[JOI Spotlight] Blank Room Soup Edition

May 26, 2024 21:44
[JOI Spotlight] Blank Room Soup Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di Minggu yang lagi banyak pengumuman. Emang utamanya sih soal seri populer yang tetep lanjut diproduksi, tapi ada juga seri laam yang hidup lagi. Selagi menunggu pengumuman lebih lanjut, mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir.

Blue Archive 07

Kaptain

Ini antara roknya Hina di nih adaptasi emang pendek banget.atau jatahnya Yuuka dia embat. Masalah sama 68 udah kelar jadi sisa masa tayang tinggal fokus sama Kaiser aja. Kecuali saya lupa sama plotpoint penting harusnya cuma bagian Trinity & Black Suit aja yang nyisa.

Konosuba S3 07

Kaptain

Masuk arc Darkness. Emang sih episode ini kesannya ga fokus ngeliat formatnya yang lebih kayak koleksi sketsa pendek, tapi pada dasarnya ya bagian pentingnya tuh masalah Darkness yang belum keungkap dan suntikan dana gede yang party dapet. Anyway seenggaknya di akhir party ga nyantai lagi.

Delicious in Dungeon 21

Kaptain

Perkenalan para Canary, yang pada dasarnya tuh party antagonis. Eskalasi dah mulai via konfirmasi kalau ada time limit buat Dungeon dan apa yang dungeon pulau ini sembunyiin: kerajaan abadi yang ga ada satu pun penduduknya yang demen.

Nafsu emang tema utama nih seri. Baik via deskripsi Dungeon yang punya nafsu makan dan para penduduk yang kehilangan nafsu tapi tetap ngelakuin keseharian mereka untuk tetap waras. Kabru emang ngeliat Laios ga punya ambisi, tapi dari semua manusia yang dikenalin, emang dia yang paling ngerti soal Nafsu.

TsukiMichi S2 20

Kaczmarek

Makoto udah gak mau jadi observer dan mulai turun ngurusin hal yang perlu dibenahin, Rona, demon, dan si kampret dewi itu. Yah penonton juga udah nyadar kalau si dewi ini perlu dikasih pelajaran secepatnya. Technically ini perang suku kalo ngeliat rasnya aja. Ngeliat Ema turun ke medan perang masih kerasa surreal, ditambah suaranya Hayamin.

Madome 09

BlueHeaven

Ngelihat Nephy nidurin Foll di pangkuannya udah cocok jadi sosok ibu. Emang sejatinya bisa jadi keluarga bahagia ini bertiga. Turut berduka untuk Chastille jadi korban bully “bocah” naga.

Henjin no Salad Bowl 08

Kaczmarek

Beruntung bapaknya Sousuke bisa diajak kerjasama, dan akhirnya Sara menjadi anak angkatnya! Pasca dialog dengan Haruka, Isao juga make skenario Sara anak kandungnya Sousuke. Gue lebih penasaran dengan respon Brenda pasca ini. Tapi kayaknya yang paling kaget itu Yuuna, karena mereka gak seumuran dan pindah sekolah pun gak ketemu karena beda kelas wkwk. Livia, Noa, dan Priketsu dapat jatah dan fokus ke belalang. Enak padahal belalang ini loh, Priketsu entah kenapa masih jijik. Suatu saat Livia dan Noa njejelin itu belalang ke Priketsu langsung. Ah sfx Chopin.

BlueHeaven

Banyak meme reference. Itu panel meme yang orang nonton terus excited ditambah Chopin yang sudah erat dengan meme orang kulit hitam adalah kombinasi jenius. Episode ini juga kelihatan jelas segmen per segmennya. Lumayan bisa dapat banyak karakter yang berperan di episode ini.

Date A Live V 07

Kaczmarek

Berakhir sudah Mio metikin buahnya. Di titik ini udah dikit ngasih celah buat filler ceritanya kecuali dalam bentuk flashback. Meanwhile Shido make power dari musim-musim sebelumnya untuk ngalahin Isaac. Masalah berikutnya yg harus diurusin selain Mio adalah situasi dunia yang gak ideal (lagi) untuk ditinggalin. Tapi mereka gak narok ini jadi fokus karena kita ditempatkan dari sisi Shido terlebih dahulu sampai Mio lenyap. Episode yang tentunya bikin pembaca setia / penonton kesel karena gak unhostile spirit-nya gak disisain sama sekali.

Unnamed Memory 07

Kaczmarek

Eksekusi arcnya di bawah standar karena plothole disana-sini bagi penonton, padahal dari novelnya udah jelas. Kita udah bisa nebak Tinasha punya rencana lain walau agak subtle saat membelot ke Lanak, tapi minimnya flashback di dua episode sebelumnya bikin kebingungan karena masalah konteks. Beruntung Lanak gak ditulis selemah ini di novelnya jadi semoga Deko Akao dan Kazuya Miura bisa ngasih keadilan ke pembaca.

BlueHeaven

Seriously kalau mereka ga pacing lompat kayak kelinci, bagian ini bisa jadi klimaks terakhir di set ke episode 12. Sekarang mau apa? Toh, di akhir episode ga ada cliffhanger buat tease kisah selanjutnya. Kalau Oscar sama Tinasha di ujungnya nikah, asli build up ke klimaks yang kacau balau dari anime ini mengingat ga ada jejak mereka bisa dekat kecuali cuma dikasih lihat skinship yang ga jelas datangnya dari mana.

Shuumatsu Train Doko e iku 08

Kaczmarek

Gue penasaran ciri khas Higashi-Kurume apa ya yang bikin mereka gatel-gatel? Hibarigaoka jadi ghost-town dengan zat penyesalan. Di stasiun berikutnya kita dapet surreal story NeriAli dari Alice, Iron Monty, dkk. Chaos ternyata punya hubungan sama Youka yang jadi Ratu Penyihir? WTF is happening in Akihabara?

Lv2 Kara Cheat 07

Kaczmarek

Damalynas mudah diurusin Hiya, dan udah balik lagi ke tubuh asli Tsuya. Daichi Oujo meanwhile gak bisa berbuat apa-apa kalau Flio menolak. Expand-expand-expand. Anggota keluarga di rumahnya Flio udah nambah Hiya dan otomatis lahannya kudu diperluas untuk gak bikin semuanya gabut. Byleri dengan peternakan kuda, Blossom dengan pertanian, Belano jadi guru (padahal gak lulus dulunya), dan Balirossa jadi………………..maenan Maou.

Mahouka S3 08

Kaczmarek

Mahesvara gak 100% plot armor tapi skill regennya Tatsuya bisa improve lebih. Tapi skill ini (seperti yg dijelasin di season 1) memakan mentalnya secara masif apalagi kalau cedera, kerusakan di anggota tubuhnya (dan orang lain) maskin parah juga. Sistem game cross-country steeplechase sayangnya cuma dapet highlight bagian akhir saat Miyuki lolos duluan di tengah banyak jebakan sana sini. Kalau dari awal mungkin bakal seru ngeliat progres mereka. Shiba dan Yotsuba sekarang bisa ngurusin Zhou yang sayangnya kabur lagi.

Yorukura 08

Kaptain

Udah setahun aktivitas. Ada semacam “kesepakatan” kalau pasangan Yuri itu belum resmi kalau belum ke aquarium, jadi ya ini langsung hajar aja love hotel bertema aquarium. Seri ini emang suka pesimistis soal pengaruh internet pada generasi kita, tapi di aspek internet talent masih ada respek pada kayfabe selama si talent ga terus-terusan nyari perkara.

Sesuai dugaan konflik sama agensi gede dah mulai. Semoga aja kontak yang dah dibuat bakal cukup.

BlueHeaven

Fans service buat yang demen visual yahud = Kano cosplay, fans service buat yang demen komedi = Mei ambruk. Gile, super gile, konser dengan fanart ditembak dari layar proyektor itu bukan barang baru, tetapi selalu bikin bulu kuduk berdiri. Jarang emang yang kayak gini, tetapi memang ada konser vtuber terutama yang udah berani ngeluarin siluet hitam aslinya. At the end, mereka ngasih gantungan yang patah, dalam artian langsung ngeganti fokus semula ke 4 gadis aja ke momen Yoru pengen diculik oleh emaknya Kano. Really? Man this is getting hotter and hotter.

Tensura S3 08

Kaczmarek

Thankfully kesalahpahaman ini bisa disadari Rimuru lebih cepet dan efeknya gak berlarut-larut. Momen ini jadi tahap baru buat Hinata dan koleganya untuk bisa lebih sopan dengan ras lain. Udah ngerasa janggal sama Raphael dari awal pertemuan kalau dia ini sengaja bikin Rimuru panik dan bener aja di akhir momen ngasih silent treatment buat nunjukin kenyataannya. No kill but giving a lose. Tapi Souei malah gain karena Litus demen sama dia wkwk. Apa yg dilakuin Clerics berikutnya? Yep Hinata jadi korban.

BlueHeaven

Ya, cuma satu episode. Bawahan Rimuru yang dikasih aksi cuma Shion doang di episode ini. Lagian kalau dipikir-pikir lucu juga. Satu-satu diajakin by one manut aja. Hasil emang jelas karena kita tahu sekuat apa para bawahan Rimuru, cuma kan penonton enak kalau mau dikasih tahu juga kekuatan holy knight. Yang kita tahu cuma sebagian kecil aja plus Hinata.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-tsuki 09

Kaczmarek

Hisui nongol akhirnya jadi member kedua occult club. Sempet ngira dia juga malaikat, tapi ternyata kappa. Clue timun ditambah air sudah ngasih tanda makhluk apa sih Hisui ini. Tapi buat nongolin cangkang sama halonya dengan cara ini agak nyusahin jg. Shintarou gak lama untuk ngenalin Hisui ke Towa juga, tapi agak kasian sama Towanya yang gak diajak ke festival.

Girls Band Cry 08

Kaptain

Wajar aja Momoka ngamuk, tapi ada basis dari kelakuan Nina via respon positif publik. This is their best chance walaupun ini juga perlu ngebakar jalan mundur. Demen saya sama dinamika dengan Diamond Dust yang agresinya sepihak dan pada akhirnya musuh terbesar para protag tuh diri mereka sendiri.

BlueHeaven

Emang dasar Nina tantrum. Kalau mau nyari cegil ga usah jauh-jauh, udah ada di anime ini. Bayangin aja pasang badan di depan mobil yang lagi disetir ngebut sama Momoka. Seneng banget kalau dia ketabrak kita bisa lihat sesuatu yang beda dari anime ngeband. Belum ada kan vokalis yang ditabrak gitarisnya? Episode kali ini juga ngasih penonton pandangan ke Diamond Dust yang selama ini jadi omongan aja. Walau sedikit, kelihatan gimana karakter masing-masing member Diadust.

Omong-omong soal visual, ini dari kemarin kadang mereka ngasih animasi 2D terutama untuk karakter ga penting sama flashback. Padahal animasi 3D mereka yang bikin anime ini menarik malah dicampur gini agak kurang sreg aja saya nontonnya. Apalagi pas episode lalu yang ada cowok band dalam wujud 2D ngomong sama Nina yang wujudnya 3D.

Tensei Kizoku Kantei Skill de Nariagaru 07

BlueHeaven

Tear jerking episode. Mereka udah ngasih preview di episode 1 soal ini, tetapi tetap aja ngefeels para pas bapaknya Ars mati. Momen flashbacknya juga ngena, momen terakhirnya deserved. Semalaman ngobrol sama bapak dan sadar kalau itu untuk terakhir kalinya, damn what a moment. War ahead, harusnya ceritanya bakal lebih banyak eksplorasi ke dunia luar secara mereka dah ngabisin 7 episode buat Ars ngumpulin bawahan dan self develop MC.

Jiisan Baasan Wakagaeru 07

BlueHeaven

Baa-san ga mau nunjukkin mizugi ke Jiisan. Cuma penonton yang boleh lihat penampakannya gimana. Ini honey moon kakek nenek diambil setengah fokusnya buat date Mino dan Shouta.

Dainana Ouji 08

BlueHeaven

Nothing’s new here. Demon berulah lagi dan Lloyd jadi pahlawannya. Grimm dipentalin itu doang yang bikin kaget. Soal trap, emang expected karena dari awal suratnya aja sudah fishy.

Kaijuu no. 8 07

BlueHeaven

Nyaris mati, Reno emang kepagian kalau mati sekarang. Begitu pula dengan humanoid kaijuu yang jadi antagonis di episode ini. Sayang, udah tinggal finishing malah kena interupsi. Lebih jeleknya lagi, Kafka malah harus berhadapan dengan Hoshina. Omong-omong soal Kaijuu no. 8, berarti ada Kaijuu no. 1 sampai no. 7?

The New Gate 07

BlueHeaven

Ngelihat kelakuan Tiera cuma jadi penghambat, sedangkan Schnee jadi motivasi nonton. Baguslah dia dikasih modal taming monster biar ga sepenuhnya jadi beban. Masih ga sreg aja awalnya dia punya momen respect sama pemilik toko bulan sesungguhnya, sekarang bertindak seakan dia punya hak ngatur Shin. Mau dikatakan bini, ada Schnee juga jadi ga valid.

The Fable 08

BlueHeaven

Now I get it. Humor di episode ini pecah banget. Mulai dari cara makan normal yang diakhiri makan ikan utuh sama tulangnya sampai obrolan Yoko buat gaet cowok di bar. Padahal sudah dibahas cewek pakai emosi, cowok pakai logika, langsung dibalikin pernyataan itu pas Yoko muncul. Masalah Misaki mantan gravure makin menjadi, Ebihara juga ga bisa ngekang Kojima selama di rumah sakit. Semakin dekat dengan klimaks dengan build up yang solid.

Go! Go! Loser Ranger! 06-07

BlueHeaven

Dua episode yang menarik. Ujian hari pertama dan kedua dibuat begitu berbeda. Hadirnya bos monster asli tidak pernah saya duga meski ada kemungkinannya. Well written plot, saya berharap bisa melihat aksi ranger biru chibi lebih banyak.

Girls Frontline

Kaptain

Komentar Batou di atas bikin saya ngeh kalau dalam setahun si SKK harus urusan sama 3 city-ending crisis yang bakal jadi 4 begitu nyampe di Frankfurt. Paruh akhir event jauh lebih mendingan, begitu SKK inget kalau sebagai protag gacha dude is up there on the power level. Ga kaya sumber materinya paling nggak para Post-Human di sini dapet closure of sorts.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: tentenchan2525