[Waifu Wednesday] HK416

March 11, 2020 19:12
[Waifu Wednesday] HK416

HK416, dikenal juga dengan nama HKM4 kalau ingin ditinju T-Doll ini. 5* AR yang besar kemungkinannya semua orang yang main Girls Frontline punya dan mudah di-link berkat drop rate yang relatif tinggi. Sebagai anggota Squad 404 dirinya memiliki peran besar di cerita dan dengan rilisnya Continuum Turbulence sudah saatnya dirinya dapet giliran di rubrik ini.

Dibuat dari kolaborasi antara Delta Force AS dan H&K. Dasar pembuatannya adalah versi Eropa dari AR-15 dan memiliki nama awal HKM4. Hanya saja sengketa hukum dari Colt atas nama M4 membuatnya harus berganti nama menjadi HK416. Sengketa ini dilambangkan dengan tato air mata merah di wajahnya dan berbagai konflik cerita dengan AR Team.

Bundeswehr selaku angkatan bersenjata Jerman saat ini masih memakai G36 akibat biaya penggantian ke HK416 yang tentu saja tidak murah, namun dirinya diadopsi oleh Kommando Spezialkräfte (KSK) Jerman sehingga desainnya sebagai karakter banyak dipengaruhi satuan khusus ini.

Ini bisa diperdebatkan, tapi saya rasa dirinya adalah poster girl non-resmi dari seri ini. Ini berkat desain serta peran Squad 404 yang jujur saja punya dinamika yang lebih menarik dibandingkan AR Team di awal cerita Girls Frontline. Ditambah dengan kemudahan dalam mendapatkannya di dalam game tentu membuat dia mudah populer menjadi doll idaman para SKK.

+ The Professional Mom

Ibu dari Squad 404. Dirinyalah yang menjaga standar disiplin tim berisikan doll buangan ini. Sebelum bergabung dengan 404 dirinya adalah unit elit G&K yang setelah mengalami kejadian yang sangat tidak menyenangkan dirinya melarikan diri dari pembersihan saksi. Sampai saat ini 416 masih mencoba untuk membayar hutangnya agar bisa kembali ke Griffin, yang berhasil dia capai di salah satu ending Continuum Turbulence, hanya saja dia memutuskan kembali ke 404 setelah memimpin evakuasi VIP karena dia belum merasa melunasi hutang pada UMP45 pada true ending event.

Sudah tentu dirinya ini galak. Namun profesionalisme ini juga yang ngebuat dia punya respek tinggi terhadap chain of command. Dia bakal menggerutu kalau perintah yang diberikan nggak mutu, namun dia akan tetap menjalankannya.

+ All You Need

Line populer dia sebagai ajudan. Chapter kedua CT menunjukkan 416 yang menjadi ajudan resmi dari operasi evakuasi dan penyelamatan. Kalau kalian main dengan kompeten, 416 akan berhasil mengorganisir pertahanan akhir dengan memimpin para Doll baru dalam waktu cepat dan menyelamatkan tim logistik yang tersisa. Dia juga bersama SOPMOD akan memimpin Echelon elit untuk melakukan evakuasi terakhir dari militer, sekaligus membebaskan kalian bersama Aquad 404 dari ruang interogasi. Udah pada main ranking kan untuk lihat adegan akhir ini?

+ Okay Grenadier

Sayang aja niche dia itu kalah dengan SOPMOD yang merupakan AR yang solid dan punya granat juga, apa lagi sekarang Soppo juga dah dapet MOD 3 yang bikin dia jadi Grenadier terbaik di game. MOD 3 dia belum datang di global jadi untuk sekarang dia sebatas AR yang cukup oke untuk formasi dengan SMG ofensif semacam Shrimp dan untung aja ada banyak event yang ngebuff stats dia.

+ L2D Exclusive

Skin bonus dia itu L2D semua, tentu saja yang basic nggak diitung dan untuk versi MOD itu masalah waktu aja. Waktu survei server global dulu Starry Cocoon adalah kostum yang paling banyak dibeli dengan Black Card, dan saya yakin Black Cat’s Gift nanti juga bakal dapet perlakuan serupa.

– High Maintenance

Jager bankrupted himself for this

Big surprise here. Senjata buatan H&K tentu aja mahal. Masih nyambung dengan poin di atas, kostum L2D dia tentu aja ga murah. Gaunnya yang super laku walau punya harga L2D ngebuat 416 dijuluki sebagai “Istri simpenan” saat datanya muncul.

+/- Black Ops

Sesuai namanya. 404 itu satuan rahasia yang diberikan hak untuk membunuh ataupun menghapus ingatan mereka yang tahu keberadaan tim ini serta mengetahui misi mereka. Jadi kalian yang ingin menjadikannya istri resmi harus siap-siap berhadapan dengan the mother of all NDA dan pasrah melihat 416 rutin menghilang melakukan misi yang tidak bisa dibicarakan.

hk416

Atau malah kebalikannya because you got your own Black Ops

Ini masuk poin kategori plus minus, karena untuk para SKK yang udah sampe konten akhir tentu aja sekarang posisinya itu sama dengan 404 yang juga jadi deniable asset. Jadi kalian dapet pasangan yang juga senasib.

+/- G11

hk416

416 saat menjadi doll liar menyelamatkan doll yang kelak akan menjadi G11. Untuk mendapat perlindungan dirinya bergabung dengan Squad 404 sekaligus membayar biaya upgrade G11 untuk menjadi T-Doll. Jadi secara efektif dirinya sekarang adalah pengasuh G11. Poin ini dapet +/- karena ini tergantung cara kalian ngeliat G11 yang bakal sepaket dengan ibu asuhnya ini. Karena walau sudah berkali-kali 416 mengancam meninggalkan G11, toh juga dirinya selalu kembali melindunginya.

– Don’t Give HK416 Alcohol

Insiden di Event Va-11 Hall-A terjadi akibat HK416 dan alkohol. Singkatnya: World Ending Threat & Nightmare Scenario happened. Awalnya emang bakal lucu, tapi software internal 416 itu sangat nggak bersahabat dengan alkohol.

– M16A1

416 menyalahkan nasibnya saat ini akibat pengkhianatan M16 walaupun pengkhianatan tersebut dilakukan untuk menyelamatkan 416. Momen saat 416 melupakan misinya adalah saat mendapat kesempatan untuk membunuh M16. Memang di cerita saat ini 416 lebih anteng soal perburuannya setelah menyadari sedalam apa konspirasi dibalik pembentukan AR Team dan misi yang nyaris membunuhnya. Namun biar aman tolong jauhkan kedua doll ini dari satu sama lain.

Sampai di sini dulu saja Waifu Wednesday kali ini. Seenggaknya sudah satu karakter utama seri ini yang dapat rubrik. Mungkin saja saya bakal dapet niatan mengangkat karakter sentral lagi di event game berikutnya. Iya, saya juga sebenernya pengen nulis SOPMOD, cuma dari yang saya denger Isomer nanti dia bakal dapet momen bagus lagi. So until next time.

Gambar: 1, 2, 3, 4, 5