[JOI Spotlight] Fire Walk With Me Edition

June 18, 2023 19:29
[JOI Spotlight] Fire Walk With Me Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di minggu di mana beberapa seri akhirnya mulai tamat. Mari kita simak impresi para staf JOI untuk seri yang hadir di minggu ini.

My Home Hero 11

Kaczmarek

Things are getting uglier. Sekarang pilihan besar Tetsuo bakal menentukan keselamatan dirinya dan juga keluarganya kalau Yoshitatsu gak bisa dibungkam. Kriminal melawan kriminal dan disini kita bisa mihak bagian manapun, termasuk Kyouichi. Skenario berikutnya yang bakal menentukan adaptasi ini mau diakhiri dimana, karena cerita genre ini butuh lebih dari 1 cour. Semoga ada S2 kalau mereka ada ide di kepala mereka.

Tensei Kizoku 11

Kaczmarek

Tentu saja adaptasi ini harus diakhiri dengan klimaks kan? Ini sebenernya masih bisa di-brewing untuk gak kena rush, tapi checkpoint utama seri ini masih jauh dari yang dikira. Masalah kecil ini bakal diselesin Cain tanpa celah sih, apalagi dapet dua servant atau familiar baru.

BlueHeaven

Pembuka jalan untuk ending, bagian klimaks sesungguhnya dalam season ini. Daripada lawan naga yang kerasukan musuh utama Cain, saya lebih tertarik dengan develop status bangsawan Cain menjadi viscount dan mendapat kota. Iya, ini masih jauh karena belum goal sampai kawin dengan tunangan-tunangannya dan masih satu bagian yang baru lepas dari segel.

IseSuma S2 11

Kaczmarek

Hildegard sudah resmi jadi tunangan Touya, tapi ini masih dalam urusan politik. Gaada harapan untuk dapet klimaks enak untuk ngakhiri adaptasi ini, jadi ditutup dengan kestabilan Brunhildr aja udah cukup. Apalagi musuh utama belum juga dapet POV baru.

Dead Mount Death Play 10

Kaczmarek

Gak percaya pola pikir Sayo kayak gitu. Tapi tetep ini karakter masih misterius kayak yang lainnya. Saat simbol itu udah jadi makanan publik, Solitaire masih bingung saat informasi yang dia dapetin ini buat apa. Tapi respon dari grup lain justru bakal lebih sporadis untuk ngebunuh Solitaire semata-mata sebagai pembocor aja. Meanwhile, Hosorogi masih abstain di episode ini walau dia udah tahu hal yang terjadi. Mau ngapain hantu ini?

Konosuba Bakuen 11

Kaptain

Dinamikanya emang lebih enak begitu nyampe Axel ngeliat orang brengsek lain walaupun cuma nongol di latar ngebantu nge-carry komedi nih entri yang udah keseringan di-carry Megumin. Udah masuk endgame biar jejak Chomsuke bisa diumpetin via konflik dengan satu lagi demon, habis itu ya dah tenang sampe Wolbach balik ke cerita.

Oshi no Ko 09

Kaptain

Selamat datang Mem-cho (18?) yang secara teknis emang masih SMA. Ini grup emang lelet bener buat nyadar kalau ga ada halangan buat cover, apalagi yang dah ga butuh izin ngeliat lagunya ya punya agensi. Nyambung juga seperti yang dijabarin di paruh akhir episode, ngejaga muka itu penting ngeliat gimana duit muter di industri hiburan. Jangan sampe jadi orang yang ngejengkelin persekongkolan yang kita sebut sebagai showbiz ini.

BlueHeaven

Akane hilang sepenuhnya selama satu episode. Mereka tidak bisa menghilangkan Arima Kana saat fokus cerita berada pada Akane, sedangkan waktu Memcho bergabung dengan B-Komachi, justru Kana yang mencuri spotlight. Ga bisa nyalahin sih yang beginian karena karakter hilang masih cukup sering ditemui di plot lainnya. Hanya saja, sayang aja build up hype Akane dimatiin di episode ini. Curiga ini orang dalam produksi animenya terlalu favoritkan Kana sampai Akane didepak begitu saja.

WataYuri 11

Kaczmarek

Kasar. Kayak rute yang dipake Sumika selama ini. Gak tahu kenapa ini berdua bakal makin awet sampe seri berjalan sekarang, tapi kalau mereka udah beneran jadian maka Yano x Hime cuma jadi pelengkap seri aja.  Ucapan saat jadi jadi blume juga sebenernya jadi langkah baru Sumika x Kanoko di tengah kosongnya Yano x Hime.

Birdie Wing 24

Kaptain

The obvious happened. Ngeliat preview nunjukin turnamen masih jalan ya ga sampe mati lah Aoi. Lucu aja sih musuh paling bahaya sejauh ini tuh atlit yang anteng banget temperamennya. Bakal sedih saya kalau ini konflik terakhir ngeliat sayang aja kalau arena menarik di flashback kayak tebing dan bahkan roguelike course ga kepake lagi.

Jigokuraku 11

Kaptain

Seneng saya sama antagonis yang ga bisa berhenti tutup mulut(?) walaupun ini bikin lawannya lebih kuat. Lucu aja sih ini upgrade tiap tim dapetnya dari brute force dan pertumbuhan emosional. Begitu juga para kriminal yang kompak bilang “Sexcrime? Not on my watch.”

Iseleve 11

BlueHeaven

Gimana ya… saya kehabisan bahan untuk mengomentari kehebatan Lord Yuuya satu ini. Polos dan begonya itu borderline tipis. Lagi-lagi ketolong timing yang tololnya pas bukan main. Siapa bilang bumi berputar pada porosnya? Bumi dan seantero jagat itu berputar mengelilingi Yuuya sebagai pusat semesta.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 09-10

BlueHeaven

Congratulations Raeliana! Kamu berhasil menjadi salah satu dari anime yang berhasil saya ikutin sampai di putaran terakhir musim ini. Otw bisa namatin sih. Berterimakasihlah kepada Beatrice karena dengan seiyuunya yang sebagai magnet, saya akhirnya bisa punya niat buat lanjutin ini seri. Habisnya Raeliana itu monolognya ngebosenin lama-lama. Udah karakternya gitu-gitu aja, ga banyak perkembangan Noa dengannya yang bisa membuat saya penasaran. Buat kakek shota yang sudah tidak shota lagi, boleh lah itu jadi magnet pecinta cowok ganteng. Selebihnya, let’s end this once for all.

Kuma Kuma Kuma Bear Punch 11

BlueHeaven

Ga kerasa, anime comfortable ini bakal segera habis. Ya, walau endingnya dah ketebak bakal kayak gimana, tetap saja Kuma Kuma Kuma Bear sudah menjadi mercusuar di musim ini bagi saya. Episode kali ini bahkan nunjukkin Yuna yang sudah tidak pakai full suit beruang lagi. Bless.

Ao no Orchestra 09-10

BlueHeaven

They’re trying to make Akine’s development, they’re trying. Bosan saya dispam Carmen terus. Mau dikata kualitas musik anak kelas 2 dan 1 beda, ya gerakannya hasil copas 3D. Yang jelas dramanya kentara lah, biar bisa dibilang anime musik edgy dengan karakter utama jamet.

Mashle 09-10

BlueHeaven

Okelah untuk fightnya dari segi progress lumayan. Hasilnya ketebak, yes. Tapi kedatangan jagoan Adler itu yang ga diduga-duga. Mash dapet item yang seakan checkpoint. Jadi, next battle mungkin ga berlaku debuff dari battle sebelumnya dan bisa keluarin power tanpa ketahan buat lawan boss. Mereka juga melakukan hal yang terlalu baik buat karakter perempuan, setidaknya kalau tidak berhadapan dengan Mash.

Yamada-kun lv999 11-12

BlueHeaven

Anime ini solid untuk perjalanannya. Ga ada poin yang hancur banget, tapi ga ada yang bikin saya bilang ini salah satu best romance of season. Kekurangannya jelas pada kebanyakan teks moonrune yang bertebaran membuat penonton yang bukan native japanese sulit mengikuti alur dalam animenya. Untung saja, subtitle dari Bilibili menyertakan catatan terhadap moonrune tersebut di beberapa bagian walau tidak semua.

Bagian episode-episode akhir ini membuat saya senang mengikuti Yamada-kun karena lebih menekankan progress dalam game yang seharusnya menjadi penggerak bagus jika bisa ditampilkan lebih dalam anime. Tinggal satu episode, mari kita nantikan seperti apa anime ini bakal ditutup.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 12 (End)

BlueHeaven

What a great episode to close this season. Anna dan Kyotarou masih stay in chara walau development terus berjalan.

Kakak perempuannya Kyotarou emang nyebelin dan tipe yang paling ga saya suka buat ginian. Cuma ini dikasih unique trait. Jadi, kelihatan agak menarik di episode ini dengan kimoi traitnya.

Selamat untuk adaptasi musim keduanya. Anime yang semakin lama ditonton semakin membuat saya terpesona. Layak sekali untuk mendapat sekuel. Ayo, berikan dosis gula lagi di musim berikutnya!

Megami no Cafe Terrace 11

Kaczmarek

Ada bagian yang di-shuffle dan gak dianimasiin jadi kita mungkin gak dapet beberapa adegan komedi yang dipake Seo di manga-nya. Tapi yang terpenting, deklarasi perang dari Akane dan Riho gak kena skip dan ini jadi awal doang dari drama berikutnya. Sisa satu episode, secara kronologis seharusnya ditutup dengan arc-nya Shiragiku. Tapi ini cuman satu episode, jujur gak cukup kecuali bagian flashback-nya dipersingkat. Kecuali ada proyek berikutnya…..berharap aja sih.

Ah lupa satu hal, ini jadi permulaan para heroine ngomongin batangnya Hayato terus-terusan. Jadi mohon bersabar kalau ada yang merasa terganggu.

Otonari ni Ginga 11

Kaczmarek

YES YES YES YES! Walau durinya dicabut, Shiori sama Ichirou masih bisa nyimpen memori sama perasaannya. Sempet deg-degan karena mukanya Ichirou kayak cucian belom dikeringin pas dicabut. Setelah dapet kilasan masa lalu Keigo, ini bocah bisa bikin masalah di pulau dengan ngefitnah Ichirou soal ini. Tapi semoga enggak deh demi ngejaga hubungan positifnya ke Shiori.

Also, Makado totally steal my attention here hahahhaa.

Tengoku Daimakyou 12

Kaptain

Adegan yang paling banyak dimongin pembaca manga akhirnya hadir. Di sini dipendekin karena tugas tuh adegan cukup buat nunjukin kalau Robin is a messed up dude. Untuk pertama kali juga saya lebih ngidam bagian panti because everything popped off. Kayaknya nama Maru juga dari lingkaran di kaki salah satu bayi.

Kaczmarek

Well adapted, but not on moral sense. Yep, Robin bukan manusia sempurna yang mungkin mereka kira.

Kaminaki 10

Kaptain

Bener emang beberapa agama gede dunia tuh agama yang dipraktekin sama keluarga bangsawan terus ngalir ke bawah. Alternatifnya ya bikin pelan-pelan via indoktrinasi anak yang ga dikasih kesempatan buat dapet perspektif luar. Saya tahu budget nih seri ga gede, tapi ini kebanting banget kualitasnya gegara semusim sama seri idol gede lain.

Kaczmarek

Pengen ngelempar curve ball soal Gaia bisa jadi senjata utama ngelawan Loki, tapi ini dari kronologi cerita masih jauh banget. Dakini masih bisa diajak nego, tapi Gaia masih susah berpaling sama tujuan aslinya. Saat dia gunain mobil bak untuk mobilisasi ke rumah anak-anaknya ini mengingatkan gue sama suatu seri komedi ternama.

BlueHeaven

Dakini evolusi dari gyaru zaman Mesozoikum ke gyaru zaman modern. Maklum, baru kenal musik. Bagian idolnya malah ngeband. Tch, kurang nendang.

Witch from Mercury 22

Kaptain

Going Utena dan Char vs Amuro for old time sake. Agak ambivalen Calibarn itu temanya penyihir+sapu dan bukan monster, tapi ya akhirnya bisa pas sama judul nih seri. Mari berdoa Suletta nggak ke-Kamille dan Guel nggak nge-Guel lagi. Tamatnya Tempest emang cukup adem ngeliat para pelakon berdamai dan “dibebaskan” cuma bad blood nih entri jauh lebih kental jadi ya.

Neural Cloud

Kaptain

Event filler buat ngasih bumbu cerita ke banner skin, karena udah lewat 30 menit juga sejak Kuro di hina-dina. Takut saya sama minigame 2048, baik yang klasik sama tetris; ngeliat dijamin bakal jadi vampir waktu buat saya.

Girls Frontline

Kaptain

Ini di timeline sebelum Longitudinal Strain walaupun duel di akhir tuh setelah tuh insiden. Luka lama emang udah tema nih seri jadi kedua Ex-Ranger ini udah dapet character arc penuh via duel mereka dan berdamai dengan masa lalu, bukan dengan satu sama lain. Itungannya ya cerita neural mod 2 doll yang jadi satu event penuh.

Nggak. Masih belom dapet Amaris dan kayaknya saya mending nunggu TCM.

Limbus Company

Kaptain

Berhasil kelar sebelom OST bossnya nongol di channel Mili. Pandangan paling reduktif buat nih Canto ya “Orang dengan tema gagak ngalahin orang dengan tema orang-orangan sawah”. Sekali lagi Project Moon bisa ngelakuin apapun yang mereka mau selama momen emosionalnya bisa ngena, and the fight has those in spades.

Ini Canto emang gampang karena sistem “Situ gagal ngatasin gimmick musuh? Langsung mati” jauh lebih dikit, sebagai gantinya ya padding encounternya lebih banyak.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Jujur kurang semangat ama CC11 nanti. Lebih karena semua hal udah siap dan waiting game-nya yang bikin malas. Walaupun eksekusinya gak serta merta bakal mulus, tapi dengan sedikit waktu tambahan (jam main bertambah), kayaknya target bisa kecapai lebih cepat dari CC sebelumnya. Minusnya satu sih ini event, slot waktunya ganggu urusan dunia.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Arashiko_falcom