[JOI Spotlight] F2P Ojiisan Edition

August 4, 2024 22:41
[JOI Spotlight] F2P Ojiisan Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka bulan Agustus ini. Masuk ke bulan kedua blok musim panas, berbagai seri sudah selesai dengan perkenalan mereka jadi mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Oshi no Ko S2 05

Kaptain

Yeh. Istrinya pada berantem. Aqua akhirnya cukup melek buat ngeliat kalau Akane jauh lebih ga beres ngeliat si pacar (demi urusan bisnis) udah siap ngebunuh buat dia. Selanjutnya premiere udah mulai dan perkembangan tiap karakter siap ditampilin.

BlueHeaven

Unexpected couple: Gowa and Abiko. Arima Kana malah henshin jadi shikanoko pula. Gacor banget ngerocosnya.

Na Nare Hana Nare 04

BlueHeaven

Kemungkinan besar bakal saya drop sampai di sini. Enam masalah ditumpuk di awal itu ga bagus. Format klasik satu masalah kelarin satu per satu masih lebih enak ditonton. Buat saya yang ngambil 20 judul semusim ini ngebebanin saya buat ngikutin serinya.

Isekai Shikkaku 04

BlueHeaven

Title drop. Apalagi yang kurang dari episode ini? Sensei ngeluarin ultimate skillnya yang conditional banget syarat aktifnya. Animasi ngebalikin hero ke dunia asalnya juga keren. Ribuan lembar kertas berhamburan aja udah sheesshhh… dingin sejuk sampai ke sini hawanya. Emang belum bisa disebut masterpiece, butuh villain yang lebih menantang untuk selanjutnya.

Roshidere 05

BlueHeaven

Yuki super power. Percakapan Kuze dengan Yuki emang momen “gimai seikatsu” yang ga bisa saya ngomong ini ngebosenin. Selalu on point dan menghibur. Breaking the 4th wall udah ga heran kalau itu Yuki. Sampai-sampai fan service Alya selalu kelupaan meski dikasih jatah tiap minggunya. Hard carry imouto emang si gendeng satu ini.

Kaczmarek

½ episode untuk Yuki sudah cukup untuk memastikan kealphaannya di dua-tiga episode ke depan. Referensi ‘brother i’m stuck’ yang sangat baik, makin baik Yuki juga dijejelin selimut bau Kuze. Never change Yuki.

Sengoku Youko: Senma Konton-hen 03

BlueHeaven

Baru dikonfirmasi kalau Tama muncul lagi. Udah dewasa banget doi, enak dipandang, bukan rubah cebol lagi. Sayang emang harus pisah jalan. Alasannya emang ga dijelasin tersurat, tetapi bisa ditebak lah untuk efisiensi dan keamanan bersama.

I Parry Everything 05

BlueHeaven

Ga salah sih dibilang kodok, cuma itu kupingnya Noor perlu dikorek dulu biar ga miskom terus. Ngerti sih tujuannya bakal convert onna-kishi biar termehek-mehek kayak Linne. Perang di ibukota lebih cepat dari prediksi saya. Lumayan ada spotlight buat 6 guru besar buat show-off. Berharap Noor putar balik ke ibukota buat bantu defense dulu, baru ambil stance ofensif.

Koi wa Futago de Warikirenai 04

BlueHeaven

Wak, lawak. Keki dan gregetan saya nonton seri ini. Mau dipingpong segimana hubungan mereka bertiga. Padahal Naori paling menjanjikan, bisa-bisa ngikutin jejak kakaknya yang dongo. Simpati saya sudah lari ke support chara, mending ngasih banyakan scene ke profesor atau karakter NPC lain.

Hazurewaku 05

BlueHeaven

Seras sama Hati (nama ini lebih gampang diingat buat saya) ganggu banget sering ganti-ganti 2D ke 3D. Masa cuma jalan bentar aja ngandelin CGI. Ngelihat ada megami dan si level 24 bikin mood saya tambah enek nonton episode ini. At the end, Seras malah disuruh ngelakuin itu sama Hati. Last scene yang cukup ngehook penonton buat stay nonton episode 6.

Kaczmarek

Buka gak? Oh tenang aja, keduanya gak bakal sampe situ. Bahkan yang mencuri kesempatan malah Seras nantinya, tunggu aja (kalau sampe). Ok gue gak mau komplain lagi soal transisi 2D-3Dnya yang udah gue anggep sebagai trademark Seven Arcs.

Vtuber Nanda Ga 05

Kaczmarek

Aduh kenapa referensinya malah menggugah gue pengen nonton ulang DxD aaaaaaaaa. Mentang-mentang studionya sama kayak musim 1-3, dan kalian juga nyadar kalau ini beda desainnya sama yg season 4 yg dikerjain Passione. Ada Oda Nobunaga juga, ada Kin’Iro Loveriche-nya Saga Planets, aaaaaaa can we back to 2011 again? Kalau Sei-sama nyebutnya Ria, gue nyebut Elle sekenceng-kencengnya. Oh iya, School Days. Lagi-lagi karena satu studio juga di TNK. Yosh, Makoto mati aja lu! Ah, Weiß Schwarz. Bushiroad please do better job on this. Perplexed moment karena ini secara langsung adalah debut Awayuki ada di proyek lagu. Hareru kembali jadi hadir dalam bentuk kejutan dengan berpura-pura jadi staf agensi.

BlueHeaven

Biasanya Weiss Schwarz rilisnya setelah anime tayang dulu, ini malah dibalik animenya malah promosiin langsung di episodenya. Main Ring Fit Adventure juga ngingetin sama meta vtuber zaman dulu. Emang khusus buat vtuber yang punya budget lebih sih nyediain ASMR mahal ginian.

Kimisen S2 05

Kaczmarek

Udah bisa bilang kalau urusan komedi, ini director bisa dipercaya. Tapi urusan animation kudu step-up dari proyek sebelumnya. Sudah balik ke kerajaan, tapi Sisbell masih belum karena Elletear yang makin sus pergerakannya. Pasca ngalahin beberapa penganggu dari eksternal, tinggal ngelewatin si tobrut hijau yg diisi Miyuki Sawashiro ini. Ah iya, turut berduka atas kegagalan proyek pembangunannya mbak Rin. Ada preview lagi soal kedua ortunya Alice, dan kini makin jelas hubungan keduanya di masa lalu.

Gimai Seikatsu 05

Kaczmarek

Adaptasi bagian Yomiuri-senpai yang memuaskan. Di momen ini juga dia kenalan Saki secara langsung dan mulai membaca situasinya untuk masa depan bersama Yuuta. Jika Saki gak dalam situasi saat ini, mungkin Yomiuri udah melenggang bersama Yuuta melalui skema cinlok. Tapi yang justru bikin spicy ya yg begini, karena bisa di-drag bervolume-volume. Please senpai, jangan mati duluan dengan nyebut kata-kata itu. Gak adil.

BlueHeaven

Heck yeah, showing > telling all the way. Keren sih kalau dilihat dari artistik episode ini, cuma ya gitu, butuh sel otak ekstra buat ngeproses seri ini. Mainnya pakai acara tersirat segala, kalau ga mikir dianggapnya cuma jalan-jalan sama senpai doang. Kapan lagi bisa lihat sinematografi ciamik film di dalam film.

Megami no Cafe Terrace S2 05

Kaczmarek

Cari aman ya, kalau mau cari yang gak akan silahkan cek di situs langganan kalian masing-masing. Ami menjadi pendiam dan pasif tentunya udah ngerubah suasana di penampungan bidadari ini. Ditambah situasinya yang berhubungan dengan neneknya yang kena dementia. Hayato, cepatlah sadar untuk menyelesaikan masalah ini. Langkah pertama sudah dilakukan di akhir episodenya. Next, sebut nama kakek lu di depan neneknya Ami.

Kaptain

Cabang dah buka dan baguslah jasa yang ditawarin ga tabrakan. Bukan masalah yang gampang emang buat quest heroine kali ini tapi untung aja dari dunia lain si nenek masih siap ngebantu.

Tensura S3 17

Kaczmarek

Rapat acara sekaligus perkenalan lightspeed hero yang juga reinkarnasi dari dunia yang sama dengan Rimuru. Siapa sosok rambut biru yg berjalan sebelum hero itu bereinkarnasi? Bisa nebak itu ada hubungannya juga sama Rimuru. Stretching yang bagus sebelum kita ngehajar pengganggu berikutnya. Bisa kita hajar Yuki langsung aja gak sih? Udah kudung kesel duluan.

BlueHeaven

Masalah rapat justru saya lebih enjoy nikmatin konferensi meja bundar dibanding mantengin hikayat senkou laksek Masayuki. Karena ini inisiasi Yuki, dijamin jadi masalah buat Tempest. Di sisi lain saya berharap aksi, tetapi saya juga maunya damai anteng-anteng aja.

2.5 jigen no Ririsa 05

Kaczmarek

Ririsa, itu beneran cinta. Udah gitu aja. Kalian jadian. Jalanin ekstrakurikuler bareng-bareng, trus lanjutin karir cosplayer, sambil selesaikan pendidikan, dapet kerjaan real life, trus nikah. Gitu kan maunya? Sulit, udah di-notice sama cosplayer mbak-mbak elf itu yang desainnya Ikumi Hasegawa banget dan juga diisi Ikumi Hasegawa. Kalau gue baca ulang manga-nya dan sampai di chapter ini, ekspektasi gue adalah skenarionya bakal berhenti saat Ririsa stop cosplaying. Semoga gue gak salah.

Kaptain

Bagus sih ujung-ujungnya semua peserta dibuat simpatetik dan ga sekedar ngasih antagonis gampang. Con pertama emang “gagal” tapi ya wajar lah buat kunjungan modal nekat.

Monogatari Monster/Off Season 05

Kaczmarek

Dragging to the last one! Dialog yang sebenernya bisa cutting tapi ditahan untuk bisa nutup paruh pertama tanpa ada yang terlewat. Penyebutan Kiss-Shot oleh Ononoki sempet bawa kemungkinan bahwa Araragi bisa dateng. Namun ini gak diperlukan dengan kekuatan keduanya yang sudah ada. VVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVV

Giji Harem 05

BlueHeaven

Mutlak episode ini dikuasai imouto. Nambah lagi list imouto musim ini. Kegiatan musim panas disajikan ala fast food, ga lama tapi ngenyangin dengan porsi triple. Sayang aja sih, hanabi ga dimanfaatin bener yang biasanya dieksploit terus dalam cerita romcom. Jangan bilang ga bisa keluar all out gegara episode ini dikuasai bocah sebagai ratunya.

Madougushi Dahliya wa Utsumukanai 05

BlueHeaven

Entah mengapa saya lebih enjoy momen saat legacy Carlo diperlihatkan dibanding build up romance Dahliya dan Will. Di atas kertas sih, build up romance mereka termasuk bagus. Ngobrol santai, enggak ngegas, pas pacenya. Tapi emang aura bapak lebih beringas buat ngebantai feel romance fuwa fuwa disulap jadi ngefeel lagi. Format begini bikin ngingetin sama Himmel yang dah modar tapi dampaknya dikasih lihat terus dari episode ke episode setelah kematiannya. Andai Carlo matinya ga ngelawak, Dahliya bisa bersaing dengan Isekai Shikkaku sebagai top isekai musim ini.

Makeine 04

BlueHeaven

Sapu bersih intro buat mastiin siapa aja make heroine dalam cerita. Nukumizu juga masuk hitungan loser. Ga ada Kaju aja bisa kerasa aura ga punya teman lewat gegara confess kocaknya. Peak moment sih di sini. Komari juga lebih kelihatan likeable setelah direject. Cowok-cowok incaran make heroine dipantulin lagi bagus juga ternyata eksekusinya. Penonton dapat informasi clear soal pandangan Yanami yang kemungkinan masih butuh waktu lama buat move on dari cinta masa kecilnya.

Kaptain

“Tragedi” Nuku selaku protagonis yang perhatian ya gini. Dia cuma bisa ngeliat dirinya sebagai penonton yang secara teknis ga pernah kalah tapi ya ga bisa menang. Saya apresiasi aja deh ini tuh seri yang kalau ada drama hubungan orang-orangnya bakal ngumpul terus ngeomongin itu.

Elusive Samurai 05

BlueHeaven

Sekali lagi seri ini nekanin kalau ada efek sorcery dalam ceritanya. Bisa niru wajah itu mah udah level fantasi. Sadamune asli jadi badut di episode ini setelah boasting parah episode lalu. Sepertinya episode ini juga ngenalin satu musuh baru yang punya kemampuan super lagi. Power levelnya udah mainan adu kesaktian mah ini.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 04

BlueHeaven

Klasik trope: sistem pendidikan + shounen = ada arc kompetisi. Ga ada aksi akrobat Will, episode ini masih nyalain mesin sebelum masuk bagian utama ceritanya.

Atri 04

BlueHeaven

Atri masih dikasih lihat kusogaki modenya, tetapi ujung-ujungnya mulai kelihat ngefeelsnya. Tentu saja yang paling badut menyimpan perasaan cemas mendalam, apalagi robot spesifikasi tinggi. Saya paham meski belum ada alasan yang diutarakan, Natsuki enggan menjual Atri. Masih ada misteri yang belum kebuka, di dalam luasnya laut bahkan untuk komponen kecil seperti baterai. Sensei juga muncul belagak jadi antagonis, ujung-ujungnya kereveal bukan orang jahat. Ga ada pembicaraan hukum, karena justru Atri malah melanggar tabu dengan menjotos manusia di episode ini. Terakhir, saya mau apresiasi persahabatan dua lelaki yang awalnya ga akrab bisa cepat berubah jadi best bro. Ga ada support chara laki lagi sih selain dia.

NieR Automata S2 05

Kaptain

Pearl Harbor dari perspektif A2 dan dengan ini kita dapet cerita penuhnya. Bagian penting buat saya selaku pemain gamenya tuh ada hexcode yang ngekonfirmasi kalau aksi ini punya efek ke timeline lain. Emang spesifiknya belum jelas tapi duit saya di pulihnya ingatan soal janji dia dengan para prototype.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Zuo Le dapet 3, Shu non existence, Grainbuds 4 pasca 70an rolls. Ini event juga menyiksa PC kentang gue untuk beberapa minggu. Ini pertama kalinya make strat non Reed-Alter biar gak kena force close wkwk. Meanwhile kepala masih kena earworm Mystic Light Quest-nya Pepe.

Neural Cloud

Kaptain

Ini konten barunya pada dasarnya ya ngasih peringatan buat bikin tim Blink via elite barunya. Untung aja untuk sekarang fondasinya sama kayak tim dodge jadi ya hemat roll bisa deh. Balik ke resep “masalah ga selesai, tapi karakter lebih bisa ngatasin beban hidup ini”. Agak sedih juga ini event juga ngekonfirm usia efektif doll tuh 6 tahun aja kalau gak diurus banget.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Xandier59