[JOI Spotlight] Perfect Ultimate Getter

May 7, 2023 19:37
[JOI Spotlight] Perfect Ultimate Getter

Selamat datang di JOI Spotlight di hari acara besar yang kalian antara dah pulang, ga hadir, atau masih beres-beres. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini.

My Home Hero 05

Kaczmarek

Here we go again. Tetsuo masuk bukan lagi lubang jarum, tapi ke pasir hisap selama-lamanya. Dia juga gabisa keluar dari pertanyaan Kasen lagi (satu episode doang awetnya). Tabata meanwhile mau melakukan hal yang tak terpuji ke Tetsuo. Untung Kasen punya prioritas lebih hahahahah.

Oshi no Ko 04

Kaptain

Ini Frill di adaptasi anime keliatan serem. Then again ya mungkin ini emang sengaja ngeliat para superstar nih seri ga ada yang beres. Aqua sendiri bilang sebagai aktor dia tuh medioker, tapi artis yang ga kejebak typecast kayak dia itu tipe yang bakal terus dapet kerjaan sampe tua.

Bersyukur saya berkat BPM yang serasi Getter juga jadi trending lagi. Ada argumen yang bisa dibuat kalau JAM Project juga band yang lagunya itu-itu aja, tapi ya dari awal nih grup emang didesain buat ngebawain seri mecha. Anyway, inget pas EVA-03 diledakin sama Shin Getter dan Gendo ga bisa apa-apa ngadepin mecha yang bisa ngelempar matahari? Good times.

BlueHeaven

Minami Kotobuki mendapat perhatian khusus dari saya. Logat kansainya fresh dan mendok, agak beda sama jualan pasar di sana. Kana juga beneran butuh 10 detik pas buat nangis dari sejak Aqua selesai ngomong. At least mereka bisa membuat mangakanya bahagia pada akhirnya.

Kaminaki 05

Kaptain

Yep, situ pada dikibulin nonton Dr. Stone. Ngira selama ini nonton seri isekai? Well too bad karena nih reveal ngungkap kenapa nih dunia ga ada sistem RPG dan sihir. Sebagai gantinya ya di dunia ini kepercayaan tuh sesuatu yang bisa dikuantifikasi dan endgame buat jadi agama mayoritas keungkap.

Kaczmarek

Akhirnya mereka gak ngasih filler aneh-aneh untuk fokus di pengungkapan sebelum ½ musim! Ada beberapa penonton mengambil kesimpulan bahwa masa depan ini diatur sama ChatGPT dan kenapa monster disini badly CG-ed karena empire-generated.

BlueHeaven

Reveal time! Sejak kapan ini anime jadi anime isekai? Ya, itu cuma masalah mindset karakternya. Yang saya suka semua dari scene di episode ini punya alasan kuat masing-masing. Mitama ngirim Yukito ke masa depan karena emang permintaannya begitu. Loki juga bisa dipahami gimana dia bosan ngerjain hal yang itu-itu. Even gokiburi bisa ngindar dari mati, masa manusia yang paling mulia jadi lebih bodoh dari mereka. Good execution.

Konosuba Bakuen 05

Kaptain

Flipping finally Explosion di-cast, selamat datang di pasar lapangan kerja it sucks forever. Ini episode juga mastiin kalau Megumin udah tahu identitas asli Chomsuke dan ini sayangnya payoff di seri utama masih jauh.

BlueHeaven

The moment that we wait for. Explosionnya ga nanggung dong, feelnya beda meski udah nonton berapa kali dari seri utama. Konsep lulusnya juga kocak. Emang bener sih kalau dipikir-pikir inti dari lulus adalah ngasih kertas supaya ga balik lagi ke sekolah.

Birdie Wing 18

Kaptain

Selamat datang di murdergolf Ichina, yang kayaknya ini ga bisa dimasukin di CV. Lucunya ini bullet Eve kali ini emang bisa kok dilakuin di dunia nyata dengan eksekusi yang lebih baik, cuma ya ga praktis buat digunain kapan aja.

Masalah mafia selesai. Karena sama-sama Bandai Namco, ini seri emang punya struktur yang Gundam banget. Tapi saya bilang ini seri yang lebih menjiwai Tomino dibanding G-Witch dan Toru Furuya dan Ikeda juga ada di sini.

WataYuri 05

Kaczmarek

Stretching-nya udah cukup, saatnya kita dapet penyelesaian drama kesalahpahaman ini. Dari POV-nya Yano udah jelas ini dari masing-masing pihak punya keinginan yang gak mau dibantah untuk jadi solusi utama. Easter egg apa lagi yang bakal muncul di episode berikutnya? Saya masih penasaran sama perannya Nene disini.

Dead Mount Death Play 04

Kaczmarek

Sekarang saya bisa melihat beberapa bagian mirip Durarara sama Baccano, terutama soal POV frame dan perpindahan fokus peristiwanya. Kita juga dapet pelebaran jangkauan karakter yang disini kian luas (dan bakal makin luas lagi). Setelah fraksi Risa dan kepolisian, kini kita dapet fokus terbaru bernama Lemmings. Seperti yang dideskripsiin Tsubaki sama Kouzaburou, Lemmings ini buronan yang sering nongol dimanapun itu namun gak terlihat.

Megami no Cafe Terrace 05

Kaczmarek

Riho dan Akane dapet giliran berikutnya. Riho dibuat sependek mungkin karena chapternya juga gak terlalu butuh porsi tambahan. Sementara Akane di-stretch dengan insert song-nya. Masih sesuai dengan orisinal manga-nya, kecuali beberapa dialog yang disederhanakan.

Uma Musume: Road to the Top 03

BlueHeaven

A calm before a storm, I guess? Jadi episode ini ngasih develop buat Top Road supaya bisa lebih prepare di Satsuki Sho. G2 Race berasa ujung kuku karena pertempuran sesungguhnya di episode pamungkas. Ayabe yang agak gimana gitu, udah keluar zone aja dia.

Ao no Orchestra 04

BlueHeaven

Ini tinggal nunggu Ling Ling roasting anime ini aja. Beneran buat newbie starter pack. Dikasih Vivaldi Four Seasons yang udah meta. Saeki baru main aja udah pada lebay. Akine aja ngeblush butuh waktu pas denger Aono main pertama kali. Overrated parah nih violin prodigy.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 04

BlueHeaven

Kasihan penjaganya, bakal kena skak karena himegimi diculik. Keamanan pesta dipertanyakan ini. Akuyaku reijounya udah keluar juga. Vibe yang biasalah di cerita beginian. Adegan dansanya juga ga menarik buat ditonton juga, tapi perlu. Mob charanya sih yang lebih kasihan, muka mereka dihitamkan semua.

Isesuma S2 05

BlueHeaven

Nah, ini dia bagian seru di isekai manapun. MC bikin negara sendiri. Walau kecil wilayahnya, lama-lama bakal jadi rame. Belum apa-apa aja udah punya rakyatnya sendiri. Tunangan kelima fix ya berarti. Tinggal satu karakter yang belum direveal, duanya masih waiting list buat antrian harem Touma.

Kaczmarek

TSUBAKIIIII!!! Akhirnya chara kesukaan gue nongol lagi. Gausah ditebak suaranya siapa karena udah legendaris. Kini motivasi nonton naik lagi wkwk.

Iseleve 05

BlueHeaven

Can they stop being cringe for only one episode? Mesti ya, tiap episode ada orang-orang yang liat MC terus ngomongin dia terus. Ini kan bisa diskip buat ngembangin scene inti. Modal konflik di episode-episode sebelumnya juga belum dilanjutin lagi. Mana soal undangan ke istana atau agensi model yang niat nyari MC?

Mashle 05

BlueHeaven

Ah, classic Gryffindor vs Slytherin cuma beda nama doang. Last chara yang ada di ending akhirnya debut ya. Saya baru ngeh kalau mereka itu satu kelas. Harusnya bisa ditampilin dari awal, cuma ya… anime ini satu garis doang sih kelihatannya. Belum ada percabangan berarti.

Idolm@ster Cinderella Girls: U149 05

BlueHeaven

Hei, that’s heavy! Risa agak dewasa dibanding anak-anak lainnya, sih. Sepertinya lagi bakal ngabisin jatah yang grup kelas besar. Kemarin Momoka, sekarang Risa, besok Haru. Plot kenceng ini mah. Risa non gyaru mode enak dipandang juga. LSBH toh dia!

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 06

BlueHeaven

Runa polos banget saat sudah jinak. Cuma itu bagian prolognya kelamaan. Ga perlu diulang juga orang dah paham Runa anak keluarga Sasaki. Tujuannya mungkin ngasih penegasan dengan repetisi, cuma resiko repetisi itu bisa bikin orang malas buat ngelanjutinnya karena dah tahu part berikutnya ada bagian yang sama. Untung second halfnya udah keluar dari bagian prolog.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 06

BlueHeaven

Yabai! Yamada dan Ichikawa semakin sering terlihat berduaan. Jelas-jelas Yamada masih bego tapi mulai tertarik sama Ichikawa. Kirain saya Ichikawa bakal bergerak di episode ini karena ada visual baru dari tim produksi anime. Ya, tetap aja sih manis banget itu… lelehan cokelatnya. Itu cokelat almond yang collab sama Uma Musume kalau ga salah.

Otonari ni Ginga 05

Kaczmarek

Gulanya bertambah karena ini berasa kayak piknik keluarga yang sebenernya zoo date. Btw, baru nyadar yang ngisi Fumio si Maria Naganawa, jarang banget dengerin suaranya sebagai bocah laki-laki. Kencan di kebun binatang ini juga jadi pengalaman berharga Shiori pasca keluar dari kandangnya di ‘pulau’ itu.

Sementara itu, kita akhirnya dapet secercah konflik dari ibunya Shiori yang gak mengagetkan seberapa ketatnya dia ngurusin anaknya. Sementara itu, Chihiro yang udah sadar (mungkin) kalau onii-chan-nya sudah memadu kasih sama Shiori. Entah perannya apa nantinya jika keduanya bener-bener mulus sampai pelaminan.

Isekai Shoukan wa Nidome desu 05

Kaczmarek

Skippable episode. Fokus ke cerita latar belakang Yuuhi sejak kecil sampai ke isekai bareng Setsu. Untuk seri yang banyak sengklek karakternya, ngeliat Yuuhi jadi malah aneh. Terasa datar saat dapet karakter normal, ini status quo-nya udah di luar kotak kalo tetep dijaga. And hell nah, baru nyadari secondary characters-nya lumayan mentereng seiyuu-nya.

Jigoraku 06

Kaptain

Akhirnya Sagiri ngelakuin hal yang berguna walaupun dia harus berubah jadi Tanjiro. Selaku kehibur saya saat monster yang secara sains ga bisa ada dimatiin via sains. Penduduk peadaban pulau akhirnya ditemui and boy ini perwakilannya kayaknya emang tipe yang pesta nonstop selama idup disini.

Witch from Mercury 17

Kaptain

Balik jadi seri heteroseksual lagi, maaf Suletta. Lebih marah sama momen Guel yang dicolong sama strategi Miorine, tapi dengan ini Aerial udah diamanin dari pihak Sadiq. Cuma ya sekali lagi Prospera ga bisa dipercaya dan dia itu tipe antagonis yang kemungkinan besar punya Gundam cadangan buat dikasihin. Ini juga kayaknya pertama kali ditujukin kalau helm Prospera bisa berinteraksi sama Permet.

Tengoku Daimakyou 06

Kaptain

feat. Yao Guai. Oke, penampilan Asura ga seperti dugaan saya tapi saya ngerti kenapa badan dia ga bisa nampung pikiran kayak gitu. Menariknya juga ini ngekonfirmasi kalau Tokio di segmen panti Asuhan perempuan jadi kita lihat aja relevansi dengan Maru  di sesi travel kayak gimana.

Totori juga “kembaran” dari panti. Entah kondisi dia itu nunjukin kalau para hibrida udah lepas bebas atau asal dari para mutan tuh dari hibrida yang mutasinya parah.

Star Rail

Kaptain

Jadi sebelum ini di Genshin saya ngelarin quest Alhaitham yang pacenya lancar banget karena karakter yang ga punya waktu buat omong kosong nempel terus di grup. Ini yang bikin saya ngeh kenapa pace Star Rail lebih enak karena karena Dan Heng sama Welt ada buat penyeimbang dan bisa nyetir grup buat fokus sama misi utama. Bahkan di Liofu sendiri ada pilihan “Karakter yang bukan Welt diem aja biar ga ngeruhin suasana”.

Jadi ya sama kayak kebanyakan pemain udah nyampe di poin bersih-bersih sidequest dan nunggu konten selanjutnya. Sekali lagi ini farming jauh lebih praktis dan cepet jadi ya kerjaan harian selagi nunggu update nggak terlalu nyapekin.

Neural Cloud

Kaptain

Ini buat event perkenalan kualitas ceritanya di atas rata-rata. Then again ya yang dapet giliran tuh doll yang ngasih perspektif baru buat dunia kriminal nih setting dan punya pathos yang bagus banget. Karena pace ga nyantai ya 16 Mei juga dah masuk campaign baru + banner Sueyoi.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: MASADA_Mod_E