[JOI Spotlight] Shapeshifter Edition

May 5, 2024 20:13
[JOI Spotlight] Shapeshifter Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di hari penutup acara besar. Seperti biasa walaupun capek mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Blue Archive 04

Kaptain

Hore. Protagonis benerannya nongol. Seneng juga liat versi dasarnya Aru nongol dan ngasih konteks soal kenapa dia bikin grup kayak gini. Anyway, kalau kalian bingung kenapa grup rampok ini ada baju renang di namanya, itu karena pas segmen ide bisnis kemarin bagian baju renang di-skip. Makanya jadi aneh kan.

Masuk gamenya, ini collab Railgun juga by-the-book banget. Karakter nyasar dateng>busywork buat buka jalan pulang>tiap node fokus ke gimmick karakter. Peningkatan dari collab Miku dulu sih yang cuma banner+rhythm game. Cukup ngembat Misaki aja ngeliat lebih butuh Kikyou & Hare (Camp).

Konosuba S3 04

Kaptain

Penjelasan eksplisit soal aktivitas ilegal Chris, karena sekali lagi nih dunia tuh dibanjirin sama cheat item because if anything, Aqua cukup pinter ngibulin orang buat “nolong” nih dunia. Ironisnya Alderp dan Kazuma itu punya wavelength yang sama.

You know, ini arc kalau dipikir lagi emang maksa banget Darkness buat lebih proaktif biar tim ga diban permanen dari peradaban.

BlueHeaven

Saya bisa puji sound director buat episode ini. Jelas banget permainan di scoringnya. Darkness masih teriak pas opening udah masuk, ganti BGM tiba-tiba ke romcom pas Kazuma berduaan sama Megumin, sama stopping yang pas buat highlight momen kocak di episode ini.

Visual juga pinter buat saya bisa ada interest lebih sama pudding yang bergoyang. Dialog Kazuma juga ada yang diulang khusus episode ini sama kayak episode kemarin waktu Kazuma masih bisa santai tidurnya.

Dekisokonai to Yobareta Motoeiyuu 06

BlueHeaven

Absolute trash of the season. Herannya saya bisa tahan nonton sampai sejauh ini. Episode ini nyelesaiin masalah yang udah diungkit sejak episode pertama. Sebuah parade story telling yang buruk, ditambah visual yang bisa membuat saya bilang Mobuseka masih mending. Agak tertarik sama gantungan di akhir, tetapi motivasi saya buat lanjutin seri ini sudah berada di titik rendah.

Seiyuu Radio no Uraomote 04

BlueHeaven

This should be expectable but still hit my feelings. Sejauh ini yurinya ga tebel kodenya, enak buat ditonton sesuai prediksi. Manis banget lihat penyelesaian masalah stalker. Sudah diduga itu bapaknya, yang ga expect ternyata dia juga sutradara anime. Yasumi berasa useless ngorbanin diri, untungnya masih ada guna siarannya buat dongkrak acara radio biar ga mangkrak.

Madome 05-06

BlueHeaven

Minggu kemarin saya agak lupa buat ngisi seri ini. Beberapa kali musiknya fail buat bisa ngiringin scene. Tensi sama suasananya apa, musiknya malah ngerusak. Ditambah lagi start/endnya ga ada pasnya selama dua episode terakhir. Barbatos ngambil villain role cukup keren, tapi naifnya Zagan aktif demi alasan pamungkas: Nephy. Pake acara masang kalung budak kemarin pula, dah bagus itu leher akhirnya bisa dimandiin, hadeh.

Henjin no Salad Bowl 05

BlueHeaven

Lagi-lagi Livia terjebak ke kerjaan jahat. Reseller ya, mayan nih bahan ngehujat terutama buat yang hobi gunpla. Episode ini juga ngebuka pandangan penonton ke Priketsu. Kasihan juga demi musik rela kerja di sex cabaret. Sara nyanyinya wandehoi banget, full meme face satu episode. Mereka nampilin gambar simpel anti repot yang bikin saya ngakak. Contohnya pas Livia dibayar 3 ribu yen, cuma di kasih gambar uang tiga lembar dalam bentuk kotak fade in dari atas ke tengah layar.

Kaczmarek

Belajar sepeda, reseller, dan onsen. Livia masih naif, jadi saya masih kesel Sara dan Sousuke gak ngasih “pendidikan” ke Livia soal masalah di JP. Priketsu dapet development akhirnya dan nunjukin jika dia juga bermasalah. We can’t wait for Livia x Priketsu live song~

Delicious in Dungeon 18

Kaptain

Butuh 12 episode tapi Laios akhirnya ngeklik soal latar belakang nih dungeon. Rencana sekarang dia soal diplomasi kecil kemungkinannya bisa berhasil, tapi sama kayak kasus Shapeshifter sekarang, paling ya bakal ada logika via perilaku monster yang bisa dipake. Anyway via osmosis harusnya identitas karakter di akhir dah jelas.

Saya agak nyayangin aja deskripsi soal gimana tiap anggota ngeliat klon dilewatin. Ada konteks sejarah dan kultural yang menarik soalnya via gimana karakter tertentu ngeliat ras lain.

Mushoku Tensei II Part 2 04

Kaczmarek

Norn the stern one. Rudy ngeliat Norn membatu di asrama nanti bakal ngerefleksiin masa lalunya di dunia nyata. Meanwhile di episode ini Pursena dan Linia berpikir bakal jadi ide yang bagus dengan ngumpulin pantsu siswi akademi dan dikasih ke Rudy. Nope, Ariel dan Luke (and probably Sylphy) dapet info soal ini dan manggil Rudy secara langsung.

BlueHeaven

Ulah anggota geng meresahkan. Bisa-bisanya ada kasus pengumpulan pakaian dalam demi membuat hati bos senang. Linia sama Pursena butuh dikasih ajar lagi, nih. Yang kemarin masih belum cukup, hehehe.

Tsukimichi 2nd 17

Kaczmarek

Monster di seri ini sabar banget ya, nunggu karakter yang di-highlight ngabisin dialognya duluan sebelum nyerang. Ini momen juga jadi ujian bagi anak asuhnya Makoto dengan target yang agak upgrade dari lizardmen sebelumnya. Abelia jadi bintang di tengah misi “jangan bunuh musuh” ini. Butuh Rona turun tangan langsung biar ini masalah jadi makin menarik daripada via proxy monster itu.

BlueHeaven

Moment of truth pas Makoto nyelametin “prince”. Ternyata itu gumpalan oren ga kelihatan sama orang biasa ya. Rajanya mau dibikin kind king tapi di mata saya itu tindakan bodoh mengabaikan keselamatan dan menyeret beberapa pengawal yang harusnya bisa keluar dari masalah ini tanpa luka jadi babak belur dihantam monster. Toh, ujung-ujungnya dia ga bisa ngapa-ngapain dan jadi beban.

Unnamed Memory 04

Kaczmarek

Secara jelas ada yang salah dengan adaptasi ini, tapi dari komposisinya masih bisa diikutin. Bagian Meredina yang tetiba nyerang Tinasha tanpa ada scene manipulasi dari Kagar ini bikin gue “hah?’ sendiri walau udah di-tease kalau perwakilan Cuscull udah nyengir sebelumnya. Selain Kagar, Myralis juga udah gerak dan mungkin ada hubungan dengan meninggalnya Ettard lebih cepat. We don’t know yet, masih banyak plothole.

BlueHeaven

Ini dari kacamata yang belum baca LN kayak saya aja bisa ngerti keputusan banyak skip cerita di seri ini adalah langkah blunder. Villainnya belum jelas gimana asal usulnya. Paling kesel saya kalau dikasih lihat interaksi karakter yang belum konek sama main line story. Buat apa episode kemarin nampilin ada karakter mati terus hilang gitu aja? Asli bikin garuk-garuk kepala saya mau ngikutin ceritanya.

Date A Live V 04

Kaczmarek

Flashback awal mula “Mio” bertemu Shidou, Mana, dan Kotori. Sudah diketahui alasan Spirit of Origin ini ngamuk saat Shidou dibunuh. Namun di situasi lain, ini bikin masalah Spirit juga muncul hingga di waktu saat ini. Cute episode ended up by tragic moment.

Tensura S3 05

Kaczmarek

Rapat yang ini lebih banyak ngasih informasi penting untuk progres cerita, terutama soal bawahannya Hinata dan trio serbet melayang itu (Clerics). Di balik itu, Reyheim sudah dibunuh sama Clerics demi merekayasa skenario pertarungan Hinata x Rimuru. Sebenernya maksud utama Clerics itu buat ngebunuh Veldora yang sejak berita kebangkitannya masuk telinga mereka. Kita tahu meme apa yang bakal keluar pasca ini, jadi nantikan masakan pertengahan musim ini.

BlueHeaven

Banyak karakter baru yang cocok gantiin badut Clayman. Reyhiem dilepas gitu aja sebenarnya udah blunder dan akhirnya bisa dimanfaatkan musuh dengan baik buat twist situasi jadi perang. Selesai sudah rapat, mereka ga perlu bikin episode rapat lagi minggu depan, kan?

Mahouka S3 05

Kaczmarek

Makoto Kudou yang gue pikir gak bakal masalah magician ada di sisi militer kini melompat ke arah anti-magic dengan melihat kondisi cucunya. Tiga cabang di perlombaan diganti jadi kayak latihan militer. Masalah utama di paruh pertama musim ini masih di sekitar hal yang sama dengan akhir musim pertamanya. Out of nowhere dapet fanservice Mayumi pake swimsuit.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi Tsuki 06

Kaczmarek

Annoying but funny appearance. Kehadiran Shiu dari surga paling enggak nambah pengembangan dari Towa yang sebelum-sebelumnya gak dapet jatah. Ini baru seminggu di dunia, dan akhirnya Shintarou ngajarin dunianya sendiri. Sampe Towa bisa ngerti kebiasaan manusia di dunia, dia gak bakal masalah lagi dilarang sama Shintarou belanja atau beraktifitas keluar apartemen. But tho, kalo ditanyain polisi begimana? Wkwk.

Kaijuu no. 8 04

BlueHeaven

Ciat! Om-om bertubuh kekar menyelamatkan sang tuan putri. Ini Mino sama Kafka sengaja banget dibuat ngejauh. Kasihannya ke Mino sih karena doi pengen coba ngomong ke Kafka tapi terhalang jabatannya yang berat. Episode ini juga ngasih kejelasan kalau ga cuma Kafka yang kaijuu humanoid serta seberapa kekuatan kaijuu Kafka diukur dengan skala angka.

The New Gate 04

BlueHeaven

Akhirnya Schnee, selamat atas reuninya. Puas saya nonton episode ini. Visualnya bagus selama ada Schnee di situ (asli bagusnya bukan karena suka karakternya). Pertemuan Schnee dan Shin itu penting karena ngejelasin semua yang perlu diketahui di dunia setelah Shin hilang.

Yorukura 05

Kaptain

Jadi alasan jadi viral hit ya gara-gara “kutukan” yang masuk masternya. Balik ke drama get criticized once>die yang jujur aja belum keurus dari episode pertamanya. Memang ga sesimpel ini sih ngeliat sosmed yang bikin manusia susah berfungsi emang masalah jangka panjang nih seri. Senggaknya emosi ini bisa disalurin buat usaha kreatif dia + dapet bonus pacar.

Btw ngeliat drama artis yang lagi panas di barat, saya perlu minta maaf soal deadline ga realistik nih anime. Kemarahan bisa bikin artis luar biasa produktif.

Shuumatsu Train Doko e Iku? 05

Kaczmarek

Bisa agak lega dengan masalah di tempat ini dan kita ketemu doctor yang aslinya scientist. At least, orangnya kooperatif dan kenal juga Zenjirou. Gue berharap dia bisa mengembaliin Zenjirou ke keadaan normal sih. Annoying banget cuma punya beberapa menit untuk balik ke versi normalnya. Walau kasusnya lebih sulit dari Akira yang tinggal makan jamur.

Girls Band Cry 05

Kaptain

Jadi sumber perkara band sebelumnya tuh Momoka. Yang emang tipikal dengan band yang isinya orang ribet ini, sampe seragam di akhir ngasih label buat penonton yang masih belum nangkep sama kerusakan masing-masing. Pada akhirnya ini Diamond Dust ada bukan sebagai kompetitor, tapi sebagai sumber trauma.

Neural Cloud

Kaptain

Ada komentar yang bisa dibuat dari fakta kalau robot religius itu robot yang sejauh ini paling ahli bohong, atau lebih optimisnya “bisa jaga rahasia”. Nggak ada alasan yang bagus banget buat roll Kimie kalau AI3 Flo dah punya dan ini juga collab udah deket.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: tentenchan2525