[JOI Spotlight] Martian Successor Edition

October 22, 2023 19:46
[JOI Spotlight] Martian Successor Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang kebanyakan seri sudah masuk episode tiga. Saya harap udara di sana nggak terlalu panas buat kalian menyimak impresi paar staf Jurnal Otaku minggu ini.

Hyakkano 02

Kaptain

Baru 2 pacar tapi ini logistiknya dah ribut banget. Tapi emang ini sumber guyonannya, sekedar buat latihan ngeliat diakhir juga udah nambah satu lagi.

BlueHeaven

Akurat dalam menggambarkan mata kecolok itu harus merah. Teladan buat anime lainnya.

Boushoku no Berserk 03

Kaczmarek

Oktoberfest. Porsi penting buat ngebuka sisi lain dari Roxy yang di dua episode awal kayak anak polos aja. Practically ini para kesatria suci ini butuh pelajaran lebih tapi Fate masih kudu nyari cara biar kayak karakter seri sebelah untuk nyembuyiin sosoknya. Masalahnya Fate masih kudu improve skill-nya lagi karena udah ke-drain sama si pedang item ini. But damn, emaknya Roxy is fine.

BlueHeaven

Hancur visualnya, png buah-buahan, animasi seadanya.

Goblin Slayer II 03

Kaczmarek

Calm before storm. Episode pengenalan para rookies yang beberapa belum pernah nongol di season pertama. Si bocah wizard, cleric pemula, rhea fighter, sama warrior pemula. Si wizard udah mulai bisa diatur kalau dicekokin logika sama fakta, jadi sikap nyusahinnya bisa diredam secepet mungkin. Sementara tiga lainnya masih dalam pengenalan awal, terutama si rhea yang dari jauh gak se-plot ini hingga si Wizard nengok ke kiri.

Jadi, teori siapa istri goblin slayer sejauh cerita berjalan, gue bisa bilang masih dipegang Cow Girl. Satu momen lagi saat goblin slayer diajak minum, dan si calon istri ngasih tanda boleh. Kemudian di akhir episode yang terasa makin depresif mood-nya karena “sesuatu” selain goblin yang nongol di daerah latihan para rookies.

Dead Mount Death Play 14

Kaczmarek

Nishida jadi korban, tapi si Urai jadi umpan dari Kochou buat Polka. Kochou ini sebenernya gampang banget jadi korban, tapi karakter kayak dia ini lebih cerdik dari yg dikira. Maenin umpan kayak gini terus yang penting dia gak jadi sasaran. Ok, polisi udah mulai ngegeruduk gedung yang jadi markasnya Polka dan rencana Momoya masih bisa ketangkal sama kekuatannya Polka, paling enggak dalam ngedeteksi mayatnya Nishida. Ini dengan berkumpulnya beberapa orang penting termasuk Lei yg diwakili Taipei, apa sebenernya latar belakang Momoya yang bikin dia ngerasa ini momen jadi makin menarik?

Tate no Yuusha no Nariagari III 03

Kaczmarek

Lagi-lagi mereka lupa kalau Raphtalia punya ekor. Motoyasu dan sedikit situasinya sedikit terkuak disini. Mulai dari rombongan penculik dan penjual budak ini hingga Mirellia sedikit ngasih teaser soal situasinya. Malty, meanwhile on the run, jujur ini kesalahan besar buat Mirellia di masa depan. Selamat untuk Atla yang akhirnya bisa beraktifitas normal walau pengalaman pertamanya sejak pindah dari Siltvelt.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 23

Kaczmarek

Damn, komite produksi improvisasi di bagian Claire yang aslinya setting ruangan putih jadi ruang UKS bareng Aurora. Kalo diperhatiin, Hayamin juga dapet satu line doang kah di episode ini? Padahal karakternya nongol di sepanjang 25 menit haha. Quote cringe lainnya dari Cid, tapi yang paling utama adalah hubungan di momen berikutnya sama Yukime.

BlueHeaven

And… that concludes our first arc in this new season. Cepat tapi memukau. Better than season 1 dalam penyampaian cerita.

Boukensha ni Naritai 03

Kaczmarek

Reality check. Ange gak bisa selalu jadi bocah manja saat berada di sekitar ayah angkatnya. Belgrieve udah muak sebenernya tapi kesabarannya udah setebal julukannya di luar desa. Sedikit maksa, tapi kalo gak gini Ange tetep jadi anak manja. Soal demon lord yang wujudnya berbeda di masa Belgrieve bertualang menandakan misi Ange dan teman-temannya belum kelar.

BlueHeaven

Ange manja banget sama bapaknya. Peluknya mengundang pikiran negatif bagi yang melihat tetapi belum tahu kalau itu gambar bapak dan anak. Saya lebih tertarik dengan rekannya Ange yang ternyata beast. Imut gimana gitu.

Arknights: Perish in Frost 03

Kaczmarek

Episode terkhusus untuk MC ketiga kita Ch’en. Hubungannya sama LGD, Hoshiguma, Swire, serta masa lalunya dijelasin lebih dengan konteks visual tambahan. Nice, kita dapet cantonese slang profanity here. Tapi kalau mau pengalaman yang lebih baik, nonton versi dub CN-nya di bilibili deh. Logika Ch’en bisa nahan serangan reunion di momen pertama, tapi dia butuh Hoshiguma buat ngelindungin diri dari reruntuhan. You know, damage limitation?

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 03

Kaczmarek

Mereka motong bagian penyiksaannya Terakomari dan motong bagian latar belakangnya si Villhaze sebelum jadi maid. Millicent sendiri belum ngungkap lebih soal informasi tentang Inverse Moon, tapi sebagai pengikut kasual, gue gak ngarepin itu dibuka sampai klimaks tertinggi dari cerita ini. Penggunaan common sense di seri ini udah keluar dari jendela, jadi gak perlu make otak buat ngikutin adaptasinya.

BlueHeaven

That escalated quickly. Ceritanya lebih deep dan serius dari yang saya duga. Finally the real death concept. Kalau mereka mati hidup secara berulang ya ga bakal masuk karena itu populasi cuma bisa nambah, ga bisa kurang. Villainnya hot tbh.

Kanojo mo Kanojo II 03

Kaczmarek

Shino jadi korban lucky sukebe Naoya sampai dia jadi pacar ketiga. Ini urusan ciuman aja bisa sampe Rika maksain duluan nyipok mulutnya Naoya. Bahkan kemungkinan besar Shino sama sama Nagisa bisa lebih besar peluangnya daripada Saki.

Frieren 07

https://twitter.com/xtercomic/status/1715287355895198083

Kaptain

Episode minggu depan di preview Netflix judulnya Frieren the Slayer jadi jelas si mentor ga buang-buang waktu soal ngurus nih krisis, nunjukin kalau dia bersedia kerja overtime kalau dah soal Demon. Saya tahu orang yang ga seneng sama nih seri soal persepsinya ke para Demon, cuma ya di seri fantasi predator kayak gini udah umum banget dan nyatanya juga Demon yang diplomatik punya penyakit mereka sendiri.

BlueHeaven

Baris pertama lirik pertama lagu YOASOBI baru relate di episode ini. Episode ini membahas soal legenda yang lekang oleh waktu dan tabiat dari ras demon. Seri ini memang setia dengan patok yang sudah ditancap. Kalau demon cuma peduli makan manusia, ya bakal gitu terus. Frieren no chill, langsung sosor ambil stance buat ngekill demon. Cutnya ok, meski di tengah chapter.

Apothecary Diaries 01-03

What’s this?

Secara teknis seri detektif

Kaptain

Pake judul ini ngeliat dah terbit di Gramed. Seri detektif yang lebih fokus ke politik sebuah kasus daripada misterinya. Ngeliat Maomao itu nggak suka dipancung jadi ya tiap arc itu selalu soal gimana dia bisa di tempat yang tepat biar ga diseret kontroversi. Nilai tambah saya buat nih adaptasi ya biar bisa nginget pangkat tiap karakter sama phon keluarganya.

BlueHeaven

Damn, hotties ancient chinese everywhere. Maomao dibikin agak jelek biar kelihatan beda dari karakter pendukung yang banyak cakep-cakep. Dari beberapa anime yang bertemakan kehidupan di palace ala asia timur, yang ini paling newbie friendly. Mereka ngejelasin konsep istana harem sampai ke kasim yang digituin anunya biar steril tuh tempat dari kejadian yang tidak diinginkan kaisar.

So far, so good. As a late entrance, these three episodes hit well. Saya paling suka episode 3 yang ada selir LSBH. Tetap menjaga kesucian demi ksatria yang berjuang di luar sana. Maomao bukan cuma ahli racun, tapi juga psikolog.

16 Bit Sensation 03

Kaptain

Gambar di atas tuh basisnya Rance IV yang rilis di 1993. Ini alasan kenapa nama staf dirahasiain di jaman dulu. Karena programmer masih dikit banget dan staf yang dibajak pergi bakal ngebikin workflow macet total. Alasan utama PC JP ga kedengeran lagi itu karena jaman itu nganggap UI dan UX fungsional sebagai ajaran setan. Itu dan produksi hardware yang ditinggal jauh.

BlueHeaven

Ga butuh lama buat balik ke masa lalu. Cuma time skipnya wadohoi, 4 tahun demi ngejer perilisan Windows. Akiba juga mulai menjadi tanah suci otaku. Saya mencium karakter baru yang dikenalkan di episode ini waktu mau masuk ke toko eroge itu mungkin ibunya Konoha. Warna rambut dan matanya mirip. Jangan bilang itu cowo programmer malah bapaknya Konoha tapi mungkin dah kabur pas Konoha masih kecil. Jadi, tetap ada kemungkinan itu bapaknya Konoha meski si Konoha ga tahu. Dah lah, kejauhan prediksinya. Eh, tapi kalau bener sih saya loncat-loncat.

Kaczmarek

Konoha masih childish jadi gak heran masih annoying. Tapi sedikit demi sedikit dia bisa nahan diri untuk milih keputusan. Sayangnya, ini belum sampai ke bagian yang saya tunggu-tunggu yaitu urusan promosi.

Uma Musume Season 3 03

BlueHeaven

Rest well, legend. Di dua musim sebelumnya saya ga inget kalau ada last race yang dideclare kayak Golshi di episode ini. Musim kedua ada last race Bourbon atau Teio dibuat gitu aja tanpa dikasih tahu kalau itu last race dia. Musim pertama apalagi, wong Silence Suzuka aja masuk if route. Baru historical accurate di musim kedua.

Kenyataan pahit masih dikasih sesuai dengan kejadian bersejarah. Yang penting Golshi dapet jatah bersinar. Ga sia-sia 3 musim gak pernah absen, dikasih satu episode emas buat doi. Satono Diamond debut di episode ini jadi ketutup karena Golshi terlalu terang.

Ragna Crimson 04

BlueHeaven

Lawan kursi ketiga saya turu, eh pas muncul kursi pertama dragon instant woke. Aduh, bisa-bisanya ada dragon dengan fetish saya. Angel atau nun itu selalu menggoda, apalagi itu skill OP, bisa manipulasi waktu. Mainnya juga bersih, ga asal bantai. Saya suka kalau ada karakter yang membuat cerita ga monoton. Please jangan cepet mati nih karakter, masih bisa dipake lagi. Toh, anime ini 2 cour lamanya.

Shangri-La Frontier 03

BlueHeaven

MC balik ke settingan pabrik. Tidak ada baju melekat selain short pants karena curse unique monsters. Gamenya juga mulai menunjukkan keunggulannya dibanding game lain yang ada di anime pada umumnya. Cukup realitis dengan menunjukkan nih MC ga bisa maen sat set sot buat ngalahin monster yang jauh levelnya lebih kuat dari dia.

Toaru Ossan no VRMMO Katsudouki 03

BlueHeaven

Straight to the bottom priority. Kualitas ceritanya meh banget. Belum kelar masalah satu, udah dikasih masalah baru. MC ga ada niatan buat dapetin fairynya sendiri dulu tah? Terus ini anime malah backwards pula. Ngapain nunjukkin macam instant craft kalau MC dipaksa masak lagi macam kerja rodi?

Wataoshi 03

BlueHeaven

Tiap kali ada catur bakal saya bahas gamenya. Ini konyol sih. Orang lagi diskak, malah skakmat balik. Saya sudah lihat posisi raja putih dan raja hitam. Kalau mau skakmat balik, itu benteng yang dimajuin harus bisa nutup jalur skak putih. Kalau ga mau dikritik soal ginian sih gampang, ga usah nampilin full board papan caturnya. Dengan demikian saya bisa ngerti kalau mereka ga serius buat nampilin itu. Karena di sini papannya disorot full board beberapa kali, wajar saya bisa analisis, tetapi semuanya zonk. Lucu aja sih di game kedua lawan Claire bidak masih banyak tapi si Rei udah majuin pion ke A3 dan benteng ke A2. Wasting tempo macam apa ini? You are not Ding Liren.

Ikenaikyou 03

BlueHeaven

Another new character. Why, just why. Karakter baru selalu tampil dengan pakaian yang serba terbuka. Bikin kontras sama couple utama gitu? Yang penting bisa lihat karakter Hayamin LSBH lagi. Ceritanya masih ringan dan santai diikuti.

Kimizero 03

BlueHeaven

Episode ini nunjukkin betapa bucin MC ke pacarnya. Reaksi dia bikin jijik tiap kali tersipu malu dengan pacarnya. Syukurlah nih temannya Luna ga berlagak seperti pahlawan kesiangan. Karakter baru yang LSBH emang nyebelin. Tapi LSBH mau gimana, ya tetap saya maafkan salah dan dosanya, hehe..

Hametsu no Oukoku 03

BlueHeaven

Pembantaian direhat dulu. Segala cewek misterius yang tampil di episode ini saya anggap sebagai witch. Pasti dia sengaja maju sendiri buat ngasih waktu ada badan dummy buat nyelesaian pertarungan konyol ini. Redia juga terbatas untuk nyalain alat anti sihirnya. Jelas ada harga yang mesti dibayar. Mampuslah kaisarnya itu pidato sampai pake dua infus gak tuh. Matinya si sniper juga membuat saya senang. No non-sense clearing, yeah.

Spy x Family Season 2 03

BlueHeaven

Episode ini spotlight diserahkan sepenuhnya ke Yuri. Seperti biasa, isinya ya dia ngerjain misi polisi militer dan siscon time dengan Yorr. Minggu depan saya mencium aura Becky yang sudah ditunggu.

Tearmoon Empire 03

BlueHeaven

Ketemu calon antagonis malah jadi calon nakama. Ann juga dibayar mahal kesetiannya. Ranjangnya saja dibuat sama dengan Mia. Mia kayaknya dapet dua ouji sekaligus dalam satu episode. Sasuga Mia-sama.

Butareba 03

BlueHeaven

Welp, didn’t expect that. Masih ada Kiritobabi yang joget dengan durasi yang lumayan, tapi episode kali ini dikit banget monolog halunya Kiritobabi. Malahan dibuat lebih tertekan dari yang saya duga. Animasi pembunuh yang otw tolong dong itu bikin sakit mata. Masih 3 episode, mungkin bakal ada ristae hitam yang dipakai buat nolongin Kiritobabi biar ga jadi modar.

Kikansha no Mahou wa Tokubetsu desu 03

BlueHeaven

Agak forced tetapi dibilang fast paced tempo juga engga. Romantica mulai keluar lah itu sifatnya yang likeable. Wajar sih dia ga suka dengan MC apalagi sering senyum freak gitu. Wajar juga dia mau nerima ajakan party dari alpha class. Saya kurang peduli saya karakter trap jadi berusaha ga banyak komentar soal ini.

Potion-danomi de Ikinobimasu 03

BlueHeaven

Omongan Kaoru nyelekit banget langsung bikin para wanita kasta tinggi menangis. Lagian pangerannya tololnya minta ampun. Maksa sampai malu-maluin diri sendiri di pesta buatannya. Bagian akhir episode ini agak maksa. Saya kurang suka dengan loncatannya, ga seperti di episode-episode sebelumnya yang masih acceptable.

Saya kasihan sama FUNA yang capek-capek bikin FMC cerdas dan menarik tapi dapat adaptasi seadanya. For your information, yang buat anime ini itu studio yang pernah rilis anime hentai pada masanya. Pernah bikin anime dewasa tapi visual anime ini dihajar bocah semua, tepok jidat aja deh.

Dark Gathering 15

BlueHeaven

Yayoi enak banget lempar boneka kayak pokeball. Fix ini pokemon battle versi horror. Hantu veteran perang keren sih kemampuannya, cuma ya kalau pikirin nasib dia ngenes juga. Arwah youtuber LSBH juga berhasil diamankan berkat gercep Yayoi dan kemurahan hati Eiko.

Idolmaster Million Live! 03

Kaczmarek

Yuriko disuruh langsung nunjukin jadi senpai dan tentunya fisiknya bilang, ntar dulu. Tiga episode yang standar Imas bgt, kecuali pengenalan para alien di luar gedung. Lagi-lagi presiden ngasih instruksi yang gak jelas dan memaksa producer mikir perencanaan yang harusnya udah disiapin beberapa bulan lalu.

Jujutsu Kaisen 37

Kaptain

Selain ngasih aksi dengan kualitas film, ini episode nunjukin kalau insiden dengan Aoi Todo dulu bukan cuma guyonan aja. Sebagai protag seri shounen Itadori emang punya skill yang bahaya banget: “Ngasih flashback palsu ke target”. Sesuatu yang sayangnya belum dapet fokus lagi di manga-nya.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Ineeskuu mana mama Ines, aku butuh mamah Iness biar W gak masak kentang di base sendirian mulu. Tapi jujur orundum di dompet cuma kuat 30 rolls. Jujur gak yakin dapet Ines sebenernya. Di IS3, meanwhile, masih stuck di insencion 15.

Neural Cloud

Kaptain

Lucu aja abis event banner Clotho yang depresif masuk ke event di mana dia bisa goblok sepuasnya. Ini mapnya juga nuntut punya dia, Persica, Florence AI3, atau Nanaka yang nyetok Ult ngeliat unit dijamin semaput sama mob baru. Kalau mau ngelarin story juga ya tinggal main Hard dua kali, atau ya nrimo aja main Normal.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: gamigami_maou