[JOI Spotlight] Casting Jail Edition

April 14, 2024 22:44
[JOI Spotlight] Casting Jail Edition

Selamat datang di JOI Spotlight masa liburan mudik. Masih ada sehari lagi sih libur nasionalnya, jadi mari kita nikmati sisa liburan bersama staf Jurnal Otaku dalam menyaksikan berbagai seri minggu ini.

Blue Archive 01

Kaptain

Tayang di Ani-One Asia yang sayangnya kualitas takarirnya subpar. Keanehan episode pertamanya kemungkinan besar karena seiyuu karakter tutorialnya nggak murah dan/atau jadwalnya penuh. Makanya bagian tutorial di-skip. Jadinya ya eksposisi awalnya via meeting siswi Abydos yang tentunya udah tahu semua ini, bukan Rin yang ngejelasin pendatang baru soal status quo pas dia dateng. Jadinya perwakilan sekolah di awal/unit gratisan juga cuma dapet gambar pose doang.

Suka apa nggak, ini arc awalnya emang butuh banget buat perkenalan faksi pentingnya. Tapi ya realistiknya unit non-Abydos dan PS68 paling ya cuma datang terus pergi. Perwakilan Trinity jujur cukup si protag benerannya aja.

BlueHeaven

Anime bagus karena ada cewek-cewek yang lompat di openingnya. Yuuka cuma nongol halonya doang di opening. Soal peluru yang tidak mematikan jika ditembak ke murid dijelaskan secara tersirat, tetapi animenya masih belum bisa jelasin sampai ke Senseinya yang vulnarable dengan peluru. Ini saya yang miss atau ga ada satu pun dari lima murid Abydos yang suruh Sensei mandi atau ganti baju?

Shuumatsu Train Doko e  Iku- 02

Kaczmarek

Misteri berikutnya: ternyata gak semua yang berumur lebih dari 21 tahun binatang di dunia ini. Komunikasi via benturan palu via rel juga jadi yang terakhir pasca tsunami (atau cuma rob). Sekarang soal makan jangka pendek sudah ada, tapi situasi mereka di stasiun baru yang sedikit mengerikan. Jamur tumbuh di kepala? Under influence?

BlueHeaven

Ah yeah, classic pergi tanpa persiapan yang matang. Mau balik malah ketemu ombak besar. Peta yang ditukar dengan rokok valid, ngasih tahu bentuk orang di kota selanjutnya kayak gimana. Masih banyak stasiun yang mesti dilewati sebelum Ikebukuro, kita lihat saja mau diambil semua atau ada yang skip.

Mushoku Tensei II 2024 Episode 01

Kaczmarek

Arc ED berakhir, saatnya Wedding arc. Mereka gak ngecut dialog Pursena ngomong gak senonoh cukup bikin kaget gue sih. Hunting rumah demi masa depan bareng Sylphy. Pernikahan akan berjalan dalam hitungan malam dan yang paling pasti, Zanoba dan Rudi dapet maenan baru dari automaton itu.

Kami wa Game ni Ueteiru 02

Kaczmarek

I prefer LN-nya at this point, seperti di seri Liar Liar. Yep, gonna stall watching this adaptation. Sorry guys. They even butchered my Miranda. Liat aja belahan gede sebelah gitu pfftt.

BlueHeaven

Game official dewa pertama cukup gampang dimengerti. Walau memadukan tiga jenis permainan, game yang ini masih ga perlu dipantengin tiap detik biar ga lost kayak Liar Liar. Ini yang ga bisa dipraktekkin di Liar Liar, ngasih rules atau penjelasannya ga usah didump di awal, toh ngasih di pertengahan atau akhir bikin alur game lebih seru.

Date a Live V 01

Kaczmarek

I’m here for Reine or Takamiya Mio. Gue tahan same disini soal spoilernya, tapi seperti yang kalian lihat di sepanjang episode, Mio dan Reine punya hubungan spesial. Ending animation yang dikasih juga nge-tease soal hubungan keduanya. Moga kalian siap dengan siapa Reine ini dan siapa Mio bagi Mana dan Shido. Ah iyak, kita berurusan dulu sama Nibelcole. Mendou.

Dekisokonai 03

BlueHeaven

Lagi-lagi ngelihat villain dihilangkan begitu saja ga ada harga dirinya. Dilihat dari modelnya keren padahal kakek bertopi dengan style menawan. Lagian approach musuhnya langsung datengin kayak ga ada rasa musuhannya. Anime ini ga punya rasa sama sekali. Proses bikin pedang yang harusnya agak up feelnya terkesan biasa saja. Itu pedang yang bisa ngalahin Fenrir dan wajib minimal setara pedangnya yuusha. Benar-benar ga ada harganya.

TsukiMichi S2 03

Kaczmarek

Laurel heh? Lily ada di pesta ini udah bikin kesel duluan sama ulahnya sama si hero di cour pertama musim kedua ini. Mai Nakahara masih super ngisi villain lol. Persiapan untuk klimaks (entah keberapa) but mostly bakal dijatuhkan si pirang yang gue lupa namanya juga itu. Ya itulah si bangsawan itu.

Dungeon Meshi 15

Kaptain

Episode buat mereka yang khawatir kegoblokan bakal berhenti begitu stake-nya lebih serius. Marcille sesuai jadwal masih disiksa. Tutorial dia soal sihir ke Laios tuh efisien banget ngejelasin sistemnya, kurikulum tiap ras, dan kenapa pembelajaran awalnya tuh idealnya di tempat aman. Jadi selamat atas level barunya di Cleric.

BlueHeaven

Nice pose ngebatu pas tsukkomi. Langsung jadi tatakan buat masak gak tuh.

Yozakura-san Chi no Daisakusen 01

What’s This?

Spy Family

BlueHeaven

Saya suka desain karakternya. Untuk pembuka cukup lumayan buat penonton bisa ngerti apa yang mau diceritain sama anime ini. Manganya saya cek ada di gramed, jadi yang penasaran bisa riset dulu dari sumber aslinya. Ekspektasi saya bisa awet adaptasinya sampai pasangan ini punya anak.

Go! Go! Loser Ranger! 01

What’s This?

Tontonan minggu pagi waktu kecil

BlueHeaven

Ngetes ombak dulu karena saya seperti biasa ngambil banyak banget di musim ini. So far so good. As long as there’s waifuable chara, I’m in. Jarang-jarang saya ngikutin seri bertemakan super hero.

Re:Monster 01- 02

What’s This?

Reincarnated as a Goblin (Tengobu)

BlueHeaven

Minggu kemarin saya miss ngisi ini di spotlight ternyata. Ceritanya ngingetin banget sama Tensura pas masih awal-awal. Kerennya mereka nyeritain plotnya dengan hitungan hari demi hari. Itu yang bikin enak ngikutin progress awal. Kurang lebih jalannya mirip dengan seri anime monster lain. Di musim lalu ada Rent yang mulai dari skeleton sampai bisa evolusi ke vampir. Anime ini juga pakai formula MC monster pada umumnya, ada evolusi dan perubahannya cukup cepat sampai ini ga bisa dibilang evolusi lagi (baca: revolusi).

Jiisan Baasan Wakagaeru 01

What’s This?

Golden Apple Myth

BlueHeaven

Karena ini diambil dari seri komik pendek, pastinya satu episode dibagi banyak section yang masing-masing punya cerita komedinya masing-masing. Nasib bagus buat serial kayak gini, Mieruko aja bisa tembus season 2, bukan gak mungkin seri ini bakal dirawat bagus. Semua tergantung respon penonton dan keputusan pihak produksi.

Tensei Shittara Dainana Ouji 02

BlueHeaven

There’s a lot that happened in this episode. Kukira bakal mengilai sihir saja, si pangeran ketujuh satu ini ternyata niat juga nguasain bela diri chi. Respon penonton banyak yang condong ke pangeran, tetapi saya lebih tertarik sama karakter ceweknya yang gak kalah aduhai. Siapapun yang mendesain karakter anime ini, layak dikasih upah lebih.

Madome 03

BlueHeaven

Nephy mode ngamuk aktif. Kirain bakal slow life, ternyata dikasih ancaman dong biar kelihatan ada antagonisnya. Ketimbang konflik dengan gereja, saya lebih tertarik Zagan dikunjungi teman penyihirnya. Lebih asyik aja di bayangin apalagi kalau ada penyihir yang nganggep Zagan saingan buat dapet kursi yang ditinggal Marchosias.

Henjin no Salad Bowl 02

BlueHeaven

Livia ga cocok jadi hostess atau detective assistant. Ujung-ujungnya jadi gelandangan lagi karena bakatnya. Sebenarnya ga kaget soal kasus perselingkuhan akhirnya ada kebongkar. Cuma ya itu… berani banget mereka ngasih bayangan gambarnya meski pakai sensor. Ditambah yang ngambil gambar itu masih bocah. Percakapan di supermarket bisa-bisa viral pula. Otaku on their thirties yang belum nikah bisa relate sih sama alasannya.

Tensura 3rd 02

BlueHeaven

Ya emang anime rapat, jadi harap bersabar. Kita sedang diperlihatkan POV dari masing-masing faksi yang bakal dilebur dalam konflik nantinya di season ini. Ye kali main langsung gelut aja tanpa ada sebab atau persiapan.

Kaijuu no.8 01

What’s This?

Attack on Kaijuu

BlueHeaven

Calon AOTS tiba. “Aku ingin masuk defense force untuk membunuh para kaijuu” and boom! Jadi kaijuu instead. Sinematografinya oke, segala penempatan visualnya sangat memanjakan mata untuk anime yang sudah ditunggu oleh banyak fans. Dari segi cerita, anime ini ngasih pandangan baru kalau setelah kaijuu dikalahkan apalagi yang ukuran jumbo mesti ada yang bersihin kota dan situlah cerita MC bermula. Premis osananajimi terpisah di anime ini juga menarik untuk disimak.

Kaptain

Punya premis awal yang bagus tapi makin ke belakang kejebak sama penyakit utama genre shounen: “Lupa sama hook utamanya”. Tapi untuk sekarang kita bakal dapet beberapa arc awal yang cukup kompeten dan inget sama daya tarik utamanya: Protag shounen yang usianya 30 tahun.

The New Gate 01

What’s This?

SAO + Overlord

BlueHeaven

Intro cerita yang gak banyak basa-basi. Ini produk lama yang direcycle dengan segala bumbu common trope. Ga ada barang baru di seri ini, setidaknya untuk episode pertama. MCnya model edgy kek Kirito ditambah solo last boss udah ngundang kesel. Logic worldnya agak bolong karena rushed intro (dikira semua orang paham story ginian karena dah ada SAO). Pergi ke kota pertama, langsung ke guild petualang, ketemu mbak resepsionis cakep, ketemu mbak resepsionis cakep [2], dicurigai oleh guild master dan dianggap cukup kuat. That’s the first episode. Nothing new as the title said.

The Fable 02

BlueHeaven

Seperti episode sebelumnya, jokesnya sulit dimengerti oleh gen Z. Ini anime yang memang buat sesepuh yang bosen sama serial baru yang gitu-gitu aja. Walau gak selucu komentar saya di dua kalimat sebelumnya, tetap saya bisa enjoy seri ini karena oasis di tengah derasnya badai fantasi masa kini.

Mahouka S3 02

Kaczmarek

Shippou lagi Shippou lagi. Kayak permulaan kelas pertama, kita disuguhin masalah dari ekstrakurikuler. Tapi yang jadi masalah bukan anggota klub, tapi Saegusa vs. Shippou. Kita tahu ini adalah teaser ke masalah besar lain yang sedang dimasak di luar sekolah. Formula yang sama kayak yang pernah kalian lihat sebelumnya. Duh kangen Lina gegara dimention USNA. Anti magician faction kembali membawa masalah baru tak hanya di media, tapi juga di parlemen. Eh iya, kalo kalian liat itu kayak CGI, anda salah. Itu ulahnya Junichi Takaoka, yang juga ngerjain Re:Monster.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-tsuki. 03

Kaczmarek

Triple encounter. Setelah tenshi, kemudian human, dan berakhir dengan yuki onna. Gue malah expect rambutnya juga ngikut putih kayak salju tapi ternyata Noel make blonde. Ketiganya atau lebih tepatnya keempatnya sudah bertemu di penghujung episode yang memastikan mereka mengungkap diri satu sama lain, terutama Towa yang ceroboh make sayap juga. Common sense jadi harga mahal di dunia ini jadi mohon bersabar sama kelakuan karakter-karakternya.

Maou Gakuin II 2024 01

Kaczmarek

Kembali dengan Anos pasca lackluster di cour pertama. Semoga yang ini gak ada masalah produksi di tengah penayangan. Cour sebelumnya udah punya masalah dengan beberapa staf inti yang gak punya porsi waktu lebih untuk oversee skripnya, dan kali ini (semoga) mereka aman untuk dapet jendela dalam pengerjaan ini.

Whole starter episode yang mengingat momen dari beberapa masalah sebelumnya. Emilia kembali dengan keadaan mixed-blood seperti yang ia benci di versi pure sebelumnya. Seleksi dalam waktu dekat yang jujur aja gak punya ekspektasi lebih.

Girls Band Cry 02

Kaptain

“Koleksi trauma? Good, situ punya stok materi banyak buat musik.” Bersyukur banget saya momen introspeksi kayak gini bisa terjadi di awal banget dan udah fix sebuah support network yang bagus kebentuk. Ini emang ideal banget situasinya buat bikin dia jadi vokalis.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Kita semua makhluk asing,

Kita semua adalah penyebab,

Mengapa hal itu bisa menjadi seperti ini,

Mengapa ada kehidupan di tengah bencana yang kami ciptakan,

Apa yang perlu dilakukan,

Apa yang harus dilakukan,

Melawan menjadi jalan,

Tapi apakah ini akhir dari pertemuan.

Doktah dalam misi rasnya, namun ia tak bisa berkilah dari keadaan. Apa kamu mau membawa utopia itu menyebrang? Atau kamu membuat utopia sendiri?

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Unzzenasd