[Review] Mayoiga

July 10, 2016 15:00
[Review] Mayoiga

Sighhh, saya tidak percaya akhirnya saya membuat review anime ini setelah dituduh maso oleh Etherlite pada artikel Dropped-nya. Mayoiga mulai dari awal hingga akhirnya memang mengundang berbagai macam pro dan kontra apakah anime ini bagus atau tidak. Saya sendiri memang berharap banyak pada anime ini awalnya dan memang selalu memutuskan untuk menonton hingga akhirnya, saya tidak dapat menyembunyikan kekecewaan saya.

Seburuk apakah Mayoiga? saya akan bahas poin yang valid hingga akhir episode karena beberapa poin nya sudah diwakilkan di rubrik dropped sebelumnya.

Script Writing dan Eksekusi Cerita Yang Buruk

mayoiga-review-2Apa yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah? cari kambing hitam!

Sinopsis dari Mayoiga adalah ditemukannya sebuah desa misterius yang bernama Nanaki Village/Nanakimura. Desa ini hanya bisa dimasuki dengan kondisi tertentu dan sekali masuk maka tidak bisa begitu saja keluar. Ternyata Desa ini bisa merefleksikan trauma psikologis dari penghuni nya di masa lalu yang disebut Nanaki. Sekilas inti ceritanya cukup bagus, tapi benarkah seperti itu?

Berantakan, itulah yang ada di benak saya ketika menonton ini. Sebenarnya Mayoiga memiliki konsep cerita yang bagus tetapi sayang eksekusi di animenya hancur berantakan. Pada 6 episode awal anime ini hanya berisi debat dan debat, kemudian mulai terungkap misterinya dan surprisingly saat memasuki 6 episode terakhir mulai terlihat bagus tetapi hancur total di episode terakhir. Bagaimana tidak, kita ambil contoh Koharun, orang yang membawa rombongan tur ke Nanakimura. Awalnya Koharun adalah wanita baik-baik dan terlihat pintar, tetapi ternyata pada episode 10 diungkap bahwa Koharun ternyata mempunyai motif lain dan menjadi antagonis.

Saya sendiri cukup kaget dan penasaran bagaimana kelanjutannya hingga pada episode terakhir, Koharun ternyata menjadi anak baik-baik lagi karena hanya ingin membantu ayahnya. Koharun berubah dari antagonis menjadi anak cengeng hanya dalam 2 episode! Sebuah development seperti ini tentu mengundang tanda tanya: kenapa memaksakan ada antagonis? Belum lagi episode terakhirnya yang terlalu terburu-buru dan memaksa menyelesaikan semua plot-point. Hal ini tentu akan membuat beberapa penonton (termasuk saya) kesal karena merasa di php dengan development sebelum episode terakhir yang cukup bagus tetapi tidak di akhirnya.

mayoiga-review-6

mayoiga-review-8Antagonis macam apa ini berubah jadi cengeng hanya dalam 2 episode

Misteri Yang Ngelawak

Pada awalnya Mayoiga menghadirkan berbagai petunjuk misteri-nya yang menarik penonton seperti desa misterius yang tidak ada penghuni sama sekali tetapi masih menyisakan tanda-tanda pernah ada orang yang tinggal disitu, anggota tur yang satu per satu menghilang, hingga kemunculan Nanaki yang seperti monster. Tetapi alih-alih membuat seram, misteri yang dihadirkan malah membuat saya tertawa miris.

mayoiga-review-1

Contoh misteri terbesarnya adalah: bagaimana dengan rombongan tur itu? apakah ada yang mati? Mari kita tengok Yottsun, orang yang ditemukan mengambang di sungai dan menghilang begitu saja. Saya yakin semua penonton mengira dia sudah mati. Tetapi apa yang terjadi? Yottsun ternyata masih hidup karena diselamatkan oleh profesor yang meneliti Nanakimura. Begitu juga dengan Ketsu-kun yang saya yakin kalian mengira dia sudah mati jatuh ke jurang dan Jack, namun ternyata mereka masih hidup.

Ekspetasi saya hancur berkeping-keping dari yang awalnya saya mengira misterinya cukup dalam dengan nuansa gelap dan mungkin banyak karakter yang mati atau menghilang, ternyata hingga akhir anime semua karakternya masih hidup, sehat, sentosa dan pulang sambil bernyanyi. Seolah-olah misteri yang dihadirkan di awal dibuang begitu saja. Plot twist seperti ini menurut saya sebuah kegagalan untuk anime misteri horror seperti ini. Tidak ada bedanya dengan plot twist dimana “ternyata ini semua hanya mimpi”.

mayoiga-review-9Apa? kamu mengharapkan endingnya depresif? tenang, happy ending kok!

Plot Hole Everywhere

mayoiga-review-4

Buruknya eksekusi cerita Mayoiga dilengkapi pula dengan plot hole yang banyak yang tidak diketahui hingga akhir. Oke saya sebutkan saja contohnya: Ketsu-kun dan Jack yang dikira menghilang ternyata tiba-tiba muncul kembali sebagai bawahan Koharun. Tidak dijelaskan bagaimana mereka bertiga bisa bertemu dan bagaimana mereka mau menjadi bawahan Koharun. Kemudian latar belakang tiap karakter yang tidak sampai setengahnya dijelaskan, dan juga alasan kenapa Nanko selalu memegangi perutnya pun tetap menjadi misteri. Masih banyak plot hole yang ada di anime ini yang jika saya sebutkan bisa kelewat panjang.

Saya yakin sekali mungkin Plot Hole inilah yang ingin dijadikan misteri sesungguhnya.

Interesting Background Story

Sebenarnya masih ada sisi positif dari Mayoiga, yaitu alasan mengapa para rombongan tour melihat Nanaki yang berhubungan dengan hubungan trauma psikologis di masa lalu. Seperti karakter utama Mayoiga, Mitsumune; yang akhirnya kita tahu kenapa mempunyai sifat seperti itu. Meskipun tidak semua latar belakang karakter nya diperlihatkan, tapi setidaknya masih ada porsi cerita yang menarik.

Verdict: Siraman Rohani / 10

mayoiga-review-7

Seriously, kalau kalian menonton anime ini jangan expect apapun, anggap saja kalian menonton Siraman Rohani. Jika kalian menonton anime ini pada episode awal dan sudah merasa kesal lebih baik turutin emosi kalian dengan berhenti menontonnya. It’s not worth the time, really. Saya sendiri menyesali keputusan saya 12 minggu yang lalu untuk mulai menonton anime dengan menahan hasrat tiap minggunya untuk tidak menonjok layar monitor saya dan sukses dikecewakan terutama pada endingnya. Ketertarikan saya menonton anime ini kandas saat episode terakhir. Kabar baiknya? monitor saya masih utuh. Saya awalnya berpikir masalah Mayoiga hanya pada development cerita yang lambat dan karakter yang annoying, tetapi masalah Mayoiga lebih daripada itu. Alih-alih membuat anime misteri, Mayoiga malah menghadirkan sebuah anime komedi slice of life dengan bumbu siraman rohani.

Saya sendiri pun masih heran karena deretan staff Mayoiga ini cukup menjanjikan, tapi kenapa yang didapat malah anime siraman rohani begini dengan kualitas yang absurd begini.

Jika kalian memang suka dengan anime ini, it’s okay, i respect your opinion. Silahkan komentar dibawah kenapa menurut kalian Mayoiga menarik.

mayoiga-review-3mantap gan ini anime!