[JOI Spotlight] Distance Sessions Edition

October 15, 2023 19:15
[JOI Spotlight] Distance Sessions Edition

Selamat datang di JOI Spotlight tepat di tengah Oktober ini. Kita masih di fase pembentukan daftar tontonan dan para staf Jurnal Otaku tentunya sudah menyiapkan impresi untuk seri yang hadir.

Hyakkano 01

What’s this?

Lebih dikenal fans sebagai 100 Girlfriends

Kaptain

Iya, premisnya emang absurd tapi kreatornya cukup melek kok soal kegoblokannya, dan sejauh ini eksekusinya di manga bagus dan staf anime cukup kompeten soal timing dan eksekusi. Di upacara awal juga karakter belakangan udah pada nongol.

BlueHeaven

Saya suka dewanya menembus dimensi 4 bahkan dimensi 5 kalau ada. Jokesnya gurih dan sedap dinikmati.

16bit Sensation 02

Kaptain

Ngabisin waktu dulu buat belajar tech level tahun 1992. Ga sampe level bencana UX\UI kayak “Filename cuma bisa pake nomor” dan “Semua script satu game di satu line”. Rada kesel aja ga lebih banyak CG 16-bit yang dipamerin. Tapi ya mungkin ga bisa dapet ijin dari FairyTale atau Queen Foft.

Secara pribadi saya ngeliat pengetahuan fondasional juga pada ilang masuk tahun 2010-an. Masak anak-anak pake file explorer dan mainin registry aja ga bisa.

Kaczmarek

Yeah good modern knowledge, tapi pengetahuan dasar minim pun juga bakal kesulitan kalau dikasih device jadul. Ini time leap yang gak gue pikir bakal secepet itu baliknya, atau ternyata reset? Gue masih mempertanyakan kenapa duo seiyuu kelahiran 1976, Ayako Kawasumi sama Yui Horie dipilih buat dua side chara itu.

BlueHeaven

And… she’s back again to 2023! Wah asli dah nih anime punya banyak jurus-jurus ampuh membuat saya loncat kegirangan menyaksikan plotnya. Oneesan yang LSBH juga mantap dipandang.

Jujutsu Kaisen 36

Kaptain

Ini di sosmed tagar Nanami jadi ga bisa dipake karena kelewat paans. Kayaknya nih orang juga digenjot lebih gede sama staf animenya ngeliat kelakuan dia lebih brutal di sini. Ini juga Toji idup lagi jadi fans bapak-bapak pada kenyang di nih episode.

Boushoku no Berserk 02

Kaczmarek

Masalah lapar ini bakal konstan di perutnya Fate. Masih di fase upgrade Greed untuk modalin diri di waktu depan. Kerjaan baru untuk Fate di lingkungan Roxy Hart walau masih jadi tanda tanya ini lingkungan yang baik atau enggak pasca ayahnya berpulang.

BlueHeaven

Pedangnya upgrade jadi busur. Kayaknya tiap upgrade bakal ganti wujud ke model senjata lain. Bikin repot aja yang gini, cuma MCnya ga punya banyak pilihan. Ini pedang juga ngaku aibou tapi malah nyembunyiin hal penting ginian sampai batas waktu terakhir. Pantesan dianggap rongsokan.

Tate no Yuusha no Nariagari III 01-02

Kaczmarek

Sorry kelupaan masukin ini di spotlight sebelumnya. Ini musim yang ditunggu-tunggu pasca lackluster di arc kura-kura sebelumnya. Sadeena sudah dikenalin dan akhirnya gabung di episode kedua. Jangan kaget sama bentukan asli orca ini ya ahahaah. Lagi-lagi sponsor yang ada di kota ini gak jauh beda sama kota lain sebagai yang dituankan. Setelah Naofumi dkk udah berhasil menyelesaikan pertarungan bawah tanah ini, tinggal mengurusi migrasi para budak yang bakal kembali ke desanya. Atla dan Fohl dapet pratinjau di akhir episode kedua dalam keadaan gak baik-baik aja. Misteri masih menyelmuti pertarungan eksebisi terakhir sih sama si Clown Killer.

Dead Mount Death Play 13

Kaczmarek

Udah bisa ngerasain kan ini vibe-nya gak jauh-jauh dari Baccano sama Durarara? Banyaknya karakter atau fraksi yang terlibat bikin banyak POV yang diadaptasi sehingga konteks masalah bisa lebih clear. Tapi Ryougo Narita gak bakal semudah itu ngasih konteks penuhnya terutama soal masa lalu Polka palsu ini dengan Izliz.

Kenaifan si Lei Xiaoyu kini bisa diredam dikit sama juragannya, Rozan. Tapi bocah laki-laki (bukan perempuan) ini masih menaruh kecurigaan sama kelompoknya Polka serta operasinya di bawah Risa Kuraki. Momoya kini dapet porsi lebih karena ada hubungan masa lalu dengan Lei, Rozan, Tsubaki, sama Kouzaburou. Baru permulaan tapi infodump-nya gak main-main sih. Untung jaraknya dari cour pertama gak sampe setahun. Ini karakter macem Kochou 8 Port juga berasa gak sesuai lingkungan.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute S2 02

Kaczmarek

Shinitaku na kereba nigerou….

Bousho ga hajimaru….

Tsuki ga akai….

Mou, jikan ga nai…

Sekali lagi kita dapet catchphrase yang cringe dari seri ini. Gue udah bahagia gak dapet aku bom atom dua musim terakhir tapi sekarang langsung dimulai dengan ini wkwk. Ini episode dimana Cid berperan sebagai tukang recok dari beberapa karakter yang seharusnya dapet porsi pertarungan mereka yang lebih klimatik. Tapi gak akan disebut seri “Kage” kalo gak ada Cid berulah demi jadi mob.

BlueHeaven

Claire first kiss. Ini Cid nolongin mbaknya tapi ga nyadar siapa yang ia tolong. Logika di sini kurang mengingat Cid sudah dalam keadaan di pihak yang sama dengan Juggernaut saat nyerang markas vampir.

Kanojo mo Kanojo S2

Kaczmarek

Seberapa menyenangkan ini para staf, seiyuu, dan author ngerjain musim kedua ini? Shino dapet porsi dan mulai melangkah ke jalur degenerate seperti empat karakter lainnya. Kalau gini terus, Risa jadi karakter yang paling difavoritin di musim kedua ini.

Goblin Slayer S2 02

Kaczmarek

Akhirnya bisa dapet pengalaman pertama untuk ngehajar goblin langsung ini si bocah wizard. Tapi pengalaman ini justru jadi faktor kenaikan level tingkat annoying-nya di hadapan Goblin Slayer sama anggota lain. Beruntungnya ini anggota party-nya (kecuali Priestess) punya pengalaman jam terbang tinggi, jadi emosinya juga udah bisa ngendaliin. Tapi setelah terungkap kalau kakak si bocah wizard ini mantan anggota partynya Priestess, mulai deh breakdown yang muncul.

Nanatsu no Maken ga Shihai suru 15 (End)

Kaczmarek

Tiga volume, 15 episode. Saya puas walau cutting part story-nya brutal di akhir-akhir bagian arc-nya Lia. Eksekusi yang agak anti klimaks di bagian battle-nya padahal permulaan hingga tengahnya udah impresif. Masalah paling utama disini ini Masato Matsune terlalu terpaku dengan sumber utama jadi kebebasannya nyederhanain cerita di anime-nya terkendala waktu. Animasi cukup tinggi kualitasnya untuk kelas JC Staff, gaada masalah.

Musim kedua? Kalau diliat dari material masih tersedia, namun tinggal komite ngeliat ini sebagai proyek berkelanjutan atau cuma promosi novelnya yang rating-nya cukup tinggi storytelling-nya. Jika gak dapet, i’ll miss Nanao antics so much also Oliver’s revenge isn’t yet to be completed.

BlueHeaven

Tidak semua cerita akan berakhir seepik yang dibayangkan. Mungkin inilah yang cocok untuk dikatakan pada episode 15. Formula Nanao sebagai finisher tidak berlaku lagi. Aksi anak-anak kelas satu tidak begitu epik kalau dibandingkan dengan penyelesaian arc sebelumnya. Namun, itulah yang diperlukan. Salvadori perlu diselesaikan oleh Carlos.

Yes, we need sequel karena masih banyak yang perlu dibahas dalam anime ini. Terutama soal Oliver dan grup di balik bayangan yang siap mencaplok para guru bejat satu per satu.

Arknights: Perish in Frost 02

Kaczmarek

Anime did a great job to adapt Chapter 4, terutama porsi Frostleaf, Jessica, dan Meteorite yang dieksplor lebih dalam sisi battle dan dialog. Tingginya Frostleaf gak dideskripsiin di game-nya, tapi kalo dilihat berdiri bareng Meteorite, dia sekitar 160-an dan lebih tinggi dari Jessica dan Amiya. Frostleaf jadi bintang 4 ini kriminal, minimal 5 lah ya.

Lullaby dari Frostnova dinyanyikan dalam bahasa Jepang dan gue malah demen seperti denger versi русский. Skill ketiganya Amiya dapet showcase yang gak hanya nembus musuh tapi juga penetrasi armor esnya Frostnova. Patriot sempet nonton ternyata, ditambah Talulah di sisi lain. Meanwhile, Lungmen dalam bahaya. Swire, Lin, dan Hoshiguma udah nunggu di Lungmen.

Hikikomari Kyuketsuki 02

Kaczmarek

Debutnya Millicent ditambah masih melanjutkan propaganda dari episode pertama. Ini Villhaze untuk kesekian kalinya harus berdarah-darah demi Terakomari, namun perannya dalam situasi ini masih dia lakuin secara profesional. Udah mulai keliatan ini anime mau bersandar ke cerita atau komedinya.

BlueHeaven

Ini anime bisa dibandingkan dengan Tearmoon Empire yang sama-sama punya MC loli dengan bawahan yang gampang dibodohi atau over admired sama MC. Setidaknya kita tahu ada batasan dari maid mesum serta masa lalu yang bakal jadi makanan buat inti cerita bagian pertama di anime ini.

Sousou no Frieren 06

BlueHeaven

Animasi epik dari sesepuh animator Madhouse. Studio veteran ini unjuk gigi buat pertarungan lawan naga kroco. Gimana jadinya kalau lawan pasukan iblis seperti yang ada dalam poster baru? Wah, makin ga sabar menunggu petualangan plus pertarungan epik ke depannya.

Kaptain

Karakter yang pengen santai ngelarin sidequest diseret sama party yang pengen speedrun nih perjalanan. Visual barunya juga dah ngungkap sih kalau semakin ke utara sitausinya semakin ribut.

Ragna Crimson 03

BlueHeaven

Episode ini memperlihatkan kelicikan dan kebusukan Crimson sebagai naga yang berkhianat. Bisa-bisanya dia mencuci otak orang-orang polos dan dijadikannya pion buat ngelawan naga yang ga kalah bajingannya darinya. Sejauh ini tidak ada naga yang normal, semuanya punya kelakuan stres sama seperti bosnya yang ngasih perintah ratain satu negara cuma gara-gara toko kue kesayangannya dirampok.

Shangri-La Frontier 02

BlueHeaven

Masih dijelasin soal gimana game ini bekerja. Akhirnya MC pakai baju, cuma tetap aneh penampilannya. Kasian cewe yang nungguin MC jadi patung di desa pertama. Minggu depan baru bisa melihat gimana anime ini beraksi. Pas lah dengan 3 episode rules.

Wataoshi 02

BlueHeaven

Makin dekat aja nih psikopat dengan Claire. Bapaknya Claire dibuat tidak berkutik dengan kata-kata manisnya. Setidaknya kita tahu kalau bapaknya bukan orang tolol yang mau nerima begitu saja nih psikopat jadi maid pribadi buat anaknya. Sepertinya bakal ada plot di mana Claire ditolong sama MC dalam suatu momen tertentu, tapi belum tahu itu seperti apa.

Ikenaikyo 02

BlueHeaven

Desain karakter kurirnya hot tbh. Bajunya banyak celah untuk fetish tertentu. Minggu depan bakal ada karakter baru lagi yang masuk ke rumah yang harusnya isi dua orang.

Uma Musume S3 02

BlueHeaven

Owalah bukan start yang apik dan fairytale seperti layaknya Teio. Dirty but ok, begitulah awal perjalanan Kitasan Black di jalur juara lomba pacu kuda. Duramente berakhir di sini. Build up ke Kikkasho sebenarnya acceptable tapi ada satu yang kurang. Itu Satono Crown ga ada kabar ke mana, jadi tanpa ada notable challenger, race itu bisa ditebak penonton yang ga paham kuda-kudaan kalau Kitasan ga ada lawan dan pasti juara.

Kimizero 02

BlueHeaven

Itu temannya Runa yang namanya Nikoru bikin saya ngakak. Ke mana aja lu? Runa udah dijebolin banyak cowok sebelumnya, lah sekarang mau pasang sok overprotektif. Seharusnya kalau dia teman dekatnya bisa nyadar kalau pacarannya MC dengan Runa itu beda vibenya dengan sebelumnya. Cerita ortu Runa juga bikin geleng-geleng. Kirain bagus sehingga jadi motivasi si polos Runa, eh ternyata bad end.

Nah, mereka ngeluarin racun debut di episode 2. Bakal beraksi di episode 3 nanti, ini kembaran Sayu saya lihat di akhir opening pas berdiri di samping MC. Kalau dari frame lain sih aman berasa bedanya. Cewek model sok suci nomor seratus dua belas: Kamu itu sudah aku anggap teman baik. Halah kupret, kalau ga mau pacaran, jangan ngasih kode!

MCnya juga masih ampas bahkan menyaingi Kazuya. Kazuya mikir aneh-aneh soal Chizuru itu di chapter yang agak jauh, lah ini baru episode dua udah mikir ngeres ke mana-mana. Pas prakteknya balik ke mode sok alim. Memang doutei satu ini terlalu aho buat main cinta-cintaan. Waktu date juga persis kayak cowok goblok yang dimanfaatin ceweknya buat jadi kurir pembawa barang belanjaan.

S-Rank Musume 03

BlueHeaven

Finally bapak dan anak bisa reuni. Kurang sedikit bawang bombay untuk mempercantik scene reuni tapi ga apa-apa dah, ketolong akting Hayamin. Animasi pertarungannya juga kurang secara kualitas di episode ini.

Hametsu no Oukoku 02

BlueHeaven

Wuuhuu, waktunya bantai-bantai! Enak sekali rajanya sudah tua dan menghabiskan waktu terakhirnya masih dininabobokan oleh ratunya. Ratunya ini yang bikin penasaran karena masih terlihat awet muda. Kalau Adonis sudah mensimulasikan cara ngebantai terbaik kerajaan Redia, harusnya dia sudah bisa expect buat alat anti sihir kerajaan. Sayang sekali itu alat nganggur di episode ini, jadilah blood fiesta.

Kehadiran heroine sok suci bakal bikin eneg perjalanan cerita sampai ke depannya. Bisa-bisanya ada witch yang naif setelah nakamanya dibantai. Memang benar argumen MC, semuanya tak terbantahkan. MC kalah karena kata-kata Chloe bisa direvive saja. Coba kalau enggak. Habis sudah itu.

Spy x Family Season 2 02

BlueHeaven

Woah satu episode tidak dicarry Anya dan Yor, bahkan Loid hanya pemeran pendukung di sini. Bond akhirnya dapat jatah spotlight setelah sekian lama menjadi anjing penurut diam di rumah. Boleh juga aksi dia membantu Loid.

Damian ini yang agak sedih. Dia good boy yang lahir di bad family. Untung ada dua sahabat yang bisa menjaga kewarasannya. Kasihan bocah seusia dia menanggung beban keluarga. Scene kecebur itu bikin ngakak melihat kelakuan trio kwek-kwek ini.

Tearmoon Empire 02

BlueHeaven

Mulai sekarang waktunya sasuga Mia-sama beraksi. Dalam satu episode, Mia berhasil mengatasi 3 masalah berbeda. Gak nyangka bawahan loyalnya bertambah jadi tiga. Hadirnya narator di sini memperkuat efek komedi. Penonton jadi paham mau dibawa ke mana nih cerita nantinya.

 

Butareba 02

BlueHeaven

Delapan puluh persen dari jatah ngomong di episode ini masih dikuasai Jess dan babikirito. Kita sebut begitu ya, soalnya kalau ngomong babi doang kurang menghargai usaha pengisi suara Kirito yang tampil habis-habisan untuk peran satu ini. Bagian dancenya overkill, lumayan lah bisa nguras durasi untuk hal kocak seperti ini. Dengan ini kita tahu kalau ada Jess di rumah, ga usah heran barang bakal hilang karena kepolosannya.

Potion-danomi de Ikinobimasu 02

BlueHeaven

Oke, anime ini masih menggunakan formula cut explain later yang terbukti masih efektif hingga episode kedua. Bisa ditebaklah itu onna kishi yang blonde bakal dapat nasib apa setelah ngobatin tangan pangeran yang cacat. Ya, masa potion dari dewi yang tidur di hutan ga efektif sih.

Skill nego MC naik ke skill konsultasi. Kamu kira MC bakal nyari duit dari jualan potion doang? Mending ngeluarin skill dari dunia modern untuk cari cuan, lebih gampang dan ga perlu bergantung pada skill dewa. Saya juga baru nyadar kalau ini cerita ditulis FUNA yang juga membuat Roukin. Pantas ceritanya minim catlog dan negosiasi serta skill MC dikuras maksimal dalam ceritanya.

Kikansha no Mahou wa Tokubetsu desu 02

BlueHeaven

Di episode ini berasa banget vibe cerita koreanya. MC patuh dengan tujuan, makanya bisa jadi nomor satu. Lagian ngapain juga buang-buang energi untuk hal yang sudah pasti. Dua srikandi kita perlu belajar lagi soal efesiensi aksi. Mereka cuma jadi bahan show-off MC saja di episode ini. Omong-omong, sayang sekali salah satu mantan rekan MC yang bertahan sampai akhir tidak punya ingatan perjalanan mereka sebelumnya. Bakal bergantung pada MC seorang ini mah ceritanya.

Hoshikuzu Telepath 01

What’s This?

Asupan yuri musim ini

BlueHeaven

Akhirnya bisa nonton anime Kirara seperti kebanyakan Kirara pada umumnya. Mungkin ini yang bakal dipikirkan fans Kirara setelah Bocchi The Rock yang melambung tinggi di pasar jauh di atas anime Kirara lainnya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Saya anggap soal alien itu untuk saat ini beneran dan bukan tipu-tipu. Kurang sakti apa nempelin jidat bisa baca pikiran orang.

Dark Gathering 14

BlueHeaven

Inilah masa di mana pokemon horor satu ini mulai seru. Sayang sekali karakter LSBH di episode ini sudah menjadi mayat. Lebih parahnya, pemikirannya yang rada twisted membawa korban selain dirinya di old F tunnel. Hantu kali ini lebih pintar sih strateginya untuk memancing lawan ke tempat di mana ia lebih unggul.

Seiken Gakuin no Makentsukai 03

BlueHeaven

Selamat atas bangkitnya excalibur Riselia. Jadi sudah diputuskan kalau Riselia dan Leonis kerja sama merahasiakan soal Riselia jadi vampir. Dengan kalahnya si antagonis kroco pertama, diharapkan dia bisa tobat. Saya puas senjatanya patah dengan mudahnya. Meresahkan memang tipe yang ginian.

Idolmaster Million Live! 02

Kaczmarek

Trio terbaru yang masuk grup. Lagi-lagi dengan formula yang familiar bagi yang suka ngikutin trope macem ini. Mata dan otak udah terbiasa sama 3D-nya, jadi gue gak perlu lagi nekanin ini di pekan-pekan berikutnya.

Neural Cloud

Kaptain

80 roll. Tapi Head Maid juga akhirnya kecantol. Si Goth GF ga bener-bener wajib punya sih ngeliat Lind dan Undine udah deket, tapi ngebanyakin unit yang bisa revive bukan ide jelek. Storywise juga Clotho tuh sebagai “Alat” punya pekerjaan yang ga mungkin bisa dikerjain dengan sempurna. You don’t find people at their best di profesi dia.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: JL_T4N