[JOI Spotlight] Uma Delicia Edition

August 25, 2024 21:42
[JOI Spotlight] Uma Delicia Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada minggu yang rasanya seperti bagian Latar Belakang artikel sejarah Wikipedia. Selagi menunggu berjalannya situasi, mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Oshi no Ko S2 07

Kaptain

Nah, ini baru episode Kana. Emang berat hidup demi menuhin impian destruktif orang tua, entah pertemuan dia sama Aqua tuh kutukan atau berkah ngeliat ini bikin dia nyangkut lebih lama ke dunia hiburan. Lucu aja di akhir tuh solusinya kondisi Aqua langsung lompat dari “situ butuh bantuan profesional” ke “oke, nyiksa aja diri sampe mati”.

BlueHeaven

Saya terkesima bagaimana episode ini bisa menyelipkan momen kebangkitan dark eyes Aqua di atas panggung. Secara adegan klimaks Kana udah makan waktu build up dan bisa aja mereka end pas Kana awaken. Dua karakter ini udah terlalu imba ngelibas karakter-karakter lain yang kelihatan jadi ga penting.

VTuber Nanda Ga 07

Kaczmarek

Awayuki collab dengan Kaeru untuk jadi mamah. Entah kenapa malah jadi casting couch di tengah baby interview ini. Setelah kasus mama Shiori di episode sebelumnya, sekarang kena double-down gegara Kaeru. Meanwhile sisa part dipake untuk Awayuki sama Chami maen ke amusement park.

Mayonaka Punch 07

Kaczmarek

Sulitnya nyari niche, ditambah ngikutin trend via audience, ini brainstorming paling relatable dari semua episode sejauh ini. Agak sulit untuk platform yang creatornya udah membludak. Tinggal disesuaikan sama pasar yang ada. Berharap Yuki jg gabung Mayopan di episode-episode berikutnya. Namun belum kelihatan ini mau diakhiri di bagian apa.

Roshidere 08

Kaczmarek

Debat yg sudah bisa diprediksi pemenangnya, walau pattern-nya memberatkan Kuze sebagai MVP daripada Alya. Sayaka dan Nonoa berduet namun durasinya terasa cepet bgt. Pengen tahu lebih soal Nonoa? You better put that away until next encounter. Hah Yuki ini screen-timenya bisa bikin penonton lebih tergugah dengan karakternya, apalagi yg sesuai spek.

BlueHeaven

Yuki niat jadi last boss malah jadi slot komedi episode ini. Ditambah Ayano yang koreksi moral (ga) pada tempatnya, makin kegoreng lah blunder akting Yuki. Namun, dari semua itu Hayasaka MK.2 lebih bersinar karena debutnya yang cemerlang bisa ngebalance drama episode ini.

Gimai Seikatsu 08

Kaczmarek

Flashback tentang masa kecil soal Saki, dan beberapa keinginannya yang belum terpenuhi. Melihat keadaan ortunya yang tak bersama, dan salah satunya tidak selalu punya waktu untuknya memancing dirinya untuk bisa berusaha keras untuk tidak bersantai di tiap waktu. Terpaksa mandiri dalam keadaan satu ortu, gak mengherankan bakal terjadi utk anak-anak di masa remaja. Dialog Saki dan Yuuta nya di episode ini agak nyelekit karena mereka jadi canggung lagi karena faktor kecemburuan.

Hazure Waku 07

Kaczmarek

Niat kali episode tanpa 3DCG di saat episode lain tiap Touka bergerak selalu dapet itu. Seras mencari perhatian dan aksi 100% di episode ini. Dari kepalanya yg udah diisi Touka di penginapan pertama, trus nawarin kamar berdua, sampe nyuci pakaian. Klise ini makin naik levelnya ke pertanyaan “Apa kamu tahan akan godaan” atau semacamnya setelah salah ngasih ramuan wkwk.

BlueHeaven

Ini elf sudah ga ketolong lagi. Beraninya pakai baju seminim itu, mancing terus dan bakal jadi jualan laris mertahanin atensi penonton untuk anime spek low end satu ini. Touka juga settingan MC niat balas dendam yang emang ngeselin banget, sih. Yang ginian udah bosen tapi cukup nagih buat ditonton karena penonton menuntut scene pembalasan barulah puas.

Megami no Cafe Terrace 08

Kaczmarek

Neneknya Akane dapet giliran. Disini masalahnya Hayato cuma harus ngeyakinin beliau untuk jadi orang yg tegar atau representasi dari kakeknya. Segmen ultah Hiragiku dan Akane ini bikin Hayato bermasalah. Saking hecticnya di bulan itu, sampe lupa hal-hal trivial. Tapi hectic-nya ini gak terlalu keliatan dari apa yang ada di bingkainya.

Kaptain

“Pengen apa hadiah ulang tahunnya?” “Surat nikah”. Emang ini buat kasus Akane ga sekedar menangin perang aja tapi soal komitmen kedua garis keluarga yang punya ambisi sendiri.

Tensura 3rd 19

Kaczmarek

Nope, pertarungan lawan hero ditunda ke episode berikutnya. Ini episode flexing masakannya Shuna yang juga kena damprat dari tamu-tamunya Rimuru. Pasca cuma nongol tanpa memperlihatkan skill-nya, kini Elmesia bisa gue sandingkan dengan Demon Lord lainnya. I mean, sampe berdampak masif untuk Rimuru sendiri udah nunjukin ini putri gak bisa dianggep remeh.

2.5 Jigen no Ririsa 08

Kaczmarek

Nagomi bersikap realistis, namun ngasih pelajaran untuk Ririsa out of nowhere. I mean, terlepas dari sikap ignorant-nya, Nagomi malah dianggep sosok yg bakal dijadiin Ririsa sebagai panutan. Berharap Mayuri-sensei ketemu sama Nagomi di momen yg akan datang.

Kaptain

Yay. Mulai deh konflik ideologi & bikin strategi perangnya. Saya tahu ini seri dikritik sebagai versi ekonomis Bisque tapi saya bilang ada lebih banyak penekanan di introspeksi soal “Kenapa seseorang cosplay” sebagai temanya.

Monogatari Off/Monster Season 07

Kaczmarek

“Nampaknya aku mati lagi”.

Deathopia Virtuoso Suicide-Master & Princess Acerola, dua entitas dengan identitas (menuju) sama. Flashback tentang Kiss-shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade yang sedikit perlu fokus lebih untuk mengingat Kizu untuk dikoneksikan sama Waza. Tropicalesque, sosoknya ngingetin gue sama Episode, IYKYK. Arc ini gak akan berakhir disini karena masih menunggu proses Acerola jadi Shinobu dan mungkin di episode berikutnya.

NieR Automata S2 07

Kaptain

Ini kontrasnya emang nyakitin banget dari A2 yang jadi sister figure para pasifis dan finale 21O yang jauh lebih brutal dari gamenya, sebagai ganti boss fight dia ya tower yang relevan jadi khusus buat ngejatuhin kondisi mental 9S.

Sengoku Youko: Senma Konton-hen 04-06

BlueHeaven

Riwayat akhir dari Ashikaga Shogunate. Yoshiteru sangat mencerahkan suasana anime ini selama kemunculannya. Kematiannya yang dibilang spoiler sebenarnya bukan spoiler banget, ini emang tercatat di sejarah kalau Matsunaga yang serbu kastilnya dan ngebunuh shogun. Benar-benar ditutup epik dan puisi kematian persis sama dengan aslinya, “melayang di atas awan”. Layak dikasih movie-like end credit roll.

PS: Evan Call yang bikin musiknya, mau ragu apalagi sama anime ini?

I Parry Everything 08

BlueHeaven

Receh emang kalau kita sekilas nilai anime ini. Idenya cuma parry, parry, and parry.. Tetapi semuanya itu dikemas benar-benar rapi dan baik. Lihat aja visualnya, desain karakternya cakep dan rapi kan? Gimana scene parry dragon breath pertama, terus dibalikin flashback Noor dengan monolognya pas dipentalin Lynne, barulah dikasih duel sama naga itu benar-benar terstruktur jelas kronologinya biar orang nontonnya bisa paham.

Koi wa Futago de Warikirenai 07

BlueHeaven

Shiena bagai oasis di tengah seretnya hubungan cinta segitiga yang menguras emosi. Asli ngademin banget sebagai third choice option, meski mungkin bakal dileak ke depannya kalau dia suka sama cowo lain. Kalau sama MC kan bakal seru perang antar heroinenya.

Atri 07

BlueHeaven

Ma! They kissed! They finally kissed! Terima kasih Sensei, terima kasih para support chara yang mengajarkan dan mengarahkan kedua sejoli ini buat sadar, terima kasih juga buat para antagonis yang yang biarin mereka berdua menikmati datenya. Iya, tunda aja dulu konfliknya, nikmati momen romansa yang sudah ditunggu-tunggu.

Makeine 07

BlueHeaven

Masih belum kelar ternyata masalah Remon. Nu-kun udah develop banget dari karakter 0 friend sekarang punya official 3(?), mengingat perlu ada pengakuan langsung biar dia paham siapa aja yang dianggap teman olehnya. Sebagai MC yang beneran bayangan, bukan yang ngaku-ngaku terus sok cool, dia emang keren perannya di episode. Nu-kun bahkan bisa peka ngasih momen terakhir berduaan Remon sama Ayano.

Di sisi lain, Anna emang ga ketolong lagi begonya. Bisa-bisa dia ngasih proposal buat minjem laki orang di depan cowo lain. Untung Nu-kun bisa waras nolak dengan bilang mending cari pacar beneran deh. Pantesan, mental loser heroinenya paling ngenes walau dia cover girl. Sayang, doa pengusiran roh jahat dari Kaju ga mempan buat tengking kebodohan Anna.

Tambahan, episode ini cukup cerdik ngasih jawaban di akhir tentang benda apa yang dibuang Chihaya. Ini guru yang jaga UKS ngasih tips & tricknya kriminal ke muridnya kah?

Tsue to Tsurugi no Wistoria 07

BlueHeaven

Klimaks dan momen opening di putar. Sebetulnya sudah ketebak jalannya, Will bisa menang lawan Julius dan orang lain yang menangin lombanya. Yang ga saya duga, ternyata dua kroco itu malah penting buat control clonenya Julius. Elfaria juga banyak jatah ngomong di episode ini. Kelihatan banget sifat bocahnya sesuai dengan umur. Yang ngincer onee-san megane, tuh ada debut di episode ini.

Neural Cloud

Kaptain

60% chapter 2. Ini kerasa banget tim penulisnya baru balik liat Wandering Earth ngeliat tone ceritanya. Stok Dark Star masih aman abis ngeroll Xinghuan cuma sayang aja gagal nyantol Millau.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: selwctdodraws