[JOI Spotlight] Makafushigi Adventure Edition

March 10, 2024 19:42
[JOI Spotlight] Makafushigi Adventure Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada minggu yang berat untuk industri ini. Akira Toriyama memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kultur ini secara keseluruhan, mulai dari pendefinisi genre seperti Dragon Quest dan Dragon Ball dan pionir gaya super deformed. Melihat ada negara yang juga menyatakan hari berkabung, saya rasa tidak perlu lagi saya mendikte soal perasaan kita dari kehilangan ini.

Kepergiannya juga diikuti oleh meninggalnya Tarako selaku seiyuu Maruko. Memang menyakitkan untuk mengakui kalau sebuah era mulai menutup untuk pelaku hobi ini, tapi untuk sekarang masih ada seri yang terus berjalan dan diberikan impresi.

Bravern 09

Kaptain

Identitas Bravern emang disinyalin dengan kuat, jadi yang nonton sambil merem sekalipun bisa tahu. Ini bukan komplain, saya lebih hormat sama seri yang menghormati penonton yang perhatian dibanding seri yang tersinggung banget kalau penonton lebih pinter dari staf produksi, terus bikin twist ga mutu.

Jadi kenapa mesti jalanin nih sandiwara? Bravern ditenagai sama hasrat hidup, makanya Smith ga bisa seenaknya ngebongkar misteri dan harus bisa ngasih Isami character arc dia.

Delicious in Dungeon 10

Kaptain

Politiknya mulai. Secara efektif nih pulau emang poros perang dingin antara kedua ras umur panjang. So yeah, sihir buat ngidupin orang mati tuh a huge deal dan ini target utama para power player. Nyampe di lantai 5 dan walopun tim ga cukup buat konflik frontal, banyak aset yang bisa dipake buat jebakan, Yang paling penting, party udah cukup makan dan istirahat.

MahoAko 10

Kaptain

Opening diupdate sama pasangan baru. Duit minggu lalu dipake dengan terhormat buat nih episode. Ngeliat sisa episode tinggal sedikit ya “layanan” langsung banter aksinya. Ini komentar Kiwi soal hotel juga bikin saya penasaran bakal gimana episode akhirnya, ngeliat staf juga sejauh ini cukup bijaksana soal ngemajuin plotpoint tertentu.

Kaczmarek

OK, MahoAko udah resmi masuk Kirara jadi selamat atas pencapaian ini! Detail french kiss-nya bener-bener unnecessary, tapi malah jadi hal lumrah pasca momen Azure di episode-episode sebelumnya.

Mato Seihei no Slave 10

Kaptain

Diplomasi gagal. Kedua kapten bisa ngeles “lha kok nanya kita, ya ga tahu” buat skandal internal jadi ya saatnya legally mandated group fight buat nutup musim.

Kaczmarek

Mau cara maling gorengan atau aparat? Tinggal nunggu aja ini Yuuki jadi bahan barter di setiap momennya.

Frieren 26

Kaptain

Ronde 3 Hunter Exam selesai. Akhirnya kapasitas produksinya balik. Ngeliat wizard duel banter lagi. Saya yakin ada yang protes kalau adaptasi ini ngasih harapan yang ga realistis sama aksi manganya, tapi ya risiko minta Madhouse kerja ya gini.

BlueHeaven

Saya belum baca manganya sampai sini jadi ga expect Lawine gagal di ujian kali ini. Animasinya certified kino, tentu saja ga bisa langsung expect Fern murid Frieren jadi bakal bisa ngalahin gurunya dengan rapid zoltraak. Ujung-ujungnya yang bisa ngalahin sefuh satu ini cuma mimic.

Shin no Nakama S2 09

Kaczmarek

Satu-satunya informasi yang berguna di episode ini cuma satu: Lavender itu bukan sosok yang sebenernya. Dengan pengungkapan dirinya jg cinta mati sama Van, dengan ini masalah yang bisa diselesein dengan cabut dari Zoltan ujung-ujungnya harus make cara represif. Oiya, episode ini juga ngingetin kalao Rit ini punya sisi shameless yang ikonik di depan temen-temennya sendiri. Yarandrala di tangga duh~

BlueHeaven

Negosiasi episode. Lavender ini gws banget deh, banyak banget celahnya buat jadi villain. Itu om-om tangan satu udah pamitan tapi kayaknya bakal awet sampai kelar season ini.

YouZitsu S3 10

Kaczmarek

Statuta kelas D bikin Ryuuen balik lagi jadi leader di last exam ini dengan catatan partner Ichinose berubah. Di satu sisi, kita dapet pengembangan karakter Hirata secepat mungkin biar bisa balik bantuin kelas. Seperti yang dibilang Kiyotaka, Hirata gak bisa bertahan sampe mati di dalam fantasinya terus.

BlueHeaven

Classic cara cuci otak ngehancurin dulu baru bangun ulang. Kiyotaka ga mau ada yang useless pawnnya, harus dimanfaatkan ke fullest potential. Soal ujian kali ini we can expect the results, secara Ryuuen ga mungkin keluar karena hal konyol dikalahin sama Ichinose, soal Kiyotaka lawan Arisu mau kalah secara de jure pun tetap de factonya Kiyotaka bakal 100% sukses rencananya di seri ini.

Ishura 10

Kaczmarek

Dan berakhir sudah, sampai jumpa Nihiro si pembawa fanservice sejauh 10 episode ini. Gak ngira bakal semudah itu dibunuh Dakai dengan ngincer sarafnya. Skill banditnya juga berguna buat nembus celah mesin ini, tapi balik lagi, kok bisa dia ngambil kesimpulan secepet itu? Lagi-lagi konsep trial and error gak kepake, semuanya efektif blas.

Meanwhile, Lana akhirnya ketemu lagi sama Elea dan Kia. World Word-nya Kia udah diterima di otaknya Lana, tapi misi Elea ngebunuh Lana apakah masih ada di pilihan? Sempet ngira di akhir episode ini si Lana kena tusuk Elea.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 10

Kaczmarek

Udah gamblang, tapi belum yakin. Cara simpelnya mungkin Mimimi sama Tomozaki udah jadian sekarang ini. Tapi karena keduanya masih belum membulatkan keputusan, jadi pernyataan ini jadi tembakan tanpa balasan sampai waktu yang tepat. Meanwhile, Fuuka dan Tomozaki ngebuka cabang cerita lain dengan mengulik masa lalu Aoi. Mereka masih ngerasa ada belasan topeng yang dipakai Aoi dan jawabannya mudah terbaca tiap mendapatkan pertanyaan personal.

BlueHeaven

Makin yakin yang dipake ori route, jadi Mimimi hanya bisa pasrah sampai dia ingat harus manzai bareng Tomozaki. Arc ini berat ke Fuuka secara kerjanya Tomozaki sebagai sutradara dan Fuuka sebagai script writer lebih pengaruh dari semua karakter lain. Soal adik Aoi akhirnya dibuka juga di episode ini, bakal jadi kunci ngebuka misteri si paling menutup dengan kepositifan palsu.

Apothecary Dairies 22

Kaptain

Duel resmi bapak-anak, setidaknya sekarang terbukti kalau dia harus ngelawan langsung si bapak tercinta. Bagian perspektif Lakan bukan metafora seorang ahli strategi, tapi emang kondisi medis, tepatnya Prosopagnosia; saat ngeliat orang lain. Detail minor. Tapi di bagian awal Maomao nanya soal Opium tapi di sini nyebutnya halusinogen generik.

Sokushi Cheat 10

Kaczmarek

Ok, what the in the heck that the committee doing up there. Ini kita dapet karakter dateng dan pergi begitu saja dengan seiyuu kenamaan. Sempet ngira juga bakal ada perubahan misi pasca Ayaka ngincer Kenja Shion, tapi malah Shion sendiri yang dateng sendiri ke grupnya Haruto minta ada death game. Enju akhirnya kontak lagi disini tapi lagi-lagi kita masih dikubur aksi tanpa ada penjelasan apapun soal perkembangan masing-masing karakter. Terutama Mana, yang kayaknya di-speedrun karena nyisa dua episode lagi.

BlueHeaven

Akhirnya Takatou bisa keluarin skill instant deathnya lagi. Nice cliffhanger, jadi inget momen anime Munou no Nana. Takatou OP tapi bukan berarti ga bisa mati, benarkah demikian? Oh, iya si Dannoura model berjalan ganti baju lagi di episode ini.

Nozomanu Fushi 10

Kaczmarek

Mas Rentt Mas Rentt. Anda masa gak nyadar wanita cantik beraset besar di depan anda ini masih muda juga kok daripada klien-klienmu di luar sana. Tolong sensitif dikit sama topik-topik ginian terutama ke kaum hawa yah. Tetiba si Rentt malah jadi Shakespeare demi selamat dari sihir Lorraine.

Selangkah lebih dekat dengan Laura dari Latours. Kontak dengan Isaac dan janjian via jalur dalam guild sedikt ngulitin keluarga Latours yang non-noble jadi sosok menarik di arc berikutnya.

Chiyu Mahou 10

Kaczmarek

Akhirnya proper battle walau balik lagi kita fokus ke bagian tim healer. Tbh ini timeline-nya gak mendukung mereka bertiga untuk latihan dulu di skala kecil, melainkan langsung ngelawan si hitam itu. Untungnya ini masih bertahan di genre shounen, jadi kematian memang murah tapi kehidupan masih bisa dikembalikan. Usato udah berhadapan langsung

Tsukimichi Season 2 09

BlueHeaven

Kalau bisa jadi cewe kenapa ga berubah aja? Mungkin biar ga ganggu balance Makoto-Tomoe-Mio. Tapi emang lebih bagus jadi cewe aja sekalian ga sih? Jadi cowo juga sok ikemen gitu ga likeable.

Kaczmarek

Ngeri sih. Di satu sisi demen Matsuoka dapet peran gak berisik, tapi di satu sisi gak demen kalo gendernya switchable gini. Sekali lagi kita diingetin sama kemungkinan percabangan ketiga dari Makoto di tujuan hidupnya. Gonta-ganti dunia bisa jadi pilihan tapi solusi belum jelas metodenya.

Sasaki to Pii-chan 10

BlueHeaven

Akhir dari arc Marc. Akhirnya mereka bisa masuk ke penutup anime ini. Shizuka udah milking abis, waktunya kita bisa melihat kekurangan dari karakter super power ini.

Akuyaku Reijou Level 99 09

BlueHeaven

Ga nyangka ada perubahan sifat untuk pangeran Edwin. Masuk akal mungkin kalau mau dibikin ada bibit sama Eleanora walau sedikit. Sekarang yang bermasalah si rambut pink yang ga mau tobat sampai bakal bikin ulah nantinya.

Ragna Crimson 21

BlueHeaven

Ga bakal kejebak dua kali sama harapan palsu seri ini. Benar aja pasti ada korban jiwa. Setelah development yang maksimal sudah dipastikan jiji modar, kesatria yang lain juga. Slime akhirnya bisa embat mangsanya tanpa khawatir kena reverse time.

Pertarungan Ragna vs Voltekamui ga perlu dikomen karena no dialog, just baku hantam sampai ke luar planet. Spotlight episode lebih nekenin kekuatan Crimson dengan jantung sebagai taruhannya. Semua naga tingkat atas udah henshin. Starlia juga udah dilepas.

Bokuyaba Season 2 10

BlueHeaven

Penurunan dibanding episode-episode sebelumnya. Episode ini lebih fokus memperkenalkan dua karakter baru dengan komposisi kelas baru. Boleh lah ini porsi boys timenya dikurang tapi ga hilang sama sekali. Pacing lebih cepat mungkin ada mau dikejar buat jadi momen ending, apa tuh ya kira-kira?

Shangri-La Frontier 22

BlueHeaven

Dari Thirdrema mau ke kota ke sebelas mau digarap satu-satu kah? Kalau gitu masalah di season ini ga bakal kelar 2 cour. OiKatzo, Pencilgon, Psyger-0 MIA di episode ini. Lebih nekenin Bee karena ini adalah momen buatnya.

Majo to Yajuu 08

Kaczmarek

Helga pengen diperawanin di bagian bibirnya sama laki-laki, tapi bukan dari laki-laki dalam tubuh perempuan astaga. Cukup tau deh Helga kalau tahu tubuh asli Guideau pasca ini, di satu sisi kelepek-kelepek atau mual-mual. Executioner dengan plot biasa seperti Heishin 2nd di Yugioh Forbidden Memories, dikira bisa ngontrol si Ashgan, malah sebaliknya. Tapi belum dibunuh aja sih dan masih lari dari TKP.

Saijaku Tamer 09

BlueHeaven

Umur Ivy dipertanyakan jadi guyon sepanjang episode. Seram juga kemampuan pendeteksi kejahatan milik Sora. Konflik dalam arc ini lebih asik daripada cuma kabur dari kejaran yang ga jelas. Ivy juga buka rahasia baru lagi soal gender, nice satu per satu. Soal reinkarnasi ga bakal dibocorin juga, kan?

Solo Leveling 09

BlueHeaven

Maafkan saya yang meragukan episode kali ini. Ternyata episode ini tidak bisa dilewatkan di spotlight. Karakternya Jinwoo lebih asik ditonton dengan battle ga main set modar. Saya turut senang dengan penampilan baru healer di penghujung episode yang menyukakan mata. Tim selamat dari dungeon pertama punya karakter yang layak untuk diberi apresiasi. Rest well Kim, nice lead Song.

Neural Cloud

Kaptain

90 roll buat si istri simpenan. Untung aja mainnya pelan. Ngeliat story trigger di tower defense pertama ada yang rusak namun saat artikel ini ditulis udah dibenerin. Ngerasa challenge mode lebih gampang, tapi ya sekarang kita kita dah dapet akses buat unit yang bisa nyuekin entropic tile. Begitu juga build backlash yang jelas bakal di-nerf di masa depan.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.