Detilkan Update 4.00, PlayStation 4 Akhirnya Dapatkan Fitur Folder

August 16, 2016 20:30
Detilkan Update 4.00, PlayStation 4 Akhirnya Dapatkan Fitur Folder

Sony Interactive Entertainment telah merilis detil dan screenshot dari update 4.00 untuk PlayStation 4 yang memiliki kode nama “Shingen.” Update ini menghadirkan banyak fitur baru yang berhubungan user interface dari menu PS4.

UI Refresh

ps4-update-400-1

Sony menghadirkan banyak perubahan dengan peningkatan dari user interface utama PS4. Perubahannya mulai dari perubahan besar seperti latar sistem baru dan menu What’s New yang dirubah, hingga perubahan kecil seperti popup notification baru dan icon yang didesain ulang. Secara keseluruhan, desainnya masih serupa tetapi kini tampil lebih rapih dan mudah digunakan.

Quick Menu

Mungkin kalian sudah tahu, dengan menahan tombol PS di DualShock 4, kalian bisa membuka Quick Menu. Sony telah mengubah total menu tersebut agar lebih cepat dan mudah digunakan. Salah satu perubahan terbesar adalah sekarang menunya hanya menutup setengah layar, jadi kalian tidak harus meninggalkan permainan kalian secara keseluruhan.

ps4-update-400-5

Mereka juga menambahkan beberapa opsi baru di Quick Menu. Kalian bisa melihat status online teman-teman kalian, shortcut untuk menu Party, Favorite Groups, Communities, dan lainnya. Kalian tentunya bisa melakukan modifikasi secara bebas, bisa menghapus, atau menambahkan opsi di Quick Menu.

Share Menu

Share Menu juga mengalami perubahan yang serupa, yang akan muncul ketika kalian menekan tombol Share. Seperti Quick Menu, menunya hanya menutup setengah layar saja. Menunya juga akan mengingat social network terakhir yang kalian gunakan untuk berbagai video atau screenshot, jadi proses berbagai screenshot dan video sekarang jadi lebih mudah.

ps4-update-400-6

Durasi video untuk Twitter juga meningkat. Dulu durasinya hanya 10 detik, kini menjadi 140 detik.

Folders and Library Organization

Salah satu permintaan terbanyak yang diterima Sony adalah lebih banyak opsi untuk mengatur konten yang ada di PS4. Dengan update ini, Sony menghadirkan fitur membuat folder di content launcher dan Library dalam PS4. Ini akan membantu kalian untuk mengumpulkan game favorit dan memilih dalam satu tempat saja.

ps4-update-400-4

Mereka juga melakukan perubahan besar di Library. Sekarang akan tersedia tab Purchased yang berisikan konten-konten yang kalian miliki seperti game, aplikasi, demo, dan beta. Karena itu, sekarang tab Games dan Applications hanya berisikan konten yang sudah kalian install. Ini akan membuat Library terlihat jadi rapih.

Sekarang akan ada opsi sort baru juga di Library. Kalian bisa menyusun konten berdasarkan tanggal beli atau status install, dan mencari game atau aplikasi dengan menulis namanya di search bar.

Trophy Improvements

Dengan update ini, kalian juga akan bisa melihat Trophy secara offline. Kalian akan bisa melihat opsi “offline mode” ketika PS4 kalian tidak bisa terhubung ke internet. Sony juga menambahkan tombol yang membuat kalian bisa melihat konten dari Hidden Trophy. Trophy akan tetap disembunyikan, tetapi sekarang kalian bisa memperlihatkan nama dan info Trophy. Terakhir, Sony merubah icon yang menunjukan tingkat kelangkaan Trophy. Sebelumnya icon-nya berupa 4 buah kotak yang akan terisi. Sekarang icon-nya berupa piramida dengan Trophy paling langka berada di atas.

User Profile

Sony merubah tampilan User Profile yang kini jadi lebih mudah melihat informasi yang relevan secara sekilas. Sekarang kalian bisa melihat proses pengumpulan Trophy kalian jika dibandingkan dengan pemain lain secara langsung dalam profilnya. Kalian juga akan bisa memilih gambar latar secara bebas.

ps4-update-400-2

Sony mengatakan bahwa update ini juga menghadirkan banyak konten lainnya yang tidak akan tersedia dalam beta-nya. Apabila kalian sudah mengikuti program public beta, kalian akan mendapatkan e-mail dalam waktu dekat yang menjelaskan bagaimana cara meng-install beta dari update 4.00 di PS4 kalian.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.