[JOI Spotlight] Closing Spring 2023 Edition

July 2, 2023 19:49
[JOI Spotlight] Closing Spring 2023 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk memberi impresi penutup seri musim semi dan pembuka musim panas. Mari kita simak impresi para staf JOI untuk seri yang hadir di minggu ini.

Oshi no Ko 11 (End)

Kaptain

Season 2 yang bakal fokus ke teater udah diumumin, jadi siap-siap denger kalau Akane ga dapet screentime sama sekali begitu season yang fokus pada drama panggung dimulai. Harusnya nggak ada yang kaget seri besar musim ini dapet perlakuan VIP kayak gini, dan di aspek kultural juga “Idol” dah jadi lagu wajib para V-Tuber. Akasaka juga dari awal udah ngedesain pacing nih seri biar enak diadaptasi buat anime, jadi ngeliat timing manga juga saya optimis ini tamatnya manga dan anime bisa deketan.

Ah ya, Getter jadi populer lagi. That was neat.

Kaczmarek

Upgrade Akane gak ketulungan sih. Dari timid ke confident girl gini jadi salah satu heroine of the season versi gue walau porsi tayangnya dikit banget. Ada hubungan dia dan Kana di masa lalu tentunya bikin api makin membesar. Agak sayang episode ini kena awan dari update manga-nya.

BlueHeaven

A not so good ending dibanding dengan pembuka yang spektakuler. Tetap saja, Oshi no Ko jadi salah satu anime fenomenal sepanjang sejarah. Buat AOTY? Tunggu Frieren dulu buat nentuin.

Soal cerita dan karakter sebenarnya menarik, apalagi studio yang ngerjainnya niat. Hanya saja… karakter macem Ruby emang kuso dibikin redup sama plot yang diset Akasaka sendiri. Season 2 malah lebih ngilang nasibnya. Who’s Ruby? Malah jadi war Akane dan Kana. Saya kurang prefer plot cinta segitiga yang malah mendominasi peran karakter utama jadi makin minim. Setidaknya mereka masih niat bikin adaptasinya menjadi salah satu tersukses bagi Doga Kobo.

Kaminaki 11

Kaptain

Gaia kurang lebih adalah cerminan gelap Yukito. Memang secara menakjubkan Yukito masih punya moral dan pragmatisme yang sehat. Kaminaki itu produksi yang pake keterbatasan mereka sebaik mungkin, dan ini konflik klimaks nuntut mereka ngebayar pake budget yang jelas studio ga mampu bayar. Jujur aja ini adaptasi emang udah kehabisan daya tarik sejak midseason reveal.

Imas CG U-149 12 (End)

Kaczmarek

Saya akhirnya marathon ini adaptasi dan saya cuma bisa bilang “wholesome”. Sebagai seri coming-of-age dalam lingkup bocah SD, ini udah cukup gambarin permasalahan emosi dari masing-masing karakter. Dengan ada tiga bocah baru, apa bakal dapet musim kedua? Mari cek rekening dulu.

Dead Mount Death Play 12 (To be continued)

Kaczmarek

Udah bisa bilang ini cuma adaptasi perkenalan kayak seri Durarara dari kreator yang sama. Cuman ini kurang keeksplor untuk nyari klimaks utama karena peristiwa yang ditunggu-tunggu baru ada di musim depan. Ibarat masak, ini baru masukin beberapa bahan utama dan masih ada pelengkap lainnya yang belum dimasukin. Apalagi ini ada dua dunia yang bikin POV-nya makin banyak. Kudu pause dan play untuk bisa ngertiin kontek atau nerima informasinya. Sampai jumpa Oktober nanti!

Atelier Ryza 01

What’s this?

Penyelamat Gust

Kaptain

Ini perspektif dari orang yang masih ga bisa move on dari Mana Khemia. Ryza 1 itu bukan game bagus, bahkan untuk budget game ukuran segini. Ini game yang secara efektif cuma punya 14 musuh dan sisanya reskin. Yang di episode pembuka ini dah ngeliatin 2.

Ada argumen emang kalau ini tipikal genre slow life, Gust juga outputnya ya gini, dan game setelahnya juga banyak ngasih peningkatan setelah terbukti nih entri sukses. Sekedar rekomendasi aja ngeliat sekarang lagi Steam sale, kalau mau yang lebih involved ya Atelier Sophie juga dua-duanya ada di Steam.

Look. are you not entertained? Ini kan alasan kalian pada nonton?

BlueHeaven

Sepuluh menit pertama boring. Terlalu maksa buat 40 menitan di episode pertama. Ini bisa dipendekin atau pecah jadi 2 episode kalau mau. Bait saya nonton cuma Klaudia.

Jigokuraku 13 (End)

Kaptain

Tensen pertama yang dimatiin tim. Ditutup dengan Yuzuriha yang ngasih teori menarik: “Istri Gabimaru cuma ilusi” dan wardrobe upgrade. Akhirnya dapet juga komplikasi menarik via ingatan Gabimaru yang ngilang dan efek samping Tao. S2 juga dah diumumin walau kapan mulainya belum jelas.

Jitsu wa Ore, Saikyou deshita- 01

What’s this?

Anak terbuang

Kaczmarek

Ini pertama kalinya gue agak kurang sreg sama suara Ayumu Murase jadi MC. Entah ini permintaan sound directornya, atau emang director utamanya. Minimal bakal cocok kayak Kiuru (Utawarerumono) yang agak pasif agresif daripada full pasif gini. Karena ini setting-nya di isekai, timeskip udah jadi elemen utama ya.

BlueHeaven

Pembukaan klasik isekai yang ga perlu dibahas lagi. Ga ada yang spesial banget di episode pertama karena semua bahannya sudah pernah muncul di serial isekai lain. Bayi yang langsung OP, emak angkat yang cakep, adik tiri yang belum bisa akrab, demi human yang takluk langsung jadi pelayan. Setidaknya masih bisa diterima lah ini standar isekai.

Horimiya- Piece 01

What’s this?

Pengisi lubang

Kaczmarek

Masih bingung? Intinya ini adalah bagian yang kena skip di musim pertamanya, diadaptasi dalam edisi ini. Saya gabisa bilang ini sekuel, karena materialnya jatohnya flashback.

Witch from Mercury 24

Kaptain

Magic happened, everybody go home. Pada akhirnya cuma Shaddiq doang yang kena paitnya dan El0n menang by doing nothing. Seperti Tempest, para pemeran utama “dibebaskan” dan pulang ke tempat masing-masing. Ini pada akhirnya cuma krisis yang dimulai dari Vanadis aja yang dikelarin, space racism & corporatism is still a thing. Ngeliat aset Benerrit bakal dijarah buat perang selanjutnya dan Ochs Earth jelas masih ngumpet entah di mana.

Buat standar Gundam ini tuh ending yang steril banget, kesannya biar para demografi baru yang masuk ke seri ga kabur. Kualitasnya juga merosot sejak finale season pertama, atau lebih akuratnya sejak masuk kepala dua. Cuma ya ga anjlok banget sampe ngebuat saya antipati sama WfM. Nyambung sama komentar saya minggu lalu, cuma Tomino aja yang terakhir bisa ngeakhirin cerita Gundam sengebut in. Ini kesannya ya “Udah capek, pulang yuk”.

bukan_randy

Space magic powerup happened. Sedikit kaget seri Gundam yang unik satu ini diakhiri dengan cara yang sangat Gundam klasik sekali. Konflik utama yang ada di depan diselesaikan sementara bibit-bibit konflik masih tersisa jika mau dibikin materi spinoff seperti biasa.

Setuju dengan pendapat mayoritas, arc terakhir seri ini terasa terlalu ngebut dan jadi masalah utama yang bikin finish-nya kurang muasin, tapi saya ga akan bilang seri ini kelamaan di arc sekolahnya karena justru itu yang bikin seri ini spesial dan bikin tiap kali ada kejadian yang ngerusak setting itu makin berasa impact-nya. It’s a nice, sweet happy ending, dan saya selalu paling demen dengan tipe epilog “What is everyone doing x years later”.

Agak lucu ini mungkin pertama kalinya Bandai nge-withhold informasi soal plamo-nya biar penonton ga ke-spoiler sama gimmick unit terakhirnya, tapi malah fumble di akhir dengan majang info plamonya sejam sebelum eps terakhir tayang di Gundam info. Yah at least ga separah nasib pengikut seri tokusatsu.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 12 (End)

BlueHeaven

Kan… Semua scene yang saya pertanyakan minggu kemarin ga relevan dengan episode penutup. Goalnya cuma memperlihatkan Noa yang nyium Raeliana, terus pertegas lagi soal takdir yang bisa diubah Raeliana. Secara titling begitu ga salah sih nyeritain begini, cuma animenya itu udah animasinya low quality, storynya juga agak ampas di lidah saya. Khusus anime loh ini, soalnya mau dibawa kemana ga jelas ini. Karakter-karakter baru cuma numpang di beberapa scene terakhir yang bikin ending berasa bukan ending seharusnya. Kemana Beatrice? Jadi, Hayamin cuma dibayar buat ngomong kurang dari semenit? Kalaupun disimpan karakter-karakter tadi, ya at least dikasih jelasnya bakal mau kemana, lepas mau dibikin season 2 atau ga. Salah satu romance yang paling mengecewakan, baik dari segi build up maupun bagian plot yang bahas politik.

Iseleve 13 (End)

BlueHeaven

Tahu, ah… ga jelas. Otak saya menyerah untuk menulis impresi anime goblok tapi laku yang satu ini. Selamat buat perilisan gamenya.

Fate strange Fake -Whispers of Dawn-

Kaptain

Seperti yang bisa kalian lihat, everything already gone to shit. Narita selaku penulis itu jauh lebih peduli sama aturan dan konsistensi, makanya ini publikasinya lelet walaupun konsep Servant di sini keren. Udah gitu para servant di sini juga kena sandera dari nongol di FGO sampe cerita selesai. Makanya baru Enkidu aja yang nongol di game. Ini juga alesan dari tahun ke tahun fanbase jadi kesel sama nih seri.

Neural Cloud

Kaptain

Lucu aja ini bareng sama Buruaka buat event yang temanya kuliner. Cuma ya NC lebih fokus di peran makanan sebagai jiwa sebuah peradaban. Kirain Willow ya ada cuma buat pendamping, tapi ya nyatanya skill jurnalistik dia kepake. Nggak ngeroll Millau ngeliat ada firasat abis ini Nora.

FF XVI

Kaptain

Pake bahasa FF era PS1, saya dah di disc 3 ngeliat World State Change khas nih seri akhirnya terjadi. Seperti biasa mayoritas review awal terbukti dibuat sama orang yang nggak bisa main game, ngeliat ini variasi build-nya dalem banget begitu ngerti kit-nya. Sebagai contoh ini sekarang saya pake counter-heavy kit yang naik banget nilainya begitu saya ngerti use case Taunt.

Sebuah game yang jadi 11/10 setiap 5 jam, walau suka atau nggak ini emang XIV banget struktur progresinya. Saya yakin bakal banyak yang kesel sama padding-nya, tapi ini saya lihat sebagai momen buat istirahat setelah momen 11/10 nih game. Komplain paling gede saya ya sidequest yang berbobot banget tuh backloaded di nih game. Emang beberapa ngasih reaktivitas di main story, tapi yang ngasih setpiece & area khusus tuh di belakang semua.

Arknights (Global)

Kaczmarek

CC berasa deadweek kalau udah nyelesain risk 18 + challenge-nya wkwk. Belum terkendala apa-apa kecuali pas Manfred karena kekurangan boss killer.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: sstthei