[JOI Spotlight] Toki Dari Kivotos Edition

July 28, 2024 22:07
[JOI Spotlight] Toki Dari Kivotos Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup bulan Juli ini. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir minggu ini.

VTuber Nandaga Haishin Kiri Wasuretara Densetsu ni Natteta 03

Kaczmarek

Ahahahahah Awayuki kena prank Hareru. Ini banyak inside joke-nya kalau pada ngikutin per-VT-an dalam 7 tahun terakhir. Nekoma dengan suara Hassy dapet porsi ED yang tentunya menyerupai sebuah sosok virtual di dunia maya saat ini.

Mayonaka Punch 03

Kaczmarek

Penghuni kamar terujung yang gak cuma tukang judi, tapi juka hoarder. Red flagnya setengah mati. Gue heran dua puluh tahun Live hiatus gak bikin Tokage berubah juga. Bahkan sosok Yuki yang superior gak terlalu berpengaruh ke dia. Akhirnya dikontenin jadi konten sampah yang sayangnya gak bisa up. Makan bawang jadi hal terakhir yang gue pikir kejadian di tiga episode awal. MVP Tokage, tapi tolong kembalilah berpikir jernih karena aslinya lu pinter njir.

KimiSen S2 03

Kaczmarek

Ebuset balik lagi ke studio yg ngerjain episode pertama wkwk. Episode dua ketauan yg ngerjain subcon daripada Studio Palettenya. Ini pihak Hydra agak kurang intelegensinya soal kemampuannya Alice, terutama make peledak yang bukan sama sekali masalah. Vichyssoise agak mendo tapi paling enggak bisa bikin perlawanan lebih dari cecoro biasanya. Rin punya prioritas, musuh > Iska. Meanwhile, Alice pikirannya udah langsung mengarah soal kekompetitifan setelah liat Vichy telanjang wkwkwk. Andai Iska ngebales, “Prove It!”. Ini jangan bilang Sallinger sama Millavair jadi pasutri dulunya. Ngeliat Sisbell malah ngingetin sama mahou shoujo yang mati di “Re:Creators”.

Roshidere 04

Kaczmarek

Dinamika cerita dan storyboardnya dibuat berbeda dari sumber aslinya. Jadi jangan heran ada perbedaan kalau kalian ngikutin novel dan manga-nya. Pulangnya Masha dan Alya juga dibuat non fanservicy walau nyatanya ada sesuatu di bagian itu. Dialog dimana Alya dibantu sama Kuze soal masalah klub juga disederhanakan, tapi beruntungnya gak membuat masing-masing karakter berubah di mata penonton. Agak disayangkan cuma di outro pasca ending animation cover ED-nya Haruhi yang udah berharap dibuat sejalan sama aslinya sih.

BlueHeaven

Anime lebih faithful ngikutin novel, jadi jangan koar-koar ngangkat masalah ini kenapa scene manganya ga diadaptasi? Ending song membangkitkan jiwa otaku tua, sayang animasinya ga ngecover dancenya, cuma dibikin video terpisah.

Gimai Seikatsu 04

Kaczmarek

Saki punya kelemahan, kelemahan yang gak dia tutup-tutupi ke Yuuta. Pemahamannya dengan sesuatu yang berbau sosial masih seperti orang yang baru keluar dari gua. Tapi jujur aja, dia memang hidup di gua sebelum bertemu Yuuta. Kita udah di tahap dimana Yuuta mencari jalan demi memenuhi perannya sebagai saudaranya Saki. Dari sini langkahnya makin tinggi. Godammit, just married already (impresi gue setelah baca dua volume novelnya). Also, loved the ost on this ep.

Hazurewaku 04

Kaczmarek

Mixing 3D 2Dnya masih gak smooth dan kembali juga timpang ke Seras daripada Touka. Beruntung adegan di episode ini didominasi non battle, jadi gak terlalu capek mata penonton. Seven Arcs get a grip please. No wonder Mato Seihei committee choose Passione for next sequel.

Megami no Cafe Terrace S2 04

Kaczmarek

Walah cuttingnya gak ngotak, kasian Ouka jadinya wkwk. Disini penghuni dari Family Resto evakuasi ke Cafe Familia, yang tentunya double the chaos (and noise). Untung aja Hayato udah ngerasin mentalnya karena hidup sama bidadari-bidadari yang cukup butuh “bantuan” di masing-masing masalah hidupnya (gak mengeliminasi Hayato punya masalah jg yg dibantu mereka).

Kaptain

Yah. Anggap aja 650 juta IDR tuh investasi buat nguasain nih distrik via ekspansi harem dan ini juga itungannya dapet murah. Bersyukur aja selagi ini ukuran harem ngedobel ga ada elektronik yang rusak.

Oshi no Ko S2 04

Kaptain

Ujung-ujungnya ya filter kedua kreatif dikurangin. “Jadi cuma perlu google docs doang?” Situ bakal kaget berapa banyak profesional yang ga tahu software produktivitas standar. Selamat buat Akane yang berhasil masuk ke konspirasi jangka panjang nih seri. Saya apresiasi ini kenangan masa lalu Aqua pake sudut pandang orang pertama jadi ga sekedar reuse adegan aja.

BlueHeaven

Detik-detik terakhir malah spoiler nama bapak Aqua. Akane mode detektif itu imba banget, ini salah satu alasan saya suka dia selain sebab rambutnya. Proyek berakhir win-win solution dengan pengorbanan satu malam produser dan editor yang kuat-kuatin mantengin pembicaraan asyik sendiri antara author dan script writer.

NieR Automata S2 04

Kaptain

Ternyata emang ada reference buat game gacha-nya di akhir. Selamat datang di Route C ngeliat tutorial dah kelar. Di gamenya ini kehancuran bunker tuh lebih ngena lagi karena save point tertentu jadi nggak bisa dipake lagi.

2.5 Jigen no Ririsa 04

Kaczmarek

Quite relatable saat cosplayer bantu cosplayer lain soal prop/prep yang ketinggalan. Tapi yang bikin kesel masih kelupaan bikin cover pasca ngeburn, hadeh. Ditambah lagi keduanya masih amatir dan perlu bantuan senpai sebelah utk bisa onboarding di lingkungan baru mereka. Impact yang agak telat karena udah di penghujung konvensi. Well nice debut tho~

BlueHeaven

Nerfed karena minor. Cukup beralasan karena lebih baik nyari aman daripada kena batunya nantinya. Episode ini juga ngajarin kalau mau jualan karya harus prepare maksimal bukan cuma niat doang.

Tensura S3 16

Kaczmarek

Masa lalu Hakurou akhirnya terkuak dalam konsep bang toyib. Mereka berpisah, namun nampaknya masih cinta. Buah hatinya juga masih ingin bertemu dengan ayahnya lagi. Also, ini konteksnya Souei dibuat singkat padahal di novelnya dia make teknik rangsangan tertinggi ke Ritus. Benimaru? Good luck deh, MC ketiga di musim ini yang putuskan cuma punya satu istri, gak termasuk selir. Dijelasin juga kalo cross-race agak susah juga untuk bereproduksi.

BlueHeaven

Really? Ada beragam topik menarik di episode ini dan yang dinotis orang cuma nyari adegan “rapat” buat ngebakar Tensura? Orang yang nyari masalah kecil gituan susah banget bahagia hidupnya. Saya nerima jokes jones Geld dan Gabiru aja udah senyum-senyum sendiri, apalagi ditambah Souei yang santainya bilang gampang dapetin hati cewek. Masalah romansa komedi sangat kaya di episode ini dan saya terhibur dengan banyaknya varian kapal yang siap berlabuh.

Makeine 03

Kaptain

Langsung hajar episode pantai yang jujur lebih didukung kualitas produksinya dibanding skripnya. Untung aja ini tagihannya buat makanan+servis dan bukan tontonan. Ini juga judul episodenya nyakitin banget, “kalah sebelum pergi perang”.

BlueHeaven

Si pengutang enak banget ya muka tanpa dosa tebar fan service. Didn’t expect a confession scene, but good timing. Dengan ini seluruh loser heroine terekspos kasusnya masing-masing.

Monogatari Off/Monster Season 04

Kaczmarek

Belum kelaarrrr. Meek Nadeko gak ketemu, malah dapet Wrath Nadeko di rumahnya Araragi. Ini masih jam sekolah/kerja jadi rumahnya kosong kayaknya. Satu episode untuk meyakinkan serta masangin anggota tubuhnya Ononoki lagi. Kalau ternyata ada peralihan dari Meek ke God, bakal makin rumit ini masalah tanpa manggil Oshino atau Gaen. More or less, saat Nadeko ngangkat telfon rumahnya Araragi, disini bisa memungkinkan Araragi dipanggil Senjogahara untuk pulang ngecek rumahnya.

Sengoku Youko: Senma Konton-hen 02

BlueHeaven

Wareg adegan aksi. Dikasih alasan berantem lagi buat Senya yang tadinya udah nyerah berantem. Ini anime baru 2 episode tapi dalam banget feelsnya. Tsukiko ketebak sih nasibnya karena di opening dikasih lihat pas udah dewasa.

Shikanoko Nokonoko Koshitantan 04

BlueHeaven

Weekly rusa mungkin ga bakal awet di spotlight karena nothing interesting dalam episode mingguannya. Minggu ini yang mau dibahas apa? Adegan kekunci di gym? Expected. Karaoke Shikanoko? Ga jelas itu ngapain. Masalah anggota OSIS yang baru dibahas? Meh. Sungguh episode yang lemah untuk anime ambisius niat viral. Formulanya mesti dirombak biar komedinya lebih nendang.

Tasuuketsu 04

BlueHeaven

Maaf, tetapi ini anime paling ga jelas di musim ini bagi saya. Sistem permainannya masih belum bisa saya pahami, ditambah mastermindnya kayak orang bloon gitu. Ada hak khusus yang bisa orang lain tahu, tetapi sebagian juga ga tahu. Itu gimana ceritanya ada yang bisa tahu? Yang penting sistem gamenya dulu deh. Udah banyak scene loncat-loncat, makin tambah ga mudeng saya ngikutin anime ini. Jeleknya, saya orang yang penasaran dan bakal ngikutin seri ampas ini meski banyak lubang sana-sini.

Koi wa Futago de Warikirenai 03

BlueHeaven

Anime yang paling bikin saya emosi di musim ini. Kesalahan terbesar berada pada si kembar yang rambut pendek. Kalau dia ga start masalah ga bakal jadi kayak gini. Udah gitu dia mau ngelepas gitu aja lagi. Padahal ada beberapa karakter menarik di anime ini, tetapi karena hubungan cinta segitiga toxic (yang emang biasanya juga toxic) saya mesti minum obat penenang biar kuat nyali mantengin seri ini.

Maougun Saikyou no Majutsushi 05

BlueHeaven

Bisakah kita menambahkan Maou ke dalam loser heroine series? Ngakak aja sih dapat momen tertolak.

Na Nare Hana Nare 03

BlueHeaven

Sekadar mau ngasih kabar kalau saya mantengin seri ini di musim ini. Formulanya agak liar, ngumpulin gadis-gadis yang beda sekolah dalam satu grup, udah gitu masing-masing punya masalah kronisnya sendiri pula. Ini baru 3 episode tapi 4/6 main chara udah kedetect punya trauma masing-masing. Tinggal si anak brazil dan temannya aja lengkap dah ini trauma squad yang butuh ngecheer dirinya sendiri.

Isekai Shikkaku 03

BlueHeaven

Kartu jokernya keluar. Episode 2 cuma selingan doang, barulah episode 3 distarter masalah utama dalam anime ini. Bukan nyari Saa-chan yang ga jelas di mana sekarang, tetapi Sensei bakal mulai nulis cerita menariknya berbekal era baru yang diinisiasi oleh para pahlawan diktaktor.

I Parry Everything 04

BlueHeaven

Ga nyangka seri ini masih bisa menghibur dengan formula salah pahamnya yang cukup awet dinikmati. Noor masih belum bisa disadarin betapa kuatnya dirinya. Lagian belum kelar disebut nama monsternya udah keluar aja hipotesa permanen. Bukti ngalahin goblin juga nihil, bikin awet ga pekanya Noor sama keadaan diri apalagi sekitarnya. Itu negara udah mau perang, palingan dia ga sengaja ngalahin jendral musuh kuat yang disangka kroco.

Giji Harem 04

BlueHeaven

One word. Wow.

Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru 04

BlueHeaven

Haga sama Nikola jadi buronan. Langsung dikasih lihat sebab akibatnya. Ini ada bug dalam ceritanya. Nikola kan berapa kena bantai dan Haga bisa restart quest awal biar hidup lagi, kenapa NPC baru langsung ditangisin seakan udah selesai riwayatnya? Apa ga bisa dapat perlakuan yang sama dengan Nikola pas masih dites bug desanya sama Haga?

Atri 03

BlueHeaven

Dari anime ini kita belajar, makin tinggi spek robot, makin sengklek mungkin ngelakuin miss yang biasa dilakuin manusia. Di anime ini juga, hukum jadi komedi putar. Apalagi ditambah Atri yang kusogaki makin enak bahasan hukum dalam anime ini.

Elusive Samurai 04

BlueHeaven

Iya saya ngerti kalau lawannya itu punya eagle eyes spesialis archery, tapi ga ngegas juga melototnya, dong. Tokiyuki juga ga absolut ngehindarnya. Akhirnya dikasih poin tertinggal, walau situasi kepepet kayak gini udah jadi formula andalan sejak episode 1. Kita juga dapat satu warga Suwa yang notable, Moritaka sang komentator andal. 

Madougushi Dahliya wa Utsumukanai 04

BlueHeaven

Tobias bajingan masih aja bikin masalah sampai mau klaim hak cipta barang buatan Dahliya. Untungnya backingan Dahliya banyak dari orang dalam guild sampai notaris. Warisan paling gede dari bapaknya, sih ini fix.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Shu dan kelompok kerja taninya bakal hadir di akhir bulan! Agak berharap stream di minggu ini ada PV terbaru utk 3rd installment anime-nya. Tapi yah, fokus jualan dulu. Drama CD Kjerag juga diumumin dengan melibatkan penulis skenario dari Children of Ursus juga. Meanwhile di CN ada event summer di sargon, yang operatornya mayoritas berkulit putih. Kalian tahu ada yang kesal dengan tema gurun tapi pada berkulit putih kan? Wkwk. I’m just gonna laugh it out till they cry tbh.

Neural Cloud

Kaptain

Langsung dihajar 2 event. Belom jauh di segmen Boneville dan saya juga mending nunggu Penumbra buat unit blink. Jadi sejauh ini main idol event dulu yang untung aja bisa sweep.

Anyway. Sekuel dah nongol situs globalnya dan buat prereg paling ya bentar lagi. Realistiknya paling ya November buat perillisan publik.

Blue Archive

Kaptain

Masih ada 20 roll besok tapi ini sampah bener hasilnya sejauh ini. Emang ini fomat barunya cukup bagus buat ngasih Gehenna a sense of place tapi ngeselin banget ini map farmingnya pake format main sekali sehari terus sweep, udah gitu harus ngelarin keseluruhan ceritanya dulu. Udah ada format grinding yang enak ngapain sekarang diganti.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: YoshitoGS