Jadwal Kerja Mangaka “One Piece” Sangat Gila!

October 11, 2015 14:41
Jadwal Kerja Mangaka “One Piece” Sangat Gila!

Kita semua sudah tahu kalau mangaka itu jadwal kerjanya padat sekali, senantiasa dikejar deadline dan hal lainnya. Tapi setidaknya mereka tampak masih punya waktu rehat dan lain-lain. Lalu gimana dengan sang legenda hidup, Eiichiro Oda sang mangaka One Piece?

Diantara manga populer, One Piece sangat jarang hiatus karena sakit atau hal lainnya. (Beda dengan mangaka yang hiatus gara-gara pisang busuk) Jadi setidaknya Oda cukup menjaga kesehatan dan cukup tidur. Ternyata kalau dibandingkan dengan kita, apalah kita ini. Oda mengungkap jadwal kerjanya sehari-hari dalam sebuah wawancara dan hasilnya mengejutkan! Ini dia jadwal harian Oda menurut orangnya sendiri:

Bangun jam 5 pagi, mulai kerja.
Lanjut kerja seharian, hanya istirahat untuk makan dan kamar mandi
Tidur jam 2 pagi.

Bayangkan dengan kita yang biasanya kerja “hanya” dari jam 9-5, atau paling lama 10 jam sehari dengan lembur, itupun tidak tiap hari dan hanya 5 hari seminggu. Oda? Dia berkata dia sangat jarang mengambil hari libur termasuk akhir pekan! Ingat kalau One Piece terbit tiap minggu. Sementara itu jadwal kerja mingguannya adalah sebagai berikut:

bc4190d5

Senin-Rabu: Layout dan dialog karakter (Name)
Kamis-Sabtu: Gambar dan tinta
Minggu: Warna dan lainnya

Ya memang, Oda masih tetap mendapatkan hari libur yang dibutuhkan. Seperti misalnya saat sebuah antologi menggabungkan 2 chapter dalam satu edisi dan memberi Oda waktu seminggu tambahan dan punya waktu luang. Bicara tentang waktu luang, bagaimana ia menghabiskan waktunya itu? Main game?

“Biasanya aku berkumpul dengan mantan asistenku, atau mangaka lain dan teman yang telah membantuku. Silaturahmi dan berbincang mengenai kesibukan saat ini.”

Jadi saat lagi kosong pun, Oda terus berbicara tentang manga! Salut sama mangaka yang satu ini. Tapi tolong jangan kelelahan dan kenapa-napa sebelum One Piece tamat ya, karena kita bakal mati penasaran kalau begitu caranya.

Sumber: Rocketnews