[JOI Spotlight] Kunais Out Edition

October 20, 2024 20:32
[JOI Spotlight] Kunais Out Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di mana kebanyakan seri sudah masuk episode ketiganya. Seperti biasa staf JOI akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Gundam Requiem for Vengeance 01-06 (End)

What’s this?

MS IGLOO yang dapet duit Netflix

Kaptain

Side story One Year War yang by the book banget, jadi keliatan emang ini lebih buat penonton umum yang tertarik sama premis “Mecha sebagai Slasher Villain”. Ceritanya sehari sebelum Odessa dan berakhir di evakuasi total, jadi ya mayoritas aksinya soal Zeon yang dilumat sama Feddie yang mulai mobilisasi MS. Jujur ini strukturnya lebih kayak kompilasi cutscene game Unreal 5.

Lucu aja misi vitalnya tuh “Curi GM buat nyari kelemahannya”. Pretty sure kelemahannya tuh “Bakal meledak kalau ditembak”. Saya tahu ini endingnya dikritik banget, tapi saya lihat “Manusia gagal belajar dari tragedi” dan “Sumber daya dihabisin buat proyek yang ga guna” tuh tipikal banget sama tema nih seri.

It’s fine, lame ending aside yang saking payahnya kalau 3 menit terakhir episode 6 diilangin, RvV bisa dapet poin tambahan. Menuhin mandat juga via bikin MS yang saya pengen ngerakit kalau dijual via Junkyard Zaku nih entri.

Jadi pas ngobrolin nih seri sama sirkel saya, ada yang bikin komentar ini:“Requiem for Vengeance itu cerita yang sangat Tomino melihat ini ada Karakter Perempuan yang Ngambil Keputusan yang Luar Biasa Goblok”

Dandandan 03

Kaptain

Ini training arc cuma sempat setengah hari aja karena diluar anceman juga emang repot mesti ngawasin Okarun melulu. Perkenalan Mbah Seiko dan batasan kekuatan dia, kalian cuma perlu inget aja soal aturan “Main Kandang” sebagai batasan makhluk supernatural nih seri.

Nageki no Bourei 03

Kaczmarek

Gak terlalu berbahaya, tapi Tino untungnya gak cuma lumayan skill combatnya, tapi juga teamwork dan leadershipnya. Tapi tentunya kebutaannya terhadap Cry gak bisa dialihkan tiap mengambil keputusan. Meanwhile Rhuda mulai digarisbawahi soal asetnya yang membuat grup subtitling resmi harus mendorong posisi teks ke daerah kosong tanpa mengganggu konten utamanya.

Arifureta S3 01

What’s this?

2010-ish chuuni show: redemption quality arc

Kaczmarek

Down to the plot, i mean itu plot muscle bunny yang diancam sama kerajaan. Ternyata Hajime di latar belakang ngelatih rabbitman dari lebih buffed demi melindungi diri dari ancaman luar kayak pertemuan pertama mereka. Anime musim ketiga ini juga jadi anime kedua yang memakai ending animation yang super gooner.

Seirei Gensouki 2

Kaczmarek

Udah di tahap males tapi harus tetep lanjutin ini arcnya. Dari sumber utamanya gak terlalu menarik menurut gue, tapi ada elemen penting dari Miharu sendiri untuk kedepannya. Motivasi utama masih karena Celia. Tiati ketuker Miharu sama Mahiru karena warna rambutnya sama. Preferensial kalian demen yg mana wkwk.

Hitoribocchi no Isekai Kouryaku 04

Kaczmarek

Akhirnya sampai kota, dan sempet juga ketemu party yang lagi kesulitan. Dengan ensemble cast kayak gini, ngebagi porsi dialog per karakternya bakal susah banget. Kecuali mereka make apa yang dipakai sama adaptasi “Isekai Nonbiri Nouka” yang format manga-nya 11-12 sama Hitoribocchi Isekai ini. Haruka akhirnya nemu peradaban yang bisa menghentikannya makan jamur tiap hari. Tapi ternyata jamurnya lebih berharga dari yang dia makan tiap harinya. Dinamikanya sama Touka-inchou udah makin licin dan tinggal nunggu kapan keduanya gak mau lepas satu sama lain.

BlueHeaven

Itu rombongan cewek-cewek yang ngikut MC cuma inchou doang yang bersinar. Emang asik sih lihat keimutan inchou, cuma saya pengen tahu lebih banyak karakter-karakter yang lain. Mungkin harus bersabar di beberapa episode berikut baru dikasih spotlight masing-masing cover girl yang ada di ending, kalau enggak ya mubazir banget.

DanMachi V 03

Kaczmarek

Kami tidak merekomendasikan kencan lari macam ini kepada siapapun. Syr udah ditahap cinta maksimal pasca terjun ke perairan dan makin naik dengan ngajakin Bell ke pemberhentian terakhir. Meski anggota Freya Familia udah 70% terjun ke lapangan, tapi Freya-nya sendiri masih gak keliatan responnya. Ais masih penasaran doang kalau dari yang gue liat (selain Hestia yg jg ngintilin mereka). Meanwhile Ryuu kudu nahan perasaannya lagi demi rekan kerjanya. Ini dia masih gak nyadar Syr itu ada hubungannya ama Freya kan?

Sayounara Ryuusei, Konnichiwa Jinsei 03

Kaczmarek

Yang bener ini? Selain istrinya, anaknya juga jadi sumber asupan susu untuk warga desa? Ini gue mikirnya tiap warga desa isinya reinkarnasi dari binatang semua di masa lalu mereka. Baran akhirnya ngajakin adu minum susu sama warga desa, termasuk Christina sendiri. Tapi masalah utama justru dari Celina yang belum ‘legal’ untuk tinggal disitu. Ngeliat preview eps berikutnya, kayaknya bakal ada bloodbath. I wonder Myraal bisa turun ke dunia lagi jika ada masalah yg membutuhkan campur tangannya secara langsung.

Kekkon Surutte, Hontou Desuka 03

Kaczmarek

Masalah utama sama keluarga belum bisa diselesein disini. Kita pindah dulu ke klien JTC yang cukup terkenal karena gabungan dari dua monarki Liechtenstein dan Luxembourg. Tentu saja chara heroine dari Tamiki Wakaki narik seiyuu dari TWGOK, yaitu Naobou. Ini karakter turis apa bakal bertahan di seri atau cuma nongol sekarang aja? Rika juga mulai cemburu di tengah hubungan palsunya.

2.5 Jigen no Ririsa 16

Kaczmarek

Lagi-lagi karena rumput tetangga. Ok Aria mulai mendalami lubang jarum per-otaku-an pasca digoreng sama Nonoa dan Ririsa. Sempet disinggung juga soal mindset cosplayer yang bikin jengah cosplayer lain dengan ‘ketidakseriusan’ mereka dalam bersolek. Ujug ujug kita dapet info bapaknya Aria ternyata mangaka yg manga-nya kena axed pasca dua volume.

BlueHeaven

Welcome to rabbit hole, Aria! Dua volume sangat miris untuk author yang kena kapak. Baru mulai cerita di volume 1, terus mulai perlahan naik di volume, eh malah ga lanjut. Pasti ceritanya bener-bener jauh dari kata selesai di titik aman.

Magilumiere Co. Ltd 02

Kaczmarek

Tiap startup tentunya ada kompetitor. Sayangnya kompetitor mereka ini udah cukup gede di kota itu sendiri, dan bahkan pengen ngelebarin sayap bisnisnya ke negara lain. Gue masih demen sama Hitomi dan Kana yang beda persepsi dalam cara kerja tapi satu suara kalau ada perlu ekskalasi dadakan. Meanwhile, gue curiga Mei (mahou shoujo dari AST) dan Kei (CEO-nya) dalam kontrol Kaii yang lebih berintelegensi seperti manusia.

Monogatari Series: Monster/Off Season 14 (End)

Kaczmarek

Cutting yang bikin gantung sebenernya dari sisi produksi Monogatari sendiri. Biasanya kalau gini penyelesaiannya dapet animasi on-screen dan gak off.

Kaczmarek. Posisi: prone-bone. Favorite play: Pating Mress.

Gak tahu kenapa, ngeliat Kagenui nyari benda apapun yang dijadiin pijakan yang penting gak nyentuh tanah keliatan lucu sejak pertama kemunculannya. Obrolan Kagenui dan Suicide-Master sedikit mengungkap kalau keduanya udah kenal sebelum Suicide-Master dateng ke kota.

Penutupan via obrolan dengan Hitagi minimal mengobati kangen para pecinta heroine ini, setelah sebelumnya nongol off-screen dan voice-only pasca nelpon rumahnya Araragi. Harimaze nasibnya masih tanda tanya pasca balikin empat ‘temen’nya kembali jadi manusia tulen. Touch of wholesome ngeliat Araragi jadi anggota non resmi klub basket, at least sampai normal lagi.

Karena materialnya masih banyak dan ngeliat kebiasaan Shaft, ini proyek masih bisa lanjut ke arc berikutnya. Ada dua arc yg mungkin bisa dibikin 12-13-14 episode juga. Belum ada info, tapi ada live talkshow di November nanti sama para seiyuu dan staf.

Trillion Game 04

Kaptain

Lolos qualifier. Ini turnamen bakal lebih berat di aspek shounennya jadi ya saya expect bakal ngelakuin kesalahan yang amatiran banget. Then again ya dari awal udah jelas kok ini utamanya buat publisitas dan investor pentingnya udah nongol.

Party Kara 03

Kaczmarek

Gue udah mulai frustasi sama MC ini karena sikapnya terlalu tenang. Tapi di satu sisi dibuat penasaran sama hubungan Shieg dan Lyra. Ini skema demi apaan ya dengan bermain undercover. Mereka lagi investigasi seseorang kah? Margulus? Sejauh ini antusiasme gue mulai menurun. Also, gue gak bisa nyebut itu cewek thief yang namanya kayak website nyawer.

Tensei Kizoku Kantei Skill Season 2 03

BlueHeaven

Episode penebusan blunder kemarin. Berhasil menyelesaikan misi dengan modal kejujuran dan cara yang bohong di akhir. Sudah saatnya kita berperang? Let’s go!

Re:Zero Season 3 03

BlueHeaven

Baru episode 3 langsung ngespill archbishop sebanyak ini? Subaru juga ga reset, bolehlah kita anggap dia cukup “aman” di episode ini. Betty tolonglah jangan kayak Puck yang AFK kelamaan. Ini spirit di Re:Zero terlalu reckless buat ngelindungin kontraktornya.

Amagami-san Chi no Enmusubi 03

BlueHeaven

Sesi wawancara udah kayak date aja. Kakak tertua sangat appealing dengan aura misteriusnya. Yang termuda masih menjadi yang paling menarik buat saya karena dari segi desain dan poninya yang unforgettable. Kalau doi demen olahraga, apakah ini artinya kita bisa mendapatkan gadis kecil berotot?

Rekishi ni Nokoru Akujo ni Naru zo 03

BlueHeaven

Ditinggal bentar udah time skip. Meski progressnya masih kerasa template, tetapi entah kenapa saya bisa betah buat ngikutin seri ini. Ada unique valuenya yang terang benderang buat bikin saya stay menuggu plot twist di titik tertentu. Terima kasih karena spoiler saya bisa menjaga hype untuk seri ini.

Saikyou no Shienshoku “Wajutsushi” 03

BlueHeaven

Member party pertama get! Meski demikian saya ga bisa sama hypenya dengan episode minggu kemarin yang satisfying. Ini kayaknya sampai episode 5 atau 6 masih berkutat di rekrutmen.

Blue Lock vs. U-20 Japan 02

BlueHeaven

Yahaha slideshow PPT. Memang layak dihujat mau gimana lagi. Sebenarnya saya ga terlalu ambil pusing kalau cuma satu episode, lah ini diterusin di episode ke-2. Kalau begini terus ya orang kesel kali. Animasi main bola di Detektif Conan aja masih lebih bagus. Udah gitu plotnya template disusul 3 gol buat comeback. Mau terkejut juga ga bisa dipaksa.

Yarinaoshi Reijou 02

BlueHeaven

Wow, insiden yang benar-benar bikin saya tercengang ini plotnya. Bakal jadi salah yang satu yang bakal dihindari ke depannya. Politiknya cukup frontal, ini bisa jadi alasan terkuat saya nonton ini. Buat Rave, ini orang bikin saya heran. Kok, bisa beliau tumbang pas kapalnya diserang? Kurang masuk alasannya di saya.

Kaczmarek

Jill malah mirip Terakomari pake baju itu wkwk. Ini Hadis sudah di tahap unfixable sama kayak Gerald. Meanwhile kita dapet sisi lain Sphere yang ditolak karena gak di bawah 14 tahun. Wild line tbh.

Shangri-La Frontier Season 2 01-02

BlueHeaven

Pacing season ini jauh lebih enak ditonton dari season 1 yang lemotnya minta ampun. Still, dua setengah menit pertama masih bisa diskip. Animasi gelutnya top class, meski cuma lawan golem doang intinya. Psyger-0 masih alpa dalam aksi, mengingat durasinya juga dikit di musim kemarin ga bisa berharap banyak juga.

Wizardry Variant Daphne

Kaptain

Baru nyampe B6F. Ini game bikin saya sedih banget. Soalnya ini dungeon crawler ideal saya yang sayangnya dipaksa jadi game gacha. So here’s the thing, ini game didesain buat ngelumat pemain kalau nggak diseriusin. Kalau ada NPC yang ngasih peringatan kalau sebuah area bahaya banget, that place will mess you up. Ga ada unit yang bisa bikin mainnya santai tapi SSR kayak Lana bisa ngehemat duit dan MP via Heal pasif dia.

Makanya ini emang nekat banget ngebikin gacha buat Wizardry. Permadeath ada dan udah ada kasus karakter SSR ilang permanen, tapi ini kayak kehilangan unit di Kancolle yang berarti kalian harus nyuekin semua peringatan. Secara efektif juga ga ada sistem energy, tapi unit bisa kecapekan via ekspedisi dungeon sehingga roster mesti gede biar bisa dirotasi.

So here’s thing, saya bakal ngebocorin Big Twist dan hook utama nih game jadi silakan highlight kalimat seterusnya. Setelah nyampe B8F kalian bakal bisa rewind ke awal dengan semua status dan pengetahuan kalian, karena misi utama kalian berubah jadi “Pastiin ekspedisi kali ini bisa lebih sukses karena di loop sebelumnya situ disalahin atas banyaknya kematian ekspedisi itu.” Selain itu presentasinya juga bagus karena bisa make sudut pandang pertama dengan efektif di combat.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: domadomadomaama