Pejabat Thailand Ditahan di Jepang Karena Diduga Mencuri 3 Buah Lukisan

January 26, 2017 16:14
Pejabat Thailand Ditahan di Jepang Karena Diduga Mencuri 3 Buah Lukisan

Seorang pejabat Thailand yang sedang mendatangi 2 konferensi intellectual property di Jepang ditahan karena diduga sudah mencuri 3 buah lukisan di hotel tempatnya menginap. Suphat Saquandeekul, Deputi dari Department of Intellectual Property ditangkap saat ketiga lukisan tersebut ditemukan oleh polisi di antara barang-barangnya. Beliau berumur 60 tahun.

JOI - thailand official arrested in japan (2)

Kasus ini muncul saat staf hotel kehilangan 3 buah lukisan dekorasi yang ada di lantai 9 dan 10 hotel tersebut. Rekaman dari CCTV menunjukkan kalau Suphat telah mengambil ketiga lukisan itu. Ketiga lukisan tersebut memang berdimensi cukup kecil, dengan panjang 40 cm dan lebar 35 cm. Ketiganya juga cukup murah, total dari ketiga lukisan tersebut adalah 15.000 Yen atau sekitar 1,8 juta Rupiah.

Setelah menghubungi kepolisian, polisi Kyoto berhasil menemukan ketiga lukisan tersebut di antara barang-barang dari Suphat. Juru bicara dari kepolisian Kyoto mengungkapkan kalau Suphat mengakui tindakannya, dan dia mengambil lukisan-lukisan tersebut karena dia menginginkannya.

Saat ini, Suphat belum dikenakan pasal apa-apa, polisi akan menahannya sampai hari Kamis ini sebelum diadakan sidang untuk memproses tindakan tersebut. Sidang kemudian memiliki 21 hari untuk menentukan apakah mereka akan menekan tuntutan kepada Suphat untuk kemudian dilaksanakan di pengadilan Jepang.

Kementerian Thailand juga sudah mengabarkan kalau mereka akan menyediakan pengacara serta penerjemah untuk sidang Suphat.

Sumber: Japan Today, Bangkok Post