[JOI Spotlight] Yuri Day Edition

June 25, 2023 20:42
[JOI Spotlight] Yuri Day Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup Juni. Berbagai seri akhirnya mulai tamat dan beberapa kalian mungkin masih capek setelah ICC. Mari kita simak impresi para staf JOI untuk seri yang hadir di minggu ini.

Konosuba Bakuen 12 (End)

Kaptain

There you have it. Cerita berakhir dengan Megumin yang bangkrut dan kehabisan prospek kerja. Posisi yang cocok banget dengan tim utama kita. Saya juga akhirnya inget kenapa Cecily baru nongol belakangan ngeliat dia ternyata perlu dapet promosi dulu biar bisa buka cabang.

Untuk terakhir kalinya, ini staf emang berjuang banget buat ngeadaptasi seri komedi yang terkenal via interaksi karakter, namun di spin-off ini karakter yang ada terbatas dan ga menetap untuk jangka lama. Emang ada Yunyun tapi ya interaksinya Di-bullly Megu <> Neurosis yang diulang melulu. Paling nggak cerita utama bakal lanjut 2024 nanti.

Oshi no Ko 10

Kaptain

Persiapan konser dibuka dengan Kana yang tentu aja ngalamin crisis of confidence. Kali ini Hitori ja Nai jadi sumber perkaranya dan bukan kata buat ngebantu. Paling nggak dia diyakinkan kalau kegagalan akan jadi kegagalan B-Komachi dan bukan Kana Arima saja.

On that note, walaupun Pieyon cuma keliatan belakang kepala aja harusnya dah jelas dia tuh senpai tertentu dari Kaguya.

BlueHeaven

Hahaha Aqua did his trick again. Cuma ya gitu, hampir semua spotlight lagi-lagi diteken ke Kana. Kasihan Memcho makin tambah dikit jam tayangnya.

My Home Hero 12 (End)

Kaczmarek

Banyak yang bisa dibongkar namun ini penutup musim dipilih untuk berlanjut ke arc berikutnya. Masalah Tetsuo kini sudah menggunung banget, tapi yang seperti ia sadari, ini demi keluarganya walau dari sisi moral 50:50. Apa perlu untuk dilanjut? Sejauh saya pikir enggak sih. Untuk promosi manga, ini udah cukup kayaknya. Seperti apa yang produser lakuin ke “Hakozume”.

Tensei Kizoku 12 (End)

Kaczmarek

Yep gitu aja. Anggap ini adaptasi cuman tahap pengenalan karakter, setting, dan plotnya aja. Soal penyelesaian cerita, silahkan lanjutkan baca novelnya. Tentunya dari poin ini, banyak yang bisa dieksplor dan yang bikin gue tertarik adalah negara asal Tijuana (bukan Mexico). Paling enggak shipping karakternya udah jelas jadi gak perlu berandai-andai kayak seri sebelah.

BlueHeaven

Kelar juga ini turbo gaming isekai. Jokes recehnya dispam mlulu berasa kayak dikasih les buat anak TK. Season 2 entahlah worth buat dilanjutkan atau ga. Yang jelas isi haremnya Cain masih kurang gigit sepanjang musim ini. Apalagi bagian Cain masuk sekolah terus malah ke isekai lagi buat training. Timelinenya kurang jelas di bagian ini walau sebelum-sebelumnya masih bisa dimengerti dengan speed turbo. Kalau mau ada season 2, wajib ngasih penjelasan yang cukup biar lebih enak ditonton.

Dead Mount Death Play 11

Kaczmarek

Sensei-nya Polka kemana ya? Gak, ini bukan karena kompas moral saya berubah kalo villain-nya seksi. Karena saya gak tahu juga kalo dia posisinya di pihak mana. Ini episode fokus masak di kantor polisi dulu dengan ngebuka karakter baru dan orang-orang di belakang rencana Tsubaki.

WataYuri 12 (End)

Kaczmarek

Dua arc yang di-stretching hingga 11 episode, dan episode 12 juga jadi pengingat aja kalau masalah ini dimulai dari Yano x Hime. Key visual juga gak salah karena ini masih sesuai sama yang dianimasikan. Apakah saya menyarankan untuk lanjutin baca manga-nya? Kalo kalian demen tipikal seri shoujo ai dengan stretching panjangnya minta ampun, saya sarankan baca aja. 7/10 overall walau Kanoko masih jadi masalah di awal adaptasi ini.

Megami no Cafe Terrace 12 (End)

Kaczmarek

Shiragiku bisa dikelarin di akhir musim pertama dan kita bakal ke Ami di musim depan! 2024 confirmed. Agak disayangkan mereka memilih untuk nge-skip beberapa skenario disini dan semoga udah konsul ke Seo terkait ini. Anyway, menanti pemeriksaan penis Hayato dan pembukaan restoran sebelah di musim depan!

Kaptain

Pada akhirnya, saya akui sentimen saya jauh lebih membaik ngeliat staf juga ngerti soal proyek yang mereka kerjain. Di majalah Megami yang biasa ngasih ilustrasi heroine yang riskan juga dengan berani ngasih ilustrasi minus baju. Ini tanda staf yang serius soal kerjaan mereka.

Saya lihat aspek terkuat nih seri tuh protag yang ngebantu banget buat cerita terus maju. Keliatan juga sih heroine yang dapet fokus emang udah hasil pilihan rakyat (survey pembaca), tapi ya nyatanya nih metode emang bisa efektif di sini. Cuma ya ini gagah berani banget masang target kalau cuma ada satu slot aja buat pemenang.

Birdie Wing 25 (End)

Kaptain

Tema “Don’t get tilted” berlaku juga buat pihak yang terlalu pede bakal menang. Emang akhirnya kedua heroine ga menang. Tapi ya ini juga keduanya masih itungan rookie di lingkungan turnamen. Ujung-ujungnya ya dapet ending perjalanan masih berlanjut ngeliat konflik kedua promotor juga masih belum kelar.

Pada akhirnya, saya ngeliat “kegagalan” Birdie Wing tuh ketidakmampuan buat ngasih komitmen antara golf yang terhormat dan deathgame tema golf. Yang kedua itu ngasih kita lebih banyak Vipere jadi tahu sendiri lah saya maunya yang mana. Ini bukan berarti ini seri jelek, cuma seri oke yang bisa aja jadi hebat.

Otonari ni Ginga 13 (End)

Kaczmarek

Progres dan ending yang sesuai ekspektasi. Walau Shiori ini punya charm sebagai hime dan kepolosannya, masih banyak kekurangan dari sosoknya sebagai istri nantinya. Tapi karena kedudukannya yang cukup disegani, walaupun nikah sama orang biasa kayaknya gak bakal mengeliminasi posisinya nanti. Yang sulit tentunya soal adat, tapi ini belum nyentuh detail tersebut jadi kita dapet akhir yang mengambang sebenernya. Adaptasi memuaskan untuk seri yang butuh pengakuan lebih.

Mashle 11

BlueHeaven

Battle yang cukup memuaskan ditemani satu female support chara yang ucul didengar. Ending dari battlenya aja sih kocak, bisa amet mereka selebrasi sesuai deskripsi Abel. Asli kayak film anak-anak yang joget-joget setelah masalah selesai.

Jadi fix ya, kalau Abel itu yang kelihatan OP ternyata masih pion dari the real evil organization. Jatuhnya kayak Draco, emang nih Harry Potter KW. Next apa? Bakal ada Order of Phoenix?

Kuma Kuma Kuma Bear Punch 12 (End)

BlueHeaven

Di saat isekai lainnya ngeampas, ini adalah oasis di padang gurun. Ga perlu cerita yang neko-neko, cukup nampilin aja petualangan yang menyenangkan. Walau ceritanya gampang ditebak, tapi buka itu yang harus diexpect penonton. Jualan beruangnya kena banget, karakter bocilnya juga adorable buat support karakter Yuna yang sayang anak kecil. Season 3? Kalau ada, saya pasti nonton!

Iseleve 12

BlueHeaven

Ok, karena sudah masuk ke bagian ending, saya kembalikan kewarasan berpikir saya dalam tulisan ini. Asli dah, yang namanya Iseleve itu lakunya karena ampas dan layak diroasting. Kualitas animasinya benar-benar jauh dari kata sebuah anime sewajarnya.

Biar saya kasih contoh. Di bagian percakapan Yuuya dan lainnya, itu sering banget mereka cuma nampilin rumput, dan gambar ga jelas lainnya. Dikira rumput yang sedang berbicara? Animasi battlenya juga bukan main gajenya. Yang tarung gimana, siapa lawan siapa pake apa, gerakannya semuanya dibuat seadanya. Iseleve tuh ya, ga perlu ampas buat biar viral. Mereka bukan Kaminaki yang harus pake cara gituan. Talk about Kaminaki, dengan segala keterbatasannya mereka masih bisa ngasih animasi yang proper loh, even with pixelated graphic. Jelas siapa aja yang ngomong, bukan rumput.

Yamada-kun lv999 13 (End)

BlueHeaven

Sebagian isi dari impresi anime ini sudah saya tulis di spotlight sebelumnya. Minggu ini tinggal nekanin aja buat closing.. Begitu rencananya.

Damn! They made a good finale. Yamada masih jadi anime romance biasa yang mungkin bakal lewat dalam ingatan untuk season-season berikutnya. Namun, bagian classmate Yamada yang ingin mendengar jawaban Yamada itu dieksekusi benar-benar bagus. Ngena banget di part ini. Bagian awalnya udah bagus, bagaimana selanjutnya?

Wogh tanpa diduga, cara Yamada dan Akane jadian tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Penonton digiring ke ekspektasi Akane yang bakal confessnya, nyatanya Akane dengan segala kegoblokannya bisa memuat iYamada yang melakukan confess, meski buat first move juga, sih.

Cerita ini tamat di bagian sepatu kaca Cinderella yang bisa saya katakan penutup yang baik sebagai garis finish serialisasi anime ini. Solid seven.

Ao no Orchestra 11

BlueHeaven

At this point, it’s getting boring. Niat saya buat nonton episode ini langsung padam setelah 5 menit nonton. Tunggu ngelakuin beberapa hal terus baru bisa lanjut lagi setelah ngumpulin niat lagi. Alasannya? Mungkin daya tarik dari anime ini kurang nampak. Lebih banyak “oh ya mereka main ini”, terus ngelihat 3D movement yang agak ganggun di mata, dan dispam lagu yang ga ada bedanya dari hari kemarin. Character development ada, tapi improvement musiknya ga kedengaran bedanya satu karakter dengan yang lain. Build-up ke audisi ga ada hypenya karena kelamaan settingnya.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 11

BlueHeaven

Noa makin ga jelas. Ini saya bingung maid yang diliburin Raeliana pamitan malamnya, besoknya masih kerja. Kelihatan inkonsisten aja sih di mata saya. Ga tau itu piece penting juga dalam cerita. Soal cermin juga ga ngerti wajib ada atau ga. Semua tergantung episode terakhir. Kalau scene-scene yang disebut ga efek apa-apa di ending, berarti isi episode ini nyaris kebanyakan hal yang ga guna.

Jigokuraku 12

Kaptain

You know the rules. 1. Jangan bacot soal backstory 2. Jangan lengah ngelawan musuh yang bisa regenerasi. Kinda adorable Sagiri lebih peduli Gabimaru yang ga bisa dapet amnesti dibanding misi yang nggak bisa dimenangin. Sekali lagi makasih buat antagonis yang ngasih tutorial soal gimana mereka bisa dikalahin.

Tengoku Daimakyou 13 (End)

Kaptain

Sebagai penutup, berbagai prediksi yang udah jelas banget udah diberi bukti mutlak di sini. Mulai dari para calon mutan hingga timeline-nya. Emang nggak sensitif sih Maru nembak setelah “Kiruko” ngalamin semua itu, tapi ya remaja bego ya gitu. Ini juga pertama kalinya ngelawan seseorang yang sepenuhnya driven by malice dan bukan orang-orang yang ketakutan dan ingin bertahan hidup.

Ini seri favorit saya musim ini. Adaptasi anime dengan kompetensi film dan saya apresiasi banget banyaknya nilai tambah via sutradara episode yang dapet carte blanche buat nguatin materi sesuka mereka.

Witch from Mercury 23

Kaptain

Standard issue Super Weapon akhirnya nongol. Kali ini dengan cita rasa Gryps Laser & Shield Unicorn. Sekali lagi ini emang dah standar genre tapi ya masak harus pake alesan ini melulu buat ngenalin plot point tanpa build-up. Baguslah Guel bisa nge-ace konflik keluarga dia tanpa campur tangan luar keluarga.

Minggu depan finale. Pesimis saya bisa beres-beres brutal kayak G-Reco dulu. Jadi paling ya setup buat season selanjutnya.

Reverse Collapse: Bakery Girl

Kaptain

Masih di timeline 2, stop dulu biar ga capek pas full-game nongol. At least saya udah cukup puas soal gimana sistem timeloop-nya bekerja. Seperti biasa tingkat kesulitan misi sebanding dengan bisa apa nggak peledak di-abuse. Pada dasarnya juga ya saya main buat nemuin karakter tamu dan dapet petunjuk soal insiden di 2064.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Perlu roll 600 SQ tapi Melusine kecantol. Sisi positif dari fanartist pada pindah ke Buruaka tuh twist gede kayak identitas asli Castoria bisa diumpetin sampe hari ini. Ini in a sense emang Fate (the route) 2.0 dengan Castoria yang jadi protag rute. Begitu juga dengan balik ke tema “Dehumanizing yourself for the sake of power/ambition, even for a good cause will end up messing up everything” khas Nasu. Ga seneng aja sama flashback buat ngemis simpati di akhir, dari awal udah diperingatin Morgan yang udah ga bisa lagi ngerasain simpati/empati bakal negebua semuanya ambruk.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: yuridaisuki25