[Review] BOFURI

Sesuai janji April Fools kemarin, inilah review anime musim dingin 2020 kedua dari JOI. Yap, apalagi kalau bukan salah satu anime yang paling ramai dibahas selama tayangnya, BOFURI.

BOFURI adalah kependekan dari judul aslinya yang begitu panjang yakni Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu. Anime ini telah tayang selama 12 episode tanpa penundaan satu episode pun sejak 8 Januari hingga 25 Maret meski ditengah pandemik virus yang membuat beberapa judul mengalami penundaan tayang.

Bercerita tentang Honjou Kaede yang diajak temannya Shiramine Risa untuk mencoba VRMMO baru yang bernama New World Online. Kaede pun memulainya dengan IGN (In-Game Name) Maple yang sesuai dengan namanya. Memulai petualangannya di game baru, Maple pun memutuskan untuk menaikkan stats VIT (vitality) agar tidak merasa sakit ketika mendapat damage selama bermain.

Let’s Clear This First: THIS IS NOT ISEKAI

Beberapa otaku salah menganggap bahwa anime ini adalah isekai. Anggapan itu adalah salah sebab dalam anime sendiri jelas membahas soal mekanisme game. Memang game yang dimainkan Maple mirip dengan salah satu anime ternama seperti SAO apalagi cara loginnya menggunakan alat seperti nerve gear. Bolehlah kamu mengganggap serial ini terinspirasi oleh SAO tapi mengganggapnya sebanding dengan SAO adalah salah besar.

Persiapan Maple ketika hendak login ke gamenya

Isekai sendiri adalah subgenre populer yang menggunakan plot karakternya ditransfer dari dunianya yang lama ke sebuah dunia yang baru, biasanya fantasi. Sang karakter bisa berganti dunia melalui dua cara: pemanggilan atau reinkarnasi. Pemanggilan artinya karakter tersebut hidup-hidup ditransfer ke dunia lain, sedangkan reinkarnasi berarti karakter harus mati terlebih dahulu (seperti ditabrak truk dan semacamnya) barulah berpindah ke dunia lain.

Beberapa isekai memang menggunakan gimmick seperti game yang bisa kita lihat di serial seperti Tate Yuusha no Nariagari atau Death March, tapi itu tidak membuat serta merta genre game menjadi sub bagian dari isekai. ‘Game‘ adalah suatu genre yang berdiri sendiri. Kamu bisa mengambil contoh anime yang bergenre game seperti: Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta atau Accel World.

Toh mereka cuma pelajar biasa yang main game untuk bersenang-senang

Melihat Maple bisa bebas logout tanpa kesulitan, jelas anime ini tidak bisa dimasukan kedalam genre isekai. Jadi jelas disini ada perbedaan yang besar antara anime ini dengan subgenre isekai (nantinya saya akan bahas ini dalam satu artikel utuh).

Just Have Fun in Game

BOFURI ditulis oleh Yuumikan, seorang yang sudah khatam soal MMO. Ditulis oleh seseorang sudah pernah bermain MMO tentunya menjadi keuntungan besar bagi BOFURI. Selak beluk mengenai VRMMO tidak ditulis asal-asalan. Dalam light novel berbagai stats dan skill ditulis dengan jelas, namun di animenya hanya ditunjukan sebagian yang penting saja.

Di animenya tidak terlalu dijelaskan, namun dalam light novelnya ditulis membutuhkan waktu berjam-jam untuk adegan makan monster yang dilakukan Maple. Kalau Maple tidak kuat VITnya pasti dah keburu mati duluan.

Dalam menulis ceritanya, Yuumikan berfokus kepada soal bersenang-senang dalam bermain game. Jadi buat kamu yang mencari anime yang serius mending gausah nonton BOFURI sambil gerutu. Fokus yang ditaruh diplotnya sangat begitu jelas. Dengan karakter utama Maple, anime ini bisa menghadirkan ‘one (wo)man show‘ yang sangat menghibur. Contoh anime yang lain yang berhasil menggandalkan plot seperti ini adalah One Punch Man.

Tujuan Maple yang hanya untuk bersenang-senang inilah yang sebenarnya merupakan hal penting dalam menikmati game. Ide-ide konyol Maple seperti memfokuskan diri untuk menguatkan VIT saja atau kelaksekannya dalam mendapat skill imba dan dikombinasikan diluar nalar developer adalah bumbu-bumbu utama dalam memperkuat rasa bersenang senang dalam game. Penonton disulap untuk terhibur dengan tingkah-tingkahnya yang menyenangkan untuk disaksikan.

Perkembangan karakter juga terlihat begitu menjanjikan. Setiap episode ada saja development yang diterima Maple. Beberapa karakter pendukung dari guild Maple atau dari guild lain menyokong keberadaan sang karakter utama untuk mendapat sorotan lebih kuat. Perkembangan inilah yang membuat tiap sekuel dari episode menarik untuk ditunggu.

bofuri

Cheers for fun!

Other Values

Kekuatan yang condong kepada karakter dan cerita, membuat sejenak kita melupakan komponen penting lainnya dari sebuah anime: audio dan visual. Dari segi animasi sebenarnya anime ini tidak memiliki sesuatu yang dikatakan luar biasa. Malahan ada banyak scene yang hanya diperlihatkan cuplikan gambar disertai insert song yang itu-itu aja. Lagu pembuka dan penutupnya juga terkesan biasa saja. Walaupun biasa saja, itu cukup memperkuat kesan ‘have fun’ yang ingin ditonjolkan dari anime ini.

Para penonton masih bisa dipuaskan dengan audio visual yang medioker ini. Hal ini membuat Silverlink selaku studio pembuat anime ini berani mengambil langkah untuk melanjutkan anime ini ke musim kedua. Meski belum diketahui kapan rilisnya, ini cukup membuat kedua pihak, baik dari pembuat maupun penonton bahagia.

Aftermath

bofuri

Tidak perlu ada lagi penjelasan yang saya buat untuk anime ini. BOFURI adalah salah satu serial anime yang sangat menghibur, tidak membutuhkan banyak logika dan teori konspirasi yang macam-macam. Anime ini bisa kamu tonton gratis di channel Muse Asia membuat nilainya lebih untuk disaksikan oleh otaku Indonesia.

Visual: 7/10

Audio: 7/10

Story: 10/10

Characters: 10/10

Enjoyment: 10/10

Overall: 8.8/10


CTian: It’s Super Duper Really Fun!

bofuri

Fun! Menyenangkan, itu cara saya mendiskripsikan keseluruhan serial anime ini. Saya mengatakan ini karena karakter utamanya terlihat having fun sekali di ceritanya!~ Walau cerita anime ini kadang terdengar bodoh dan tidak masuk akal, tapi semuanya tertangkal dengan betapa menyenangkannya karakter yang ada di seri ini. Ahh, Maple!

Maple ini apa yak, sebenarnya bukan tipe karakter yang jarang ditemui, tapi entah kenapa beda dari yang lain. Yang pasti she’s having fun dengan apa yang dia lakukan, dan hal ini membuat saya yang menonton¬† juga jadi having fun. Walau, kadang juga bisa terlihat “aneh dan menyeramkan”~ Lah gimana? Lebih baik tonton aja yak kalau penasaran, wkwk~ Yang sudah nonton pasti ngerti lah. Full of surprise Maple tuh.

Bahkan anime ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga menegangkan! Season finale-nya berhasil membuat saya bertanya-tanya “ini saya nonton BOFURI bukan sih!?”. Aksi yang disuguhkan anime ini juga tidak kalah baiknya dengan konten menyenangkan tadi. Ditambah dengan animasi aksinya juga yang kualitasnya bukan kaleng-kaleng. Bahkan lebih baik dibanding kualitas yang diberikan season terbaru dari anime yang judulnya ada angka “7” itu.¬† Terus soundtrack-nya juga enak didengar, kalau itu 1 lagu sudah terdengar pasti hal-hal menyenangkan yang akan dilakukan Maple dan kawan-kawannya.

Anime ini juga tidak jarang memberi referensi dari anime lain, yang mungkin sudah tidak asing lagi. Di episode 2 contohnya, kamu yang nonton seri Gundam (yang pertama) pasti tidak asing dong dengan 3 orang yang nyerang Maple di event kedua. Bahkan dari nama game yang dimainkan Maple juga, pasti buat kamu penggemar anime kekinian tahu itu refrensi dari mana, wkwk~ Anime ini juga mempunyai banyak sekali konten meme, yang membuatnya lebih menyenangkan lagi!

Terus, saya juga merasakan adanya formula anime-anime shonen di anime ini. Hehh, gimana tuh? Jadi gini, biasanya kan anime-anime shonen tuh protagonis pertamanya tidak terlalu mengincar kekuatan, protagonis kedua yang lebih ngebet tuh. Dragon Ball Z lah dengan Goku dan Vegeta, Naruto dengan Naruto dan Sasuke dan masih banyak lainnya. Nah, Maple di sini sebenarnya bukan player yang mengincar peringkat tinggi atau sejenisnya, just having fun. Dia bahkan ngomong gini di salah satu adegan “Tidak harus kuat asal bisa bersenang-senang bersama~”. Tapi nyatanya dia yang having fun ini lebih kuat daripada yang lain yang serius mengincar kekuatan, kayak anime shonen yang saya sebut tadi kan!? Jadi ini bisa dibilang anime shonen juga yak? /plak~

Suka cute girls doing bizzare cute thing? Mereka punya~ Aksi yang seru? Mereka punya~ Konten meme!? Apalagi yang ini, wkwk~ Ditambah lagi kamu juga bisa menontonnya secara legal dan GRATIS, di channel YouTube Muse Asia. Overall, anime ini sangat sangat sangat sangat sangat menyenangkan! Memang bukan yang terbaik, tapi salah satu yang paling menyenangkan yang pernah saya tonton. Astaga, saya tulis fun/menyenangkan berapa kali ini?~ Tapi, ini tuh memang menyenangkan banget, bisa membuat harimu lebih menyenangkan lah.