[Waifu Wednesday] Alicia Melchiott

Selamat datang dalam rubrik Waifu Wednesday! Setelah sekian lama tidak terlihat, kami kembali menghadirkan sesosok waifu yang unik dari game yang sudah berumur lebih dari 10 tahun. Maklum, saya baru-baru saja menamatkan gamenya.

Alicia Melchiott merupakan karakter protagonis dalam serial game Valkyria Chronicles. Game yang menggunakan BLiTZ tactical battle system ini sudah dirilis dalam 4 seri berbeda dan 2 spin-off. Valkyria Chronicles dirilis pertama kali tahun 2008 pada platform PS3. Game ini juga bisa kalian mainkan di PC melalui Steam. Selain game, Valkyria Chronicles juga sudah mendapat adaptasi anime dan manga dengan nama Senjou no Valkyria.

Desain karakter Alicia Melchiott dari Valkyria Chronicles.

Kisah Valkyria Chronicles dimulai dengan invasi Imperial ke negara Federasi yang memulai Perang Eropa II. Perang ini kemudian merembet ke sebuah negara kecil yang bernama Gallia. Gallia merupakan negara netral di antara kedua wilayah yang berkonflik. Karakter utama dalam cerita ini, Welkin Gunther terpaksa pulang kampung ke desanya, Bruhl. Di sanalah kita pertama kali diperlihatkan oleh gadis imut dengan bandana yang khas, yakni Alicia Melchiott.

Alicia masih berusia 19 tahun ketika perang Gallia – Imperial dimulai. Dengan inisiatifnya sendiri, ia membantu militer dengan berpartisipasi sebagai militia. Ia kemudian tergabung dalam Skuat 7 dari regimen ketiga pasukan milisi Galia dibawah komando Letnan Welkin Gunther dan memulai perjalanannya sebagai Sersan Alicia Melchiott. Lebih lanjutnya, mari kita lihat spesifikasi lengkap waifu kita satu ini.

+ Maternal

 

Walau usianya masih dikatakan belia, tidak ada seorang pun yang menganggap Alicia adalah bocah ingusan. Sejak awal kehadirannya, Alicia terkenal tegas dan tidak mau berkompromi jika itu sudah berurusan dengan melindungi rakyat Gallia. Dia juga peduli dengan rekan setimnya, terbukti dengan memanggil Welkin ketika ada perselisihan internal di skuat 7. Oleh karena itu, Welkin menyebutnya sebagai sosok ibu dalam tim.

Alicia dan Welkin saat pertama kali ditugaskan dalam pasukan 7 militia.

Tidak hanya dalam tim. Saat tersesat di hutan Kloden, Alicia dan Welkin menemukan prajurit musuh yang sekarat. Alih-alih menghabisi prajurit tersebut, Alicia dan Welkin mencoba sebisa mungkin untuk menyelamatkan nyawa sang prajurit. Sayangnya, luka yang diderita prajurit sudah parah. Alicia hanya bisa menenangkan pria malang itu yang merindukan ibunya. Ia berhasil membuat sang prajurit menutup mata untuk terakhir kalinya sambil membayangkan sosok ibu di sampingnya.

Maternal juga merupakan skill potensial unik Alicia yang bisa aktif ketika berada di dekat rekan saat battle. Ini membuat parameter statsnya meningkat, membuatnya sangat mudah menjadi scout andalan dalam pertempuran.

+ Quick Recovery

Selain maternal, ada skill potensial lain yang dimiliki Alicia yakni Mysterious Body. Skill ini juga termasuk unik karena kemampuan recovery Alicia jauh lebih baik dari prajurit normal manapun. Tentu saja skill ini menguntungkan bagi pemain karena tipe prajurit scout seperti Alicia merupakan prajurit yang selalu menjadi garda terdepan apabila berhadapan dengan musuh. Selain quick recovery, Alicia juga memiliki skill potensial First Aid Boost yang membuat heal secara manual melalui Ragnite bisa mengembalikan HP lebih banyak.

Adapun skill-skill yang menunjang recovery gila-gilaan Alicia akan diungkap ketika cerita sudah mendekati klimaksnya. Karena saya berusaha untuk tidak membocorkan inti cerita lebih dalam, kalian bisa mencari tahu rahasia mengenai kekuatan Alicia dengan memainkan gamenya atau menonton animenya.

+ Speed Run Tank

Telah dikatakan sebelumnya kalau Alicia adalah salah satu scout terbaik yang bisa kita gunakan. Apalagi Alicia sudah tersedia sejak chapter pertama dalam cerita. Dengan Alicia seorang, kalian dimungkinkan untuk menyelesaikan battle hanya dalam 1 turn. Yang membuat Alicia tanky tentu saja kombinasi dua skill potensial yang ga ngotak.

Resist Crossfire membuatnya bisa bertahan dari hujan tembakan musuh. Alicia juga mempunyai skill Double Movement yang memungkinkannya berlari dua kali lipat lebih jauh dari jarak scout pada normalnya. Ditambah order Defense Boost dan Caution, Alicia tidak akan tumbang dengan mudah oleh musuh.

Kalaupun HP-nya sekarat, masih ada satu skill unik yang membuat parameternya meningkat. Untuk skill yang terakhir ini, karena berkaitan dengan spoiler di atas, saya sarankan sekali lagi untuk memainkan gamenya atau menonton animenya untuk mengetahui skill apakah itu. Game ini asik dimainkan apalagi kalau kalian menyukai game seperti Fire Emblem, Final Fantasy Tactics, atau Advance Wars.

+ Jago Bikin Roti

Cukup untuk membahas onderdil dalam karakter in-game, kita kembali ke fokus ke lore cerita. Dikisahkan sebelum perang, pekerjaan Alicia adalah membantu toko roti dalam menyiapkan dagangannya. Roti buatan Alicia sudah diuji kenikmatannya oleh Welkin. Sebagai informasi juga, Alicia merupakan anak yatim dan ia juga sering membantu anak-anak dari panti asuhan dengan membuatnya mereka kenyang lewat roti buatannya.

Setelah perang, Alicia memutuskan untuk kembali ke kehidupan lamanya yakni membuat roti. Rotinya sangat digemari oleh pelanggan, bahkan ada yang datang dari tempat yang jauh hanya untuk merasakan roti buatan pahlawan perang Gallia tersebut.

– Terlalu Cepat Mengambil Keputusan

Tentu saja, Alicia yang hampir sempurna di mata saya masih memiliki beberapa kekurangan. Sejak awal kemunculannya, Alicia memang terlihat cepat sekali mengambil keputusan. Welkin yang sedang duduk polos sambil mencoret catatannya, dituduhnya sebagai mata-mata Imperial. Untung saja ada adik tiri Welkin, Isara yang melihat Welkin digiring militia dan membebaskan pria menyedihkan itu dari segala prasangka buruk.

Saat perang dan sudah bergabung dalam skuat 7, Alicia juga pernah solo yolo menghadapi tank raksasa Imperial sendirian. Mentang-mentang punya kekuatan OP dan paling menakutkan dari seluruh pasukan Gallia, beliau malah gegabah dan memaksakan diri. Untung saja Welkin yang baru tahu rencana konyol Alicia segera menghentikannya. Kalau Alicia dibiarkan, tentu saja ia akan gugur dengan mengorbankan dirinya saat itu.

– Sudah Menikah dan Punya Anak

Yang ini sengaja saya tahan di akhir karena termasuk spoiler yang tidak bisa dirahasiakan. Jika kalian ingin mencari jodoh, sudah pasti harus mengetahui status dari gebetanmu. Sayangnya, Alicia sudah menikah dengan Welkin. Nama Alicia Melchiott kini telah berganti menjadi Alicia Gunther. Alicia bahkan sudah mempunyai anak yang dinamainya Isara (ehem… yang ini kalian bisa mainin gamenya sendiri biar tahu kenapa namanya begitu).

Kalian juga sulit untuk self-insert sebagai Welkin karena husbunya Alicia satu ini uniknya minta ampun. Untuk membuat Alicia klepek-klepek jatuh cinta, kalian harus sering-sering menonton National Geographic Channel, bukan anime yang bikin halu tidak karuan. Jika kalian masih lebih cenderung nonton anime daripada pengetahuan alam, jatuhnya kamu adalah Noce, seorang scout yang senang ketika bersama Alicia dan membenci Welkin.

Gambar: 1, 2, 3, 4