Expansion Terbaru untuk ‘Final Fantasy XIV’ adalah Stormblood

October 15, 2016 20:00
Expansion Terbaru untuk ‘Final Fantasy XIV’ adalah Stormblood

Dalam Final Fantasy XIV Fan Fest 2016 yang berlangsung di Las Vegas, Square Enix mengumumkan expansion terbaru yang bernama “Final Fantasy XIV: Stormblood.”

Expansion ini hanya akan rilis untuk PlayStation 4 dan PC, sedangkan dukungan Final Fantasy XIV di PlayStation 3 akan dihentikan karena Square Enix sudah melihat banyak pemain yang pindah ke versi PlayStation 4. Square Enix juga akan menawarkan program upgrade gratis dari PS3 ke PS4.

Seorang user Reddit bernama AnghellicKarma telah merangkum apa saja yang akan dihadirkan oleh expansion ini:

  • Stormblood akan menjelajahi Ala Mihgo. Fokus utamanya adalah kembali merebut Ala Mihgo dari kekuasaan Garlean Empire. 20 tahun sudah berlalu sejak Garlean menguasai wilayah tersebut. Tokoh antagonis utama adalah Zenos Yae Galvus, XIIth Legion Legatus, dan pemimpin dari Ala Mihgo.
  • Job utama dari Warrior of Light di expansion 4.0 adalah Monk.
  • Area yang diperlihatkan dalam teaser adalah Rhalgr’s Reach, markas dari pasukan pemberontak Ala Mihgo.
  • Berbagai job baru akan diumumkan dalam waktu yang akan datang. Produser Naoki Yoshida mengenakan t-shirt Scarlet Witch dari Marvel dan mengatakan hanya itu petunjuk yang dia berikan. Kemungkinan besar salah satu job yang akan dihadirkan adalah Red Mage.
  • Akan ada level cap baru yaitu 70 (untuk semua class). Tentu akan ada lebih banyak aksi baru seiring penambahan ini. Perubahan sistem pertarungan juga akan dihadirkan bersamaan dengan aksi baru.
  • Sistem skill tambahan akan dirombak, skill sekarang akan dibagikan berdasarkan role bukan job, dan bisa dipilih dari shared role ability option.
  • Akan dan peninjauan ulang untuk aksi yang tidak digunakan atau kurang efektif. Contohnya adalah Dragon’s Blood dari buff Dragon. Dalam versi 4.0, icon atau gauge yang menunjukkan siswa waktu akan terlihat lebih jelas, jadi pemain tidak harus fokus ke icon yang digunakan sekarang.
  • Konten yang dihadirkan oleh Stormblood akan setara dengan satu buah game standalone. Akan ada area baru yang setara dengan area Heavensward, serta Primal baru, baik yang sudah terkenal mau pun yang baru di Final Fantasy XIV.
  • Dungeon baru akan diperkenalkan dengan pertarungan baru dan konsep dungeon baru. Akan ada juga high-end raid dengan kemungkinan cerita berbeda yang bergantung pada tingkat kesulitan, normal di patch ganjil dan savage di patch genap.
  • Alliance Raid baru akan ditambahkan. Yoshida mengatakan raid ini “benar-benar Final Fantasy.”
  • Bentuk Exploration baru yang lebih detil akan diperkenalkan. The Forbidden Land of Eureka, sesuatu yang berbeda dengan Diadem dan akan terus berkembang menjadi areanya sendiri, hanya di Stormblood. Bahkan mungkin akan ada Notorius Monster yang muncul setiap 72 jam. Eureka juga akan digunakan sebagai set berikutnya untuk high-end weapon, serupa dengan Relic atau Anima, bukan sekedar upgrade di “area normal.”
  • Gear dan Recipe baru akan ditambahkan, termasuk pemenang dari Fan’s Gear Design Contest.
  • Item Inventory akan dikembangkan. Square Enix ingin menambahkan batasnya “sebanyak mungkin.” Mereka masih belum tahu bagaimana cara mengimplementasikannya karena ada kebutuhan server. Mereka akan membahasnya dalam Live Letter yang akan datang.
  • Residential Area keempat akan ditambahkan. Untuk lokasinya, Yoshida mengatakan, “Maaf, tidak bisa kasih tahu.”
  • Indikasi munculnya Ala Mihgo akan bisa melalui tembok di The Black Shroud, yang akan diperlihatkan dalam Patch 3.5. Yoshida sempat bercanda bahwa Dragoon Jump tidak akan bisa digunakan untuk memanjat temboknya, tetapi The Warrior of Light sudah sering berlatih dan jatuh.
  • Ala Mihgo bukan hanya sekedar padang pasir dan tanah kosong saja. Akan ada juga hutan.
  • Seluruh area 4.0 akan bisa diakses dengan mount yang terbang, tetapi ada indikasi berbasis quest seperti 3.0. Setelah mendengar kekecawaan penonton, Yoshida mengatakan bahwa quest-nya akan lebih mudah dari Moogle Quest.
  • Akan ada perubahan untuk spesifikasi minimum versi PC. Spesifikasi minimum yang digunakan saat ini cenderung untuk komponen yang sudah tidak bisa dibeli lagi. Jadi untuk pengalaman terbaik, Square Enix memutuskan untuk meningkatkan spesifikasi minimum. “Jika memungkinkan, mungkin akan upgrade ke OS 64-bit,” ujar Yoshida. Tetapi tentu game-nya akan tetap mendukung OS 32-bit.
  • Informasi lebih lanjut akan dirilis dalam Fan Fest lainnya, Live Letter, dan lainnya. “Ini hanyalah permulaan,” ujar Yoshida.

Final Fantasy XIV: Stormblood dijadwalkan rilis pada awal musim panas 2017, sekitar Juni hingga September, untuk PlayStation 4 dan PC.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.