[Waifu Wednesday] Amane Suou

Selamat datang kembali dalam rubrik Waifu Wednesday! Sempat rehat satu minggu untuk memberi giliran Kiriina yang baru berulang tahun, dan kali ini saya kembali untuk mengisi rubrik mingguan ini. Pada kali saya akan membahas karakter Amane Suou dari novel visual “Grisaia Trilogy“. Mari kita bahas dari profil utamanya terlebih dahulu!

Amane Suou adalah siswi tahun ketiga di Akademi Mihama. Pada novel visual “Grisaia no Kajitsu“, Amane sudah berumur 19 tahun. Ia juga berulang tahun pada setiap 3 Maret. Rambutnya berwarna merah atau violet. Tubuhnya proporsional dengan tiga ukuran 91-59-88.

Amane dikenal sebagai anak dari pemilik restoran di distrik Ginza, Metropolis Tokyo. Ia juga sempat membantu keluarganya di restoran, sehingga Amane kini mahir dalam memasak. Selain memasak, Amane juga menaruh ketertarikan terhadap dunia otomotif dan menjadi salah satu siswa di sekolahnya yang memiliki SIM di usia muda. Dalam cerita utamanya, Amane direpresentasikan sebagai buah ceri dan bunga camelia. Seiyuu dari Amane adalah Hiroko Taguchi, yang juga memerankan suara Sora Kasugano dari novel visual “Yosuga no Sora“.

Lalu bagaimana dengan beberapa poin kepribadiannya? Berikut saya sajikan beberapa.

+ Big Sister

Setelah resmi menjadi siswa di Akademi Mihama, Amane Souo mulai berkenalan dengan siswa lainnya seperti Makina Irisu, Michiru Matsushima, Sachi Komine, dan Yumiko Sakaki. Masing-masing dari mereka mulai melihat sosok kakak perempuan dari Amane setelah mulai sering mengobrol dan tinggal satu atap asrama, bahkan bagi seorang Yumiko yang suka mengucilkan diri dari lainnya.

Di asrama, Amane sering ditugaskan untuk memasak bersama Sachi. Ia juga terkadang membantu rekan pekerjaan domestiknya tersebut untuk menyeterika dan merapihkan pakaian teman-temannya saat sudah selesai dijemur. Ia juga mengajarkan banyak hal pada Michiru, Sachi, dan Makina terkait sikap mereka yang kadang melewati batas. Di titik ini, Amane malah seperti seorang ibu daripada sebagai seorang kakak perempuan. But anyway, once she’s on the run, at least we could get a fun.

+ She’s a driver, rider, pilot, what else?

Amane mendapatkan SIM kendaraan roda duanya saat masih SMA. Saat resmi bersekolah di Mihama Academy, ia juga memiliki motor trail yang terpakir di garasi asrama. Amane juga dapat mengendarai mobil dan minibus jika kalian sudah menonton adaptasi anime-nya. Tak lupa juga dengan kemampuannya untuk menjadi juru mudi kapal pasca mengungsi dari Akademi Mihama.

Jika kalian sudah berhasil mengikuti jalan cerita hingga “Grisaia no Rakuen“, kalian bisa menebak kendaraan atau transportasi apa lagi yang bisa dikemudikan oleh Amane. Benar sekali, Amane juga dapat menerbangkan pesawat terbang laut yang biasa ia gunakan untuk keperluan logistik pasca berpindah ke pulau terpencil dengan teman-temannya. Satu transportasi lain yang saya harap ia kemudikan adalah helikopter, yang dimana ia bisa diajari oleh Milliela Stanfield untuk menerbangkannya.

+ That Spoiled + Pervert Side

Meskipun sering berada di posisi “memanjakan”, Amane Suou juga memiliki sisi dimana ia ingin dimanjakan atas jerih payahnya dalam mengerjakan segala hal. Namun sisi ini lebih sering ia tunjukan pada Kazuki dan Yuuji daripada heroine lainnya. Bisa saya simpulkan juga bahwa ia lebih menunjukan sisi ini kepada orang-orang yang ia “cintai secara romantis” saja. Sehingga sisi ini jarang sekali terlihat saat posisinya di tengah banyak orang, namun bisa terasa berlebihan saat dilakukan pada momen yang lebih privat.

Amane juga tak jauh dari candaan mesum yang entah diajari oleh siapa. Korban kemesumannya tak hanya sang protagonis Yuuji, melainkan juga heroine lainnya. Saat masih SMP dan sebelum berteman dengan Kazuki, ia tampak lebih pasif, menutup diri, dan kurang percaya diri. Hingga peristiwa kecelakaan itu terjadi dan Amane selamat, ia dihadapkan dengan dunia yang memusuhinya. Di fase inilah yang memungkinkan dapat memunculkan sisi dirinya yang sebenarnya, hingga ia bergabung dengan Akademi Mihama.

+ Hiroko Taguchi

Amane Suou

Taguchi memang jarang sekali berada di spotlight dunia per-seiyuu-an anime. Namun posisinya cukup dikenal juga kita menyelam dalam dunia novel visual sejak awal tahun 2000 hingga kini. Taguchi yang kini berusia 46 tahun hingga saat ini masih berada di agensi Haikyo sejak tahun 1995. Tak hanya sebagai seiyuu, ia juga mengajarkan pelatihan suara di agensi ini.

Dalam memerankan Amane, seiyuu yang berasal dari Prefektur Kanagawa ini menggunakan ciri khas suara sopran-nya. Suara ini juga ia gunakan dalam memerankan Hermione (Azur Lane), Sora (Yosuga no Sora), dan Kamuchataru (Utawarerumono). Versi yang sama namun lebih datar juga ia gunakan dalam memerankan suara Haruna Yuuki (Fortune Arterial) dan Lisa Eostre (Walkure Romanze). Untuk versi lebih ceria, Taguchi juga memerankan karakter Sumika Kagami dari franchise “Muv-Luv“.

– Traumatic

Amane Suou

Saya tak mau membanding-bandingkan lebih berat mana masa lalu dari masing-masing heroine, namun dari saya sendiri menganggap posisi Amane Suou jadi yang paling tragis. Kematian teman-temannya di kecelakaan itu, hingga dibayang-bayangi kesalahan atas menghilangnya Kazuki masih terus membekas di hati dan kepalanya. Hal ini juga yang menyebabkan dirinya mengatakan kepada Yuuji untuk menghukumnya akibat dari meninggalkan kakaknya di tengah hutan itu. Beruntungnya, seiring cerita berjalan (rute good ending), kecemasan dan kekhawatirannya bisa terobati dengan baik.

– B*tch

Mubazir kalau tidak menyanyikan lagu ini:

“Suou Amane’s a b*tch in heat”
“Rolling around in a man’s bedsheets~”
“Good for you~”
“Good for me~”

atau

“SUOU AMANE WA INRAN DA! OTOKO NO BEDDO DE MIMODAERU~ GOOD FOR YOU! GOOD FOR ME!”

Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan lagi mengapa Amane Suou disebut seperti itu hahaha. Sudah jelas alasannya, dan tinggal dinyanyikan saja. Satu hal yang perlu ditambahkan adalah ia memiliki sisi eksibisionis di dalam lingkungan tempat tinggalnya.

Baiklah itu saja mungkin yang bisa saya bahas dari waifu yang sedang berulang tahun ini. Menulis edisi ini malah membuat saya berniatan untuk membaca lagi trilogi Grisaia. Entah karena alasan nostalgia atau hal lain. Bagi kalian yang belum membacanya, bisa dibeli langsung di Steam ketiga novel visualnya dan mohon untuk mempersiapkan diri dengan banyaknya dialog komedi dari setiap karakternya. Untuk berikutnya? Mari melihat keadaan dulu. Mungkin saja ada karakter populer yang bisa saya atau staf lain angkat di Rabu depan.

Terima kasih dan sampai jumpa minggu depan!

© Frontwing/Project GRISAIA