[JOI Spotlight] Sweet Calorie Edition

February 19, 2023 19:55
[JOI Spotlight] Sweet Calorie Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di minggu Valentine 2023 ini. Selagi mencerna kalori dari coklat, mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre S2 06

Kaptain

Dapet pasangan orang luar + demit pegangan lagi, yang emang ideal buat dapet perspektif orang luar. Dijelasin juga kenapa ini pasangan bisa adem ngeliat kesaksian manula yang walaupun fit banget ya susah diseriusin. Begitu juga dengan berbagai tanggung jawab manusia modern yang bikin siluman males deket-deket.

Udah jelas biang kerok insiden tuh Pinnochio jadi sisa masalahnya tuh gimana ngalihin isu kutukan yang valid banget kemunculannya.

Kancolle Itsuka no Umi de 07

Kaczmarek

Nulis ini sambil ngeliat credit scene, ada beberapa animator tambahan (mostly freelance) yang ngerjain ini episode. Kita tahu China lagi gede banget kasus COVID-nya, dan untuk seri yang bias ke Jepang-nya gede macem Kancolle, gue agak kaget mereka masih menggunakan jasa mereka. Tapi gapapa lah ya, tetep profesional. Walau ini proyek ada Ai Kayano-nya yang sempet bikin geger.

Teknis soal kapal nyampe di dock lumayan bikin penasaran pecah selama maen gamenya 7 tahun lalu. Tapi tetep saya pengen nggeplak Yukikaze yang asal lempar armament sekaligus gunnya di tengah sumber daya menipis. Kehadiran Sazanami, Akebono, sama Oboro nyemangatin Ushio ini juga mempertegas kalo sebagian besar mereka yang dikira sunk sebenernya masih hidup dalam status retired dan udah jadi civilian. Juga mengungkap kalo adaptasi ini beda sistem sama Kancolle 2015 dan movie-nya.

Episode terakhir bakal hadir akhir Maret. Jadi sudah saatnya turu lagi macem nungguin OVA Strike the Blood rilis. Ya paling enggak seri yang ketunda terus karena urusan internal ini bisa ditutup dengan jelas kapan berakhirnya.

Benriya Saitou-san 06

Kaczmarek

Mulai susah fokus saat ini party terbentuk. Yep banyak pertanyaan besar terutama soal Morlock, namun kayaknya bakal dikasih porsian kecilnya aja dan gak dapet proses menuju dia sekarang kecuali mau dibikin quick flashback kayak pas masih menikah dan anaknya meninggal. Itu si jubah putih kayak familiar.

Tenten Kakumei 08

Kaczmarek

Illia jadi korban darah pertama Leini dan bener saja dia ini vampir yang make kekuatan charm-nya. Selain ngurusin penanganan Leini, Euphi punya tugas baru sebagai asisten Anis dengan ngubah pola pikir pebisnis tetua yang manfaatin atmosfir konservatif di kalangan cendekiawan. Sulit, tapi ini satu langkah demi normalisasi orang-orang yang kurang beruntung situasinya kayak Anis. Tapi daripada mengkhawatirkan para konservatif itu, gue lebih cemas apa yang bakal dilakuin Algard di kemudian hari.

BlueHeaven

Mau leher Ilya!

Spy Kyoushitsu 07

Kaczmarek

Lomba DIY di mansion yang sering rusak karena ulah cewek-cewek ini. Beruntung ada si Sara yang diem-diem suka benerin apapun yang dirusak temen-temennya. Akhirnya ada yang bikin saya terpicu dari sisi Monika yang masih insensitive daripada Sybilla. Elna udah fix jadi fukou da chara sejak Yamashiro dari Kancolle.

BlueHeaven

Finally a piece of story. Menit-menit terakhir yang berharga seperti inilah yang dibutuhkan agar anime ini ga stagnan. Semoga bisa maju alurnya.

DanMachi IV 18

Kaczmarek

Akhirnya kelompok Tsubaki gabung Lily dkk, sementara Xenos jalan duluan untuk ngejar Bell sekaligus ke safety area. Sisa empat sampai lima episode ini bakal jadi puncak kekesalan gue kalau mereka make stretching yang sama kayak cour pertama. Momen itu jadi pertama kalinya gue muak sama adaptasi seri ini sejak Sword Oratoria. Episode director-nya udah bersiap kena kritik sih.

Kage no Jitsuryokuha ni Naritakute 20 (End)

Kaczmarek

Banyak yang protes dan banyak yang setuju dengan skenario orisinal di episode ini. Shirley jadi salah satunya yang dapet POV soal keinginannya untuk deketin Shadow. Sementara mental Iris udah kayak tinggal nyopot kabel headset di port laptop. Alexia? Dia lebih level-headed karena posisinya gak terlalu bergantung dengan yang lain, walau dia juga kena efek samping dari agresi Shadow Garden yang bikin insecure kalau urusan skill. Ibarat nyetel albumnya Vektor saat konser Metallica.

Welcome to your new home 666 aka Rose.Lambda (VA: Hasegawa Ikumi), 665 (VA: Hina Youmiya), dan 664 (VA: Miyu Tomita) dapet sekelibat frame untuk ngomong dan perkenalan. Ada si 559 (Victoria) dan 89 yang lagi sparring jika kalian nge-pause frame saat berada di Alexandria. Bukan, ini bukan skenario orisinal anime btw. Sparring keduanya sekaligus pertemuan Rose dengan tiga lainnya tertulis di novelnya.

Nakanishi Kazuya ngelakuin hal berat dalam adaptasi ini, cuma bisa ngasih selamat dan semoga kesehatan fisik serta mental tetap terjaga. Battle scene di seri ini juga dibuat layaknya salah satu proyek Nakanishi dulu yaitu Rakudai Kishi no Cavalry. Kage juga jadi proyek pertama Nakanishi jadi sutradara penuh, solid debut. Ini 20 episode baru cover dua volume novelnya, jadi sekuel berpotensi lebih tinggi jika melihat pattern dari media sosial serta event yang disiapkan.

BlueHeaven

I need to make an article for this shit.

Ningen Fushin 07

Kaczmarek

Trope punya kekuatan berlebih sampai gak ngira itu membahayakan orang lain dan melebihi target utama kembali dipakai. Animasi kian chunky ditambah dengan posisi frame yang non ortodoks udah jadi ciri khas Geek Toys sejak ngurusin Hensuki. Atau lebih tepatnya Okusama ga Seitokaichou yang dilakuin sama staf yang sama bernama Nagao Hiroo.Setelah union sama Curran, kin sama Tiana yang malah ngingetin gue ke Angewomon.

Isekai Nonbiri Nouka 07

Kaczmarek

Bizel dan Gulf datang, Bizel dan Gulf pergi. Domaim (sama Gucci)  datang, Domaim minum, Domaim pergi. Doosu belum dateng bersama Lastismun dan Hakuren. Tapi Senna dan beastmen lain udah dateng pasca permintaan Machio. Tapi tiga laki-laki yang diminta masih shota, dan high elf harus menunda keinginan mereka paling enggak 5-10 tahun lagi. Untuk sekarang silahkan keringkan Machio aja.

Meski terbilang cepet, gue demen animasi tiap Zabuton ngetok kentongan itu dan warga di dalamnya pada bersiap kayak mau perang. Muka keselnya Ann sama para beastmen dateng gak bawa apa-apa juga jadi hidden gem disini pasca dia mabuk. Btw kayaknya ada yang kelebihan ukuran di penggambaran Domaim dalam wujud naga. Di animasi awal tingginya bisa melebihi pohon di sekitar desa, tapi di tengah ke akhir ukurannya kembali ke normal macam di novel sama manga. Satu hal yang kelupaan tentunya.

BlueHeaven

Nice diplomacy episode. Senang bisa melihat petinggi demon army kicep minta ampun. Beast villager finally getto dan Machio ga jadi pejantan humanoid sendiri lagi (Lizardmen itu hanya cicak yang berjalan).

Revenger 07

Kaptain

Rapi banget ini integrasi plot A (Opium) sama plot B (Prostitusi). Supply Opium masih banyak dan jadi nggak terkendali karena distributornya jadi kepencar, saya tahu ini si ketua triad emang dijual sebagai endgame boss, tapi ya ngeselin aja duel antara dia dengan Raizou sejauh ini ga adil posisinya.

Ada “jangan bergantung sama sistem untuk ngelakuin hal yang benar” sebagai komentar, but man itu si biksu emang sama sekali ga diijinin buat berhasil kalo sial terus kayak gini.

Ars no Kyojuu 07

Kaptain

Jiro my dude, bisa-bisanya kok situ kaget kerja sama Empire bakal ngakibatin situ ngelakuin imperialisme. Sistem Paladin lebih dijabarin lagi di sini, terutama di aspek kenapa nih proses traumatik banget. Jadi sekarang ada payoff soal kenapa ada faksi yang ngebutuhin anggotanya ga punya ingatan dan apa hubungan semua powerplayer nih konflik internal ke Jiro.

Sen no Kiseki 07

Kaptain

Latar belakang kenapa struktur kekuatan N. Ambria kayak gini, kombinasi dari komunikasi jelek dan stabilitas di atas semuanya. Jadi alasan kenapa tim Jaeger dibolehin keluyuran selama ini tuh buat ngasih perbandingan soal kondisi modern Empire sama N.Ambria, dan Martin sukses diyakinkan.

Saya tahu para midboss Ouroboros tentu bakal nongol, dan sesuai tema perangnya speedbump macem Duvalie hadir; tapi ini kayak kurang banyak aja karakternya sampe Gilbert ikut nongol.

Kaiko sareta Ankoku Heishi 07

Kaczmarek

Kembali ke jalur serius, ini Dariel mau gak mau harus milih pihak yang mana yang mau dia bela kalo Bashbarza berupaya nyerang desanya. Ini belum nyampe ke dialog ke Doroye juga, jadi kemungkinan konflik itu bakal didorong ke akhir episode. Objektifnya Redi juga kudu dipertanyakan kalau dia mau denger apa kata Dariel. Tapi ini sulit karena Bashbarza udah senewen untuk nyerang manusia. Ah iya, konflik ke Zebiantes juga jadi permulaan untuk episode berikutnya.

BlueHeaven

Monolog jalan terus, tapi mata ga bisa bohong. Dariel, oh, Dariel. Andai saja maounya cewek boing plus plus juga pasti kamu nolak dan ga bakal ninggalin demon army begitu saja.

Otonari no Tenshi-sama 07

Kaczmarek

Satu momen yang gue tunggu adalah emaknya Mahiru dateng untuk ngecek doang. Ya di situasi ini, Mahiru ibarat gelas kaca yang kosong. Dia gak bisa apa-apa selain nurut aja apa yang dibilang ortunya walau di satu sisi ada gejolak untuk keluar dari situasi itu. Amane ini cuma butuh jujur ama dirinya aja sih. Itu persentase di hatinya udah nyentuh 75%, belum lagi makin nambah pas momen di sofa.

Sutradara seri ini, Wang Lihua kayaknya udah banyak jam terbang untuk ngurusin adegan momen manis. Penasaran ama rekam jejaknya sebelum debut sutradara seri ini di JP. Entah ini nama asli atau bukan, tapi sejauh tujuh episode tayang saya lebih banyak terkesan daripada kecewa.

BlueHeaven

Jadi mereka sudah berpelukan, pegangan tangan, terus mau tunggu apalagi buat bisa jadian? Sabar ya, mungkin beberapa episode mendatang bakal jadi beneran.

Saikyou Onmyouji 07

Kaczmarek

Maybell arc done, Kyle ternyata bukan orang yg saya kira. Seika dibuat frustasi untuk pertama kalinya. Gabisa nyelamatin Kyle jadi limiter pertama yang ia pake sejak reinkarnasi. Agak nyiksa hati, tapi mau gimana lagi karena dia udah janji gak berlebihan..Jujur ini progresnya terkesan lambat karena villain yang cukup besar pengaruhnya belum nampak.

Trigun Stampede 07

Kaptain

Kereta yang ternyata Space Cruiser berhasil dihentiin, sayang aja bos gang kali ini ga nongol di adaptasi ini. Jadi tim kita sekarang tahu kalau Vash itu Plant via interaksi dengan teknologi space era and you know, bisa ngebangkitin Plant lain. Belum waktunya buat Livio “bangun” dan komentar Legato di akhir juga ada buat mastiin kalau dia masih idup.

NieR Automata 04

Kaptain

Balik lagi dengan cukup budget biar bisa ngasih aksi yang berkualtas buat Simone. Untung aja ini sesi hack 9S juga dikasih sentuhan orisinal. Taman disingkat banget dan saya mungkin ngambil kesimpulan kecepetan, tapi saya ga yakin pertemuan dengan Pascal bakal sebaik gamenya. Bisa nggak tolong di adaptasi ini Jean Paul langsung dibacok?

Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi 06

BlueHeaven

Akhirnya Sui-chan ngomong! Owalah suaranya imut euy! Saya ga grinding Honkai cuma pernah coba sekali, jadi ga tau referensi seiyuu yang dibicarakan orang. Yang penting Sui imut, that’s all.

Onimai 07

BlueHeaven

Seragam yang dipakai Mahiro ini realistis. Ga kayak kebanyakan anime yang bisa membuat semuanya jadi slim fit, ini proper seifuku dengan setelan jas dan rok panjang yang seharusnya. Buat episode yang tujuannya menghindari food disaster, terlalu mudah penyelesaiannya. Sisanya berasa kayak nonton Isekai Ojisan pas Mahiro ngebahas game jadul yang anak sekelasnya ga tau.

Hyouken no Majutsushi ga Sekai wo Suberu 07

BlueHeaven

Akhirnya bisa mendengar Kugurie dinista dalam bentuk karakter trap. Saya lupa kalau anime ini punya pacing dan transisi ampas. Terima kasih episode 7 untuk mengingatkan betapa ampasnya anime ini.

Tomo-chan wa Onnanoko 07

BlueHeaven

Yeah, episode pantai karena ini mid season. Ngasih serangan mental kuat ke Jun apalagi bikininya Tomo terbuka sana-sini. Ga tau aja sih, dari aku yang bukan penggemar tomboy ga biasa melihat karakter tomboy dikasih baju seekspos gitu. Jadi bawaannya kurang cocok. Tapi mungkin bagi penggemar tomboy apalagi yang demen oppai jumbo bisa kena serangan fatal melihat episode ini.

Shin Shinka no Mi 06

Look at those duo, ini karakter atau penonton?

BlueHeaven

Unlogical battle for sure. Bu Gurunya dipaksa banget supaya bisa show off skill and bullshit lainnya. Shinka no Mi tanpa jenaka absurd hanyalah seonggok sampah yang lebih jelek dari Hyouken no Majutsushi. Wall yang dibuat biar anak-anak panik dan sudah menimbulkan korban jiwa itu ga ada harga dirinya sama sekali. Bisa-bisanya itu bolong dan anak-anak rapi lagi di tribunnya sorakin kemenangan Bu Guru.

Bagian lebih konyolnya lagi pas teman cewek MC satu-satunya yang belum dinista kena tembak di akhirnya. Itu benar-benar stupid for some reason. Ada banyak karakter di situ, tapi ga guna semua. Itu temannya juga gerakannya slow dari turun sampai bisa muncul on time kena tembak. Lebih tololnya, yang kena tembak siapa, yang ditangisin siapa. Kalau mau dramatis, ngotak dikit dong bikinnya.

Tsundere Akuyaku Reijou Lieselotte 07

BlueHeaven

Well, not so fast. Proses buat ngedeketin new ally buat persiapan lawan boss seperti ini saya suka untuk episode kali ini. Ga selow, tapi ga kecepetan. Tentu saja untuk karakter yang belum pernah bicara sama geng pangeran, perlu pendekatan yang sesuai. Apalagi sudah dikasih batas yang harus diperhatikan agar si bocah bisa kecantol. Endo sama Kobayashi juga dikasih jatah mesra. Nice.

Blue Lock 19

BlueHeaven

Setelah dikasih pertandingan bertubi-tubi, episode ini full bacotan tanpa real pertandingan. Biasanya mereka ngasih flashback karakter pas pertandingannya, tapi ini enggak. Jadi, kalian yang ngatain Bachira dengan monster dalam dirinya bisa paham sedikit soal anak kesepian ini. Kemungkinan saat match nanti, bakal ada karakter lain yang dipertunjukkan flashbacknya.

Blue Archive

Kaptain

Finale dari arc Saori dan Mika, indeed the worst student. saya apresiasi via sesi combat yang bagus buat ngejual level bahaya keduanya. Agak curang aja sih ngumpetin aktivitas pasca squad Saori di bond, yang untung aja berhasil nyantol. Nexon dah mulai belagu nih masang dua banner limited buat Toki sama Nagisa.

Neural Cloud

Kaptain

Saat artikel ditulis baru buka 4 fasilitas pabrik. Secret MVP buat Chelsea yang isi event lebih pedes dari dugaan. Meanwhile di event perkenalan Phyton juga ini stage farm 2 emang ga didesain buat mereka yang ogah ngeroll tuh doll, berapa banyak yang di poin ini bela-belain naikin 3 Guard. Jujur ini event lebih ngasih saya itikad baik ke Evelyn dan “tamu” dari GFL pertama.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Sedikit kaget sama deadweek yang justru lebih produktif dari masa CC. Setelah dibuat kesel sama artileri Manfred, kini saya dibuat kesal sama Iron Carrot Mine. Banyak yang kudu dikejar di saat keinginan untuk maen ini secara daily mulai sulit.

Fate/Grand Order (JP)

BlueHeaven

Saya kembali untuk dead game satu ini untuk menjemput seijo yang benar-benar suci dari cara berpakaiannya. Butuh berapa tahun hiatus dari gagal dapat Semiramis sampai bisa dapat Johanna.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: sukoyaka_animal