[Celebrity Sunday] Kenji Inoue

Untuk Celebrity Sunday pekan ini, saya akan membahas tentang Kenji Inoue, pengarang light novel yang juga aktif sebagai mangaka dan planner. Meski karya yang dia kerjakan masih belum banyak, semuanya merupakan seri yang cukup terkenal dan dijamin membuat kalian tertawa terbahak-bahak.

celeb-sunday-kenji-inoue-1

Inoue lahir pada tahun 1980 di Tokyo, tetapi besar di Sapporo, Hokkaido. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah serial light novel Baka to Test to Shoukanjuu yang diadaptasi menjadi anime pada tahun 2010. Sejak awal, dia sebenarnya ingin menjadi planner yang membuat sesuatu. Tetapi ternyata pada saat SMA dia tidak belajar matematika dengan serius yang ternyata menjadi rintangan pada saat bekerja sebagai planner. Pada saat ini, dia berpikir, “Seandainya ujian adalah game mengadu nilai dengan teman, saya mungkin akan belajar lebih serius.”

celeb-sunday-kenji-inoue-3

Pemikiran tersebut digunakan sebagai basis plot dari karya pertamanya yaitu Baka to Test to Shoukanjuu. Light novel tersebut berhasil memenangkan Entama Award ke-8 pada tahun 2006 dan meluncurkan karir Inoue sebagai pengarang light novel. Seri Baka to Test to Shoukanju mulai diterbitkan pada tahun 2007, tetapi pada buku penghargaan Kono Light Novel ga Sugoi! edisi 2008 yang terbit tahunan, Baka to Test to Shoukanjuu berhasil menduduki peringkat 8. Setiap tahun, serial light novel ini peringkatnya terus naik hingga akhirnya menduduki peringkat pertama di tahun 2010. Di tahun tersebut, seri ini juga mendapatkan adaptasi serial anime.

Salah satu sistem yang unik dari Baka to Test to Shoukanjuu adalah Exam Summon System yang membuat masing-masing orang memiliki summon yang sesuai dengan kemampuan dirinya. Inoue menggunakan sistem ini karena apabila hanya sekedar membandingkan nilai saja, nanti ceritanya akan terlihat menjadi biasa saja. Dia tetap menggunakannya meski terlihat memaksa.

celeb-sunday-kenji-inoue-4

Serial Baka to Test to Shoukanjuu tamat pada tahun 2015. Tetapi ternyata di tengah kesibukannya mengerjakan seri light novel tersebut, Inoue ternyata mulai ikutan proyek lain. Pada tahun 2013, Inoue ikut berpartisipasi dalam proyek adaptasi anime Fate/kaleid liner Prisma Illya sebagai penyusun seri dan penulis skenario. Tidak hanya itu, di tahun 2014, dia juga bekerjasama dengan mangaka Kimitake Yoshioka untuk serial manga Grand Blue yang masih berjalan hingga sekarang.

celeb-sunday-kenji-inoue-5

Karya-karya yang dikerjakannya memang bervariasi. Baka to Test to Shoukanjuu menceritakan tentang SMA yang dilengkapi dengan sistem summon yang unik, Fate/kaleid liner Prisma Illya menceritakan tentang seorang anak SD yang menjadi mahou shoujo, dan Grand Blue menceritakan tentang seorang remaja yang baru masuk kuliah dan tinggal di diving shop bernama Grand Blue. Meski begitu, semuanya memiliki lawakan yang hebat, terus membuat audiens tertawa terbahak-bahak. Saya pribadi sangat menyukai Grand Blue karena lawakannya berhasil membuat saya lemas ketawa dan didukung karakter dengan ekspresi yang sangat unik.

celeb-sunday-kenji-inoue-6

Kalian bisa mengikuti Kenji Inoue melalui Twitter.