[JOI Spotlight] Liminal Edition

September 24, 2023 21:30
[JOI Spotlight] Liminal Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup September ini. Di minggu yang lagi ga enak buat karakter mentor ini mari kita simak impresi para staf Jurnal Otaku.

Mushoku Tensei II 11

Kaczmarek

Arc erectile dysfunction akhirnya klimaks disini. Pengungkapan Fitz sebagai Sylphy ini juga diwarnai isi kepala si elf yang ternyata gak jauh beda sama neneknya. Ariel sama Luke dengan ekspresi priceless jadi meme tersendiri dari adaptasi ini. 1 eps left, let’s enjoy it.

BlueHeaven

Saya adalah Ariel ketika mendengar Sylphy versi Darkness keluar imajinasinya.

Yumemiru Danshi 12 (End)

Kaczmarek

Gak jadian, gak peresmian, tapi minimal dapet kembalian. Karena trope macam ini emang familiar sama tarik ulur sesuai sama dunia nyata, jadi keduanya bisa bareng lagi gini jadi lebih baik. Minusnya ya cuman transisi yang gak konsisten dan penggunaan frame untuk POV yang mengecewakan daripada proyek isekai vending machine dari studio yang sama. Kalau polesannya macem Tomozaki-kun, mungkin rating dari penonton bisa lebih tinggi walau skenarionya tak berubah. 6,5/10 overall, tapi dari sisi enjoymentnya masih bisa ditolerir.

BlueHeaven

Baru kali adegan pegangan tangan di anime romance sehambar ini. Mungkin karena terlalu banyak hal ampas di anime ini sampai saya tidak bisa melihat romansa Aika dan Wataru. Karakter sampingan dipaksa menyingkir sehingga terjadi momen mereka berdua. Ga terima saya itu teman cowonya Wataru berasa sia-sia muncul sepanjang 12 episode terus menghilang seperti uap. A lot of waste potential.

Higeki no Genkyou 12 (End)

Kaczmarek

Paling enak emang diakhiri dengan jilatan kaki yang gak ada harfiahnya dari Val. Pride masih bisa dipermainkan Val walau udah berdamai dengan masalahnya. Akhir yang baik untuk Val, Semec, dan Kemet. Ditambah Pride yang udah bersiap untuk ngecanangin “sekolah” di kerajaan. Masih ada villain lain yang harusnya ada untuk dilawan Pride tapi dengan adaptasi berakhir, apakah bakal ada S2?

Spy Kyoushitsu 11

Kaczmarek

Sempet mempertanyakan gimana author bisa nyelametin Thea dari posisinya. Awalnya ngira bakal ada skenario Klaus masuk gitu aja dan ngebunuh Murasakiari tapi twist soal masa lalu Thea dan Feronika ini bisa ngejawab flashback beberapa episode sebelumnya. Masih gak dijelasin gimana anggota lainnya bisa kabur dari anak buah Murasakiari lainnya. Tapi demi mempersingkat atau nyederhanain proses

BlueHeaven

Kekuatan Thea adalah manipulasi dan membuat orang lain jadi pengikutnya. Ini sudah direveal saat arc Forgetter. Jadi, soal Thea yang berhasil membuat Shikabane bertekuk lutut sudah bisa saya kira sebelumnya.

Yang keren adalah Klaus bisa mendapat development di episode ini. Pertarungan dengan Purple Ant juga punya tense yang enak dinikmati. Intinya, terima kasih atas asupan Thea yang menyegarkan.

Nanatsu no Maken 12

Kaczmarek

Dikasih konteks akhirnya kenapa Ophelia punya kekuatan mirip succubus. Meski situasi rasnya gak dalam keadaan baik-baik aja, malah jadi penasaran gimana keluarga Salvadori nanganin masalah populasi ini. Satu penjelasan kenapa murid harus lebih ‘mandiri’ daripada mengandalkan guru-guru disini menjelaskan ini akademi lebih kayak penjara daripada sekolah. Episode ini jadi redemption arc buat Vera dan hubungannya sama Sword Roses.

Ada beberapa easter egg yang jadi teaser buat plot arc berikutnya. Gue ngasih satu aja mungkin yaitu Shannon. Ngerasa gak kalau hubungannya sama Oliver ini deket banget? Selain karena dia tipikal “doting onee-san”, Shannon juga punya kontak intim dengan Oliver dimana nasibnya juga ditentukan sama sang MC. Shannon juga punya peranan terkait Ophelia sekarang ini, terutama keduanya dari keluarga yang konservatif.

Oiya, tungguin bagian parfumnya Ophelia berefek ke trio Sword Roses ini. Bakal ada momen menarik ke Oliver dari kedua heroines.

Temple 12 (End)

Kaczmarek

Dimulai oleh Aoba, ditutup oleh Aoba. Gaada perkembangan yang terlalu gede kecuali treatment mereka ke Akagami. Aoba masih naif, Akagami masih menikmati nikmatnya dunia, Tsukuyo kini dari benci jadi cinta ke Akagami, Kagura still being a KAG, Mia masih se-airhead Aoba, dan Kurage yang masih minor. Tbh, Kiki yang dipertuan disini kudu banget jadi tukang bersih-bersih terus, kecuali kalau ada liquor. Minusnya cuman satu, penjabaran finansial ini kuil masih tanda tanya padahal nopang 8 orang (termasuk satu kucing).

Horimiya Piece 13 (End)

Kaczmarek

Entah ya, gue gamau ini seri berhenti diadaptasi. Mungkin karena ke-random-an mereka ngingetin gue sama trope school romcom yang udah nempel di otak sejak mulai nge-wibu sejak 2008-an. Kangengin kalau ilang, kalau gak ada selalu gak diprioritasin. Kudos untuk para komite untuk ngadaptasi epilognya juga di saat ngira bakal ada kerandoman chapter lain yang bisa jadi penutup. Good bye, kino-series!

Dark Gathering 11

BlueHeaven

Episode ini sengaja ngasih vibe “agak susah” ditaklukin karena level setannya dah berbeda dari sebelum-sebelumnya. Cuma ya, kalau mau ngasih Yayoi digantung jangan dispoiler di preview kalau ada scene Yayoi bisa lari untuk episode berikutnya. Jadi sia-sia tangisan Keitarou ga ada artinya.

Jidou Hanbaiki 12 (End)

BlueHeaven

What a way to end the first season of the series. Saya cukup menikmati perjalanan Hakkon dengan segala keterbatasan speechnya. Di episode terakhir kebuka telekinekis sempat membuat saya berpikir kenapa ga dari dulu, tetapi langsung ngerti karena munculnya lebih punya kesan kalau ditaruh di scene ini.

Jadi AED dan usaha membuat jantung kembali berdetak masih bisa membuat orang yang kena serangan kritis bisa hidup lagi. Ini sebuah sentuhan yang jarang, mengingat isekai mengutamakan sihir yang bisa menyembuhkan bahkan membangkitkan kalau perlu.

Selamat untuk pengumuman musim keduanya.

Watashi no Shiawase na Kekkon 12 (End)

BlueHeaven

Happy ending tentunya sesuai judul. Sinetron ini berlanjut ke musim kedua. Meski saya paham ada musuh yang belum dikalahkan, saya belum melihat ada suatu hal yang benar-benar bisa membuat saya tertarik untuk musim keduanya. Perlunya karakter baru mungkin bisa menambah angin segar di musim kedua. Cuma kalau bisa dikasih wholesome scene lebih banyak lagi karena judulnya terlalu positif tidak dibarengi dengan nasib karakter yang selalu kena masalah.

Seija Musou Salaryman 12 (End)

BlueHeaven

Anime yang punya bagian pembuka yang boring akhirnya bisa saya kejar sampai tamat. Maklum, baru bisa dapat enaknya menjelang akhir. Tidak banyak yang bisa dikomentari. Jokes yang maksa tapi lama-lama luluh juga saya dengan kegaringan mereka. Informasi di episode akhir membuat saya berharap bakal ada musim keduanya. Serius, untuk anime sejelek ini saya benar-benar bisa melihat kelanjutan ceritanya.

Level 1 Dakedo Unique Skill 12 (End)

BlueHeaven

Sweet ending for Ryota Family. Himesama akhirnya dibuat lebih aktif di episode ini. Satu hal yang disayangkan adalah pertarungan Ryota dengan dungeon master Nihonium terlalu cepat selesai. Party yang bertolak belakang dengan Ryota yang kerjanya rodi juga sudah tidak muncul lagi. Sisanya ini sudah decisive ending. No sequel no problem.

Jitsu wa Ore Saikyou Deshita 11

BlueHeaven

Kelakuan clone Hart susah dibedain di episode ini. Professor loli freak tapi cerdas banget. Kalau Hart ga pakai clone pasti habis itu ketahuan rahasianya. KKM 20 memang di luar nalar. Emang warga isekai yang kelewat goblok dibanding Char yang sehari-hari nonton anime.

Zom 100 08

Kaptain

Lengkap deh cast-nya. Selamat datang saudari Jerman Ushio Kofune. Ini 2 cerita yang fokus di liburan wisata emang jauh lebih santai dan menghibur setelah balik ke subplot keluarga/tempat kerja toksik minggu lalu.

BlueHeaven

Akhirnya bisa melihat siapa karakter bule yang selalu muncul di ending song. Kesimpulannya, party sekarang punya satu tank, satu DPS, satu support, dan satu penari bugil. Debutin bule semok di episode fan service, what a genius entry.

Jujutsu Kaisen 33

Kaptain

Baik di anime dan manga si mentor emang lagi apes. 0,2 detik, itu aja yang dibutuhin buat bikin orang koma selama 2 bulan. Nih episode juga ga ngasih impact yang kuat kalo ga nonton Movie 0 dan ini ngingetin saya kalau subplot tertentu soal monster yang pake badan Geto itu belom diangkat lagi di manga.

One Piece 1077

Kaptain

Ini anime lebih ekplisit kalau kedua mantan Yonkou itu mati banget, atau minimal ini luka yang bikin mereka ga aktif lagi di level Yonkou. Rada ngeselin deklarasi Momo ga kesampean di nih episode buat penutup konflik, tapi ini Toko emang selaku perwakilan warga sipil korban Smile butuh momen dia.

Neural Cloud

Kaptain

50 roll buat si adik. Dari judul stage juga ini emang tipikal cerita Wuxia, cuma ya ngeganti kehormatan perguruan dengan posisi casting. Pada akhirnya ya malah Kuro “Alter” yang dapet character moment bagus di nih event. Dev juga kayaknya dah sadar dia keseringan dijadiin butt monkey.

Cyberpunk 2077

Kaptain

Patch 2.0 sebelum ekspansion bentar lagi. Konten lanjutan Edgerunner biar nyambung sama nih rubrik. Di luar batu nisan baru ya varian Sandevistan yang akurat sama anime-nya (Apogee) nongol juga buat build late game. Udah banyak yang ngasih opini soal nih update jadi singkatnya saya bilang aja gameplay loopnya buat yang hobi keluyuran dah lebih rapi dan bersih. Udah gitu ini perk baru bisa ngasih V mobilitas kayak Doom: Eternal.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: tired0120