Charapedia Memilih 20 Manga dan Anime Olahraga Paling Berpengaruh

January 10, 2015 11:56
Charapedia Memilih 20 Manga dan Anime Olahraga Paling Berpengaruh

Olahraga merupakan salah satu genre populer di dunia anime dan manga, meskipun mungkin target pasar dan tujuannya menjadi berbeda seiring perkembangan zaman. Namun mau apapun alasannya, hingga saat ini genre olahraga meski tidak banyak dalam jumlah, tetapi masih merupakan salah satu genre paling dominan. Dan dari seluruh manga dan anime olahraga terkenal tersebut, mana yang paling berpengaruh?

Situs Charapedia membuat poling dan bertanya kepada 10.000 penggemar, 46% diantaranya pria dan sisanya adalah wanita, untuk memilih seri olahraga paling berpengaruh, ini rangking 10 besarnya:


sports manga berpengaruh (2)
10) Inazuma Eleven (Sepakbola)

sports manga berpengaruh (6)
9) Daiya no Ace (Baseball)

sports manga berpengaruh (10)
8) Yowamushi Pedal (Sepeda)

sports manga berpengaruh (1)
7) Kapten Tsubasa (Sepakbola)

sports manga berpengaruh (9)
6) Free! (Renang)

sports manga berpengaruh (7)
5) Major (Baseball)

sports manga berpengaruh (5)
4) The Prince of Tennis (Tenis)

sports manga berpengaruh (4)
3) Haikyuu! (Voli)

sports manga berpengaruh (8)
2) Slam Dunk (Basket)

kurobas daisuki
1) Kuroko no Basket (Basket)


Meskipun baseball adalah olahraga paling populer di Jepang, 2 manga basket berhasil meraih posisi puncak dengan Kurobas dan Slam Dunk. Nampaknya bisa dilihat bahwa mayoritas pemilih pria memilih Slam Dunk, dan wanita (dibantu oleh sebagian elemen pria) memilih Kurobas. Inilah maksud saya yang meskipun dijuduli “berpengaruh”, berpengaruhnya bukan berarti “membuat pembaca jadi ingin mencoba dan bergelut menjadi pemain olahraga tersebut” melainkan menjadi “menikmati pria keren “bersaing” satu sama lain huft huft huft”.

Baseball sendiri juga meskipun bahkan kalah oleh tenis dengan Tenipuri yang merupakan satu-satunya seri tenis di 10 besar, masih dapat mencuri 2 posisi di atas. Seri nyaris klasik Major dan Daiya no Ace adalah punggawanya. Meskipun saya bingung The Pitcher/Nanto Magoroku tak ada di daftar tersebut.

Dari daftar diatas, sepertinya yang mempengaruhi dengan “tulus” murni untuk olahraga dan bukan karena hal lainnya hanya Kapten Tsubasa, yang katanya memang benar berhasil merubah hidup beberapa atlit terkenal Jepang seperti Hidetoshi Nakata untuk berkarir di sepakbola, dan mungkin Major serta Slam Dunk. Lainnya? Hmm…

Sumber: SGCafe