Pamerkan Gameplay, Detil Perdana ‘Miitopia’ Terungkap

November 7, 2016 14:00
Pamerkan Gameplay, Detil Perdana ‘Miitopia’ Terungkap

Pada akhir pekan kemarin, Nintendo mengadakan Miitopia Direct yang mengungkapkan banyak detil perdana dari “Miitopia” yang terlihat unik.

Game ini mengambil setting di Miitopia yang dipenuhi oleh Mii yang hidup dengan damai. Tetapi suatu hari Great Demon King muncul dan mencuri seluruh wajah Mii. Dia pun membuat kekacauan dengan menggunakan wajah yang dicuri menjadi monster. Tokoh utama dari game ini adalah Mii yang kalian buat atau pilih. Mereka harus berpetualang untuk mengalakan Great Demon King. Miitopia dikatakan sebagai “watch over simulation” yang membuat kalian mengawasi dan mendukung para Mii.

Seluruh penduduk Miitopia adalah Mii. Mulai dari tokoh utama, rekan kalian, raja, putri, warga kota, dan bahkan Great Demon King. Kalian akan bisa mengatur karakter yang muncul sesuai dengan Mii favorit kalian. Selain itu, kalian juga bisa menentukan kepribadian mereka contohnya baik hati, penuh semangat, bertindak seenaknya, dan masih banyak lainnya. Aksi yang dilakukan karakter akan bergantung pada kepribadiannya.

Ada 12 job yang bisa kalian pilih. Job yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dari yang sudah tidak lazim seperti Soldier, Magician, dan Thief. Tetapi juga ada job yang “unik” seperti idol dan tank.

Sepanjang perjalanan, kalian akan bertemu dengan banyak monster dengan wajah Mii yang dicuri. Pertarungannya akan unik karena aksi para Mii akan bergantung pada kepribadian dan relasi mereka dengan Mii lainnya.

Apabila Mii saling bersahabat, maka Favorability Action bisa aktif yang akan membantu kalian. Contoh aksinya adalah Mii rekan akan melindungi kalian ketika diserang atau ikut membantu menyerang. Kalian bisa meningkatkan tingkat kedekatan dengan menaruh Mii di ruang yang sama ketika menginap di penginapan. Ketika Favorability Level naik, maka Favorability Action akan semakin bertambah. Favorability Level juga bisa naik pada saat bertarung atau event lainnya.

Ketika HP dan MP Mii hampir habis, kalian bisa menggunakan “mukjizat” untuk mendukung mereka.

Pada saat di penginapan, kalian bisa menikmati interaksi antar Mii, meningkatkan relasi mereka, meningkatkan kemampuan, membeli equipment, dan masih banyak lainnya. Kalian juga bisa makan untuk meningkatkan status Mii. Makanan bisa didapatkan dari pertarungan dan masing-masing Mii memiliki makanan yang disuka dan dibenci. Jadi pertumbuhan mereka akan bergantung pada jenis makanan yang kalian berikan sesuai dengan preferensi mereka atau tidak.

Mii juga kadang meminta uang untuk membeli senjata, armor dan lainnya. Tetapi kadang mereka membeli barang yang berbeda dari keinginan awal mereka. Hal ini juga bergantung pada kepribadian mereka.

Miitopia akan rilis di Jepang pada tanggal 8 Desember untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu