[3 Eps Rule] Barakamon

July 25, 2014 16:30
[3 Eps Rule] Barakamon

Maafkan saya karena telat menonton. Barakamon adalah anime yang saya anggap “unik” karena salah karakter utamanya yang seorang anak kecil benar-benar diperankan oleh anak kecil yang bukan seiyuu. Terlepas dari itu, Barakamon adalah anime banyol yang tetap bisa padat berisi meskipun sarat humor.

Barakamon 3epsrule (2)

Handa Seishuu adalah seorang kaligrafer berbakat yang berdarah panas tentang karyanya. Karena satu dan lain hal ia mencoba mengasingkan diri ke sebuah pulau kecil dimana ia berharap dapat kembali berkarya dengan baik setelah kena artblock. Tak disangka di tempat yang seharusnya bisa menyediakan ketenangan dan konsentrasi, Seishuu dikelilingi bocah berisik, keluarga aneh dan orang-orang nyentrik lainnya yang tinggal di pulau kecil itu. Tanpa sadar Seishuu juga medapat banyak pengalaman dan pelajaran hidup berharga dari para teman-teman barunya.

Meskipun sama-sama mengusung tema “anime kampung”, Barakamon berbeda jauh dengan Non Non Biyori, yang mana dapat membuat kita senyum dan ketawa tanpa sebab yang jelas. Barakamon adalah anime komedi yang bisa membuat ngakak. Ketahuan berisi dan ceritanya mempunyai “tujuan”, kita bisa berharap Barakamon akan dapat memuaskan kita saat tamat nanti.

Barakamon 3epsrule (3)

Salah satu keunikan yang paling terasa adalah karakter Naru yang disuarakan oleh Suzuko Haru. Ia bukanlah seiyuu, namun seorang aktris cilik tanpa pengalaman menjadi pengisi suara sama sekali, memberikan sebuah nuansa natural yang unik. Tidak hanya Naru, bahkan ternyata semua karakter anak kecil disini disuarakan oleh anak kecil sungguhan! Mungkin awalnya terdengar aneh, tapi makin lama kamu akan terbiasa dan dapat ikut menikmati suaranya. Sensasi natural seperti ini belum pernah saya dapatkan di anime lainnya.

Bagi yang main sosial media, saya tampaknya tak perlu bicara lebih jauh tentang komedinya yang top abis. Dari MANDOM hingga fujoshi yang denial. Ngakak men! Tapi dilain pihak, nasihat dan pelajaran hidup yang seringkali disisipkan di serinya terutama untuk karakter Seishuu dapat membuat saya terharu.

Barakamon 3epsrule (1)

Bukan cuma komedi yang sekadar lucu, Barakamon juga memberi porsi drama yang pantas untuk dijadikan sebuah tontonan yang serius sekaligus menghibur.

Verdict: Barakamon adalah anime yang padat, kocak, dan mantap! Tontonan wajib tiap minggu!