Meski bisa balik muda, umur Jiisan dan Baasan masih lebih pendek dari teman-teman manulanya, bahkan untuk kakaknya Ine yang lebih tua. Mino dan Shota udah jadi kakek nenek bakal jadi penurus kisah apel emas, tetapi cerita sudah pas berakhir sampai di situ.

Dainana Ouji 12 (End)

BlueHeaven

Lloyd sekarang punya jurus mematikan yang bisa lenyapin demon kelas atas, bukan cuma bikin trauma aja. Episode terakhir lebih ke tribute for Jade. Untungnya anime ini ga terlalu naif buat save all people. Ya kalau udah ga ketolong dan mati, ya mati aja. Tao wajib hadir dan dihadirkan meski cuma numpang lewat doang. Overall, a good anime for this season.

Kaijuu no. 8 11

BlueHeaven

Anime yang serunya di bagian akhir. Persis ngingetin saya sama Shangri-La Frontier, bedanya ini cuma 12 episode. Kaijuu no. 8 itu punya nama gede, saya yakin bakal bisa dapat season 2-nya minggu depan diannounce walau ga bisa seratus persen mastiin juga. Ini ceritanya masih panjang dan mungkin bakal dikelarin dulu buat Kafka bisa diterima di defense force sepenuhnya.

Yuru Camp S3 12 (End)

Kaptain

Sekalian deh buat formalitas penutup musim. Pada akhirnya juga bagian yang perlu diomongin cuma perkenalan calon anggota klub baru karena sekali lagi ini tuh anime yang lebih buat dinikmatin dibanding diomongin. Kalau saya mesti ngarang aspek buat dikomplain ya jatah Aoi yang lebih dikit.

Honkai Star Rail

Kaptain

Epilog Penacony. Ngelakuin hal cerdas via nggak ngelakuin twist aneh-aneh dan jalan disiplin ke garis finish. Saya apresiasi banget ini kapal pribadi banyak interaksinya. DU juga enak buat eksperimen tim tanpa harus capek grinding equip dan kalo punya Sam ya langsung aja lumat encounter. Jujur nilai tambah terbaik buat saya di nih update tuh ngasih Finality lebih banyak konteks sebagai Path.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: corpsmanWelt