[JOI Spotlight] Ghost Dog Edition

March 17, 2024 21:27
[JOI Spotlight] Ghost Dog Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di bulan yang kita perlu lebih bersabar. Seperti biasa mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir minggu ini.

MahoAko 11

Kaptain

Yoko Hikasa earning her pay. Selamat atas promosinya, baik via upgrade class dan dapet posisi manajemen. Tunjangan dapet real estate gratis di dimensi lain, akomodasi nyusul.

Kaczmarek

Oh Venalita, apa yang kamu masak? Tanaka gapapa kok, cuman di-banish sementara aja.

Delicious in Dungeon 11

Kaptain

Konflik klimatik dapet kualitas produksi film, sampe ga dapet sesi kuliner. Ini juga stafnya demen banget sama sudut kamera shot-counter shot yang emang kepake dengan bagus. Target jangka pendek dicapai dan musim ini udah berkali-kali nekanin soal gimana sistem pembangkitan bekerja. Dan this is what they have to work with.

Mato Seihei no Slave 11

Kaptain

Kalem mbak Tenka. Diplomasi berhasil walaupun emang mesti di akhir banget baru efektif.

Kaczmarek

Ini pertarungan atau taaruf ya? Make it double dengan imajinasi Tenka yang gak karuan arahnya. Nudity mode on di proyek ini juga jadi pemoles tiap fanservice. Oh sh*t, baru ngeh yg ngisi Shikoku ini mbak Mako Morino.

Shin no Nakama S2 10

Kaczmarek

Can we diminish Lavender quickly? Tapi Red punya cara dewasa untuk ngubah pandangan si Van dengan ngasih saran macem-macem. Nyisa dua episode terakhir, tinggal bagaimana malem ini musim keduanya dibungkus. Honestly agak kaget ada insert selangkangan Red disodorin ke muka Rit dan bikin blushing lol.

TsukuMichi S2 10

Kaczmarek

Abelia udah jatuh cinta banget sama Shiki tapi cowok yg diisi TsudaKen ini kayaknya gak peduli amat sama percintaan. Ini episode yang ibaratnya les tambahan aja sih daripada remedial. Yuno sama Sif masih bersikukuh untuk menjadi partner si Makoto.

YouZitsu S3 11

Kaczmarek

Rigged. Sejak orang itu dateng ke sekolah, fabrikasi sistem dan hasil bakal terus ada sampe dia ketendang. Uniknya Arisu sama Kiyo mau tanding ulang dengan cara manual. Ini episode isinya bucin bgt tapi lucu dari sisi Arisu. Flashback kenapa Arisu tahu bahwa Kiyo ini jadi bahan “eksperimen” dan ditambah sumpahnya untuk bersanding di sampingnya. Whole advantage dari situasi keluarganya, kecuali kakinya yang masih pincang.

BlueHeaven

Akhirnya kita punya real catur momen dalam anime. Suzume agak sok tricky pakai queen’s side fianchetto opening sebagai gantinya telat nguasain central position. Bayangin aja Arisu udah naruh dua rook di D dan E file sedangkan putih cuma bertumpu sama Queen di mid game, berasa ga guna itu bidak lain. Cuma Arisu udah lock posisi raja buat diskakmat, jadi ia berani ngebuang tiga langkah buat mindahin ratu dari kiri ke kanan. Kalau lihat dari posisi opening sama mid black yang unggul, tetapi endgame malah white yang bisa menang. Tentu saja kalau ga disabotase kita bakal melihat queen sacc double yang memutarbalikan keadaan untuk kemenangan kubu putih.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 11

Kaczmarek

Sampe sekarang kita belum bisa nangkep pola pikir Fuuka secara solid. Di pikiran seseorang biasanya  keluar “Seharusnya gue bertindak gini sih” saat berada di situasi dunia nyata. Episode ini bakal berasa saling berlawanan dengan situasi dunia nyata terutama soal masalah budaya. For ex: kita tahu tendensi westerner lebih ke nunjukin sisi unik mereka ke dunia, sementara di beberapa bagian di Asia, kita yang harus memantaskan diri untuk bertindak di dunia mereka. No Fuuka, don’t use Aoi as an ideal.

BlueHeaven

Pola pikir introvert yang menatap ke luar lewat jendela yang namanya buku cerita. Buat matahin itu, Tomozaki wajib baca tuntas novel yang berkaitan supaya bisa counter kejanggalan yang harus dipatahin buat nyelesain arc ini. Mimimi semakin tenggelam di dunia yang dikuasai cerita yang ditulis Fuuka. Keberadaan karakter penulis dalam cerita adalah absolut, representasi author aslinya dan bakal dapat belas kasih karena job desc yang sama. Sing ngada yang lawan.

Ishura 11

Kaczmarek

Kate done, Regnejee done. Sempet ngira yang ngebunuh mereka berdua si Hargend tapi dari POV lain ternyata Alus yang nyelesein masalah ini. Yuno pinter ngasih tanda ke Soujirou untuk datang nyelametin dia Meanwhile, Soujirou nunjukin skill utamanya soal pedang. Dia yang memperkuat senjatanya, bukan senjatanya yang memperkuat dirinya. Also, RIP Dakai.

Sokushi Cheat 11

Kaczmarek

Pace masih konsisten cepet banget tapi sedikit insert joke di dalam kekacauan ini Death Game bikin saya ngapresiasi Dannoura secara lebih. RIP Mikochi. Ya saya gak nyangka ada fanservice disini pas suitnya Dannoura kelepas. Nyisa satu episode, dan kita dikasih bom hidrogen (atau nuklir?). Open ending kali begini mah kalau akhirnya cuma Kenja Sion dibunuh sama si Yogiri.

BlueHeaven

Waktunya bersih-bersih karakter. Agak sayang idol harus selesai riwayatnya di episode, melihat banyak juga murid yang sebenarnya menyimpan kekuatan sebenarnya, Kenja Sion dah bener nyuruh Danganronpa OSIS moment buat jadi bumbu ujian terakhir. Orang kalau dikasih power dan dianggap dia paling OP maka lihatnya betapa corruptnya manusia tersebut. Harusnya ending dari anime ini bakal ke kekalahan Sion dan matinya si android. Good job Mokomoko untuk fan service Dannoura minggu ini.

Majo to Yajuu 09

Kaczmarek

Helga akhirnya gak perawan lagi bibirnya. Ini pertarungan yang agak antiklimaks sih pasca Guideau dalam peti keluar melawan Ashgan. Dapet flashback lagi soal keluarganya Helga, dan nampaknya ini keluarga full cewek anak-anaknya. Kalo ada flashback lagi atau berhubungan dengan Helga jadi Witch bisa nutup beberapa plothole di kepala gue.

Chiyu Mahou 11

Kaczmarek

Hello shounen lovers, welcome back to another edition of gak bakal ilang nyawa walau udah kehilangan organ. Konsepnya si Usato ini gak jauh sama overheal atau light magic yang jadi momok untuk dark type. Jadi keinget satu item di Arknights yang kalo overheal bisa ngasih arts damage. Anyway, kita dapet info kalo Kuro Kishi itu cewek (pura-pura gatau) dan diisi Yuuki Aoi.

BlueHeaven

Title drop, shesshh. Selain itu, saya kurang suka mekanisme adu kekuatan yang membuat seakan healing jutsu > enemy power. MC terlalu OP dari segi kekuatan. Sekarang pasukan iblis dah retreat, bisa dibilang kita akan melihat epilog after climax minggu depan.

Nozomanu Fuushi 11

Kaczmarek

Rentt milih drone seolah masa kecilnya kurang bahagia, walau bener aja. Dia juga dapet darah vampir yang kayaknya berefek besar nantinya. Anyway, ini keluarga Latour belum dapet spotlight yang cukup buat ngebahas latar belakang mereka. Laura mulai resmi diperkenalkan dengan menaruh perhatian ke Rentt yang seperti yang dia udah sadari kalau dia bukan manusia. Agak aneh ngedenger Lorraine bilang keluarga Latour ini gak dikenali walau dia udah lama di kota ini.

Frieren 27

Kaptain

Waktunya wisuda, waktunya nyari penyakit sama rektor. Maybe just maybe kalau dah dari awal tahu ada kandidat yang bakal ngerusak ujian, bikin tes yang sesuai gimana? Atau lebih praktisnya ya sesi interview aja yang dibutuhin. Respon Fern dah bisa ditebak, “Your curriculum are whack”. Di poin ini juga dapet sponsor lain juga ya ga bakal susah.

Ini emang dah temanya nih seri sih, jadi buat penonton yang susah nangkep juga udah eksplisit dijelasin makna dari sihir bunga Flamme, umat manusia diselamatkan oleh sihir yang pada dasarnya itu deklarasi cinta.

BlueHeaven

Episode HRD berlanjut minggu depan.

Sasaki to Pii-chan 11

BlueHeaven

Ini mungkin jadi keluhan yang sudah ada sejak anime ini pertama kali dirilis. Lawan musuh kuat tetapi yang maju Pii-chan jadinya BGM yang dipake kayak taman kanak-kanak moment. Nyatanya musik mempengaruhi suasana dalam cerita dan ini malah downgrade cerita yang acak kadut penempatannya. Sisa satu episode dan mereka udah spoil minggu depan fokus ke mahou shoujo. Pesimis bisa dapat otonari moment again.

Akuyaku Reijou Level 99 10

BlueHeaven

Episode khusus buat ngejar ketertinggalan development Alicia. Sesuai template, monsternya didominasi CGI sama kayak Ryuu. Satu hal yang bisa diapresiasi, episode ini ngasih full insight betapa menyenangkannya leveling di dungeon.

Saijaku Tamer 10

BlueHeaven

Makin kelihatan nuansa anime isekainya dengan big brain tactics by a 9-years old kid. Meski sempat dibuat berprasangka buruk ke Mira dan menganggap dia mirip bitchi dari Tate no Yuusha, saya harap dia bisa berubah hatinya dengan modal dibela Ivy soal kerjaan tamernya. Mereka sebenarnya bukan orang jahat, tetapi orang susah yang terpaksa karena keadaan.

Bravern 10

Kaptain

Jadi bagian timeloop Smith emang udah eksplisit, sekarang giliran keterlibatan Lulu di loop ini yang dijelasin. So yeah, ini kasus 2 timeloop yang numpuk. Sisa antagonis dah ngumpul di Mauna Kea jadi dah ga perlu keluyuran lagi.

Mashle Season 2 09-10

BlueHeaven

Edo-tensei, jurus pamungkas bayaran nyawa, kurang ujian chunin Naruto apalagi arc kali ini. Cuma karena Mash sudah masuk boss battle jadi kemungkinan nyawa kepsek masih bisa selamat meski hilang satu tangan. Anime se-fun ini kalau ada korban jiwa komedinya langsung pudar.

Ragna Crimson 22

BlueHeaven

Slime kelamaan emutnya, jadi gagal mati lagi si jenius. Dilihat dari jumlah yang berdiri, pasukan hime sisa dua jiwa. Bisa-bisanya ngasih flashback karakter death flag di episode kematiannya pula. Terlalu baik series ini buat camat. Ragna sama Woltekamui ga dimunculin karena mubazir kalau dipaksa masuk di setiap episode, toh prioritas ngelarin pertarungan lawan naga lain dulu baru MC terakhir.

Solo Leveling 10

BlueHeaven

It’s about time seseorang masuk karena kebetulan beruntun yang melibatkan Jinwoo. Bisa-bisanya mereka ngajarin orang scamming. Ini teknik jahat bisnis juga, ngeborong semua stok terus jual mahal biar cuan.

Bokuyaba Season 2 11

BlueHeaven

Penyelesaian dengan Adachi. Sekarang harusnya udah gak ada penghalang buat Anna dan Kyotarou jadian. Episode terakhir kalau ga jadian mending saya jadi supporter Adachi aja deh. Momen ketika mbaknya Kyotarou datang terus ditaksir Adachi bakal jadi lol moment. Udah dapet best wing girl masih ngincer cewek lain, never change Adachi.

Shangri-La Frontier 23

BlueHeaven

Jadi mereka lawan boss dan bisa langsung ke kota ke-8, ini saya kelewat apa kota-kota sebelumnya atau ada shortcut secara geografis untuk melangkah ke kota 8? Episode ini juga melanggar hukum game yang harusnya pedang Dullahan hancur di strike ke-8. Wait, apakah angka 8 sudah diset sebelumnya agar bisa masuk di episode ini? Baru kepikirian juga pas nulis ini, lol. Saya butuh Shangflo mini buat karakter lain selain Emul bisa gak sih?

Apothecary Diaries 23

Kaptain

Kesaksian Lakan. Si paman yang kena mutasi harusnya kalian bisa tebak siapa. Seperti yang bisa kalian lihat, efek dari kematian putra mahkota punya pengaruh besar dengan kondisi Maomao saat ini. Walaupun dia juga ga mau urusan sama politik mau nggak mau ya dia udah terlanjur terlibat via hubungan darah.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Minggu pertama IS4 udah nyampe ascension 5. Agak nyiksa di awal-awal karena minim pilihan dan terutama soal squad limit. Perlahan farming ingot buat diinvest ke Cannot dan ada line baru soal Ceobe ngambilin snacknya wkwkwk.

Neural Cloud

Kaptain

Baru masuk part 22. Buat game lagi buru-buru ngosongin backlog sebelom Dragon’s Dogma 2 rilis jadi ya waktu main kepake semua buat game di bawah. Menariknya Sanctifier generasi lama ngambil nama dari mitologi Yunani sementara yang modern punya nama biblical.

Baldurs Gate 3

Kaptain

Eh screw it, Ryoko Kui suka nih game jadi saya bisa ngeles buat masukin nih game ke artikel. 72 jam buat run pertama yang ngeliat respon temen main lain, ini itungannya ngebut. Komplain saya juga umum kok, Act 3 yang ga serapi Act 2 dan karakter game sebelumnya yang underwhelming.

Tapi ya nyatanya saya langsung semangat bikin karakter buat run selanjutnya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: OBazzotto