[JOI Spotlight] World is Judgement with Feathers Edition

May 19, 2024 21:15
[JOI Spotlight] World is Judgement with Feathers Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Minggu yang lebih tenang setelah berbagai acara besar bulan ini, jadi mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

Blue Archive 06

Kaptain

Tim prefek tuh contoh faksi yang makin ke belakang makin turun saya respeknya. Bakal ambruk kalo ga di-carry sama Hina. Then again ini lebih karena tim penulis yang nggarap Gehenna punya visi sendiri soal nih seri.

Eden Treaty mulai diomongin dan melihat otonomi sekolah dah jadi topik, harusnya ini nekanin kalau siswi yang saking berbahayanya sekolah asalnya sampe nyerah itu itungannya bencana alam.

Konosuba S3 06

Kaptain

Stealth Optional. Penjelasan Chris soal gimana cheat item dipake nunjukin kalau metode keabadian ini udah dipake sebelumnya. Ini emang secara teknis topengnya Vanir itu cheat item, tapi pada dasarnya ini cuma ningkatin skill level semua kemampuan yang Kazuma punya dan cuma efektif pas bulan purnama.

Anyway, ini subplot cheat item belum selesai karena satu masih belum ketemu dan arc selanjutnya harusnya bikin eksplisit soal kenapa Darkness dapet lebih banyak fokus di nih season.

BlueHeaven

Peak Kazuma. ASMR Freeze voicepack. Top perform, 90% jadi kontributor kesuksesan misi merebut cursed artifact. Darkness being Darkness, nol persen akurasi. Pertanyaannya, Rain bakal ga muncul lagi kah? Mengingat Kazuma party sudah selesai dengan ibukota. Padahal jadi pengawal putri tapi paling dikit spotlightnya.

Delicious in Dungeon 20

Kaptain

Izutsumi emang dah nongol di opening, tapi ini episode nunjukin kalau dia emang masih di fase onboarding dengan berbagai kebiasaan tim. Seperti biasa perlu ada episode biar penonton ga terlalu nyaman sama masakan monster, dan nih seri pun nggak bisa bikin Balut atraktif untuk dimakan.

Jiisan Baasan Wakagaeru 06

BlueHeaven

Tiap episode ada aja yang bikin ngefeel. Perasaan anak merantau tinggalin orang tua di kampung, agak jarang bisa didapat waktu nonton anime. So far, story writingnya more than just segment by segment. Perasaannya nyampe, begitu pula komedinya.

Mushoku Tensei II Part 2 06

Kaczmarek

Iya Rudy punya pilihan lebih sekarang selain untuk ayah dan ibunya. Namun dalam kondisi ini (Norn dan Aisha di rumah), pasti dorongan untuknya demi menyelamatkan Zenith makin keras. Good to know that Norn pengen sendirian kesana namun diberhentiin Rudy. Yeah Rudy, your next arc isn’t about the birth of your child, but your parents. Tapi, gaada episode untuk minggu depan.

Shuumatsu Train wa doko e iku 06

Kaczmarek

Cuma make up doang. Agak kasian sama nasibnya si queen tapi mau gimana lagi, umat zombie gabisa ditinggal lebih jauh gitu aja. Curiga kalau pengikutnya ini masih punya kesadaran untuk menuruti permintaan ratunya. Yep dari sepanjang episode zombie berkeliaran ini gaada adegan makan otak. Jadi mereka dikasih makan apa sebenernya selain diperlihatkan/diperdengarkan material sugestif?

Re:Monster 07

BlueHeaven

Akhirnya ada lawan yang cukup sepadan sama Ogrou. Ini juga nunjukkin kalau di human side punya ancaman lebih gede kalau mau diterjunin. Episode kali ini segment gelutnya juga panjang, keputusan yang tepat buat jadi highlight. Korban jiwa juga pecah di kubu defendant of forest, jadi fair logic.

Lv2 Kara Cheat 06

BlueHeaven

Amarah Flio cuma bentaran. Mayan puas sih tiap ada adegan pukul wajah di anime. Si yuusha gadungan malah jadi monster jadi-jadian. Main antagonisnya di dia sih, jadi ga boleh ngilang minimal sampai 1 cour ini selesai.

Kaczmarek

Adegan pemukulan yang dibikin serba mengalir tapi kurang bonyok aja si Hiya. Kalian yang baca sumber aslinya tentu ada yang agak kecewa karena skenario yang dipakai gak sama saat Fenrys sama Flio. Ya mereka beneran mating dan gak diganggu Hiya di bagian itu.

Dainana Ouji 07

BlueHeaven

Fan service kali ini dipandu oleh jaring laba-laba super lengket: nempel ke baju, auto robek. Agak kontra pas sebelumnya racun bisa diarahin ke Lloyd, tetapi pas di markas dibilang no control. Entah sub yang salah atau emang nulisnya ga bener.

Kaczmarek

Akhirnya bisa catch-up pasca ngedrop series lain. Yep episode yang cukup lengket di minggu ini.

Unnamed Memory 06

BlueHeaven

Cursed episode. Oscar udah bisa nyosor bibir Tinasha. Ini gimana dah ceritanya, mending Akuyaku lv. 99 bondingnya masih jelas progressnya. Terus pas mau ngeleak backstory Aeti, orang yang dikodein suruh pergi, pergi cuma kedengaran pintu ketutup doang. Iya bisa ngerti itu adegan lagi ngapain, tetapi sorot kameranya jelek banget fokusnya ga bisa ke tempat yang tepat. Mau sebut studio, tetapi udah capek ngetik 4 huruf itu.

Kaczmarek

Terima kasih sudah nge-skip hal penting di perkembangan emosi kedua manusia ini. Sayang banget mereka lebih fokus untuk ngelarin ini di titik mana daripada fokusin kedua MC-nya.

Viral Hit 06

BlueHeaven

Akhirnya join juga cewek berjaket kuning yang ternyata bakal bantu jadi editor. Reveal juga kalau dia sih om-om ding yang suka komen highlight pas live. Tinggal si ahli bela diri topeng ayam yang belum terkuak siapa. Pas momen halu gara-gara dipegang jari itu bikin saya ngakak. Guess the third time’s a charm.

Henjin no Salad Bowl 06

BlueHeaven

Fans Uma harusnya tertarik sama episode ini. Ternyata pacuan kuda udah receh doang bisa bet di sana. Cukup jelas diajarin soal betting. Sara gantian jadi heroine episode, Livia diistirahatkan dulu seiyuunya. Mode rambut hitamnya oke juga tuh bocah. Siapa yang nolak angkat anak yang mayan encer otaknya. Emang Sara anak yang ga banyak nyusahin sih.

Kaczmarek

Udah mending angkat deh jadi anak lu Sousuke. Lumayan luck-nya tinggi jadi bisa disuruh nyari duit sendiri wkwk. Sekalian deh Brenda dijadiin istri kalo bisa. Also, poor gifu castle kena selingkuh.

Date A Live V 06

Kaczmarek

Satu per satu Mio metikin buahnya dan di sisi lain masalah Isaac, Elliott, Karen, sama Ellen. Flashback yang dibutuhin kalau mau nge-skip sebagian scene di musim ketiganya. Paling enggak kita udah dapet gambaran bagaimana situasi mereka berempat di konflik ini. Namun yang masih agak ngeganggu di kepala ini cuma adegan Isaac sama Ellen di bagian akhir.

Tensura Season 3 07

BlueHeaven

Finally keluar dari siklus rapat. Perjalanan singkat Hinata ngasih tahu ke penonton yang cuma dikasih lihat kota Tempestnya aja. Ternyata di jalan Blumund ke Tempest udah rapi banget sampai ada tempat camping dan free water refill. Seneng banget ngelihat Rimuru ketemu lagi sama Hinata. Lebih seneng lagi bisa lihat kemampuan skuad Yomigaeru pimpinan Shion beraksi. It’s action time, woohoo!

Kaczmarek

Gue gak bisa liat Hinata dengan lensa yang sama kayak sebelumnya karena seorang pengguna Facebook di grup Tensura global ngebandingin hot-an mana Hinata yg ini atau yg di novel. But anyway, kita udah tahu kesalahpahaman ini dibuat sama Clerics jadi penyelesaiannya tinggal ngeliat seberapa besar impactnya ke imperial knights.

Girls Band Cry 07

BlueHeaven

Satu episode buat mastiin hasil di ujung, Nina the troublemaker MC akhirnya putusin berhenti sekolah. Kirain pas momen dia lihat kembang api kimeta-nya mutusin nama band. Kocak pula nama band diputusin sendiri, ditambah cuma modal lihat kaus penonton. Hebat member bandnya bisa tahan sama kelakuan kek gini. Momoka mau keluar? Ah, kita sudah tahu dengan pasti ga bakal terjadi. Lagu yang diputer di episode ini enak-enak, terutama lagu slow yang cuma bentaran dinyanyiin sama karakter baru berkacamata.

Kaptain

Drama tipikal nih genre. Cuma saya apresiasi ini terjadinya cukup cepet jadi kondisi Momoka dan Nina bisa lebih lama dicerna. Pada akhirnya semua plot beat yang ada tuh buat ngeyakinin Nina untuk full commit ke karir ini dan akhirnya kekonfirm juga kalau dia dari keluarga edukator, takutnya ya kalau dari keluarga relijius bakal bikin nih anime susah tayang.

Kaijuu no. 8 06

BlueHeaven

Adu achievement antar rekrutan baru. Bagusnya belum ada yang mati di regu pembasmi Kaijuu. Ini Reno kayaknya bisa kena death flag. Progressnya terlalu lancar dan progress MC masih rada seret, bisa jadi pemicu gede buat plot maju, tetapi kalau mau mati kepagian juga. Nanti lihat aja gimana karena cuma mereka yang encounter kaiju berbentuk manusia, nyawa mereka paling bahaya di episode berikutnya.

Mahouka S3 06

Kaczmarek

Akhirnya scene yg bikin kesel gue di novelnya dianimasiin, yep bagian Miyuki minta Tatsuya gak ngurusin lagi soal parasite ini dan fokus ngelindungin si adik aja. Nah, sayangnya permintaan ini gak 100% dipenuhi karena Tatsuya juga harus mantau gerak gerik Yakumo yang ngasih shock therapy ke Kyouko. Tatsuya juga frustasi informannya gak bisa ngasih info penting soal kasus ini, dan siasat Yakumo berguna buat naikin langkahnya pasca mendengar info dari Kazama.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-tsuki 06

Kaczmarek

Lilishka lucu bgt, dan bener aja ternyata dia satu angkatan sama Shintarou. Agak kaget ini bocah juga gak menjaga privasinya sebagai vampire, walau difacade-nya udah make persona chuunibyou. Yeah she’s dangerous for your neck. Episode berikutnya fix invasi apartemennya Shintarou, dan semoga ada bibi dan editornya yg ngikut wkwkwk.

Yorukura 07

Kaptain

Remix pairing. Banyak bener adegan persahabatannya minggu ini. Koharu tuh sebagai karakter baru curveball banget, baik via kejujurannya soal operasi plastik yang utamanya buat ninggalin hidup lama dia dan fakta kalau dia main Exoprimal, tragedi apa yang dia sembunyiin? Tebakan saya pas konflik sama agensi dimulai JEELE bakal butuh temen di tempat tinggi juga.

Jadi pas Super Cub tayang dulu ada diskusi soal boncengan ilegal. Karena ini temanya sama ya usil aja nyelipin bagian nilang di akhir.

BlueHeaven

Full sensor satu frame mantap. Jarang-jarang nih anime bahas oplas, apalagi hal sensitif kayak memperbesar oppai via operasi. Biasanya pettan udah pasrah sama nasib dijadiin joke abadi. Bumbu yuri Yoru sama Kano makin kuat, bikin fans yuri jingkrak-jingkrak. This season has a lot of that spices.

Maou no Ore ga Dorei Elf wo Yome ni Shitanda ga, Dou Medereba i- 08

Kaczmarek

Keluarga baru dan kali ini duragone bernama Foll//Valefor. Niatannya mau ngambil powernya Zagan namun berakhir jadi murid barunya. Gegara Foll, saya kenal seiyuu yg lagi fresh bernama Akane Misaka. Wholesome moment throughout the episode.

The Fable 07

BlueHeaven

Satu pembunuhan oleh mantan napi 15 tahun lebih sadis daripada puluhan kill yang dilakukan pro assassin. Lagipula itu Ebihara pakai acara tumbang pas mandi pula. Set up final Satou bakal lawan Kojima pastinya. Kelakuan Youko bikin image seksi Misaki langsung hilang seketika. Iya bener, lebih kocak dari Jackal.

The New Gate 06

BlueHeaven

Logika paling fail sejauh ini dari seri ini. Jadi kan katanya mau bawa tokonya dibikin portable. Mereka dah pergi jalan ke kota dulu, terus balik pakai teleport sekali pakai, baru packing rumahnya. Emang pada dasarnya Shin suka buang material dan waktu yang berharga ya? Kan bisa dia packing tokonya, pergi ke kota, tanpa perlu pakai diamond teleport yang langsung hilang sekali pakai. Kalaupun packingnya masih ditaruh setelah jalan-jalan di kota kan mereka juga punya opsi jalan tanpa perlu teleport. Mending teleportnya disimpan buat balik dari kota ke kota terutama pas Wilhelm nanti butuh bantuan. Kalaupun mau kenalin itemnya, ga perlu dipakai juga langsung. Tanpa dikenalin juga item kayak gini bisa masuk ke logika penonton kalau dipakai pas klimaks genting. Bad writing emang.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Best writing since LB6. Lebih tepatnya luar biasa kompeten dan doesn’t exactly have a low point. Bacanya enak, ga ada difficulty spike, gimmick boss gampang diurus. Then again kebanyakan character arc juga kesannya iterasi lebih lanjut berbagai archetype khas nih seri kayak Salome (Berserker driven mad by love) & Alonso (A false hero). Sesuatu yang Higashide udah banyak latihan.

Ada firasat juga karakter tertentu dimatiin karena dianya juga susah ditulis tanpa ngerusak ritme cerita. Makanya sering kan kasusnya dia kena debuff atau telat datengnya buat mecahin misteri.

Girls Frontline

Kaptain

Bagian pentingnya pesan anniversary tuh di unit protagnya aja. If anything kalau kalian cuma bisa baca satu, baca bagian Ange. Masih setengah jalan event collab, yang sayangnya di awal ya pake aspek ngeselin cerita GFL: “Jalan ke sesuatu yang jelas banget jebakan”. Sejauh ini juga cerita lebih fokus ke SKK yang ngisi Rage Meter dia.

Eiyuuden Chronicles

Kaptain

49 jam. Lebih suka ini daripada Suikoden pasca PS1. Well maybe not better than Suikoden 3 writing tapi ya itu itungannya payoff dari plotpoint 2 game sebelumnya.

So the bad part:

  1. Cuma ada satu Unite/Combo yang bagus. Sisanya ga worth the action economy and SP loss.
  2. Rune undertuned. Pas di endgame emang ada yang gamebreaking kayak 3 turn immunity & the Mazus/Crowley equivalent is still busted.
  3. Jelas banget cut contentnya. Baik via “Kita ngejalanin misi super penting di off-screen. It’s cool, trust us” atau “Faksi kita langsung gabung. Ga perlu ke area kita buat ngelarin quest relevan. Udah santai aja.”
  4. Ini masalah semua Suikoden sih, the big emotional moment dikunci di belakang bad ending.
  5. Wargame is not great. Ini utamanya buat setpiece aja dan senggaknya unit ga mati permanen if you mess up.
  6. Balance progresi minigame. Ini beyblade mesti di akhir banget baru bisa main ngeliat nambah gasing tuh sepenuhnya dari drop monster. Sementara card game main 2 kali aja cukup, bikin deck bisa dari whaling.

Saya akui ini senengnya juga lebih ke kasus “Lebih suka bumbu dibanding dagingnya”. Ini game yang punya sensibilitas yang udah lama ilang kayak “Ini RPG, tentu aja harus ada desert ship, musikal, & ngebacok drakula”. Banyak juga konten high-effort kayak teater yang setiap unit punya voiceline dan overall juga pas story event unit party bakal ngasih respon yang sesuai walau kombinasinya banyak banget.

Character generally likable with some winners, walau persentase kusogaki-nya gede di roster. Surprisingly beberapa gag-nya juga ngena. Karakter parodi Yugioh dikenalinnya “Ini kartu mainan men. Kenapa situ ngira sini bakal berantem pake kartu”.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: wernope_