[JOI Spotlight] Geng Kijang Edition

June 2, 2024 21:46
[JOI Spotlight] Geng Kijang Edition

Selamat datag di JOI Spotlight pertama bulan Juni ini. Mendekati 50% dari 2024 jadi mari tetap jaga kesehatan untuk sisa tahun ini. Seperti biasa mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir tahun ini.

Blue Archive 08

Kaptain

Episode “liburan”, atau lebih tepatnya study tour buat usia SD ke bawah karena saya bakal kecewa banget kalau anak SMA masih harus dapet penjelasan soal insang sebagai konsep. Ngeliat ini lebih fokus ke area publik kelemahannya nih adaptasi kelihatan lebih jelas. Nggak kayak episode one-shot dulu pas belanja & main baseball, Kivotos nih adaptasi terlalu steril.

Singkatnya ini Kivotos yang dibayangin Kaya. Kesannya dia nonton nih anime dan langsung yakin ini kota gampang dikuasain

Anyway, ada restrukturisasi di gamenya, bagian ga enaknya tuh Isakusan, selaku lead writer secara keseluruhan dan penulis utama arc Eden Treaty; mundur dari posisinya. Oh Hyun-seok selaku penulis arc Rabbit ngegantiin posisinya. Volume Rabbit emang oke, tapi jelas lah arc ET tuh jauh di atas volume lainnya quality wise.

BlueHeaven

Tetap cantik Yuuka dan Noa meski dinerf asetnya.

Konosuba S3 08

Kaptain

Pertanyaan Megumin di awal emang disengaja biar bisa dijawab sama openingnya. Lucu aja ngeliat seri yang dikritik punya kualitas produksi “murah” bela-belain ngasih kita Hydra 2D jadi maaf buat kalian yang ngarepin naga Indosiar. If anything ini kualitas produksi keseluruhan raid cukup bagus. Alasan kelakuan Darkness baru-baru ini baru bakal dapet fokus minggu depan.

Konsekuensi dari perampokan arc sebelumnya. Bounty duo maling kita udah selevel demon general. Ini ngebuat strategi militer ibu kota berubah.

BlueHeaven

Full party Kazuma ditambah petualang Axel ga pernah bikin kecewa pertarungan mereka. Pas di ibukota maklum ga keluar semua kemampuan keempat karakter utama kita. Darkness cabut, well sudah jelas karena dia lebih banyak jadi Lalatina si putri bangsawan di musim ini.

Delicious in Dungeon 22

Kaptain

Episode komedi yang mantep banget biar bisa lebih siap sama episode depresif minggu depan. Ini harusnya bukan spoiler ngeliat kondisi Senshi saat ini yang terobsesi banget sama pentingnya nutrisi dan punya cukup suplai. Gak seneng saya sama komentar yang bilang Senshi muda tuh Steven Universe.

BlueHeaven

Banyak bahan meme dari wajah para karakter. Party Laios berasa cuma dapat study tour doang buat ngelihat warga kerajaan abadi, abis itu balik ke dungeon.

Mushoku Tensei S2 Part 2 07

Kaczmarek

Teleportasi itu berguna banget ngurangin waktu dan jarak tapi jujur aja di dunia ini yang kita tahu cuma konsep sihir aja. Andai ada penjelasannya lebih jauh seperti yang diomongin Nanahoshi di masalah sebelumnya. Meanwhile, kita tahu apa yang keluar dari mulutnya Rudeus ke Elinalise itu lebih dari “Let’s get dirty” wkwk. Mari fokus aja ke perjalanan keduanya menemui Paul demi nyelamatkan Zenith.

Shuumatsu Train Doko e iku 09

Kaczmarek

Bisa stretching untuk mengakhiri serial orisinal ini di Youka. Pochi ngikut rombongannya Shizuru bakal jadi hal terbaik yang dilakukannya kalau ngeliat potensi anjing ini ngasih peran krusial ke perubahan Youka. Si ratu masih dalam pengaruh dan nampaknya ini perlu waktu lebih lama dari masalah zombie sebelumnya. Let’s end it at the peak!

BlueHeaven

Youka akhirnya dikasih lihat perubahannya. Operasi otak itu jadi kambing hitam perubahan karakter signifikan udah kayak main dish di seri ini. Momen om perahu bebek muncul lagi juga berasa kayak klarifikasi buat yang ga nyadar petanya asli. Kalau minimal ada satu teman Youka yang diubah jadi chawanmushi pas ketemu bakal epic. Asal ga dimakan harusnya bisa balik lagi jadi normal setelah 7G selesai.

Tsukimichi S2 21

Kaczmarek

FINALLY Makoto make suit-nya tapi yang momennya di saat yang gak enak. Reuni sepihak dengan senpainya di dunia nyata, Otonashi Hibiki yang make armor yang di luar nalar namun bisa dimengerti di dunia sekarang. Ini ngingetin gue ke momen di manga-nya dimana pertemuan keduanya gak mengarah ke hal positif meski punya “hubungan” di dunia nyata. Sadly, potensi Hibiki menurut author gak terlalu penting karena dia punya hal yang lebih penting untuk diselesein: ngalahin Dewi.

BlueHeaven

Ngasih fan service pas lagi serius. Ditambah pula pertemuan yang sudah dinantikan terjadi. Anyway ngelihat yuusha yang cowok bonyok adalah kepuasan sendiri.

Lv2 Cheat 08

Kaczmarek

Nonton ini termotivasi sama kedatangan Maou lagi ke tempatnya Flio. Namun diakhiri dengan hal yg bikin Balirossa berpikir lebih jauh. Tsuya dan Yuusha meanwhile malah jadi “Team Rocket”-nya series ini. Agak telat Oujo menyadari kalau Flio itu orang yang sama dengan orang yang diusir ayahnya.

Henjin no Salad Bowl 09

Kaczmarek

Sara sudah ditembak cowok di hari pertama, ditambah dapet tiga peliharaan. Apa yang terjadi di sekolah ini cocok dijadiin series SOL sendiri wkwk. Ditambah skenario komedinya juga upgrade-an dari novel Yomi yg lain, “Imouto Sae Ireba Ii”. Masalah perbullyan kembali mengisi hari Yuuna. Tapi kini ia jadi savior untuk teman barunya. Ngeliat preview untuk episode berikutnya, Brenda nampaknya bakal dijodohin sama Sousuke. Livia tentunya jadi bahan pemujaannya Noa lagi jelang debut bandnya.

BlueHeaven

“Hei, how much?”

“Hai, hamachi.”

“No, ikura?”

“Hai, ikura.”

Nice comedy act.

Unnamed Memory 08

Kaczmarek

Kalau gue gak baca novelnya, mungkin gue ngira Tinasha dan Oscar di sepanjang 8 episode ini cuman HTS-an aja. Ibaratnya “ya mereka bakal jadian, jadi tunggu aja sambil ngeliatin keduanya bermesra-mesraan” tanpa ada dialog hati ke hati yang lebih mendalam. Semuanya serba subtle, bahkan masalah di episode ini juga begitu. Mau dipake sebagai jembatan kedua MC-Heroine tapi kena overshadow sama hubungan karakter lain.

BlueHeaven

Satu masalah langsung kelar dalam satu episode. Ga ada seru-serunya. Padahal scalenya udah lawan dewa yang bisa counter witch. Perubahan kucing Tinasha juga berasa useless.

Date A Live V 08

Kaczmarek

Waiting for the plot, and we get it! Kurumi gak semudah itu mati tanpa meninggalkan last effort untuk keluar/ngebantu keluar dari bencana Mio. Kalau kalian sadar animasi pembukanya di dua episode terakhir, ada perubahan signifikan dan yang paling krusial di scene Touka yang berubah jadi putih. Shidou sekarang bisa mengembalikan waktu ke momen sebelumnya. Masalah belum selesai, kini kencan sama Reine harus cepet diselesein.

Girls Band Cry 09

Kaptain

Ini Nina jadi lebih anteng di nih episode biar Tomo dapet jatah buat keganasannya. Emang ini tipikal friksi yang bikin band bubar, tapi ya Tomo kayak masih belum sreg kalau ini band yang secara kasual nyoba ngebunuh satu sama lain.

Baguslah ini bisa ngasih estimasi realisitik sama skill gitar Nina, karena ngerujuk seri band sebelumnya, Bocchi butuh 3+ tahun latihan brutal buat dapet skill dia.

BlueHeaven

Gantian Tomo yang jadi cewek bermasalah di episode ini. Rupa akhirnya bisa masalah juga dengan nendang pintu sampai jebol. Kalau seri ini mau tetap setia dengan logic Tomo, jangan buat Nina manggung sambil main gitar.

Tensura S3 09

Kaczmarek

Satu per satu mulai pada sadar ada skema dari Cleric demi membunuh Hinata. Gue gak tahu bakal ada fase “Kenapa kalian melakukan ini” momen di episode berikutnya, tapi semoga enggak. Terutama soal Diablo dan Saere yang bisa ikut bantu Rimuru secara gak langsung. Yang bikin penasaran ini Hinata gimana nanganinnya biar bisa terhindar dari kematian. Meanwhile, Glenda kabur kemana buset.

BlueHeaven

Formula klasik Tensura dari dulu. Nampilin masalah lain yang berbarengan kemudian nyatuin di ending yang sama. Itu ksatria suci asli badut semua. Badan kekar tapi jadi mainan anjing. Yang satu kabur, yang satu udah tahu kalah tapi masih gelut. Minimal dikasih edukasi dulu. Perangnya cuma numpang lewat, ga ada strategi macam lawan Falmuth dulu. Also, utamakan keselamatan jurnalis di TKP.

Mahouka S3 09

Kaczmarek

Cuman dijadiin decoy dari tradisionalist, tapi kalo dipikir-pikir ini cara yang Yotsuba banget sih. Saat Tatsuya nelpon juga Maya sengaja gak ngangkat cuma pengen tahu pergerakan ponakannya/anaknya buat nangkep Zhou. Oh, Miki x Mizuki ship masih berlayar kawan. Animasi penutupnya juga diupdate ke versi Ancient City Insurrection.

Yorukura 09

Kaptain

Ini endingnya berani banget, kompilasi Kano nyebut variasi nama Mahiru dan reveal kalau lagu cinta pertama dia dibuat untuknya. Dunno about you guys, tapi klien yang ngerasa jijik harus nyebut nama anaknya sendiri nggak bisa diandalin buat kolaborasi jangka panjang. Via flashback juga keliatan banget mayat yang dipake buat pijakan demi ambisi dia.

Saya emang suka frustasi sama drama akhir season. Tapi senggaknya ini ditekanin banget kalau selama Yukine ada, JEELE gak akan lancar aktivitasnya. Deal with her now or never.

BlueHeaven

How to kill the team. Excellent writing, mereka tahu gimana cara rusak semua build up tim JELEE dan pastinya tahu cara bangunnya kembali dengan pondasi baru. Momen Mahiru nangis di terakhir itu jleeb banget. Title drop ada beberapa kali, tetapi title drop terakhir… dang! Dipake buat mutusin hubungan Kano dan Mahiru. That ending, too. In the end yang bisa menemukan Mahiru adalah emaknya Kano, Kano hanya sebatas menemukan “Yoru”.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-tsuki 10

Kaczmarek

Dua eksplorasi di episode ini. Di satu eksplorasi mencari kebenaran apakah Towa ini bisa marah? Namun hasil akhir yang didapat gak jauh dari situ, yaitu cemburu. Suatu saat apakah Towa mau nunjukin sikap posesifnya? Kemudian, Noel yang salah paham dengan “cara kerja” mendapatkan teman. Well at least, sekarang cara berpikirnya bisa upgrade. At this point Lilishka yang paling capable untuk frontal ke Noel. Ah camping, see you next week!

BlueHeaven

I guess I skipped 2-3 episodes for Towa’s pout. Cute banget emang tenshi satu ini. Noel juga sama imutnya. Baju yang dipake buat nonton juga cakep. Saya melihat kualitas visual drop, tetapi tidak dengan dosis fan servicenya.

Dainana Ouji 09

BlueHeaven

Tingkatan demon baru diperkenalkan di episode ini. Pertarungan akhirnya bisa dianggap seru setelah tahu beda jauh levelnya. Penasaran plot armor apa lagi yang bakal ditampilkan dalam seri ini.

Seiyuu Radio no Uraomote 07-08

BlueHeaven

Jalan ke stasiun tidak pernah seepik ini. Episode 7 ada banyak bahasan. Saya sangat menikmati Mekuru ternyata fan girl parah ke dua seiyuu utama di seri ini. Episode 8 memberikan impian dan kenyataan sekaligus buat Yasumi. Di sisi lain bisa dapat role di anime impiannya, di satunya ia tahu beda kelas kemampuannya untuk role anime ini.

Kaijuu no. 8 08

BlueHeaven

Seperti shounen pada umumnya, karakter utama dapat escape chance dalam momen pertarungan seperti ini. Spotlight episode ini lebih ke ada anggota baru yang lebih wong sugih dari Shinomiya. Nama kaijuu humanoid yang lolos juga sudah diumumkan. Akhir episode, mereka nunjukkin lagi satu kaijuu humanoid baru yang bisa kontrol pasukan kaijuu di udara. Kita selama ini dikasih lihatnya cuma pertarungan di darat, jadi ini bakal menarik apalagi Mina lagi keluar ninggalin skuad. Serangan malam lagi, nih.

Yozakura-san Chi no Daisakusen 09

BlueHeaven

Mereka akhirnya ngasih episode yang nyambung dan masalah yang ga kelar cuma satu episode. Lembaran lama tragedi keluarga Asano mulai terbuka. Asano juga bakal punya alasan mengapa dia bisa kuat dalam waktu yang singkat. Paling penting, episode ini nampilin kembali Futaba meski ga begitu banyak aksinya.

Go! Go! Loser Ranger 08

BlueHeaven

Coba hitung ada berapa plot twist sampai titik ini. Ujian kadet 3 hari tiap harinya menyimpan kejutan. Ditambah Koguma yang jadi tumbal di episode ini. Bruh, it’s about time. Dia yang tahu identitas fighter D ditambah nasibnya bagus ketemu kaijin kanbu, mantap timingnya. Semua perannya sebagai kadet sudah selesai: ikhianati teman dekat dan bisa tahu role apa yang cocok untuknya. Terima kasih Koguma sudah menyelamatkan Aizome.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Skin berbayar collab akhirnya hadir di global, tapi bukan atas nama KFC wkwk. Ya ini collab yang sulit untuk direalisasiin di semua region karena masalah lisensi dan company yang megang hak penjualan di masing-masing regional. HG dan Yostar memutuskan untuk menghapus logo namun masih menggunakan tema yang sama dengan collab aslinya. Let’s pretend this is Kal’tsit Friend Chicken collab.

Neural Cloud

Kaptain

In a sense sekuel buat cerita Magn dan Millau. Sakuya nyatanya ga dapet banyak screentime jadi secara teknis heroine nih event ya Aki. Gagal dapet Dupin dari pity awal dan if anything ini Dark Zone baru bikin saya nyesel ga dapet Millau, life steal dia bakal bagus banget buat Malkira. Stage Matrix-nya juga unik, jadi adventure game.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Affea100