[JOI Spotlight] Family Trip Edition

September 15, 2024 21:20
[JOI Spotlight] Family Trip Edition

Selamat datang di JOI Spotlight tepat ditengah September ini. Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Oshi no Ko S2 09

Kaptain

Konflik utama selesai or is it? Ini arc kurang lebih debriefing soal informasi yang ada sejauh ini, baik soal si target dan kondisi si kembar. Ini juga secara efektif balik ke TKP pertama. “Artis harus punya sekuriti 2 lapis buat nangkal fans ga beres”. Ouch.

BlueHeaven

Waktunya Ruby kembali mendapat spotlightnya. Udah kangen, toh, sama adek ucul satu ini? Masa musim imouto merajalela, Ruby AFK terus? Ini cukup mengejutkan, sih, karena saya kira satu musim bakal full buat Tokyo Blade. Bisa-bisanya mereka start hal yang baru dengan sisa 3 episode di penghujung musim.

VTuber Nanda Ga 10

Kaczmarek

Finally sampe ke gim kenamaan ini, Project Winter. Di saat semuanya terlihat sus, yg paling keliatan polos malah yang jadi imposter. Meanwhile ada keinginan laktasi dan urinal di tengah gurun ini. Alice need to calm down ffs, she just wants to devour that buttocks. Mashiron jadi impostor jadi hal yg gak gue duga karena sempet ngira Eirai berserk itu udah jadi jawaban terjelas. Ini episode jg cocok yg mau flashback ke Suisei Yandere moment. Pasca ini kayaknya bakal ditutup dengan konser.

Roshidere 11

Kaczmarek

Alya jadi mainan doang di tangan kedua sosok ini. Pengembangan karakternya bakal ketahan mereka sampai berani jebol batasnya sendiri. Di suatu saat pengen liat Masha nunjukan emosinya lebih jelas dan gak bermain peran demi saudaranya.

BlueHeaven

Darah Suou mengalir di tubuh mereka. Sudah selesai main-mainnya? Ini waktunya duel sesungguhnya. Alya ini celahnya kebanyakan, sekalinya kena langsung jatuh mentalnya. Agak dipertanyakan karena perlu setidaknya satu nilai plus yang bener-bener bisa dilihat dari seseorang main heroine. Kalau cuma model ngomong Rusia-go, Masha juga bisa.

Gimai Seikatsu 11

Kaczmarek

Apa yg lu tunggu? Etika? Situasi gak akan berubah bahkan yang disebut sama Maya pun udah jelas jalan keluar terbaiknya kesana. Ini agak riskan sebenernya karena kalau mereka lanjutin otomatis ada yg harus ngalah, yep kedua orang tuanya. Prospek itu kita pendam dulu tapinya. Kita fokus aja ke keduanya mau berani jujur atau enggak. Ok jangan bawa-bawa Alabama juga disini wkwk. Dua karakter kameo akhirnya dapet porsi ngomong dan yang paling menarik justru Kaho yang punya kegiatan harian yg non ortodoks.

Hazure Waku 11

Kaczmarek

3DCG kembaliiii dan kali ini saya menyalahkan desain monsternya yang cukup kompleks wkwk. Kehadiran Slei versi besar juga agak sulit dijadiin full 2D, tapi versi kecilnya masih aman. Treatmentnya kayak naga di Tate no Yuusha musim terakhir tayang. Paling enggak gak berlebihan dan kita balik ke seperti semula.

BlueHeaven

Udah ga kaget lagi ngelihat 3D CG buat monster. Emang ini bukan Hazurewaku aja yang pake, cuma anime ini udah pakai CGI sejak awal bahkan buat movement receh dari MC. Battle boring as always, “Paralyze”, “Poison”, “Sleep”, “Dark”. Kayaknya perlu ada variasi skill baru deh biar ga monoton. Noor di “I Parry Everything” aja punya skill kecil-kecilan yang lebih banyak dari Touka loh.

Megami no Cafe Terrace 11

Kaczmarek

C’mon Riho, maintenance-nya memang paling ribet ini heroine tapi frontalnya gak ketulungan. Meanwhile Shiragiku juga remnya ngikut blong kayak Riho dan Akane. Hayato juga sudah gabisa terlena karena mimpinya makin liar sama ketiga heroine kalahan ini.

Kaptain

Para istri minta setoran dan lucu aja luapan hasrratnya bisa diteken via ditinju di lokasi strategis. Baguslah kali ini rapatnya minimal.

Tensura S3 22

Kaczmarek

Sudah di titik dimana gue bisa skip episode ini. Ekspektasi gue soal Masayuki ini diselesaikan via obrolan bersama dengan partynya, namun disini hanya dihadiri Masayuki sendiri karena situasinya sama kayak Rimuru (otherworlder). Sosoknya juga udah gak terlalu menakutkan, tapi enggak dengan Elmesia yang kini sudah bersanding posisinya dgn Demon Lord.

2,5 Jigen no Ririsa 11

Kaptain

Konflik shounen nih seri emang lebih fokus ke ideologi masing-masing cosplayer dan jelas ini dimenangin Ririsa. Baik Nagomi dan Mayuri bisa nyambung lagi ke komunitas dan sisa masalahnya tinggal ini aktivitas bisa nggak diterima sekolah.

Kaczmarek

Thank you Eri udah mukul keras Mayuri karena keputusan sebelumnya wkwk. Baru inget ini adaptasi 24 episode, jadi masih bisa napas untuk nunggu karakter baru lainnya pada nongol.

BlueHeaven

Di open space sebesar itu, hanya ada 3 cosplayer. Kasian cosplayer lain cuma jadi pajangan, bahkan Eri yang cuma tugasnya ngegebuk Mayura. Kasih 5 detikan kek buat cosplay lain dikasih lihat ada photo session. Masa ga ada sama sekali yang tertarik sama cosplayer lainnya.

Nige Jouzu no Wakagimi 10

Kaptain

Sebagai seri sejarah nih seri emang punya bumbu khusus via karakter yang punya akses ke masa depan via jalur mistis. Menariknya juga via ini Yorishige tahu ada time limit buat mukjizat ini dan Takauji dapat penekanan sebagai monster yang makan segalanya yang supernatural. Jadi udah ada fondasi buat longterm goal soal misi Tokiyuki yang lebih fokus ge ngebunuh monster di ibukota dibandingkan ngalahin Takauji.

Monogatari Off/Monster Season 09

Kaczmarek

Masuk ke Shinobumonogatari. Misi tracking down Deathopia Virtuoso Suicide-Master di tengah kasus anggota klub basket Naoetsu yg satu per satu jadi mumi. Mungkin bagi kalian yg gak nyadar atau skimmingnya gak pas, tim basket perempuan Naoetsu dalam situasi pelik sejak Kanbaru cabut. Banyak yg udah capek karena latihannya tensinya tinggi, dan kalaupun ada yg mau cabut, mereka make skema nunggu-nungguan. Kie Harimaze jadi yg digaris highlight dalam kasus pertama pasca bertemu sama Deathopia Virtuoso Suicide-Master.

Hal yang bikin gue curiga disini adalah Gaen Izuko yang gabisa mecahin misteri sendiri soal password hpnya Kie. Ngarah ke Meniko, karakter baru yg jadi sohibnya Araragi dan Seiu, temennya Kanbaru berisi Baba. Oh iya, Araragi ternyata famous sebagai hentai daripada senpai pasca lulus. Thanks Kanbaru, dan Seiu.

Makeine 10

Kaczmarek

Koto membuka episode dengan drama CD BL diputer sekeras mungkin di mobil. Chihaya you mf dangerous girl. Ini episode seharusnya gue fokus ngefeel ke Chika, tapi malah dibuat ilang fokus gegara Chihaya melakukan apa yang biasa dilakukan manusia di server discord militer/airsoft. Oh, Konami jg lagi nyari pasangan dengan gaji stabil di usia 30 tahunan yang siap punya skenario berkendara bersama Sayo. Hibari, tolong tunjukin identitasmu ya. Ini gue tahu Basori sama Koto lagi nyiapin skenario BL Hibari x NKMZ.

BlueHeaven

Cakep banget Tiara sesuai namanya. Emang mahkluk paling normal di tengah anomali itu seberharga itu ya. Winning heroine semuanya kriminal, terutama yang jidatnya mengkilap itu udah banyak kasusnya. Bahan fujo terlalu banyak, tolong jangan nambah lagi penggemarnya yang muncul ke permukaan. Ini anime padahal ga ada scene BL-nya, cuma bahannya diputer terus buat ngingetin hampir ga ada cewek normal di seri ini.

NieR Automata S2 10

Kaptain

Ya ampun ini Drakengard & NieR pertama dijejalin dalam satu setengah menit. Emang kelewat naif saya ngarepin nasib si kembar di darkest timeline ini bakal beda dan sisi terang yang saya bisa liat cuma “paling nggak nih anime ga bisa bikin lebih sadis lagi”. Saya apresiasi jiga ini dialog dengan inkarnasi sebelumnya 9S karena despite everything perasaan dia ke 2B masih sama.

I Parry Everything 11

BlueHeaven

Kalau Noor dikasih kecerdasan sedikit, ga bakal selancar ini ceritanya. Emang butuh MC yang dongo meski ngeselin. Coba ada dia mau denger satu kalimat Rolo sampai habis, kayak gimana jadinya? Palingan juga merendah lagi. Bagusnya kita bisa lihat semua mentor Noor pas kecil mengakui kehebatnnya. Rolo juga dapat hidup yang layak, bareng Ines pula tinggalnya. Next conflict kemungkinan bakal clash sama negara religius yang anti iblis. Bisa seru, sih kalau nanti kerajaan yang high tech jadi reinforcement, tapi ceritanya pasti ujung-ujungnya balik diselesaiin sama Noor sendiri, yang lain cuma nonton. Anyway, visualnya tetap terjaga dengan sangat baik, bahkan dikasih POV musuh dan Noor dengan baik pembagiannya.

Maougun no Saikyou Majutsushi 12 (End)

BlueHeaven

Selesai dengan peperangan yang agak lebih worth tacticalnya ketimbang kemarin. Cefiro untung ga jadi love interest nambah-nambahin aja. Jelek amet rushed endingnya. Ga dikasih kejelasan soal putri yang mau dinikahin sama MC, langsung tiba-tiba jadi jendral pasukan ke-8 aja, padahal sebelumnya nolak. Terlalu kontradiktif dan cepat dimatiin gitu aja storynya. It need more 10 minutes to conclude the 1 cour. Sayang banget, padahal saya suka cerita yang isinya perang dikomandoi orang jenius.

Mob Kara Hajimaru Tansaku Eiyuutan 12 (End)

BlueHeaven

Sesuai dengan judul, tamatnya juga not bad. Emang yang jadi minus parah di sini adalah IQ dari para karakter terutama MCnya. Inconsistency over inconsistency. Saling tabrak ideologinya dan terlalu cepat berubah pegangan karakter dalam hal ini MC dan osananajiminya. Sebagai material promosi LN ini juga gak banget. Nothing special here, let’s move on.

Atri 10

BlueHeaven

Dan… villain kita kali ini beneran ngelawak. Gak ada plan B, abis dihajar Atri udah gitu aja. Bonyok, ya bonyok, bener-bener kalah ngebadut. Episode ini lebih fokus ke masa lalu Atri yang terlupakan. Ternyata jauh juga ini high spec robot umurnya. Beneran high spec karena bisa tahan lama, kalau kita bandingin sama Plastic Memories, seri yang sering dikaitin sama Atri. Beda banget dan ini lebih unexpected outcomenya.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 09-10

BlueHeaven

Episode 9 ada penurunan kualitas visual, maklum Will ga banyak aksi di sini. Pas di episode 10, balik lagi ke settingan awal yang keren karena waktunya Will bersinar. Gorenya mulai terasa, apalagi kasian juga profesor mob pada mati ngenes. Villainnya juga cukup jelas, jadi ini bukan pertarungan Will ngejer Elfie doang, konfliknya udah lebih gede scalenya. Butuh 2 cour paling ini biar enak animenya.

Neural Cloud

Kaptain

Maaf Penumbra. Situ kena powercreep parah via Sangoma jadi dikit banget alasan buat dapet situ dan Darkstar juga bentar lagi. Baguslah di banner event kali ini Uranus akhirnya dapet screentime setelah tiba-tiba nongol sebagai unit gratisan.

Honkai Star Rail

Kaptain

Sejauh ini bisa sukses jadi cerita Luofu paling “rapi” sekalian majuin plotline Hunt nih peradaban. Ini gonta-ganti perspektif emang berguna buat pacing, tapi jadi bikin males bongkar pasang tim. Karena roster FuA pribadi emang cetek ini main boss lumayan ngeselin karena dipaksa pake Fei, ujung-ujungnya jadi pake versi subpar tim Firefly.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: ususmomo

Sorry. No data so far.