[JOI Spotlight] Master Council Edition

February 4, 2024 20:21
[JOI Spotlight] Master Council Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka Februari Kabisat ini. Seperti biasa mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang telah hadir di minggu ini.

Shin no Nakama S2 04

Kaczmarek

Ruti dan Tisse focused. Keknya ini berdua bakal lebih dapet porsi di season 2 ini daripada couple kita yg itu. Sekali lagi dapet intervensi dari mantan seperguruannya Tisse dan kali ini soal airship. Di tempat lain, sudah ada persiapan konflik yang tengah dimasak untuk bagian akhirnya. Oiya, ini udah di poin dimana gue gak baca novelnya. So guessing game is on from now, even for Tisse.

Tsukimichi S2 05

Kaczmarek

Sejak hero itu nongol, saya udah males ngikutin ini adaptasi. Cuman setelah ngeskip satu episode, saya putuskan balik walau nyiksa batin. Wish me luck! And RIP Polar tho~

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 05

Kaczmarek

Aoi jadi villain dengan nge-gaslight Konno sampe nangis, trus minta Shuuji dan Yuzu untuk nambah manipulasi. Konno udah kebakar dalam hati ditambah ada bayangan dimana Shuuji dan Yuzu ngikut lempar api demi menyombongkan hubungan mereka. Clap along for Hanabi yang walau namanya berapi-api, dia justru jadi peredam semuanya. Aoi dapet testimoni (entah yang keberapa) dan kali ini Hanabi yang dapet giliran.

BlueHeaven

Aoi kalau hilang coolnya jadi seram buat dimusuhin. Arc ini endingnya berasa finale, untuk dikasih pertanyaan gantung biar cerita bisa lanjut.

Mahou Shoujo ni Akogarete 05

Kaczmarek

Morino aka Neroalice akhirnya melengkapi Enormeeta. Seperti yang dibilang Kiwi, kekuatannya OP banget untuk ngendaliin para Tres Magia. Sementara itu kehidupan aslinya keliatan kosong dan nampaknya lebih ramai di dalam kepalanya sendiri. Ngeliat judgmentnya di episode ini, Morino punya intelegensi lebih dari rekan barunya Kiwi.

Kaptain

Trio utama kebentuk. Ibunya Korisu juga nongol jauh lebih awal mungkin biar kesan kalau dia ditelantarin nggak terjadi lagi kayak di manga. Selamat buat Shiori Sugiura yang dapet gaji buta dari casting ini

YouZitsu S3 05

Kaczmarek

Honami dan masa lalu yang membelenggunya. Episode yang bikin anda bersimpatik ke ace of Class B walau dari sisi saya, Kushida yang mencuri perhatian. Pasca diselamatkan, Kushida perlahan bermain peran baru di belakang Ayanokoji. Tau sendiri kan cara ini udah kepake sama Kei? Nah tinggal nunggu apa yang Kei rasain bakal juga dialami sama Kushida.

BlueHeaven

Arisu terlalu frontal dan gak main cantik. Honami harusnya sedih di sini, tetapi saya ga bersimpati dengan dia. Apa ya, masalahnya kurang menyentuh. Mau dibilang lebay juga penyajiannya seadanya. Inti dari permasalahan ini bukan ke Honami malah, lebih ke Arisu yang caper ke Kiyotaka.

Delicious in Dungeon 05

Kaptain

Rada kecewa jeritan kali ini ga sebagus episode pertama. Mimic yang nyamar jadi hartanya dan bukan kotaknya udah ada sejak jaman Dragon Quest jadul, cuma ini ada detail bagus kalau beberapa hartanya emang beneran buat pengecoh. Mulai dapet penekanan kalau tim ini emang ga cukup rosternya, tapi ya tim Kabru yang partynya lebih gede juga dilumat karena ga cukup pengalaman.

BlueHeaven

Falin dapet banyak screentime di episode ini. Episode paling lengkap buat nampilin semua karakter yang ada di opening. Mantan anggota party mungkin bakal benar-benar terlibat di arus cerita present di episode mendatang.

Mato Seihei no Slave 05

Kaptain

Baguslah hasil latihan tuh “Bisa ngebunuh orang kalau langsung full power”. Budget mendingan, tapi ini segmen hadiah aduh silau edan. Ga perlu repot bikin sensor ya kalau penonton buta semua.

BlueHeaven

Classic twintails tsundere.

Chiyu Mahou 05

Kaczmarek

Pace yang naik turun dan kita baru udah hampir di pertengahan adaptasi. Usato sekarang stuck sama Suzune tentunya dalam waktu pendek di tempat yang familiar. Momen ini juga jadi bonding bagi keduanya dalam kapasitas kouhai & senpai. Ada yang berharap ini jadi momen romantis? Lol

BlueHeaven

Berikan penyihir berkostum nun lebih banyak jam tayang, please.

Sokushi Cheat 05

Kaczmarek

Miasma tiba-tiba ngilang dan Yogiri gak ngakuin kalau dia udah nyelesain misi disini. Sekarang juga kita tahu kenapa ada nama keluarga Takato di namanya berkat babysitter-nya, Asaka. Dannoura udah dapet peran komentator buat ngisi kekosongan yang ditinggal Yogiri. Tipikal joke gini udah permanen di serinya, jadi kalian yang gak demen bisa bertabah jika masih mau ngikutin sampai habis.

BlueHeaven

Dannoura dapet banyak spot dengan baju barunya yang lebih terbuka. Emang fan service di anime ini dia selain jadi tsukomi. Yet another masalah tolol buat orang-orang yang main mutusin “Ok let’s kill each other”.

Nozomanu Fushi 05

Kaczmarek

Sheila akhirnya ketemu Rentt lagi tapi make identitas berbeda. Dalem hati dia sadar kalau orang yang di hadapannya itu memang Rentt, tapi dia butuh waktu untuk mencerna itu. “Mysterious Woman/Elf” akhirnya nongol dan langsung nyerang Rentt karena masuk wilayahnya. Hayamin ngisi suara doi, dan yang kayaknya S1 kelar, nama karakter ini bakal tetep “Mysterious Woman”.

Ishura 05

Kaczmarek

Damn Higuare lore ternyata dalem juga untuk ukuran mandrake. Berawal dari budak, kini jadi gladiator. Ingetin gue deh, kayaknya ada mandrake yang jadi gladiator kayak dia di seri terdahulu? Kasih tahu gue di kolom komen. Meanwhile Nihilo udah bareng Kuze ke sisi lain. Terungkap juga tentang Stabber, malaikat yang selalu ada di samping Kuze. Jadi Nihilo ini undead or cyborg?

Frieren 21

Kaptain

Ujian Chuunin selesai juga ronde pertamanya. Denken juara rakyat. Aspek kayak kenapa penyihir modern butuh sumber daya fisik dijelasin juga dengan baik.

BlueHeaven

Frieren won the game, Denken won our hearts.

Sasaki to Pii-chan 05

BlueHeaven

Kebanyakan masalah jadinya fokus berantakan. Cegil dapat jatah cuma ga tuntas penampilannya. Seperti biasa, anime ini selalu ga bisa nembakin peluru yang udah di-show selama episode tersebut. Delaynya 2 episode baru bisa munculin mahou shoujo lagi.

Bicara soal logic, ini udah di luar nalar. Pesawat jatuh kena kekuatan cenayang itu udah red flag. Harusnya ga selebay itu, tetapi masalahnya dah gede. Gimana cara controlnya itu bikin after effect yang merepotkan untuk ke depannya.

Mashle Season 2 05

BlueHeaven

Ronde 2 Mash bisa ngalahin “Hidan”. Ternyata ga perlu secerdik Shikamaru buat ngalahin orang macam gini. Jotos aja terus sampai limit break musuhnya, done.

Bokuyaba Season 2 05

BlueHeaven

Emang boleh seterus terang ini? Semenjak muncul secara real, cowok dalam bayangan Ichikawa jadi berasa absurd banget lihatnya. Momen sang kakak melayani couple utama itu kocak sih. Ichikawa bersaudara kombinasi kakak adik paling real karena bisa merasakan betapa cringenya mereka. Teman modelnya Anna diperkenalkan, entah bakal punya ambil bagian lebih lanjut di cerita atau ga. Managernya sih palingan bakal muncul ke depannya. Tipe karakter kayak gini ga bakal cuma dipake sekali.

Solo Leveling 05

BlueHeaven

Glow up.

Himesama Goumon no Jikan desu 04

BlueHeaven

Akhirnya Ex dapat jatah kena goumon. Raja iblisnya juga kocak sih, salah satu yang terunik yang pernah saya tonton. Semua pihak udah kebagian ngaku berarti ya. Berharap ada karakter baru dari kerajaan manusia karena udah cukup banyak waktu dari sisi demon yang diexplore.

Kaptain

Demen sama topi kasual yang tetep pake mahkota.

Akuyaku Reijou level 99 04

BlueHeaven

Sekarang ketahuan betapa kosongnya isi kepala dari Yumiella. Debut Patrick dalam percakapan yang langsung tampil karismatik. Cocoklah ini buat jadi pasangan MC. Eleanora ga dapat jatah di episode ini. Udah mau masuk pertengahan, saya harap villainess airhead satu ini juga bisa dibanyakin penampilannya.

Gekai Elise 04

BlueHeaven

Sekali lagi bagian operasi tidak diperlihatkan secara jelas prosesnya. Directingnya agak gimana gitu cara nyajiin plot mondar-mandir bikin saya gak bisa menikmati bagian awal episode ini. Episode ini juga ga semenyentuh yang sebelum-sebelumnya, jadi dropnya kelihatan di minggu ini.

Saijaku Tamer 04

BlueHeaven

Derajat hidup meningkat walau masih jadi pemulung. Visual masih dipertahankan at the top level. Perlahan udah keluar dari siksaan masa lalu, jadi lebih watchable petualangannya Femicia atau Ivy. Sora juga punya develop bagus untuk ke depannya.

Ragna Crimson 16

BlueHeaven

Memasuki klimaks perang, Olto Zora malah kejebak sama nostalgia masa lalu. Pastinya seru punya hime yang bisa jadi bensin penyemangat. Detik-detik akhir episode juga ditutup epik. Kalau Ragna sama Crimson alpa, asik banget ngikutin perjuangan Starlia dan pasukannya.

Shangri-La Frontier 15-17

BlueHeaven

Anime 5 menit seminggunya. Kalau cuma fokus di battle emang mantep sih sajian yang begini. Memang anime ini ga mau buru-buru dari awal, jadi kalau boss battle ada 3 episode lebih saya ga heran. Mekanisme gamenya jelas, dan item jor-joran dari Pencilgon masuk akal semua mengingat mereka cuma bertiga lawan unique monster yang belum bisa dikalahin meski dihajar rame-rame.

Bravern 04

Kaptain

Jadi ada teori kalau Bravern tuh Smith dari timeline/dimensi lain ngeliat perubahan jadi Super Robot udah jadi faktor. Lulu untungnya dah jadi know factor buat pihak militer jadi ga perlu ngumpet-ngumpet lagi. Begitu juga dengan fakta kalau Bravern ngambil alih komando walaupun dengan cara sopan.

Next up, Jepang. Yang keliatannya udah dilumat sama mecha level Kaiju. Alasan pragmatis lainnya buat ke sana juga fakta kalau ada markas Amerika juga di juga Korsel dan Okinawa. Fun Fact: Midway modern utamanya dipake buat pendaratan darurat penerbangan Pasifik.

Apothecary Diaries 21

Kaptain

Mayoritas episode buat fanservice tampilan baru pasangan utama. Ga ada deskripsi yang lebih sopan emang soal “nurunin harga”. Sekarang pertanyaannya itu apa yang terjadi sama si korban dan janin yang dia kandung?

Like A Dragon 8

Kaptain

40 jam. Kedua Business Dimension kelar semua. Masih di chapter 6. Ga kayak game sebelumnya yang abis segmen bisnis kelar uang jajan bakal cukup sampe endgame, ini kurang lebih cuma cukup biar midgame bisa enak. Uang dari resor tuh dari crafting gedung terus dijual dan walopun emang ada layout ideal buat ngehasilin duit tetep aja mesti nunggu 3 hari. Ga pake bonus preorder juga 30 hari bisa kelar kok.

Pada akhirnya juga duit benerannya tuh di Dungeon yang di tier 2 (level 30+) bisa enak kalo equip tier 6 dah kebeli. Pake Poundmate bisa bebas ngeliat duit yang jatoh dari mob bisa ngekover biaya manggil TM Revolution.

Neural Cloud

Kaptain 

Dua event barengan. Seperti yang bisa kalian lihat di atas, event yang cukup jauh di timeline GFL diungkit juga. Event Imlek balik pake format IMR yang bisa di Auto dan sweep kalau Nightmare bisa lewat. Seperti biasa bakal pelan-pelan ngembat buff sampe bisa ngelumat sisa konten.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: torako778