[JOI Spotlight] The Next Big Event Edition

May 12, 2024 19:37
[JOI Spotlight] The Next Big Event Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada Minggu yang ada acara besarnya juga. Salut saya sama kalian yang bisa ikut event berturut-turut dan selagi istirahat, mari kita simak impresi staf JOI untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

Blue Archive 05

Kaptain

Ya ampun ini bagian awalnya padding banget. Ini ya yang penonton ngarepin dari nih adaptasi: Melototin financial statement yang cuma butuh bilang “duit kita dipake buat ngancurin kita”. Tapi ya bisa aja ini buat hemat-hemat konflik prefek Gehenna bentar lagi.

BlueHeaven

Blundernya kelewat parah, sih, ini. Dikasih ramen plus plus malah diancurin bisnis orang. Emang cocoknya ganti namanya, bukan problem solver, tetapi problem maker.

Konosuba S3 05

Kaptain 

Good job Kanon Takao, ini segmen Iris peak kusogaki banget. Ini juga nge-pause lama udah jadi running joke nih season. Karena ini udah dapet literal mission from god, 2 cheat item yang dideskripsiin tuh bakal jadi fokus nih season dan fungsi item keduanya bisa kalian lihat sendiri. Saya ngeliat joke terbaik sejauh ini tuh di episode yang fanservice-nya banyak, yang dapet animasi paling banter malah si preman di akhir.

BlueHeaven

Sengaja banget dikasih jeda diem lamaan pas Kazuma sama Eris. Makin jelas kalau Eris = Chris. Tinggal kapan Kazumanya nyadar, soalnya otaknya sering downgrade kalau ngomong sama cewe waras.

Seiyuu did a good job. Swap body = swap kepribadian, tone suara auto ganti. Dapet momen jackpot karena Lalatina masih noble mode. Duh, sayang ini anime grafiknya ga mendukung untuk puas pol sama ginian. Yang ada ngakak di momen ecchi kayak gini.

Delicious in Dungeon 19

Kaptain

Party member baru: Kucing. Fun fact: Pas ini seri terbit sebagai one-shot, kepribadian Marcille tuh lebih kayak impostor Marcille minggu lalu yang lebih adem, dan Proto-Izutsumi punya kepribadian Marcille versi serialisasi yang lebih bawel. Ini segmen Nightmare utamanya emang soal posisi Marcille sebagai ras umur panjang dan obsesi dia buat ngelawan waktu, tapi ini Laios yang dunia mimpinya “kosong” juga cukup menarik.

Dainana Ouji 06

BlueHeaven

Banyak amet fan service episode ini. Kirain Tao MIA, ternyata dikasih balik juga di episode ini. Blacksmithing scene tidak pernah semenarik ini. Far better daripada denger kelinci om-om nyanyi di Shangflo. Dua saudara Lloyd yang baru muncul sama-sama likeable.

Dekisokonai to Yobareta Motoeiyuu 07

BlueHeaven

Ini yang bikin saya kesel sama seri ini. Tiba-tiba aja MC ketemu karakter baru terus ngebahas banyak hal kayak udah pernah ditampilin sebelumnya di anime padahal gak. Jadinya, penonton harus proses mikir lagi ini cerita dari awal karena terlalu banyak dan gede plot hole yang harus ditambal. Visual still suck as hell.

Kami wa Game ni Ueteiru 06

BlueHeaven

Main TCG berkedok sugoroku. Good show buat reveal semua hidden rule yang bisa eksploit, kelebihan seri ini ada di skema gamenya yang rapi. Cuma masih belum bisa ngangkat story yang masih kelihatan hambar. Butuh kick lebih nampol biar seri ini lebih jos.

Tensei Kizoku Kantei Skill de Nariagaru 05

BlueHeaven

Charlotte lewat sama waifu satu ini. Bener-bener tenshi coming from heaven. Kemampuannya sangat menunjang untuk jadi istri Ars. Tunggu Licia gede pasti ga kalah juga kok bodynya sama Charlotte.

Henjin no Salad Bowl 06

BlueHeaven

Full focus ke Livia yang sekarang udah naik derajat jadi kept woman ketua sekte sesat. Semoga dengan dibentuknya kembali band, tiga cewek ini bisa hidup normal. Saya suka baju kaosnya Minakami Noa, pengen punya satu di rumah.

Kaczmarek

Noa jadi pemenang tertinggi di episode ini setelah Livia. Jualan model trus dapet fanservice, bukan, godservice dari Livia seharusnya udah cukup bikin Noa klepek-klepek.

Kaijuu no. 8 05

BlueHeaven

Akhirnya kebuka juga kartunya. Mina bisa senyum, semua rekrutan baru bisa tahu fakta baru komandannya, dan Hoshina bisa lebih keekspos karakternya. Misi pertama, welp inget aja janji Kikoru kalau bisa ditepati. Nobody dies, eh?

Mushoku Tensei II Part 2 05

Kaczmarek

Nornku sayang, Nornku malang. Empati Rudy emang gede banget ngeliat adeknya bisa bernasib kayak dirinya di dunia nyata. Episode yang baik walau salah satu murid di kelasnya Norn kena nerf parah yang aslinya gembul.

BlueHeaven

Well written for hikkikomori life. Ngasih liat POV mantan hikki ke hikki lain yang tidak lain bukan adiknya sendiri. Secereh apa pun alasannya, hikki tetaplah sesuatu yang ga bisa dibiarin gitu aja. Next week: turning point 3. You know the drill.

TsukiMichi II 18

Kaczmarek

Bye Ilumgand. Hibiki ternyata punya andil sedikit dalam diri Ilumgand sebelum dirinya berubah drastis jadi cocky af son. Cuma sayang aja bapaknya cuma bisa diem di saat anaknya mulai membangkang tanpa sepengetahuannya. Lily masih maen jadi orang biasa walau niatannya masih ngarah ke Makoto dan Tomoe.

BlueHeaven

Satu slime berkurang. Emang lebih baik dikelarin aja ini mahkluk, ngabisin durasi kalau dibiarin hidup.

Lv2 kara Cheat 05

Kaczmarek

Yeay Fenrys dibabat padahal Flio bisa aja nangkis sendiri. Skenarionya sengaja untuk naik di poin Fenrys dapet hadiah dari Flio ke titik terendah diserang Hiya. Yuusha (literally) juga bakal bikin ulah di kerajaan dan Oujo (literally) bakal jadi korban juga nantinya.

BlueHeaven

A trigger character development. Bagus ini, semuanya ga harus didapat dengan mudah. Kasih momen krusial gini dan karakter bisa berubah menjadi lebih dewasa.

At the end, kita tahu Rys ga bakal modar gitu aja. Hanya saja, kalau episode minggu depan bisa ngeluarin potensinya, expected plot ini pasti bakal jadi GG.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-tsuki 07

Kaczmarek

Ah Kida, aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah. Speknya sangat mumpuni dan tropenya on point dengan kriteria yg dipengenin. Anyway, Mari debut dengan suara Kayanon dan tentunya sebagai tante, guardian, dan pemilik apartemen dia punya ketajaman soal hal-hal trivial. Beruntung isi kepalanya masih penuh sama stres jadi gak 100% bisa mencerna apa yang ada di apartemen keponakannya. Lilishka juga debut di outro dan langsung minta pertolongan ke Shin. Ya dia chuuni, dan udah lama bgt Yui Ogura gak pake intonasi macem gini.

Unnamed Memory 05

Kaczmarek

I don’t know, komedi di episode ini cukup enak diikutin. Oscar ngejar Tinasha sampe ke tower karena seminggu minggat. Ngeliat Oscar dengan gampangnya skinship sama Tinasha, dan Tinasha sendiri ngebolehin udah nunjukin tinggal disahkan saja. Ditambah Tinasha dikasih sealing karena kepergok deketan sama Ars. Ini Miralys gak punya cara yg lebih cerdas apa selain ngambil bola dan kabur gitu?

BlueHeaven

Turut berduka atas mati surinya Miralys. Sumpah ini antagonis yang dibikin ga ada harga dirinya. Buildnya ada walau samar-samar, eksekusi klimaks lewat gitu aja. Tinasha mata picek sebelah masih lebih memorable daripada perubahan karakter almarhumah. Oscar juga udah bisa seenak jidat nempel sama Tinasha, berasa ada yang skipped but oh well, it’ ENGI things.

Girls Band Cry 06

Kaptain

Sempat aja ini bikin parodi Love Live, yang wajar aja sih ngeliat staf juga veteran tuh seri. Roster dah lengkap dan saya harap ngeliat ini dah masuk paruh akhir musim, subplot band bubar ga diulang lagi. Ini udah penuh buat konflik sepihak sama Diamon Dust, paling nggak ya bagian Rupa & Tomo disimpen lah buat season yang akan datang.

Shuumatsu Train Doko e iku? 06

Kaczmarek

Shizuru gak ngebantu sama sekali di episode ini, kecuali jadi temen barunya si zombie. Now what predicament could be occured other than, conflicts? Yeah paling enggak ini bisa jadi chapter terbaru dari “Stasiun Baru = Manusia Baru”. Also, ini si cewek Zombie bakal minta apaan ke Shizuru? Btw mereka masih jualan palu wkwk.

BlueHeaven

As expected satu karakter tersisa yang belum dapat highlight yang jadinya fokusnya. Tiba-tiba ambil leading role dengan menendang ketua eksplorasi dan masinis utama dengan kata biarin aja, kita maju juga pasti bakudapa. Nah, loh! Ga ketemu, kan.

Makhluk baru yang muncul ternyata bisa keluar dari kebiasaan penghuni kota di suatu stasiun. Ini zombie nomaden, kan?

Mahouka S3 06

Kaczmarek

Kudou Makoto’s scheme satu per satu dikulitin Yotsuba sama Shiba. Ditambah aliansi juga udah terendus sama mereka. National Defense juga udah dikasih info sama Yotsuba. Episode yang berasa propaganda kalau Yotsuba Family ini pada dermawan. Udah pre-party, tinggal eksekusi yang lagi dimasak dari pihak belakang layar di kompetisi nanti. Sempet ngira Saeki ini masih umur 30-40an, ternyata setahun kurang dari kepala enam. Still well-endowed.

Tensura S3 06

Kaczmarek

Rapat konstruktif berlajut pasca informasi Hinata juga diikutin sama bawahannya di belakang. Sebenrnya bisa aja mereka ngurusin ini tanpa ngirimin Rimuru langsung, tapi pasca informasi keduanya juga reinkarnasi maka opsi “dialog” lebih diutamakan. Udah gak asik gagah-gagahan kecuali emang musuhnya juga sengaja ngambil risiko. Di sisi lain juga ada yang disiapkan. Tunggu tanggal mainnya, paling cepet paling episode 8/9.

Date A Live S5 05

Kaczmarek

Keknya gue malah nyebut Kotori di episode sebelumnya yang sebenernya bukan. Yep my bad, itu Haruko, ibu angkatnya. Bad news, Kurumi (?) dan Kaguya dibunuh Mio. Satu per satu spirit yang Shido kenal bisa jadi yang berikutnya. Mio masih gak pengen ngubah tujuannya menyelamatkan Shido, meski udah gabung sama kloningannya, Reine. Ellen vs. Elliott dikasih flashback sedikit doang, huft.

Yorukura 06

Kaptain

Pas banget tayang di hari ibu internasional. Dari Miiko yang itungannya idol C-List ke Idol MILF. Di luar drama usia dan anaknya, ini rebrand yang “aman” sih ngeliat dianya juga nyaris dipecat so why the hell not. Pada akhirnya JEELE udah aman kalau butuh kostum. Bagusnya juga di Kuil Hanazono beneran yang di bawah bisa ditemuin.

Honkai Star Rail

Kaptain

Kali ini ini kualitasnya nggak dipelorotin sosmed dan marketing lagi. Emang identitas Misha udah jelas tapi twist gede berupa Clockie sebagai makhluk Trailblazer dan bukan Harmony tuh susah dibocorin via marketing. Begitu juga dengan konfirmasi kalau nih Path Trailblaze emang kayak gini endpoint-nya: A journey of self realization.

Bagian Sunday emang presentasinya bagus, tapi punya penyakit tipikal nih genre: “Ga bisa ngasih argumen balasan bermutu ke antagonis walaupun argumen mereka sampah banget.” Motivasi dia tuh versi jeleknya rute Law seri SMT dan ini juga diperparah sama fakta kalau elite sebelum ngelawan dia tuh Mother Harlot KW. Ini itungannya masih peningkatan drastis dari Luofu karena seenggaknya berbagai plotpoint bisa fokus sama sejarah Penacony dan Harmony.

Ini juga yang bikin itikad baik saya ke Robin turun ngeliat dia tuh the worst kind of optimist. Pantesan aja si kakak sakit jiwa kayak gini. Paling nggak quest rahasia dia ngebuat dia paham kalau optimisme dia itu part of the problem.

Memutuskan buat commit ke Break ngeliat unit FUA masih underbuilt, jadi banner kali ini perlu dicuekin buat Boothill & Sam nanti.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.