[JOI Spotlight] Circusman Edition

October 29, 2023 20:05
[JOI Spotlight] Circusman Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang harusnya sudah masuk minggu di mana semua seri musim ini udah hadir. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf untuk seri minggu ini.

Hyakano 03

Kaptain

Bungaku Shoujo. Asami Seto dapet gaji buta buat mayoritas episode. Emang episode melankolis kayak gini dibutuhin biar humornya nggak nyapekin dan emang penting buat Rentaro untuk nggak ngeliat kutukan dia ini sebagai kerjaan atau checklist.

BlueHeaven

I love this girl. Imut dan unik dari cara penyampaian. Terserah orang mau ngatain autis atau gimana yang penting sedikit LSBH dan menarik itu udah gol untuk saya. Penasaran kalau dia teriak bakal seperti Shiori dari Kaminomi atau tidak.

Boushoku no Berserk 04

Kaczmarek

Myne debut bareng juga sama Aisha, emaknya Roxy. Animasinya lebih baik dari episode sebelumnya terutama animasi Koboldnya. Urusan pertama soal Kobold sebelum masalah sama Holy Knight nantinya. Tapi ini kita dapet plot lain dari Galia yang juga berurusan sama Myne. Enemy turns colleague soon?

Seiken Gakuin no Maken Tsukai 04-05

Kaczmarek

Masih di tahap perkenalan beberapa karakter baru dan kini soal panti asuhan. Oh yeah, Tessera dikenalin dan seperti tanda-tandanya dia suka sama si Leonis. Apart from that, akhirnya dapet sedikit flashback soal Leonis dan Roselia lagi. Tentunya mereka bakal masukkin flashback ini lagi di kemudian episode terutama kelanjutan pasca Leonis dibunuh umat manusia.

Di episode kelima, akhirnya dapet penerangan siapa yang jadi musuh Leonis di modern ini. Tapi karena materialnya kena skip, alasan utamanya jadi gak berbobot banget. 3D monster yes, what else? Riselia yang gak konsisten desain karakternya yang dari bongsor, slim, bongsor, slim berulang kali.

Dead Mount Death Play 15

Kaczmarek

Takumi diculik tapi Misaki berevolusi jadi vampir dari zombie berkat gemstone yang diminta Sayo. Ini Sayo sendiri udah dapet banyak informasi soal Polka palsu ini tapi sampe sekarang posisinya masih “content” untuk berpihak ke kubu Kuraki atau ke Shinoyama. Agakura juga masih belum ke-cover tapi udah ngasih hint soal masa lalu mereka sama Heilei. Episode berikutnya selain ngurusin Momoya dan Higuro juga Shinoyama yang juga ngikut gerak di belakang kepolisian kayak si Bao dkk.

Pluto 01-02

What’s this?

Kalau kalian cuma bisa nonton satu seri aja di musim ini, watch this.

Kaptain

Seri yang dikatakan nggak bisa diadaptasi ngeliat tiap episode butuh budget film. So here you go. Tiap episode satu jam durasinya dan kita dapet 8 episode. Jadi ini secara efektif kita dapet 2 cour langsung.

Adaptasi penuh dan relatif akurat ngeliat Perang Asia Tengah langsung nongol di episode 2. Ga masalah sih ngeliat tuh insiden penting banget buat kasus utamanya. Ga tega saya hantam langsung semua episodenya ngeliat ini seri harus dicerna dengan baik dan jujur saya dah capek secara emosional abis cerita North No.2 dan Brando. Sebagai pembaca manga juga saya baru ngeh dengan komentar Blau (saya nolak nyebut dia Brau) soal tombak yang tetep bikin dia hidup.

Frieren 08

Kaptain

Ini kedua asisten emang butuh nih quest ngeliat semakin ke utara juga Demon bakal lebih ganas. Untung aja Demon kali ini juga ga melek soal tech level sihir umat manusia jadi sekali lagi penting banget ekpedisi ini di speedrun. Para Demon cuma ngeliat sihir sebagai sesuatu buat dikembangin, bukan disebar kayak Flamme dan Frieren. Jadi sekarang mereka ga sadar kalau spesialis anti demon yang dilatih khusus kayak Fern ada di dunia.

BlueHeaven

Salah satu ciri anime bagus adalah bisa ngasih episode title drop yang cantik. Keiichirou did it again in episode 8. Transisi dari Fern terbang ke Frieren terbang dengan monolog iblis yang inget siapa itu Frieren ngena sih.

Goblin Slayer II 04

Kaczmarek

Damn, novice adventurer itu langsung jadi korban pembunuhan langsung dan tanpa babibu. RIP to the girl, she has potential tbf. Pengaruh mayor di episode ini lumayan bikin bocah Wizard sadar diri untuk jadi goblin slayer gak semudah itu. Udah sadar kalau dia gak cuma harus nunjukin bisa bunuh monster, minimal grinding dulu dan beruntungnya mau ditemenin Rhea. Gue gak sadar Rhea sebantet itu, macem durin dari game AK. Ada yang ketawa, ada yang terkejut dengernya.

Tate no Yuusha no Nariagari III 04

Kaczmarek

Episode ini berasa kayak mimpi pas demam. Buset emosi campur aduk gegara Ren sama Myne, Motoyasu masih jadi useless, dan malah jadi penggemar idol Filo. Ya minimal Motoyasu bisa diajak “sadar” lagi dengan senjata itu, tapi tulung dah kami-kami yang ngikutin ini cerita kesannya jadi pengen ngejauhin. Ikr ini ada hubungannya sama manga spin-off masak itu.

Kage no Jitsuryokusha na Nariagari 24

Kaczmarek

Episode baru = cringe line baru. Ini jadi episode perbandingan antara duo kemomimi yang berinteligensi tinggi dan rendah. Yukime dengan analisis rasa sidang skripsi, sementara Delta dengan no nonsense shit method. Sedikit dari yang dirasain tapi ini jadi prelude untuk bagian Delta di kemudian episode. Kalau kalian sadar, ini episode yang terhemat soal frame sejauh dua musim berjalan dengan re-use bagian Delta digendong Cid dan bagian kereta bareng Yukime.

BlueHeaven

Ima no boku wa 𝓼𝓾𝓹𝓮𝓻 𝓮𝓵𝓲𝓽𝓮 𝓪𝓰𝓮𝓷𝓽𝓼~

Apothecary Diaries 04

Kaptain

There, kasus yang bikin saya demen sama nih seri ngeliiat si protag akhirnya boleh brutal. Cuma di manga saya ga inget harus lama-lama sebelum nemu racun. Buat yang nanya kenapa kok tenaga kerja medis nih tempat ga bagus, itu karena sedikit banget dokter kompeten yang pengen dibuntungin adeknya sebagai syarat kerja dan sanksi buat praktik yang nggak memuaskan tuh hukuman mati. Makanya praktik sederhana Maomao walau simpel ya lama banget bisa diinternalisasi.

BlueHeaven

Waw, gak nyangka kan Maomao bakal main tangan di episode ini? Memang itu dayang ga punya otak sih. Udah tahu diban itu bedak, alasannya berbahaya juga, masih ngeyel. Setidaknya bisa melihat Lihua sehat terisi kembali, plus doi dikasih wejangan soal menyenangkan kaisar dari apoteker yang paling tahu. Wawasannya bukan main untuk orang yang ngabisin waktunya buat di apotek atau distrik wadehoi. Emang tempat menimba ilmunya ga bisa dianggap remeh.

Jujutsu Kaisen 38

Kaptain

Lucu aja ini orangnya dah disegel, tapi tetep aja metrik power level pada pake “Nomor 2 abis Gojo”. Surprise surprise, skill Naobito yang fokus di frame rate ternyata lebih enak diliat di anime. Dengan ini juga udah ada 4 Zenin yang ngumpul di satu tempat, this will be fun. 

16 Bit Sensation 04

Kaptain

Sistemnya dah ketahuan. Konoha baru bisa balik kalau proyek dev bisa jalan lagi. Sedikit konteks sejarah, game eksklusif Windows Alicesoft yang disebut bakal rilis tuh Kichikuou Rance. Setahun setelahnya ToHeart bakal dirilis Leaf jadi ya pindah Windows atau mati. PC98 sendiri masih dapet game di 1998.

BlueHeaven

Ada kemungkinan ke depannya yang ditampilkan dalam anime tidak akan lagi mengikuti sejarah yang kita miliki saat ini. Game PC98 bakal terus jaya sampai era tahun 2000-an? Siapa tahu bisa. Konoha diperlihatkan ngilang langsung di depan Mamoru itu sebuah titik cerita yang penting. Mungkin saja Konoha bakal terbukti di depan karakter lainnya kalau dia beneran time traveller. Mamoru jago banget sih bisa benerin iPad pakai onderdil di zaman itu.

Shangri-La Frontier 04

BlueHeaven

Emul tebar pesona sebagai karakter imut di seri ini. Mulai direveal siapa saja karakter yang bakal ambil bagian besar di cerita berikutnya. Sudah kuduga bakal ada player killer yang dimunculkan mengingat triggernya sudah dilepas di episode sebelumnya. Sesama pemain kusoge pasti keren kalau ngebentuk party buat ngelawan unique monster. Hohoh, hanya saja tidak semudah itu pastinya.

Kimizero 04

BlueHeaven

Kalau ada yang bilang Cid karakter anime paling cringe musim ini, ini saya kasih rivalnya. Ryuuto itu tingkah lakunya gak tahan buat ditonton. Okelah kalau monolog dalam hati doang, tetapi gerak-geriknya itu bikin geli. Manusia perjaka satu ini beruntung mendapat gyaru yang sudah jebol berkali-kali tetapi masih polos. Sesekali saya berharap tiap Luna bengong dengerin sermon panjang Ryuuto jangan dibalas buat nyenengin pasangannya doang. Harus ada yang ngasih tau betapa cringe dirinya. Cuma apa yang mau dibahas dari seri mimpi basah satu ini.

Bicara episode ini, saya sudah mencoba mengerem di titik “Ah ini ENGI yang bikin, masih okelah dibanding Mobuseka.” Damn, they really can’t make a really good scene. Plain, datar, ga ada hype yang dibangun sama sekali untuk adegan seperti first Ryuuto. BGMnya ga guna banget diputer pas mereka dah selesai di scene perahu kedua. Penonton cuma dikasih denger suara air mengalir menemani momen sepenting itu. Iya, saya tahu saya jarang komen soal audio. Sekalinya diroast berarti serius banget masalahnya.

Arknights: Perish in Frost 04

Kaczmarek

Dua minus, dua plus. Minus pertama, dialog jadi kaku dan gak punya kedalaman terutama soal Mephisto dan LGD. Minus kedua, bagian animasi skill kedua Ch’en yang dilupakan kalau dia cuma sedikit unsheathe untuk ngaktifin skill dua tapi penggambaran di animasinya jadi meh karena efek api yang dirasa gak terlihat dari game-nya.

Plus pertama, Blaze dapet proporsi yang bagus walau eksekusi turun helinya gak sedramatik yang diinginkan. Paling enggak itu talent-nya kena showcase dan sampai Reunion ngira dia caster. Plus kedua, Wei Yenwu dan Fumizuki dapet dialog yang lebih enak dicerna dari versi game-nya.

Spy x Family Season 2 04

BlueHeaven

Mojamoja blundernya kebanyakan di episode ini. Neriakin kalau dirinya informan, ngasih lihat Yor semua penemuannya, sudah gitu dirinya sebagai informan ga ada harga dirinya setelah gagal tahu gebetannya ternyata sudah punya pasangan.

Ada banyak informasi penting diselipin di episode masih bisa dikatakan filler dan fokus full di komedi. Minggu depan sudah ada di preview, waktunya ke kapal pesiar!

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 04

BlueHeaven

Power map baru direveal di episode ini. Rekkaku Liberation berasa kayak haki di One Piece agak telat dikenalin di seri. Tunggu ada konflik gede dulu yang ga bisa diatasin dengan power yang kelihatan sekarang, barulah direveal. Terakomari terlalu op, makanya dinerf memorinya. Jadi ada lagi nih power yang mau gamau kena reveal lagi, memory control. Cuma saya ragu kalau manipulasi memori berlaku ke orang-orang sinting di skuatnya Terakomari.

Ragna Crimson 05

BlueHeaven

Ah, jadi mereka langsung nyerang Ultimatia. Dua belas kursi naga tinggi dengan latar belakangnnya cukup jelas ya diperlihatkan di episode ini. Jika Ultimatia kalah cepat, bakal hilang keseruannya karena hampir setengah naga sepuh sudah keok dibasmi.

Hametsu no Oukoku 04

BlueHeaven

Hametsu ini ga berlaku buat Redia sepertinya, tetapi untuk Witch kingdom yang ngungsi ke luar angkasa. Sekali dipotong tuh pohon selesai sudah riwayat mereka. Agak berasa plot hole Adonis justru bangkitin Doroka dengan hanya sedikit memori yang dimilikinya. Kalau hanya perlu sedikit memori seperti itu, mengapa witch yang lain tidak bisa membangkitkan Chloe? Jawabannya harus ada di episode minggu depan.

Saihate no Paladin: Tetsusabi no Yama no Ou 04

BlueHeaven

Ah, sudah waktunya menggoreng konflik lama untuk naik di musim baru. Stagnate emang memorable sih battlenya dengan William di lima episode pertama musim pertama. Will juga ga benci amet sama dewa undead satu ini, kemungkinan pertempuran habis-habisan juga kecil karena bukan itu inti dari musim ini. Palingan jadi informan aja buat ngelawan musuh yang ada gunung sana.

Seijo no Maryoku wa Bannou desu Season 2 04

BlueHeaven

Pangeran baru kita cukup jenius untuk mendapat 3 kesimpulan hanya dari sedikit informasi yang dia dapat. Lagian bisa-bisanya istana berpikir kalau pangeran bakal ngikutin jadwal yang dikasih. Jangankan untuk nyembunyiin Sei, nyembunyiin rahasia yang ada di badan riset juga mereka bisa gagal karena keteledoran ini. Keromantisan Sei dengan Hawke masih belum bisa sreg di mata saya.

S-Rank Musume 05

BlueHeaven

Saya suka cara mereka memperkenalkan arc baru dengan karakter antagonis baru di episode ini. Semuanya terasa fresh dan tidak gampang ditebak seperti episode-episode sebelumnya. Nah, kalau gini kan seru, ga cuma jualan bapak anak wholesome moment.

Tearmoon Empire 04

BlueHeaven

Biasanya kalau ada adegan dansa itu saya cepetin karena kebanyakan anime fail di bagian ini. Ga percaya, lihat aja Raeliana sama Saint Omnipotent. Itu auto cepetin karena dialognya yang ga terlalu penting sama animasi yang sekadar oke saja.

Anime ini cukup baik memadukan pergerakan 3D dan dansa liar Mia dan Sion. Smooth di mata dan sedap dipandang dengan speed normal. Pada akhirnya masalah dansa ini selesai dengan kesampaian wishlist Mia untuk berteman dengan Rafina. Mukanya Mia pas oke lucu banget di momen ini.

Butareba 04

BlueHeaven

Balik lagi ke settingan awal, kita dimanja dengan percakapan Jess dan Babikirito yang melimpah. As predicted, Babikirito aman dan masih sehat. Malahan jadi tunggangan Jess buat perjalanannya. Bisa-bisa pula mereka ngejokes soal posisi duduk.

We got more reasons to follow this anime. Episode ini menjawab motif pembunuh yang datang serta alasan Jess tidak bisa kembali ke rumah. Mereka ngasih informasi sepenting ini setelah Jess pergi dari rumah, sangat masuk akal cuma agak telat mengingat ini masuk ke episode 4.

Potion-danomi de Ikinobimasu 04

BlueHeaven

Sebenarnya saya sudah masuk ke fase bakal ngurangin spotlight buat anime yang receh dan tidak perlu dibahas karena sudah lewat 3 episode. Anime ini masih fail dan makin fail di mata saya. Kemarin saya ngeluh soal visual, kali ini karakter dan ceritanya. Bisa-bisanya MC show-off di pesta padahal doi selalu pengen jadi low profile. Walau dikasih liat penyelesaiannya, tetap big no sih buat saya. Logical fallacy jatuhnya. Elu gak mau femes tapi malah show-off. Nyelesain masalahnya pake acara debat kusir terbuka pula. Terus gunanya organisasi rahasia buat apa kalau ujung-ujungnya nongol di publik?

Reverse 1999

What’s this?

Pap Pap Pap Pap. Get schuss at, Get schuss at.

Kaptain

Interested, not hooked. Ini skrip dialog walau aslinya Inggris ya nggak ditulis sama native speaker ngeliat dikitnya penggunaan kontraksi, dan dev juga ngerasa pede banget sama kualitasnya jadi ga butuh editor native. Jadinya ya makin ke belakang skripnya jadi lirik Planet of the Bass. Saya bisa ngeliat inspirasi RPG barat yang jadi sumber gaya penulisannya, cuma ya si penulis ga seahli yang dia kira dalam bikin prosa dan struktur. Ujung-ujungnya juga aspek menarik dari settingnya tuh -nyukil- keinspirasi dari seri lain.

Saya ngeliat aps rilis di CN dub Inggris tuh gimmick utama nih game, yang ga efektif begitu masuk global. Uniknya juga unit yang ga dari Inggris/USA tuh lebih mendingan ngeliat dialog English yang belepotan malah bikin karakternya lebih realistis. Pada akhirnya ini kebantu banget sama presentasi ngeliat L2D-nya emang cantik.

Buat gameplay juga saya masih pelan mainnya ada juga saya dibikin kesel sama fakta kalau unit yang bisa nyegel Ult kayak Bkornblume tuh mesti digacha. Ini Tuning selaku Master Skill nih game juga ga ngasih solusi. Sekarang sih gampang ngeliat Ult ga terlalu sakit dan beberapa unit punya shield bagus, cuma makin kebelakan ga yakin bakal sesantai ini.

Pada akhirnya kritik paling pedes yang bisa saya kasih tuh Taimanin RPGX yang baru rilis punya skrip dan struktur yang jauh lebih kompeten dibanding ini.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Haraya