[JOI Spotlight] Starting Spring Season 2024

April 7, 2024 19:49
[JOI Spotlight] Starting Spring Season 2024

Selamat datang di JOI Spotlight untuk mengumpulkan daftar tontonan buat musim semi ini. Seperti biasa mari kita lihat berbagai seri yang dikumpulkan staf Jurnal Otaku untuk membuka musim ini.

Spice and Wolf 01

What’s this?

Holo Live

Kaptain

Ya ampun adegan pertama langsung nongolin Myuri. Karena ini itungannya redo dan janjinya bikin adaptasi yang lebih setia sama novelnya, ya saya ga dapet banyak nilai tambah dari adaptasi ini walau kualitas produksinya emang solid.

Girls und Panzer Das Finale 04

Kaptain

You know the drill. Power level tiap sekolah udah naik banget jadi ya skala perangnya sampe kayak gini walaupun lawannya Continuation yang terkenal ekonomis kondisi budgetnya. Bookend yang sesuai via netapin St. Gloria, sekolah pertama yang dilawan Ooarai sebagai lawan final.

Delicious in Dungeon 14

Kaptain

Opening baru buat petualangan ceria ini. Saya emang suka sinis bilang tim Kabru tuh Tim C, tapi ini lebih karena build dia itu buat PvP, bukan eksplorasi wilayah supernatural. Nyatanya juga dia bisa buat deduksi bagus buat kondisi party Laios.

Penjelasan dia kurang lebih ngasih rangkuman soal kondisi politik pulau dan bad case scenario dari dungeon yang kelamaan ga diurus. Saya bilang bad karena it can get hell a lot worse.

BlueHeaven

Panel legendaris three bros berpelukan akhirnya dimunculin. Kabru ini keren bisa ngambil role detektif, tapi meleset parah buat simpulin kalau Touden bersaudara jahat. Emang dianya yang pengen ada role jahat terus yang nyelesaiin jadi heronya dia. Karakter yang ga disangka bakal jadi antagonis party Laios.

Yuru Camp S3 01

Kaptain

Ini dah season 3, you know the drill. Siapin minuman & makanan anget terus ya nonton aja. Lucu aja ini tips pembukanya tuh “Jangan sembarangan pake ini buat camping karena risiko kebakaran”. Kayak tahu aja fans baru bakal bikin kebakaran.

Shuumatsu Train Doko e Iku~ 01

What’s this?

Shirobako duo original back with an acid

Kaczmarek

Sesuai judulnya settingnya dalam situasi masa depan mencari kebenaran yang mereka cari pasca kejadian 7G. Efek masif dari teknologi ini membuat orang-orang yang masuk di usia 21 tahun akan berubah menjadi binatang. Kekhawatiran muncul apakah intelegensi manusia yang berubah ini akan hilang sepanjang mereka hidup sebagai seorang binatang. Meanwhile, yang masih di bawah umur itu mencari temannya yang tetiba menjadi salah satu faktor perubahan dunia.

Dekisokonai 01-02

What’s this?

Another TO Books x Studio Deen collab project

Kaczmarek

Jujur aja dari semua karya Shin Kouzuki, gak ngira yang duluan dapet anime yang ini daripada Moto Saikyou. Yes, udah baca novelnya beberapa bagian dan belum tergugah ngelanjutin sejak 8 bulan lalu. Yang mewah sejauh dua episode ini hanya seiyuu-nya. Ini jadi kesekian kali Ten-chan bareng sama Aimi dan hanya Aimi yg ada disini ngisi lagu untuk proyek TO. Dari batch seiyuu yang ditunjuk, kayaknya cuma Minami Kurisaka yang harus ngikut audisi (tebakan aja). Don’t get me started with chuunibyou-esque skills. At least, naganya gak full CGI, tapi kudanya CGI wkwkwk.

BlueHeaven

Cheap adaptation bukan dari segi budget tapi dari yang ditampilin itu minus banget. Sering banget baru dua episode ngelompatin scene dianggap penonton bisa paham dengan flashback sekilas. Kalau bukan chara yang agak keren tampilannya terutama MC bukan Kirito tapi model Rean dari Legend of Heroes saya bakal drop di episode pertama.

Unnamed Memory 01

What’s this?

Penetrable and durable womb (WANTED!)

Kaczmarek

Yes, premisnya Oscar nyari obat kutukan dari Tinasha. Namun semua berubah setelah diagnosa si mbah buyut kalau kutukannya cuma menutup peluang bereproduksi dengan rahim yang biasa ke bawah daripada yang kuat. Ditambah faktor pemilik rahim yang harus juga kuat dan tentunya bersih. Susah nyari wanita seperti ini di dunia Oscar, tapi semua jawaban sudah tersedia di depannya. Good starter untuk standar ENGI, tapi kita liat seberapa downhill pasca ini.

BlueHeaven

Not bad from ENGI meski belum sampai tahap nyaman ditonton. Anime ini belum nawarin sesuatu yang bisa bikin orang mau setia nonton apalagi trust issue sama studio yang nampilin CGI di key visual. Ketolong LSBH sih ini.

Henjin Salad no Bowl 01

What’s this?

Freeloader Festival

Kaczmarek

Jangan kaget sama desainnya Kantoku dua musim berturut-turut, bedanya ini kita ke Yomi Hirasaka (Haganai, Imouto Sae Ireba Ii). Beruntungnya seperti keduanya, Hirasaka-sensei turut serta dalam proyek anime-nya jadi penyusun komposisi seri untuk storyboard. Kalau kalian udah liat batch karakternya, sistemnya bakal sama dengan satu heroine per MC. Tapi ada pengecualian nanti di satu MC. Livia diisi MAO udah cukup jadi alasan nonton ini.

BlueHeaven

Better version Sasaki. Kalau gini kan enak ditonton. Bayangan ke depannya jelas dan ga bakal aneh-aneh harusnya. Fyi judul seri yang nyeleneh dari anime ini ngambil dari nama karakternya, Sara. Jadilah Salad.

Konosuba S3 02

Kaptain

Fondasi business empire Kazuma mulai. Buat yang khawatir party kita bakal berhenti melarat ya santai aja, kebodohannya bakal makin mahal kok. Karena ini seri yang subversif ya jadinya gantian diculik sama anak kecil.

Lv2 Kara Cheat 01

What’s this?

Zero no Tsukaima reboot (sort of)

Kaczmarek

Bakal ngikutin ini karena enak aja ngikutin novelnya yang enjoyable untuk standar bawahan kayak gue. Yang lebih ngagetin dulu pas pengumuman main cast malah kena throwback 18 tahun lalu gegara Hino Satoshi x Rie Kugimiya lagi wkwk. Anyway, episode yang udah enak diikutin dan untuk standar JC Staff ini udah tinggi. Tinggal pergantian animation direction yang bakal berubah ubah tiap episode yang bakal nentuin seberapa kureng/lebihnya adaptasi dari sumber orisinalnya.

BlueHeaven

Ide fantasi world transfer to another fantasy world bukan hal baru, tetapi hal ini masih fresh karena isekai masih didominasi dengan real world – fantasy world travel. Cara ngecheatnya ga ngotak meski saya tahu ini premis awal belum menuju konflik bahkan penyelesaiannya. Setidaknya mereka lebih baik memberikan logical reason di balik kekuatan MC yang infinity ini.

Mahouka S3 01

Kaczmarek

Kelas 2, rombelnya juga udah beda, tapi anak-anak baru yang masuk juga masih sama diskriminasinya. Jangan nyari Saegusa lagi karena udah kuliah, sementara ada Saegusa lain yang harus dihadapi Tatsuya disini yakn si kembar Kasumi dan Izumi. 180 derajat perbedaan kembar ini, yang satu protektif bgt dari Tatsuya sementara yang satu pengen Mayumi nikahin Tatsuya biar Miyuki jadi kakak iparnya. Sosok baru yang dikenalin juga ada Shippou yang tentunya berasal dari keluarga ternama jg.

Tensura 3rd 01

Kaczmarek

Ngeliat OP terbaru, Hinata sama Valentine bakal jadi highlight utama disini. No rapat, rapat. Kita langsung rekonsiliasi sama Falmuth Kingdom. Deal-dealannya Diablo disini emang melangkahi Rimuru, tapi minimal mereka masih berpihak sama dia. Tinggal nunggu Razen laporan, dan Youm jadi raja baru Falmuth wkwk. Tolong segera Mjurran x Youm berbuah.

BlueHeaven

Nostalgia dua tahunan. Buat episode pembuka lumayan lah ngebuat orang ingat sama plot season sebelumnya. Untungnya bangsawannya bisa distir kecuali satu yang dongok ga punya rem di mulut.

Majo to Yajuu 12 (End)

Kaczmarek

Berakhir dengan menggantung. Sayang ini gak dua cour, karena potensinya gede walau marketingnya masih di bawah mediocre. Paling enggak info soal kiss dua penderita kutukan Witch bisa ngapus efeknya untuk sementara. Well, what an adaptation. The only good thing is YAL did a good job to adapt short arcs, otherwise underwhelming.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-suki 01-02

What’s this?

(Clumsy) tenshi wifey is not on the menu

Kaczmarek

Seri uwoooghhh yang mungkin cocok kalian ikutin sebelum hari Minggu berakhir. Kecuali kalian freelancer atau pengangguran yang liburnya bisa kapan aja. Towa is wife wannabe di seri Matoba ini. Minus pemahaman dunia dan personal aja. Seperti di seri yg dia kerjain lainnya (Beelzebub-jou), one heroine for center attention udah jadi trait karyanya. Dua episode awal ini juga masih fuwa-fuwa kayak apronnya Towa. Next ada yang spesial dari temen sekelasnya MC.

BlueHeaven

There’s a lot of fan service in this anime. Kalau kita bandingin sama Otonari Tenshi-sama, karakter di anime ini lebih pure dan polos dibanding anime itu. Cuma jualan ecchinya lebih gaspol dibanding Otonari Tenshi. Melihat potensi karakter sampingan di anime ini, cerita ga bakal dimakan banyak sama dua karakter utama.

Yorukura 01

What’s this?

Doga Kobo’re (finally) doing wonders

Kaczmarek

Risky scene on the first episode. Thankfully Mahiru’s nipple saved by anime gravitation. Karena mengapa? Tanya Ryouhei Takeshita yang suka maen risky gini sejak Eromanga Sensei. Takeshita juga balik make scene camera HP disini. For note, Yuuki Yaku, author Jaku-chara Tomozaki-kun ikut terlibat di proyek orisinal ini jadi penulis skenario. Banyak potensial yg bisa dibangun dari keempat main character terutama Kano.

Kaptain

Sangat kompeten. Dari semua episode debut yang saya tonton minggu ini, Yorukura yang punya storyboarding dan penyutradaraan paling solid. Emang premisnya standar coming of an age cuma penasaran aja ini bagian sosmed yang ngasih harapan ga realistik dan ngebunuh kreativitas bakal dapet fokus apa nggak.

BlueHeaven

Sebagai proyek perayaan Doga Kobo, seri orisinal ini melebihi ekspektasi. Butuh dua menit buat nyadar kalau anime ini disutradarai oleh sutradaranya anime Eromanga Sensei. Banyaknya kutipan yang up to date dengan masa sekarang membuat anime ini bisa viral salah satunya omongan anak SD dalam anime ini yang bijaknya kurang lebih sama kayak Konfusius.

Girls Band Cry 01

What’s this?

Seri 3DCG yang punya frame rate waras.

Kaptain

Really high effort dan cukup optimis sama stafnya ngeliat veteran LL Sunshine mimpin produksinya. Yakin bakal dibandingin sama MyGo tapi cast-nya yang ini udah drop-out sekolah dan tentu lebih tua.

Belum ada yang ngambil lisensi tapi saya yakin beberapa minggu lagi bakal dapet penayangan resmi.

The Fable 01

What’s This?

Just a normal brother and sister living in Osaka

BlueHeaven

Sesuatu yang unik dan jarang terlihat lagi di anime era 2020-an. Sebagai anime komedi, belum ada jokes yang nendang. Setidaknya ini bisa jadi oasis buat yang bosen dicekokin anime fantasi yang bejibun.

Dragons Dogma 2

Kaptain

Buat yang masih main. Look up pawn affinity system coba nyampe di breakpoint (650+), soalnya ada scene penting banget di akhir yang kebuka with high enough affinity. Butuh 43 jam, ended up loving most of it jadi bagian jeleknya gampang di-list:

1. Dungeon lemah, ga ada yang sebagus Bluemoon tower. Hell, ga ada yang nyampe level watergod altar. It’s mostly variant of rocky caves yang kadang dibumbuin kuburan/watery part. Buat yang mau komentar soal area yang punya lokasi geografis sama dengan Bluemoon,  I know; tapi itu tempat cuma tangga yang dihalangin mob terus arena gede buat boss.

2. No Community raid macem Urdragon. Endgame progression jadinya ya dragonforging, treasure hunt di world phase terakhir, dan belanja di shop terakhir aja.

3. Sistem beloved underutilized. Ada affinity decay sekarang jadi beberapa event trigger bisa aneh karena di kasus saya 2 karakter tuh neck by neck affinity wise jadi scene belovednya gonta-ganti. Udah gitu ga pindah rumah lagi kayak game pertama. Kayaknya ini biar NPC penting ga ilang dari area vital lagi (kayak punya inkeeper beloved di DD1) dan kejutan macem “Selamat atas suami badutnya” ga terjadi lagi, which is a prudent move albeit a cowardly one.

4. Final fight being a one button setpiece. There’s some good emotional arc if you play the game right tapi reviewer yang ngejar deadline publish jelas susah menuhin persyaratannya.

Ceritanya sering banget dikritik but I personally like it. Siklus kali ini berjalan cukup lama sampe Seneschal dunia ini ngambek and there’s a retired Dragonforged. Eskalasi dari “Gimana kalo proses pembuatan naga gagal total” Dark Arisen.

Inteprestasi ending secara pribadi tuh dunia nih cycle ga butuh figur semacam Seneschal buat jalan due to the will of its people dan para Pawn sendiri in time bakal bisa dapet niat hidup mereka tanpa sistem Arisen.

But yea ada momen yang kesannya dev kehabisan ide terus ya ngelakuin literal deus ex machina biar cerita jalan. Bakbattah juga dikit keluyurannyal kalo cuma beeline story quest doang. A “establish yourself” series of quest would help.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Yep, gabakal kelar DoS di minggu ini karena mudik. At least udah ngelarin ketiga ending IS4 dengan perjuangan keras. Meanwhile Ambience Synesthesia 2024 udah rilis teasernya. Batch skin yang gak bakal keluar di game-nya, tapi ada beberapa yang ajdi target kayak Swire Alter. Sayang kagak punya op-nya huft.

Neural Cloud

Kaptain

Kurang satu unit di atas yang belum nongol. Event enteng, then again ini lebih buat setup karakter yang bakal keluyuran pas Oasis dibombardir lagi. Cascadia pada dasarnya tuh sidegrade Nascita dan dia bakal dapet AI nanti. Sekarang ya penasaran bakal ngeles kayak gimana lagi buat ngedelay Dupin.

Header: gamigami_maou