[JOI Spotlight] Trip Back Home Edition

June 4, 2023 20:06
[JOI Spotlight] Trip Back Home Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pasca pindahan. Seperti yang bisa kalian lihat di bar atas, JOI sudah menggunakan https dot id. Jadi di alamat baru ini mari kita simak impresi para staf untuk seri minggu ini.

Konosuba Bakuen 09

Kaptain

Selamat datang di episode pertama Konosuba S1. Timeline dah mulai deket buat nyatu jadi kita sampe segmen “Megumin ngapain pas duo utamanya jadi buruh”. Ini juga dijelasin eksplisit kalau kutukan Arnes selama ini emang dari keluarga Megumin jadi dari awal sampe akhir nih antagonis emang ada buat dihina-dina aja.

Tensei Kizoku 09

Kaczmarek

Speedrun lore in what, 15 minutes? Ini cepet banget progres ceritanya tiba-tiba dibanding delapan episode awal. Makin mempertebal pertanyaan kenapa progresnya gak dibuat sedini mungkin? Soal ortu Cain yang asli udah diungkap, tinggal ini Aaron dapet porsi dari POV-nya. Seriously, minimal itu opening diubah dulu karena udah gak relevan sama cerita sekarang.

BlueHeaven

Hah? Berapa tahun? Itu ngapain aja jalan ke gubuk yang bisa ditunjuk dari start point bisa nyampenya bertahun-tahun? Ditambah lagi dua calon istri ngegoblok nungguin di rumah aja kayak macem pandemi. Beneran gak guna itu lore sekolah, emang easily skippable. Logikanya terlalu tinggi untuk dipikirkan oleh manusia normal.

My Home Hero 09

Kaczmarek

Kasen dan Tetsu kini bisa nge-framing Kyouichi jadi pelaku pembunuhan Nobuto. Tapi rencana jahat keduanya ini masih punya lubang jika ada pihak lain yang ngeganggu Reika dan juga mantannya Nobuto, Hibiki. Tatsumi sebagai yang bertanggungjawab soal Kyouichi juga gak semudah itu percaya dengan bukti tulang Nobuto, tablet, sama hpnya.

Isesuma S2 09

Kaczmarek

Akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga. Hildegard nongol bukan sebagai kameo doang dan gak mengecewakan sama desain anime-nya. Yuu Serizawa yang ngisi, jadi gak perlu nanyain kualitas seiyuu-nya. Ini Sakura (cewek yang terbaring di akhir segmen) warnanya putih di awal doang, aslinya pink atau putih kemerah mudaan nantinya. Cuma fokus nonton separuh terakhir episode ini, setengah awalnya saya ngantuk. Sisa tiga episode, kemungkinan ditutup di vol tujuh ini adaptasi musim keduanya.

Birdie Wing 22

Kaptain 

Pada akhirnya kedua protag ngebayar pake nyawa mereka buat ngebuka ultimate skill masing-masing dan jadi pro. Cuma buat kasus Eve ya paling dia bakal butuh Driver baru yang bisa nampung skill baru dia. Antara itu atau mulai dapetin fisik macem karakter Baki.

Jigokuraku 09

Kaptain

Good news, para Tensen bisa dikalahin cuma metode Gabimaru jelas nggak efisien. Apa lagi ini ada 7 yang mesti diurus dan Gabimaru sendiri ngaku dia nggak bisa ngelakuin ini sendirian. Penggunaan tanaman, atau lebih tepatnya integrasi tanaman ke badan emang jelas basis dari keabadian nih tempat, cuma yang jadi masalah ya gimana caranya perubahan bisa stabil kayak para Tensen dan nggak full jadi taneman kayak penduduk asli.

Kaminaki 08

Kaptain

Akhirnya budget balik dikit. Secara pragmatis Politheisme itu cocok buat nyeimbangin power balance tiap blok kekuatan nih dunia. Buat cerita juga ini berguna buat nambah cast soalnya ya mubazir Rieri nggak dipake lagi.

Kaczmarek

What a twist and throw! Riche jadi penyelamat dengan kartu terakhirnya sebelum dibuka ke Gohonzon.

BlueHeaven

Thanks for Dakini nude at the end.

Dead Mount Death Play 08

Kaczmarek

Lei Xiaoyu ini bisa jadi ally-nya Polka andai dia gak punya latar belakang “alat”, terutama saat berhubungan sama Rozan. Masalah kepercayaan lagi untuk kesekian kalinya, yah namanya juga manusia. Rozan juga ngirim Sayo ke markas Polka juga bikin tanda tanya. Ini si penggila hiu punya aset apaan bisa sampe harus diungsiin kesini? Tsubaki sama Kouzaburou juga udah ngendus praktek ramalannya Polka. Gak heran kalo penutup cour pertama fokus ke masalah Polka x Kepolisian.

Megami no Cafe Terrace 09

Kaptain

Episode yang dipegang SHAFT seperti yang bisa kalian liat dari level kualitas produksinya. Coba aja SHAFT juga bikin seri panjang soal protag laki-laki yang ngebantu masalah tiap heroine. On a more serious note, ini emang cerita kebantu sama Hayato yang sebagai protag dari sononya atraktif jadi saingan eksternal juga banyak. Udah gitu kayaknya kita dah cukup dapet banyak cerita soal trauma artis anak di musim ini.

Kaczmarek

Aya Yamane semoga abadi ngisi karakter sassy macem Riho, Secelia sama Benisumono. Resmi ke arcnya Riho yang berurusan sama popularitas dan keluarga. Selanjutnya urusan Ouka dan saudarinya, dan ini adaptasi ditutup di posisi yang rancu (lagi).

Otonari ni Ginga 09

Kaczmarek

Paruh pertama episode chill banget, setelah telpon diangkat langsung byuurrrrr. Ok udah mulai ke fase dramatis mulai momen ini. Sekarang emaknya yang salah paham juga nyebarin informasi yang 100% belum bener ke rakyat lainnya. Ichirou gak lagi harus meyakinkan ortunya Goshiki, tapi seluruh pulau. PR besar tentunya.

WataYuri 09

Kaczmarek

BRING BACK BULLYING! Jadi ini episode yang saya kira bisa jadi advokat untuk Kanoko malah berubah jadi senjata untuk ditodong ke dia. Dari spoiler yang berkeliaran, posisinya bakal makin buruk dari saat ini. Sumika kudu nyelametin mukanya, tapi konfrontasinya di WcDonald gak berhasil untuk jadi pemecahan masalah. Drama ini juga masih lama kelarnya, JUST GIVE ME NENE SCENE PLEASE!

Tengoku Daimakyou 10

Kaptain

Satu lagi arc dengan kualitas film. Kalau kalian ngerasa ini kayak seri Trigger, itu karena Kai Ikarashi and Kou Yoshinari yang terakhir ngerjain Edgerunners emang ngerjain nih episode. Ini Juichi emang ngasih rollercoaster emosi sejak dikenalin. Mulai dari cerita dia yang ternyata nyata hingga pembunuhan di akhir. Kasus dimana mutan lahir secara “alami” di luar lab, yang semoga aja bisa tumbuh sehat dan waras kayak Maru. Segmen panti juga udah bikin suasana lebih keruh via kelas baru.

Witch from Mercury 20

Kaptain

Selamat 4 Juni. Bye Kamille, Petra, dan banyak banget karakter sampingan. Ini kayaknya sisa episode ga akan cukup buat ngeakhirin konfilk bumi-spacian karena paling banter juga Quiet Zero di-stop. Susah nyeritain perang panas antara Space Assembly-Bennerit-Bumi dengan 4 episode tanpa ngerusak cerita. Udah gitu setting sekolah juga udah ga bisa dipake kalau level kerusakannya udah kayak gini.

Dari cerita pendek, Suletta dari kecilnya emang kerja di SAR. Makanya pasca bencana dia bisa tenang dan dialog terakhirnya nunjukin kalau dia dah tahu mesti apa sekarang.

Kaczmarek

Janji kencan sama Lauda resmi jadi janji abadi. Sementara Lauda di cockpit cuma bisa kaget kalau Guel yang ngebunuh ayahnya sendiri. Agak lega yang mati duluan Norea sama Petra sebelum karakter sampingan lainnya kena damprat di cerita berikutnya.

Iseleve 09

BlueHeaven

Lord Yang Maharaja Dipertuan Agung Yuuya-sama kembali menunjukkan skill MC tingkat tingginya. Puas dikelon dua waifu sekaligus? Puas banget. Masih bego pula beta MC satu ini. Sayang kesempatan buat ketemu calon mertua disia-siakan. Bisa-bisa dapat satu kerajaan yakin nih kalau raja tahu pesona Lord Yuuya seperti apa. Akhirnya model hunter bakal memulai aksinya di episode minggu depan.

Ao no Orchestra 08

BlueHeaven

Emang bener dan masih belum terbantahkan kalau anime ini buat newbie yang baru belajar musik. Alasan yang receh dan drama yang gampang dikunyah bahkan untuk bocah sekalipun. Iya, soalnya plot ginian itu ada di anime buat bocah juga macem Yokai Watch. Setidaknya kita dapat close up Haru pakai baju rumahan dan megane yang agak memeable.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 08

BlueHeaven

Noa ini gak jelas di episode ini. Sebenarnya dia maunya apa? Beneran suka sama Raeliana? Kok lagaknya masih nyebelin setengah-setengah gitu? Di dalam otaknya ada apa, sih? Saya ngelihat interaksi romance Raeliana sama dia yang ada emosi. Mending sama Taylor dah. Also, buruan reveal real heroine yang entah ke mana posisinya sekarang. Dengan itu saya bisa mengatasi eneg overdosis dikasih interaksi Noa dan Raeliana yang dah mulai basi.

Mashle 08

BlueHeaven

Mari kita lihat Harry Potter shounen satu ini. Waw, chamber of secret, isn’t it? Pake acara displit pula battlenya. Rasa shounen sangat membara untuk bagian ini. Bagus juga buat nunjukkin skill para antagonis di arc ini yang jumlahnya lebih dari jari sebuah tangan kanan. Cuma ya itu, plot ini terlalu common dan memang Mashle sejak awal ga pernah nulis cerita ori sendiri. Semua hasil nyomot dari yang pernah ada.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 10

BlueHeaven

Kalau saya karakter anime, saya sudah mimisan dua liter ngelihat satu episode ini. Sudah dibuat gula, ada spicy hot ecchi pula dalam episode ini. That’s very lewd, both of you. Hand holding tangan masih basah, buset saya juga keringetan kebetulan (karena nontonnya sambil makan ayam geprek yang cabenya ga kira-kira). Asli makin lama makin ga tahan buat nonton tiap detik episode ini, tangan saya sama kepala disugestikan untuk dibenturkan ke meja atau lantai. Argh, sensasi ini… aku butuh insulin dan beberapa obat medis lainnya.

Neural Cloud

Kaptain

Clukay dalam 30 roll. Unit ga usah mikir ngeliat dia bakal ngeledakin map selama hashrate cukup, harusnya yang belum bisa one team clear Vuln5 bisa lancar sekarang. Dengan flashback dia udah fix minimal transfer ke masa-lalunya terjadi di Dual Randomness paling cepetnya. Ini jujur dungeon crawl malesin karena ini tipe puzzle map GFL yang kalo gimmicknya salah penyelesaiannya ya ulang dari awal.

Arknights (Global)

Nyiksa sih enggak, cuman ini event kalo diliat secara durasi cukup panjang juga waiting time-nya. Mungkin ini sesuai sama item di etalase yang tersedia banyak sehingga waktu farmingnya juga panjang. EX cleared dengan mulus. Tarikan juga udah lumayan 2 Texas Omertosa dan 2 Penance. Lunacub full potent juga.

Limbus Company

Kaptain

Ini chapter baru minta banget ID baru. Lebih tepatnya Rodion itu unit yang bikin Tremor deck fungsional jadi ya better pay up. Atau ya silakan aja sabar ngeliat minggu depan kita dapet EGO ID yang akhirnya bisa dipake lagi sebagai equip di nih seri sejak Lobcorp dulu. Dari trailer sih Ish dan Sinclair bakal dapet juga.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: globining