[JOI Spotlight] Plus 3 RAD Edition

April 21, 2024 20:21
[JOI Spotlight] Plus 3 RAD Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di minggu pemanasan balik kerja. Seperti biasa mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai awal seri yang sudah hadir di minggu ini.

Blue Archive 02

Kaptain

Bagian tutorial nongol dikit jadi seenggaknya Rin dapet jatah. Ini murid Pierce pada payah semua nih, ngelawan tank aja repot. BA itu punya OST yang kuat banget, jadi ini ngecewain bener ini buat animenya generik banget. Tapi ya kemungkinan besar kita dapet Unwelcome School bentar lagi.

Sekalian ngomongin gamenya deh. Siapa sih yang ngefans sama Houkago Sweets Club? Ini secara efektif karakter yang ngena tuh Kazusa doang.

BlueHeaven

Ok paha yuuka dinerf. That’s it, ga masalah sih cuma agak risih aja kalau aset paling menarik karakter digituin.

Yorukura 02-03

Kaptain

Halo red flag. Walau punya motivasi yang jelas soal obsesi dia, sang komposer perlu pengawasan serius kalo ga mau masuk berita. Ini juga transisi akhir episode 3 bagus banget walau Kiui/Kiwi ini juga sebagai talebnt punya potensi ditarget dramatuber. Then again ini keliatan kalau dia itu sepenuhnya independen.

BlueHeaven

Jadi anime ini ngasih tahu kalau ada karakter LSBH terus ngubah warna rambutnya dan yang bukan LSBH ngecat jadi LSBH? Benar-benar ngegocek fans LSBH nih anime.

Soal vtuber adalah benar kalau sebagian vtuber di luar sana NEET karena ga mungkin punya gawe 8 jam sehari buat bisa streaming dengan durasi lama meski itu malam-malam. Ye kali mau ngantuk pas kerja. Buat skill editing atau mixing juga keknya jadi keharusan sendiri biar ga keluar budget lebih buat vtubing. Yang kurang akurat mungkin peralatan streaming Kiwi yang cuma satu layar plus pakai webcam doang. Kalau mau motion capture bagus pakai iPhone harusnya. Di luar dari itu, saya suka detail kecil kayak layar HP retak karena Kiwi jatuh dan nabrak orang sebelumnya.

TsukiMichi S2 15

Kaczmarek

Well, akhirnya Makoto harus berhadapan ke situasi sulitnya buka bisnis di tempat orang. Gue bukan wirausaha, apa emang kalau buka bisnis kayak gini harus nyantumin semua metode distribusi barang juga ke regulator? I mean, dalam situasi dunia yang punya kekuatan magis, hal-hal seperti ini bisa dikamuflase sedemikian mungkin. Cara Makoto berikutnya nunjukin dia masih lemah buat ngurusin masalah kompleks gini.

BlueHeaven

Dikasih realitas bisnis yang belum saya temukan di isekai lain. Gini dong kalau mau mulai usaha pastinya ada para senpai yang siap jengal dan ga bisa diselesaiin kilat gitu aja. Scene ini ngecut bagian turnamen day 2 tapi worth it karena ini lebih berharga.

Lv2 kara Cheat 02

Kaczmarek

OP-nya aduhhhhh. Ini udah hampir 20 tahun sejak tahu nama Rie Kugimiya, dan sekarang dibuat flashback dengan peran utamanya di anime ini. Batch seiyuu proyek ini yg ditarik dari sutradara yg sama dengan Zero no Tsukaima (S1& S4 only), Yoshiaki Iwasaki. RIP Yamaguchi-sensei.

Plot perkenalan masih berjalan dengan perkenalan lebih jauh soal Fenrys yg udah ke wujud manusia lagi dgn versi lebih boing dari desain utamanya. Ditambah Balirossa, Belano, Byleri, dan Blossom (kenapa ini character pake B semua?).

BlueHeaven

Waifu baitnya sangat kuat di sini meski cuma solo heroine focus. Rys di opening aja udah berdamage gila ditambah suara Kugurie. Otaku tahun 2000-an nostalgia sama seiyuu veteran satu ini.

Mushoku Tensei II Part 02

Kaczmarek

Please, siapapun yg ngeshare itu Nanahoshi numpang berak di rumah Rudeus, keparat anda! Ini episode keganggu momennya gegara kepikiran itu mulu. Ah but anyway, selamat atas Rudeus x Syplhy, semoga SaMaWa dan dikaruniai momongan secepatnya dan sebanyak-banyaknya. Selamat juga punya nenek baru (or info telat karena baru dikasih tahu).

BlueHeaven

Kalau ini jadi ending part 1 bakal lebih bagus sih. Jadi part 2 bisa fokus ke penyelamatan Zenith. Tutorial ngundang Nanahoshi wajib sediain makanan dari real world, kripik contohnya.

Shuumatsu Train Doko e Iku- 03

Kaczmarek

Udah ngira ada efeknya itu jamur di kepala warga setempat. Bener aja, berasa nyimeng dan terbebas dari tujuan dan stress. Beruntung obat yang dibutuhkan gak jauh-jauh dari ingatan dan buah pare (iya bitter melon itu pare). MVP episode kali ini tentunya Akira dan Pochi-san.

BlueHeaven

Mulai terasa vibe gila ala Magical Destroyers. Belum jelas apa yang ingin ditampilkan dalam anime ini. Ya kali cuma nontonin satu stasiun satu episode. Kalau bukan CGDCT sudah saya drop seri ini.

Unnamed Memory 02

Kaczmarek

Baru dua episode dan kita udah dapet butchered arc buat hubungan Tinasha x Oscar. Ya progresifitas hubungan keduanya setiba-tibanya bisa lebih deket dari episode pertama seolah ada sesuatu sebelum event di episode dua. WHY? Gue pikir komite mau nge-rush ini sampe kelar di volume tiga atau keempat. Iya, novel utamanya kelar di vol 6 sebelum dilanjutin di -after the end-

Battle scene-nya jadi highlight kalo ini studio bisa aja konsisten ngerjain proyek animasi dengan standar middle to upper. Tapi kesenjangan effort + budget di tiap episodenya bikin orang males ngikutin. Gue tahu ini common di industri kreatif, tapi gak ngasih credit ke animator itu menjijikan.

BlueHeaven

So what kalau animasi bagus? Biasakan nonton ENGI sampai akhir. Tanmoshi juga gitu kok di awal-awal, dikasih animasi bagus terus ujung-ujungnya apa? Failure. Cerita dipotong-potong, penurunan kualitas visual, udah biasa penyakit ENGI bisa kelihatan pas seri ini sudah berjalan panjang. Cuma saya bisa apresiasi kalau Tinasha digambarkan cantik banget di episode ini. Menyembuhan sambil mempercepat pertumbuhan umu~

Date A Live V 02

Kaczmarek

Tenang sebelum bencana. Episode yang ngasih penebalan di ciri khas tiap ensemble-chara di proyek ini. Cerita isi onigiri bagi masing-masing karakter disini ngingetin kalau kualitas penulisan di adaptasi di musim ketiga itu membosankan. Ditambah makin kesini ini seri udah ngarah ke bawah awan mendung daripada ke sinar matahari. Masalah soal Mio ini bakal nentuin eksistensi makhluk di sekitar Shidou.

Henjin no Salad Bowl 03

Kaczmarek

“(S)he’s the messiah”

“Nope, just want to ballin’ and eat.”

Livia focused episode yang nunjukin ini karakter gak 100% naif. Siapa juga itu yang nge-sub kata-kata Sara soal fappable body-nya Livia, pfftt. Anyway, cult yang dipimpin Noa ini gak kena damprat otoritas nunjukin emang ada “magis” yang dia pake. Mengesampingkan video brainwashing itu, bisa aja Noa juga isekai-ed kesini kayak Livia dan Noa. FYI, Livia udah legal untuk minum-minum karena udah umur 20 tahun ya guys.

BlueHeaven

Livia cocoknya kerja di dark world. Homeless, hostess, fraud, terus apalagi, berasa jadi protagonis GTA. Nambah lagi satu karakter khas Kantoku di seri ini.

Mahouka 3rd 03

Kaczmarek

Dengan segala tetek bengeknya masalah anggota dewan dateng ke sekolah dan Tatsuya cs bikin skenario kalau “sihir” gak serta merta dipaksa untuk dipelajari, kita dapet scene Lina yang bikin senyum-senyum sendiri. Maya kembali dapet scene karena posisi dia penting untuk kelanjutan cerita. Berharap flashbacknya dipercepat sih soal latar belakang si tante-nya Tatsuya. Gue mau apresiasi Yonezawa Masaru yang nge-animate episode ini SENDIRIAN. Dia ngelakuin hal yg sama di season 2 episode 11. Also, departemen animasinya 8bit gede bgt sekarang kali ya karena ngerjain dua proyek barengan di musim ini.

Maou Gakuin S2 Part 2 02

Kaczmarek

Ini udah beberapa episode, dan orang yang nanyain gue siapa bocil ini udah ngelewatin jari tangan dan kaki. YES ITU ANOS. Episode yang jujur aja gak terlalu banyak hal yang bisa dipelajarin.

Tensura S3 03

Kaczmarek

Season 3 ini kita mulai dengan rapat proyek pengerjaan jalan antar kerajaan yang nantinya bakal mempermudah transportasi dan mobilisasi antar tempat. Geld curhat dan Treyni balik dengan kentang gorengnya. AniTwit bakal mencak-mencak karena progres storynya gak secepet yang dibayangkan wkwkwk. Rapat itu penting, anggep aja ini isekai korporat. Minus kita yang nyiapin konsumsinya sendiri.

BlueHeaven

Ingin ngebela kayak minggu kemarin tapi emang kalau ada Rimuru sama bawahannya pasti jatuhnya rapat kalau mereka lagi gak perang. Disabarin aja, toh kalian masih bisa nikmatin seri ini santai kayak Veldora yang baca Hataraku Saibou.

Dungeon Meshi 16

Kaptain

3 party nih ekspedisi akhirnya ngumpul dan tentunya friksi dah terpicu. Seenggaknya ini Laios tetap teguh soal keputusan party dia dan cukup pragmatis juga ngejebak Shuro buat milih antara perempuan yang dia taksir atau keamanan dunia. Ini penjelasan Cleaner sekali lagi nekanin kalau nih dungeon bisa berfungsi karena ada ekosistem yang ngedukung, nggak cuma sihir aja.

BlueHeaven

Jeleknya endingnya ini (bukan secara kualitas) informasi segenting ini bocor ke telinga Kabru. Chaos dah ini. Meshinya berkurang, dramanya meningkat.

Girls Band Cry 03

Kaptain

Episode yang lebih santai buat istirahat drama kemarin. Tentu topiknya masih soal trauma Nina yang dikasih solusi “lu bakal nyesel ga peduli keputusan yang diambil. So just do it”. Lucunya Aqua di episode pembuka Konosuba musim ini punya sentimen yang sama.

Ini yang bikin drama nih seri enak ditonton walau Nina sebagai manusia juga ngerepotin banget, support network di sekitar Nina pada lebih bijaksana dan tahu cara ngurus dia.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-tsuki 04

Kaczmarek

Tokumitsu kudu mulai mikir bagaimana ngajarin dunianya lebih dalam ke Towa dibantu juga sama Noel dan Tsumugi. Tiap heroine punya problem masing-masing, tapi yg paling severe tentunya Towa. Sejauh ini lebih nungguin Hisui dan Lilishka nongol untuk memperburuk keadaan.

BlueHeaven

Bentar lagi Towa juga direkrut dan tiga cewek bakal kerja di tempat yang sama dengan Shintaro. Kasihan lihat Noel yang ga bisa temenan lagi gara-gara dimarahin bosnya. Langsung mode ice queen pula hahaha.

Tensei Kizoku Kantei Skill de Nariagaru 02

BlueHeaven

Pukulan telak buat bangsawan naif. Iya mau bikin rakyat sejahteranya, tapi kapan? Keburu mati yang miskin sekarang. Ya, meski ini ga bisa kelar cuma jentikan satu jari, tetap janji muluk-muluk itu ga selalu efektif buat rakyat kecil. Mereka udah ngerasain phpnya penguasa dan dikibulin berkali-kali. Mungkin yang dirasain Charlotte ga sampai segitu, tapi trust issuenya lebih masuk daripada Rietz yang nerima dengan gampangnya. Charlotte valid perkataannya termasuk yang nyebut dirinya cantik.

Re:Monster 03

BlueHeaven

First human kill dan looting dungeon jadi pudar gara-gara adegan hohohihi. Belum lama juga punish Ogre yang nakal pengen colek para cewek, eh ga pake lama sudah berkembang biak nih Goburu. Puasin denger suara seiyuu mendesah macam Toujou Hisako yang meranin Roxy di Boushoku no Berserk, Yamamura Hibiku yang pernah jadi Sonozaki Noriko di Kiznaiver, atau Shimabukuro Miyuri yang jadi Yuuna di Yuuragi-sou no Yuuna-san. Bukan nama yang elite tapi lumayan lah role mereka udah ada yang bagus di anime sebelumnya.

Jiisan Baasan Wakagaeru 02

BlueHeaven

Kukira bakal full komedi, baru episode 2 ada bagian menyentuh di anime ini. Perasaan anak yang jadi dokter buat nyembuhin ibunya yang sakit. Lega banget pasti pas tahu ibunya sehat kembali meski pakai SUGDW Gold Apple. Pohon apelnya juga ada ceritanya sendiri pula. Lengkap pula train feels buat episode ini.

Go! Go! Loser Ranger 02

BlueHeaven

Hell yeah, I’m in for this ride. Ekpresinya Suzukiri itu hot banget ditambah suit yang ngasih lihat lekukan kelok sembilan naga yang aduhai. Apabila kalian perhatikan nih ya gaes… (silahkan lengkapi sendiri lanjutannya).

Kaijuu No. 8 02

BlueHeaven

Punchlinenya bagus buat elemen kejutan. Di mana lagi kalian bisa dapat info gimana cara Kaijuu pipis secara mereka ga pernah kelihatan organ ekskresi di antara kedua kakinya? Karakter-karakter baru juga bermunculan buat masuk ke babak ujian masuk defense force. Ceritanya makin tambah seru.

The New Gate 02

BlueHeaven

Sudah dibilang minggu kemarin kalau ini produk recycle dari seri-seri laku sebelumnya, masih aja saya pantengin anime ini. Sejauh ini ceritanya masih common plot pada umumnya, tetapi karena selera saya kuat di fantasi, betah lah ngelihat anime ini apalagi waifunya cukup menjanjikan. Kalau Shin mah baku banget ini modelannya, ga ada poin plusnya dalam interaksi dan aksi.

Neural Cloud

Kaptain

Event khusus Matrix terakhir. Jadi ya secara pribadi ngelarin extreme sekali terus sisanya pake stage farming aja. Toh juga plotnya cuma dua node doang dan ini lebih buat ngasih konteks paket skin sekarang. Kimie dah nongol di patch notes buat nguras quartz sebelom unit S;G nongol. Kecauli ya kalian ga tertarik sama tim Dodge.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: 6_6_tea