[JOI Spotlight] End of Winter 2024 Edition

March 31, 2024 20:14
[JOI Spotlight] End of Winter 2024 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup blok musim dingin. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk akhir dari berbagai seri yang membuka 2024 ini.

Mahoako 13 (End)

Kaptain

Ga kayak kebanyakan seri musim ini, ga ngeumumin season lanjutan walaupun materi masih banyak banget. Hotel ga nyampe, tapi seenggaknya episode pantai bisa nyampe. Kompromi yang bisa diterima ngeliat dasar seri ini yaitu protag yang bangga banget jadi antagonis menuhin kewajiban dia untuk ngasih pertumbuhan ke para mahou shoujo.

Kaczmarek

I feel bad for Sayo at this point. Setelah sekian lama kena torture sama Utena untuk ngebangkitin sisi masonya, kini dia bisa make sisi itu buat jadi lebih rigid dan kuat. Bener-bener adaptasi yang muasin dari segala aspek.

Delicious in Dungeon 13

Kaptain

Oh tidak, siapa yang bisa ngeduga ini bakal terjadi dari penggunaan Sihir Terlarang. Sarcasm aside, ini episode emang khusus buat Chilchuk ngecerna perjalanan selama ini dan ngebentuk argumen bermutu buat mundur. Yang Laios untungnya cukup bijaksana untuk mundur.

Update ekosistem dungeon. “Penduduk” lama peradaban yang kekubur ini punya agenda mereka sendiri dan jelas ga seneng sama manajemen sekarang.

Konosuba S3 01

Kaptain

Setengah materi orisinal. Pada dasarnya buat ngerecap filmnya sekaligus setup cerita volume 6 LN. Nggak komplain banyak ngeliat gag yang kepotong dari film nongol juga di sini. Seperti biasa tuh mayat emang protag isekai sebelumnya dan cheat item dia disita seperti biasa.

Shin no Nakama S2 12 (End)

Kaczmarek

Selamat Rit jadi istri pertama Red, nah sekarang mana Ruti yang jadi kekasih pertama Red? Gak ada bunuh-bunuhan karena ini konflik sejatinya gak melawan faktor eksternal. Gue lebih menyayangkan stretching di akhir ini dibuat dramatis tapi gak ngasih konteks lebih soal blessingnya Van. Karena kalau pake siklus yang sama, ujung-ujungnya Red dan Ruti (dan mungkin dibantu Van juga) bakal berhadapan lagi sama sosok hero lain yang bisa nyusahin mereka di masa depan.

BlueHeaven

Pernikahan seadanya ala desa pinggiran. Ga ada bedanya sama pesta rakyat biasa, no wedding suit for both of them. At least mereka bahagia.

YouZitsu S3 13 (End)

Kaczmarek

OK sudah saatnya Kiyo bermain lebih liar lagi di kelas dua nantinya. Kei sebagai alat sekarang upgrade jadi alat v.2 dengan alasan mencari arti cinta di masa sekolah. Sementara banyak yang terungkap di balik layar, kayak soal Chiaki yang akhirnya membuka diri kalau dia menutup kemampuannya agar gak masuk spotlight.

BlueHeaven

Gerbang menuju ni-nen hen terbuka. Kalau bakal ada adaptasi animenya, count me in. Kiyotaka plain as always. Kalau kita ga dikasih inner voicenya palingan kita bisa kegocek nganggep dia udah develop jadi lebih “manusia”. Sayangnya, tidak.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 12 (End)

Kaczmarek

Puncak dari segala puncak. Beruntung gak berlama-lama untuk dapet pengakuan dari Tomozaki ke Fuuka. Sorry Mimimi fans, author is the one who chose her. Yang ngurusin skrip di dua episode terakhir ini patut dikasih pujian setinggi-tingginya.

BlueHeaven

Anime yang niat buat nunjukkin keseluruhan cerita dalam cerita. Drama pentasnya pol abis. Sayang ada twist di ending yang ditaruh fuuka dalam penampilan. Jadi bruh momen karena set Arcia sama Libra itu adik kakak belum hilang. Di sisi lain saya fine aja kalau Fuuka yang menang. Sesekali emang karakter polos kayak gini jadi heroinenya boleh, bukan pemanis kayak di kebanyakan anime romance lain. Mimimi strong, dia justru yang ngarahin Tomozaki buat masuk ke step akhir. Jangan disamain sama heroine tertolak lain karena dia gak egois.

Majo to Yajuu 11

Kaczmarek

Kemaren dibikin cliffhanger, sekarang dibikin cliffhanger. Ini tiap arc gak diselesein di satu alur secara langsung karena banyak serpihannya. Di fase flashback ini, kita juga dapet penglihatan alasan Guideau yang membutuhkan peti itu, bukan Ashaf yang harus membawanya. Dengan ini, udah bisa nebak adaptasinya bakal ngegantung di akhir episode. Andai treatmentnya kayak Undead Girl Murder Farce, huft.

Kami wa Game Ueteiru 01

What’s this?

Self explanatory title

Kaczmarek

Seperti judulnya, para “Dewa” menyiapkan permainan untuk para manusia berkekuatan demi menghabiskan waktu mereka. Leoleshea secara teknis emang Dewi, tapi di situasinya sekarang udah “Fallen” dan harus ngejar 10 kemenangan untuk balik jadi Dewi. Sistem awal yang dijelasin masih simpel jadi masih rada flat. Butuh penggugah di episode berikutnya untuk ngikutin ini lebih jauh. Sempet baca trial novelnya di Bookwalker beberapa tahun lalu, jadi lupa-lupa inget kelanjutan ceritanya. For note, ini sutradara sama yang bikin skrip masih orang baru dan proyek ini jadi karya pertama mereka di serial anime TV. Satu lagi, iya ini satu author sama KimiSen.

Bravern 12 (End)

Kaptain 

Jelas dilukai banget kualitasnya karena cuma dapet satu cour, ngeliat serialisasi baru bakal dimulai di Hobby Japan soal timeline Lulu. Complete disrespect buat boss terakhir tuh saya apresiasi banget dan pada dasarnya ini emang produk yang bakal didapet kalau Obari dikasih duit buat bikin Godannar lagi.

A very by the book super robot, yang jelas banget lah ngeliat sutadaranya. Keliatan juga kok stafnya pada seneng ngerjain ini. Bersyukur banget yang kayak gini masih bisa diproduksi di tahun 2024.

Chiyu Mahou 12 (End)

Kaczmarek

Felm udah makin kasmaran tapi maken berat juga latihannya dari Rose. Meanwhile kita kena tease banyak karakter penting untuk masa depan. Petualangan ke daerah lain ini sebenernya bakal makin menarik karena Amako sama Usato kian deket bondingnya. Beberapa karakter yang baru muncul di journey phase ini juga ditongolin di outro, please kalo ada season 2 bisa kali dilanjutin.

BlueHeaven

Dosa besar tim produksi kalau ga lanjut ini ke season 2. Bisa-bisanya ngasih slide show teaser karakter buat sekuel. Ga mau tahu, wajib lanjut ini mah.

Loop 7-kaime 12 (End)

BlueHeaven

Alasan saya malas masukkin anime ini di weekly spotlight ya gini. Pertama dikasih bayangan jahat karakter A, terus episode depannya malah jadi putih alias baik. Saya masih belum bisa nemu nyambungnya sama Arnold yang punya vibe sadis dengan pribadinya yang dikatakan baik dari ucapan Rishe dan pangeran Kyle.

Seri ini ketolong sama sosok Rishe 7 rupa yang ngecarry sampai tamat. Kalau bukan Rishe mah udah straight to mid. Apalagi karakter pendukungnya selalu hilang kalau arcnya kelar. Yang selalu hadir cuma tiga figur utama: Arnold, Rishe, Theodore.

Hime-sama Goumon no Jikan Desu 12 (To be Continued)

BlueHeaven

Anime ini selalu menjadi comfort zone saya di musim ini. Nonton tiap episodenya selalu fun dan mereka bisa leluasa mainin idenya ga berasa itu-itu aja. Episode terakhir bahkan mereka bisa mainin vibe last episode dengan sangat baik. Ending roll ditaruh di tengah buat ngasih mini story isekai idaman Maou yang selamatin dunia cuma 2 jam aja. Maou MVP emang, karakternya agak lain, apalagi ketawanya itu loh ikonik. Saya bakal menantikan musim kedua dengan sabar.

Oroka na Tenshi wa Akuma to Odoru 12 (End)

BlueHeaven

Ke sampingkan visual mid ala Children’s Playground Entertaiment, ceritanya cukup menghibur meski jokesnya hit and miss. Parodinya kenceng dan jarang ada anime dekade sekarang yang berani dengan dosis kayak gini. Secara story emang ga banyak yang bisa dibahas, tapi komedinya masih dalam taraf menghibur. Kurangnya di seri ini mungkin ada support chara yang bisa ngimbangin duo karakter utama agar anime ini bisa lebih menghibur.

Gekai Elise 12 (End)

BlueHeaven

Saya bukan ahli di bidang kesehatan jadi ga tau kapan-kapan aja nih alat operasi canggih zaman sekarang ditemukan. Standar kesehatan di dunia fantasinya Elise itu udah hampir secanggih masa sekarang. Minusnya mungkin belum ada alat medis elektronik. Tiap kali saya nonton operasinya ini yang bikin saya bingung, borderline fantasi dan dunia nyata suka kelihatan tidak berbeda sama sekali. Untuk masalah kesehatan terakhir, kemungkinan penulis menggunakan referensi medis asli yang dia temukan di dunia nyata. Masalah anomali seperti ini udah sering terdengar bahkan untuk kuping awam seperti saya.

Dari segi politik, Michael yang nyelametin Elise terus nganter dia itu bisa dipahami mengapa dia ga ikut nunggu bareng kakaknya padahal dia yang punya terbesar waktu itu. Cuma alangkah lebih bagus kalau dia bisa ikut ngasih approval bareng Linden terus baikan di situ, momennya pas padahal. Ini antara dia mau bersihin cecenguk pemerintahan yang berani ngancem Elise atau jaga jarak sama Linden atau authornya mau Linden yang dapet sweet moment apalagi koneksinya dengan Elise dipertegas daripada Michael yang cuma roda ban kelima di mobil.

Akuyaku Reijou Level 99 12 (End)

BlueHeaven

Ga expect visual rendahan anime ini bisa membawa saya bertahan sampai episode terakhir. Ceritanya menarik dan karakternya yang unik itu membuat anime ini watchable. Saya bisa saja ngeluarin komentar pedes kayak biasa “Animenya ketolong sumber ori, mending baca sumber orinya aja”. Cuma karena ini jatuhnya komedi, jadi visual standar kayak gini masih bisa dimaafkan. Momen Alicia nusuk mereka gak skip, karena itu bagian menariknya biar ending ga ngebosenin. Level 99 masih vulnarable juga sama tusukan light magic user mematikan. Semuanya happy ending kecuali Eleanora yang ga jelas nasibnya cuma bisa joget-joget imut di ending doang.

Saijaku Tamer 12 (End)

BlueHeaven

Rahasia terakhir yang dibeberkan ternyata soal dia hoshinashi alias tanpa bintang. Sepertinya ga bakal relevan kalau soal isekainya yang diumbar. Lagipula unsur isekainya kurang menonjol karena dia cuma berperan sebagai suara hati doang. Meski demikian, kontribusi suara hati isekai ini berperan penting dalam perencaan anak 9 tahun yang melebihi ekspektasi orang dewasa. Bisa dibilang inilah mengapa Saijaku Tamer memakai unsur isekai walau minim kontak untuk memberikan buff minimal buat karakter lemah kayak Ivy bisa berperan besar dalam cerita.

Proses perubahan Ivy juga dikisahkan begitu rupa sampai ke titik ia bisa menemukan tujuan hidupnya. That’s it, I can say it clearly, absolute suinema. Cantik banget mereka bikin penutupnya kisah slime dan anak tanpa bintang, dua mahkluk terlemah yang berjuang tetap hidup dan akhirnya menemukan jalannya.

Ragna Crimson 24 (End)

BlueHeaven

Kalau ngelihat backstory Ultimatia dan Kamui, mereka seperti mahkluk tak bersalah. Eits, ingat dulu, siapa yang ngeratain satu kerajaan? Dosa mereka sebagai dragon pasti ga cuma itu. Cuma sedih aja, mereka emang ga dikasih starting point bagus buat memulai hidup, siapa yang menuntun mereka untuk mengambil jalan yang benar? Ultimatia melayani dua dewa aja sesat semua.

Anime kayaknya ngambil rute berbeda dari aslinya. Saya gak ingat itu Tia bisa tetap hidup dan keberadaan Nebulim yang ga jadi mati juga ga diungkap. Sisa 4 jiwa yang bertahan dari pasukan putri sedih banget sih, apalagi yang finishing si kembar. Sekuel sepertinya tidak begitu besar harapannya. Satu-satunya alasan sekuel bisa hadir mungkin karena Gilzea masih belum lama diperkenalkan dalam animenya. Anyway, welcome to plot armor shounenhood, di mana putus leher masih bisa bertahan hidup.

Bokuyaba Season 2 13 (End)

BlueHeaven

Yang nulis cerita Bokuyaba itu cewek, jadi jangan heran kalau endingnya bisa gini. Overall, it’s a good closing. Mereka mainin kartenya maksimal, banyak efek yang dikeluarkan meski mungkin ada opsi yang lebih baik di bayangan saya. Momen tololnya Kanna jadi bahan ngakak yang mengelitik di episode akhir. Anna sama Kyotarou gagal kiss juga komedi karena perbedaan tinggi.

Yang jadi minusnya mungkin karena ekspektasi ke animenya sudah tinggi mengingat di beberapa voting komunitas Bokuyaba tinggal satu langkah lagi sweep rank 1 bertahan sepanjang musim. Dibanding ending anime lain di musim ini, Bokuyaba masih kalah untuk urusan endingnya karena momen confessnya bukan di timing terbaik. Itulah realita dalam fantasi, tidak perlu memaksakan diri untuk mengungkapkan perasaan di waktu kelulusan atau malam kembang api. Cukup “itsumo no basho” and bam, jadian.

Solo Leveling 12 (To be Continued)

BlueHeaven

Good anime di tengah banyak sentimen negatif untuk seri ini. Di Jepang anime ini sampai ganti judul karena disangka rasis serinya. Di luar dianggap ketinggalan zaman karena telat diadaptasi. Sebenarnya seri ini oke aja. Dari segi produksi malahan mewah banget. Story telling ga jelek banget, masih bisa diikuti. Kalau ada cuma, ya karena perubahan Jinwoo terutama dari segi tampilan itu drastis dan dilaksanakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Episode terakhir animasi sakuga, cara penyelesaian masalah dapat diterima, penempatan direksi pas, sekuel konfirmasi, Jeju here we go!

Shangri-La Frontier 25 (To be Continued)

BlueHeaven

Shangflo tahu cara menghancurkan harapan penonton dalam sekejap. Tampilan mahou shoujo suara om-om, luar binasa efeknya. Karena ini lanjut, saya anggap bukan episode pamungkas. Secara tutupnya masih jauh dari kata closing.

Mashle Season 2 12 (End)

BlueHeaven

Loh, kirain ujian visioner sucinya udah kelar, ternyata masih belum. Bisa-bisanya diisi liburan musim panas sama UAS. Logika di anime ini emang udah ga ada harga dirinya. Ini juga belum ada kepastian sekuel. Masa digantung begini sih. Ayolah dah dapet itu popularitas dari opening yang ngejual, bisa digas ke season 3.

Dragons Dogma 2

Kaptain

Mayoritas sidequest yang ekplisit udah abis dan maester teaching dah ngembat semua, jadi ya tinggal beeline main quest. Pas spotlight selanjutnya paling dah bisa ngasih final impression buat versi vanilla ini. Udah di poin di mana field boss bisa dilumat di bawah semenit & tinggal musuh level drake aja yang will actually put up a fight. 

Karena main sambil ngasih update sama temen lain dapet pengalaman yang beda banget ngeliat beberapa quest dapet rute yang beda, dan penyelesainnya punya efek pada quest lain kedepannya. So yeah jangan percaya sama review yang bilang sidequest ga penting. Beberapa main quest bakal jadi lebih gampang kalau situ punya rapport sama figur penting dunianya.

Honkai Star Rail

Kaptain

Sub Inggris ngelewatin reveal penting soal Gallagher dan petunjuk terakhir Sparkle. Soalnya via dub JP saya bisa denger sama line yang dilewatin ini. Ini tipe kesalahan karena ga dapet editing run tambahan tapi sebagai sesama pekerja proyek live service juga saya tahu kok ini deadline proyek emang ketat banget dan materi penting kayak glossary/term bank suka telat.

Selain itu ya sekali lagi marketing ngerusak pengalaman main. Setengah cerita nih patch tuh soal identitas Raiden lokal yang udah jelas banget dan reveal Sam di akhir juga udah bocor di mana-mana. If anything malah Aventurine yang ngecarry cerita nih patch.

Yang penting ya sekarang pemilik Acheron bisa ngeskip mayoritas SU. Di luar elite dan occurrence tinggal lumat aja sambil makanin dia snack.

Stellar Blade Demo

Kaptain

Dunia dikuasai mutan dan umat manusia kabur dari bumi. Lama kemudian pasukan yang eksklusif isinya perempuan dikirim balik buat ngerebut kembali dunia. Btw di sesi intro ada heroine veteran yang suwer sumpah mati banget dan ga bakal balik buat jadi boss fight. So yeah ini emang produk Shift Up.

Ini juga skill tree punya penyakit “upgrade to parity” khas game 7th gen. Singkatnya kalian punya daya tempur cosplayer profesional di awal, dan pas mode “buka mayoritas skill tree buat ngelawan satu boss” bisa diakses di demo nih game akhirnya berfungsi sebagai game action. Singkatnya ini skill tree Survival yang ngasih banyak banget QoL harusnya dikasih gratis dari awal, atau minimal pasca intronya.

Really not worth the 70 USD price. Ga kayak Lies of P yang seangkatan dan lebih murah, Stellar Blade lebih fokus di spectacle daripada gameplay polish. Then again kalo ga dipublish Sony saya yakin ini harganya lebih waras.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Hayashi Naoharu