[JOI Spotlight] 380mm Tea Party Edition

April 28, 2024 21:28
[JOI Spotlight] 380mm Tea Party Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup April. Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Blue Archive 03

Kaptain

Saya apresiasi ini segmen rencana repopulasi digambarin dan bukan deskripsi doang. Cuma ya bagian rekomendasi Nonomi diganti jadi idol biar lebih layak tayang. Ngeliat rekomendasi awal dia tuh lebih cocok buat keluar dari mulut siswi Trinity tertentu. Saya ga komplain banyak soal aksinya ngeliat di gamenya juga sering “sensei udah dateng, kita boleh pake taktik sekarang”. 68 dah dikenalin jadi buat karakter vital tinggal si protag benerannya yang perlu nongol.

Unnamed Memory 03

Kaczmarek

Lucrezia debut dan udah bikin masalah sama Oscar dan Tinasha. Seperti yang dibilang Lucrezia, witch satu sama lain gak serta merta mereka punya niat yang sama. Lanak sementara itu debut dengan peran lebih ke antagonis. Kalau cara main witch begini banget, udah gak heran kerajaan atau entitas konstitusional lain berusaha ngehindarin para witches. Bagi yang masih kesel sama Lazar, mohon bersabar paling enggak sampe…………….novelnya kelar. Oh jangan tanya soal antingnya Tinasha kemana, ENGI jual kali buat bayar animator dadakan.

Mushoku Tensei II Part 2 03

Kaczmarek

Magnificient Wakayama. Seiyuu-nya Nanahoshi bener-bener all-out dengan teriakan itu, dan semoga tenggorokannya gak kenapa-napa. Mata melek terutama saat dia breakdown dan kembali sadar saat dibantu Zanoba, Cliff, Elinalise, Juliette dan Rudi sendiri. Insert song yg berjudul “Tsubasa” juga udah diangkat ke publik di beberapa platform streaming. Norn and Aisha are back! Ruijerd juga! Tapi jangan sampe Ruijerd nanya Eris kemana ke Rudi wkwk.

BlueHeaven

Episode yang didedikasikan kepada Nanahoshi. Emang author Mushoten agak sinting bikin cerita buat side chara, sih. Susah amet lihat karakter bahagia. Ruijerd is back membawa calon… ehem, ya kita lihat aja ntar kelanjutannya.

TsukiMichi S2 16

Kaczmarek

Makoto udah jadi dadu di atas tangannya Rona. Kita pada tahu terutama yang ngikutin seri ini di sumber aslinya, Makoto gak sepenuhnya unggul dalam pemikiran bercabang dan lebih jauh. Mengesampingkan si MC, kita dapet POV lain dari sisi Ilumgand dan Luria. Lagi-lagi Rona jadi penyebab reaksi berantai yang udah dimulai sejak awal paruh kedua ini. Pasca Ilumgand udah bukan manusia lagi, sekarang saatnya Makoto bantuin bersih-bersih namun juga nyari Rona untuk minta klarifikasi lebih.

Lv2 Cheat 03

Kaczmarek

Buka kartu semua. Dengan ini kita gak perlu nungguin Fenrys dan Flio nutupin kedok sama murid-murid mereka. Also, nge-cast Yukari Tamura buat Uliminas ini lagi-lagi sengaja banget. No, Yukarin gak ngisi apa-apa di Zero no Tsukaima tapi ada di proyek dengan sutradara yg sama saat berada di Tantei Opera Milky Holmes. Berita baik dari episode ini hanya Fenrys udah belajar masak.

Shuumatsu Train Doko e Iku 04

Kaczmarek

Makin surreal di tiap pemberhentian. Dari kambing stasiun sampai bola golf. Oh, ternyata bukan ekor hewan yang ada di pantatnya Akira. Ternyata jamur enoki yang nampaknya masih berefek di otaknya Akira walau udah dicabut. Nyari dokter di Inariyama Park, ok mau kemana lagi ini series original dibawa. Sekarang Remi sama Shizuru jadi tawanan militer Inariyama, pffft.

BlueHeaven

Yang punya ide anime ini saya pernasaran track record medisnya gimana. Random banget dan gaje dan bisa dibilang jelasnya di episode ini. Inkonsisten karena komunikasi ketuk rel ga daily. Latar waktu ga jelas meski ada omongan soal durasi perjalanan. Ini mereka ngelewatin satu daerah aja beda banget vibenya bisa sampai muncul background ruang angkasa. Ruang dimensi dunia kayaknya asal tabrak gitu aja tanpa lingkup yang betul-betul bisa dijadikan standar.

Date a Live V 03

Kaczmarek

Nobu di studio be like, “Akhirnya gue bisa nge-rizz pake karakter ini”. Banyak yang bisa dikelupas dari sisi Nibelcolle yang (belum) secara resmi dijinakan Shido, dan Artemisia yang dikofrontasi AST dan Origami. Fckin hell, Elliott literally “alright, i’m out”. Kemudian berhadapan sama Ellen. Elemen surprisenya masih di Kurumi, yang tetiba kehilangan clone yang membangkangnya serta munculnya Mio dari tubuhnya.

Henjin no Salad Bowl 04

Kaczmarek

Bullying case. Sousuke kembali ke kantor lamanya demi memenuhi permintaan kasus ini. Beruntung Sousuke gak naif, jadi bisa ngasih sedikit preview karakter Haruka yang sering ngurusin “affair case”. Halloween event, tapi kita malah dapet loredump soal dunianya Sara dan Livia yang dimana adalah dunia paralel Jepang sendiri dengan protagonis Oda Nobunaga. Basically, Oda become a viking enthusiast, dapet kekuatan sihir dan membangun dinastinya sendiri di negeri ini.

BlueHeaven

Interesting plot. Nobunaga benar-benar dijadiin role model di anime ini. Pantes Livia bisa tahu itu tenshu di Gifu semacam kastil. Nambah lagi satu karakter di bawah umur ala Kantoku. Kalau dilihat dari opening, sepertinya sudah bisa dikatakan cukup lengkap untuk koleksinya.

Dungeon Meshi 17

Kaptain

Target selanjutnya udah dibilangin sama Laios: “Beat The Mage”. Ngeliat Falin ini jelas jauh lebih berbahaya dari si naga merah.  Kabru mikir long term soal konsekuensi kalau Laios berhasil, karena si kandidat penguasa baru nih dungeon ini sangat berbahaya kalau nggak bisa ngendaliin diri.

Di aspek diplomasi Shuro paling nggak ngasih jalan keluar kalau ekspedisi sukses via jalur super ilegal. Kompromi yang bisa diterima ngeliat dia bakal tetep lapor pihak berwajib, karena dia punya kekhawatiran yang valid kalau situasi bakal memburuk.

BlueHeaven

Just Senshi and food sustainbility.

Konosuba S3 03

Kaptain

Setup Kazuma santai dan bahagia buat bencana yang akan datang, dan seperti yang bisa kalian lihat dude’s going to get owned. Seneng liat Darkness yang terpaksa harus jadi bangsawan bertanggung jawab.

BlueHeaven

Mary butuh jam tampil lebih banyak.

TenSura 3rd Season 04

Kaczmarek

Rapat di Tempest kelar, tapi di tempat lain baru dimulai. Jujur aja, gue lebih suka bagian rapatnya ini daripada eksekusi rencana mereka pasca rapat. Obrolan mereka emang ada yang sepele (soal teknologi baru) dan ada juga yang krusial (soal ancaman dari orang yang nyuruh Hinata).

BlueHeaven

Full rapat disusul teaser buat next episode yang juga adalah rapat. Emang anime late game mau dikata apa. Sabar-sabar aja, ga usah compare sama seri lain, ntar pas late game kalian dibikin melongo.

Mahouka 3rd Season 04

Kaczmarek

Shippou get rekt. Jujur aja, ini bocah apa gak pernah liat higher ups atau vanguard team ortunya pas combat apa. Tapi kalau dalam lingkungan sekolah, kayaknya ini pertama kali baginya. At least mantengin kompetisi SMA sebelumnya yang udah nge-showcase beberapa skill tinggi para siswa-siswinya. Duo Saegusa bisa berduet dalam battle gini sejak shadow mission dari Yotsuba sebelumnya. Dari sini bakal sering-sering ada action dari mereka berdua selepas Mayumi lulus.

Yorukura 04

Kaptain

Ini emang klise banget tapi nih grup idol emang ga sehat, atau lebih tepatnya punya tanggal kedaluwarsa ngeliat manajemennya yang jelas ngerepotin distributor. Lucu aja ini karena tiap minggu ada MV baru buat ending, di ceritanya juga JEELE dapet deadline yang mepet banget.

Karena ini karya fiksi impression di atas itungannya viral. Dunia di mana data ga dibuat jadi ga guna sama bot dan tanda centang. Saat artikel ditulis masih lebih banyak dari sosmed benerannya sih.

BlueHeaven

Kualitas MV kedua lebih improve dari yang pertama. Gila sih kalau ada setidaknya 3-4 lagu lagi yang dibikin MV-nya keren banget jatuhnya ini anime. Permasalahan semakin meluas ke lingkup yang lebih besar. Jadi perang dagang antara grup idol lama yang baru comeback versus debutan yang isinya cewek-cewek bermasalah.

Girls Band Cry 04

Kaptain

Episode Subaru yang situasinya emang nggak sekedar “ga mau jadi aktris”. Tiap heroine emang rusak secara spesifik jadi emang enak ngeliat mereka neriakin satu sama lain. Agak disayangin aja ini udah episode 4 tapi band masih tiga yang dikenalin.

BlueHeaven

Nina terlalu problematik jadi MC. Nyusahin sih nyusahin, tapi emang udah cukup akut sifatnya itu. Bisa-bisanya penyelesaian masalah dihold dulu entah sampai kapan.

Episode 3 kemarin saya baru sempat kejar, itu jadi bagian big miss di seri ini. Tampil dengan gitar dan drum saja, tetapi yang saya dengar itu lagu full lengkap dengan bass dan keyboard. Kalaupun dibuat dengan aplikasi, terlalu jago Nina karena baru belajar musik belum genap sebulan. Padahal scoring lainnya bagus ini anime, sayang pas perform malah unlogical. Dua member asli yang pegang keyboard dan bass masih dihold, di preview episode minggu depan juga belum kelihatan. Di penampilan Shin Kawasaki aja ga kelihatan sama sekali padahal udah naruh flag.

One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-suki 05

Kaczmarek

Three heroines, three parts, three sweetnest. Di apartemen ngomongin budaya di surga, di sekolah ngobrolin yokai dan cultist thing di perpus, dan kemudian masing-masing ngedate di bakery dan toko kelontong. Apa yang dimasak komite untuk menutup paruh pertama disini?

BlueHeaven

Jatah Towa dikurangin buat ngasih kesempatan cewek lain buat deket sama MC. Sepanjang episode ngebahas Kappa kirain bakal ngeluarin juga di episode ini. Ternyata malah ngasih malaikat baru. Coba kalau Towa nyasar ke tempat om-om, ente telat, dek!

Re:Monster 04

 

BlueHeaven

Perselisihan dengan elf, ga ada yang dilepas ketika datang kedua kalinya. Ini ga ada yang ngirim ekspedisi ketiga ke kadang Goblin kah? Sepertinya elf lebih sibuk prepare war lawan manusia ketimbang masalahin goblin yang cuma ngilangin satu peleton. Goborou semenjak evolusi terakhirnya sampai dapat artefak sakti, sudah bisa dikatakan makhluk terkuat di wilayahnya.

Tensei Shitara Dainana Ouji 04

 

BlueHeaven

Bayarin dari kesaktian Sylpha, nih maid jadi ga tau malu lagi. Akhirnya jadi fan service prajurit di situ. Lloyd bisa-bisanya santai eksperimen sihir. Emang stabil sih karakternya dibikin maniak sihir ga bisa diganggu gugat.

Kenka Dokugaku 03

 

BlueHeaven

Baru nonton ngejer sampai episode 3, sejauh ini ampas sih seri ini. Makin kecil penilaian saya sama studio Okuroto Noboru yang sempat ngerjain Sokushi Cheat di musim lalu. Sudah gitu ide ceritanya terlalu maksa dengan beberapa scene recycle dari yang episode lama. Saya nonton yang dub jepang, jadi otomatis nama karakter semua diganti jadi jepang semua. Berasa meh dan tidak enjoyable.

Kaijuu no. 8 03

 

BlueHeaven

Beberapa anime musim ini masih belum panas sampai episode 3, salah satunya anime ini. Saya lebih sering nonton fantasi atau isekai yang pacingnya ngebut jadi belum terbiasa kalau dikasih shounen yang lebih pelan. Buat introduksi karakter lumayan sih, emang masih masa pengenalan, jadi untuk sekarang masih harus sabar buat ngelihat peak dari bagian pembuka ini.

Go! Go! Loser Rangers! 04

 

BlueHeaven

Ranger sejauh ini ga ada yang normal kayaknya. Back story Hibiki cukup parah dan rada psycho. Keluarganya punya mindset ga beres, endingnya ga jelas kenapa Hibiki bisa survive. Mungkin bakal disimpan buat ke depannya. Gimana back storynya Suzukiri atau Akabane Sousei? Well, expect for the worse.

Arknights (Global)

Kaczmarek

OH MY GOD! HG memutuskan bukan cuma masak di dapurnya, tapi juga meledakan restonya. Wis’adel, Logos, Fang alter, Civilight Eterna, Amiya medic, opo meneh, 6 skin! New gameplay! Collab sama Dungeon Meshi dan loredump teaser dengan PV main story keempat. Ada suara Priestess akhirnya! Cuma bisa berspekulasi kalau kita melawan umat manusia alias rasnya Doctor.

Eiyuden Chronicles

Kaptain

18 jam main. It’s Suikoden dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Juga dengan QoL modern yang emang mesti nggali lebih dalam dulu buat nemunya, kayak slot inventory tambahan, pengaturan encounter, dan sistem fast travel terbaik nih seri. Awalnya mau komplain soal ngedapetin karakter yang kebagusan di awal, namun ternyata masuk level 30+ baru ngeh saya kalau tiap unit punya growth curve mereka sendiri, makanya mesti ngatur ulang loadout sekarang.

Udah sangat termotivasi sama dua heroine utamanya dan major sidequest yang cukup berisi. Sayangnya sejauh ini Rune kesannya underpowered dan saya cuma nemu satu Hero Combo yang bener-bener bagus. So far bersyukur aja saya RPG semacam ini masih ada di 2024.

Sebagai orang yang kerja di LQA saya ngeliat ini kualitas translasinya itu karena ini skrip Inggris yang awalnya digarap sama tim subpar terus digantiin sama tim yang pekerjaannya belum menyeluruh. Karena di beberapa chapter dan segmen UI kelihatan banget kualitasnya anjlok, like straight up unedited MTL Ini sesuatu yang bisa bikin tim di-blacklist sama industri. Sisanya ya via term bank/glossary yang nggak konsisten.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: reitoubeafx4