Moumoon: “Kalau Saya Tidak Salah, Ada Musisi Indonesia yang Saya Suka!”

November 25, 2013 14:00
Moumoon: “Kalau Saya Tidak Salah, Ada Musisi Indonesia yang Saya Suka!”

Seperti biasa JOI dapat sedikit berbincang dengan bintang tamu J-Music LAB minggu ini, Yuka-san dan Masaki-san dari Moumoon!

J-Music Lab

Q: Siapa musisi internasional yang paling berpengaruh untuk kalian?
Yuka: Untuk saya, saya suka Oasis. Bisa dibilang merekalah yang membentuk karakter musik saya secara pribadi. Sebenarnya ada beberapa yang lain, tapi merekalah yang paling berpengaruh untuk saya.
Masaki: Saya tumbuh di zaman genre Hard Rock sedang dalam masa kejayaannya… Kalau disuruh memilih saya terpengaruh oleh Extreme band! (Gary Cherrone dan kawan-kawan)

Q: Dari semua performance kalian di berbagai negara, negara mana yang performancenya paling berkesan?
Yuka: Moumoon sendiri baru pernah tampil di 2 negara, Prancis di September kemarin dan Indonesia sekarang ini, jadi kami belum cukup banyak perform untuk bisa menilai. Apalagi masing-masing negara punya selera dan fans yang berbeda, rasanya tidak adil kalau dibandingkan… yang paling penting bagi kami adalah kami bertemu banyak orang baru dan teman baru melalui musik
Masaki: Ah saya baru ingat, saya punya salah satu artis favorit lainnya dari Indonesia! Eh, atau Malaysia ya… Duh lupa saya!

Q: Apa rencana Moumoon setelah ini ke depannya?
Yuka: Kami sedang mengerjakan album baru yang akan segera keluar. Dengan single “Love Before We Die” yang akan keluar 29 Januari nanti. Ada juga tur dalam negeri di Jepang. Yang mengagetkan saya bahwa lagu tadi (Love before we die) adalah lagu yang belum muncul di album manapun, tapi para penonton sudah ada yang tahu! Saya senang sekali!

Q: Di pertunjukan tadi, terlihat banyak sekali fans Moumoon. Apakah Moumoon tahu kalau mereka punya fanbase di Indonesia?
Yuka: Kami tidak tahu bahwa kami cukup dikenal di Indonesia, tapi setelah kami mengumumkan bahwa kami akan manggung disini, banyak sekali reaksi fans di social media. Juga pas tadi kami nyanyi, mereka nyanyi bareng! Senang sekali rasanya!
Masaki: Ya, mereka kenal hampir semua lagu yang kami nyanyikan tadi, “Oh lagu yang ini ya! Akhirnya!” seperti itu, hahahaha

Q: Kalau begitu apakah dengan ini Moumoon ingin melakukan sesuatu, khusus bagi fans Indonesia?
Yuka: Di Live berikutnya kami ingin memilih lagu yang lebih bisa dinyanyikan bersama dan dinarikan bersama dengan fans Indonesia! Tidak hanya di Jakarta saja, di Bali juga boleh! Kami sudah 7 tahun melalangbuana sebagai musisi, tapi kami bisa bilang bahwa Live tadi adalah salah satu yang paling kami nikmati! Belum ada fans lain yang sangat aktif dan menarik seperti tadi! Dan sejak datang ke sini, ini pertama kalinya Masaki nampak begitu bersemangat. Bahkan saat makan saja dia sangat bersemangat hahaha.

Q: Lagu Moumoon benar-benar beragam ya, ada elektronik, ballad, pop rock, dan lainnya. Sebenarnya bagaimana musik Moumoon ini?
Yuka: Hmm… bagaimana ya, Moumoon memang memiliki banyak genre di berbagai lagunya dan kami memang tidak terpaku pada satu genre saja…
Masaki: Selama 7 tahun kami memainkan musik kami, memang banyak lagu yang kami mainkan. Elektro ada, ballad ada, yang lembut ada, yang keras juga ada. Bisa dibilang kami benar-benar memainkan lagu yang memang kami suka dan mau mainkan.

Sekian sesi wawancara singkat kami dengan Moumoon. Jangan lupa tonton livestream yang mereka tayangkan tiap bulan di malam bulan purnama! Bulan depan tanggal 17 Desember loh katanya!

J-Music Lab

Q: Which international musician that influenced you the most?
Yuka: For me, I like Oasis. You could say that they’re the one that personally shaped my musical character. There’s a couple others, but Oasis is the one that influenced me the most.
Masaki: I grew up in the age of Hard Rock. If I had to choose, my influence is Extreme (Gary Cherrone)

Q: From the performing in countries outside Japan, which country is is the most memorable?
Yuka: We only just performed in 2 countries, France on last September and now on Indonesia, so we can’t really say for now. Especially since each country had their own taste and fans, so I don’t think it’s fair to compare them. What’s important for us is to meet many new people and friends through music.
Masaki: Ah, I just remembered. One of my favorite artist is from Indonesia! Or was it Malaysia? I can’t seem to remember it right.

Q: What Moumoon’s plan for the future?
Yuka: We’re working on our new album. Along with the single “Love Before We Die” that will be released on 29th of January. There’s also a tour within Japan. What surprised me is that when we played Love Berfore We Day just now, that song isn’t out yet, but there’s already someone in the crowds that knew about it! I’m very happy!

Q: On the performance just now, it appears that there are a lot Moumoon fans among the crowds. Did you know that you have a fanbase in Indonesia?
Yuka: We didn’t know that we’re pretty well known in Indonesia, but after announcing that we’ll perform here, there’s quite a lot of reaction from the fans on social medias. And also when we’re singing, the fans also sang along! We’re really happy!
Masaki: Yeah, they know almost all of the songs we sung, “Oh, this song! Finally!” or something like it, hahahaha

Q: Because of this, will Moumoon do something special just for Indonesian fans?
Yuka: For our next live we want to choose songs that we can sing and dance together with Indonesian fans! And not just in Jakarta, maybe Bali too! We have been a musician for 7 years, but our live just now is one of our most enjoyable live! And ever since coming here, this is the first time Masaki looked so excited. Even when eating, he’s so excited hahaha.

Q: Moumoon has various musical style. There’s electronic, ballad, pop rock, and others. What is Moumoon’s main genre?
Yuka: Hmm… well, we do have varying genres in our musics, and we’re not fixed to just one genre…
Masaki: For 7 years we have been playing musics, and there is indeed many type of musics that we’ve played. There’s electronic, ballad, slow ones, hard ones. You could say that we plays the musics that we liked and wanted to play.

Sorry. No data so far.