[3 Eps Rule] Death Parade

February 3, 2015 13:59
[3 Eps Rule] Death Parade

Pada awal 2013, ketika Saya sedang menikmati Little Witch Academia yang ditayangkan sebagai salah satu proyek animator muda di acara Anime Mirai 2013, seorang teman menyarankan satu lagi anime singkat yang ditayangkan pada acara tersebut, yaitu Death Billiard yang dikerjakan oleh studio Madhouse. Yang Saya dapatkan adalah sebuah anime menarik yang membuat Saya bertanya-tanya, baik mengenai cerita, karakter, ending, hingga mempertanyakan diri Saya sendiri. Kini, hampir 2 tahun setelah Death Billiard, Madhouse akhirnya mengeluarkan serial TV berdasarkan Death Billiard dengan konsep dan karakter yang sama, dengan judul Death Parade. Berikut komentar kami setelah menonton 4 episode pertamanya. (episode 4nya sudah keluar dan Saya tonton saat penulisan ini. Maaf ya karena bukan benar-benar 3 eps rule :p)

Death Parade menceritakan tentang sebuah “bar” bernama Quindecim, di mana tiap beberapa saat, akan ada dua orang yang tersadar di tempat itu tanpa ingat bagaimana mereka bisa ke sana. Kedua orang tersebut kemudian akan diajak oleh bartender tempat tersebut, Decim, untuk memainkan sebuah permainan dengan nyawa sebagai taruhannya. Permainan-permainannya sendiri adalah permainan umum, tetapi dengan sentuhan-sentuhan “aneh”, seperti permainan darts yang mana akan menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh lawan tergantung dengan hasil lemparan, permainan bowling di mana di dalam bolanya terdapat jantung pemain lawan, hingga sebuah game arcade fighting di mana jurus-jurus karakternya melambangkan kehidupan sang pemain. Di tengah-tengah permainan tersebut, ingatan para pemain mulai kembali dan menjelaskan kenapa mereka bisa berada di Quindecim…

3erdp1

Yes, arcade game

Hidup, kematian, dan setelahnya

Twist di balik kisah ini adalah orang-orang yang terbangun di Quindecim adalah orang-orang yang sudah mati, dan permainan yang mereka mainkan adalah alat penilai apakah arwah mereka akan direinkarnasi atau tidak, bukan berdasarkan menang atau kalah, tetapi dari sifat yang ditampilkan selama permainan, terutama ketika terdesak dan sisi buruk orang tersebut muncul.

3erdp2

Death Parade menampilkan 3 hal sebagai inti ceritanya, yaitu perilaku para orang mati di permainan, kisah saat mereka masih hidup hingga kematian mereka, dan juga tentang para “penilai”, yaitu Decim dan lainnya; terkadang dengan salah satu bagian lebih difokuskan dibanding yang lain di episode-episode tertentu. Ketiga poin ini juga menampilkan tiga daya tarik yang berbeda. Fokus pada permainan menunjukkan psikologis manusia, bagaimana seseorang akan bertindak jika kematian mengancam mereka. Fokus pada kisah kehidupan menunjukkan kehidupan mereka, masalah yang mereka alami dan akhir riwayatnya yang terkadang tragis. Dan fokus pada para “penilai” menampilkan porsi misteri dari anime ini, bagaimana cara kerja mereka, apa peran mereka masing-masing, dan lain-lainnya.

3erdp3

Tiap permainan tidak selalu berujung konflik. Salah satu episode menunjukkan akhir yang
lebih berkesan riajuu meledak aja sana heartwarming.

Tidak ada yang sempurna

Kepanikan di tengah permainan, kesalahan yang dilakukan dalam kehidupan mereka, dan berbagai kelemahan manusia lainnya ditampilkan di anime ini. Tetapi menariknya, para “penilai” dari para orang mati ini bukanlah suatu figur “maha kuasa” dan serba benar. Mereka juga tidak luput dari kesalahan dan keunikan mereka masing-masing.

3erdp4

Tokoh utama dari Death Parade bisa dibilang adalah para “penilai”, karena para orang mati yang bermunculan selalu berganti tiap episodenya. Di antaranya adalah Decim, sang bartender dari bar Quindecim dan juga penilai yang difokuskan di anime ini, dan juga seorang gadis tanpa nama (ditulis sebagai “Gadis berambut hitam” di credits) yang baru saja terbangun dan diperintahkan untuk menjadi asisten untuk Decim. Ditampilkan juga Nona, seorang gadis yang nampaknya memiliki otoritas tinggi di dunia itu. Interaksi di antara ketiga orang ini, meski singkat, menunjukkan keunikan dan sifat mereka masing-masing. Decim sangat serius hingga tidak ada yang menyangka kalau ia bisa bercanda dan berbohong, gadis berambut hitam yang agak polos tetapi cukup pintar dan melambangkan posisi penonton, dan juga Nona yang meski seringkali tampak manis, sebenarnya sangat tegas dan terkadang kasar. Ditambah lagi masih banyak karakter yang ditampilkan di opening yang masih belum tampil di ceritanya.

This opening

Seriously, this opening.

Verdict: Reincarnation/10

Nama “Death Parade” mungkin terkesan terlalu “barbar” untuk isi ceritanya sendiri. Death Parade bukanlah sebuah anime “bunuh-bunuhan” yang mungkin dibayangkan beberapa orang ketika mendengar judulnya, melainkan sebuah anime yang menunjukkan berbagai sifat dan psikologi manusia, kisah kesulitan dan perjuangan hidup, dan juga ditaburi dengan bumbu misteri dunianya sendiri.

Saya sendiri sangatlah senang karena konsep menarik dari tahun 2013 ini dilanjutkan dan berkembang menjadi sebuah serial tv menarik yang berhasil menarik berbagai reaksi emosi dari Saya ketika menontonnya. Mulai dari sedih, penasaran, kaget, terharu, dan lainnya. Saya sendiri cukup terkejut dengan seberapa kuat makna kata “Otsukaresamadeshita” di anime ini.

3erdp5

Masih ada banyak alasan untuk terus menontonnya, mulai dari ingin tahu seperti apa permainan berikutnya, apa kisah kehidupan mereka, asal-usul dari para “penilai”, dan juga berbagai macam cara kerja dunia mereka. Bagi Anda yang tertarik dengan topik-topik yang Saya sebut di atas, Saya sangat merekomendasikan anime Death Parade dan juga anime singkat Death Billiard.