[JOI Spotlight] Entering Winter Season 2023 Edition

January 8, 2023 19:25
[JOI Spotlight] Entering Winter Season 2023 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk membuka musim baru ini. Seperti biasa staf Jurnal Otaku masih di periode mengumpulkan seri untuk ditonton, jadi mari kita lihat impresi staf untuk seri yang hadir di minggu pembuka ini.

Iceblade Sorcerer 01

What’s this?

Your typical magic-school-harem show

Kaczmarek

Impresi awal dari PV-nya sudah membulatkan anggapan bahwa ini adaptasi bakal jadi trial and error untuk Cloud Hearts. Ini studio masih dalam lingkaran produksi Yokohama Animation Lab, studio yg ngerjain Tensai Ouji no Akaji. Namun dengan kapasitas yang lebih kecil, anggep aja kayak SILVER LINK bikin subsidiary studio Connect untuk ngerjain Strike the Blood II sampai tamat. 

Saya sekilas baca novelnya sampai dua volume dan masih tahap meh karena klimaksnya masih tipikal benci masyarakat level bawah. Disini pake istilah ordinary btw. Amelia dan Elisa jadi heroine utama untuk Ray, namun masih ada beberapa yang belum dikenalin seperti yang ada di animasi pembukanya. Btw, lagu openingnya lumayan bagus, apalagi ada campur tangan dari Shunryuu dan Kanda John. Kayaknya bakal ngikutin ini sampe saya bosan.

BlueHeaven

Musim baru mulai, tapi ternyata saya sudah nemu satu anime ampas. Langsung meluncur ke tier Noumin Kanren ini mah. Voice acting ga niat, animasi yang seadanya, dan yang paling parah.. Berapa banyak scene kenalan yang dimasukin dalam satu episode ini!? Saya ngerti episode awal waktunya mengenal pelaku cerita, tapi ya jangan sampai dijejelin bertubi-tubi begitu juga kali. Ada step by stepnya. Transisinya ngampas pula. I mean, MC baru ngobrol sama heroine A, tiba-tiba scene beralih ke MC ketemu sama temen cowo yang peduli sama otot, scene trus lanjut lagi ke MC ketemu chara baru dan kenalan, repeat terus sampai berkali-kali. 

Satu-satunya bagian bagus dari anime ini cuma ada di ending song. Itu bikin seger ngelihat art waifu pakai gaun putih. Episode minggu depan juga ditunjukkin di preview dengan narasi sulih suara yang ga ada jiwa sama sekali. Saya bingung mau nonton atau mending stop, soalnya saya sudah biasa ngemaso nonton beginian karena alasan waifu dan fantasi adalah genre kesukaan saya.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 13

Kaczmarek

Nexus gak mengecewakan disini. Andai resource yang kepake di seri ini sama kayak pas ngerjain Dendogram, heh. Aurora sudah di-reveal ya sebagai Diablos. Lah terus dia ngilang gitu aja sama Olivier? Tunggu aja nanti. Gak kerasa kita juga mau ekspansi rencananya Gamma. Ditambah rencana Alpha sama Epsilon soal sumber daya demi ngeraih prosperity. Gak gak gak gak, gak perlu bahas semua hal di episode ini.

BlueHeaven

Dan terjadi lagi. Atomic moment semua langsung byur, kasus selesai. Hah.. pahlawan Olivia yang diagung-agungkan udah pake kage bunshin masih aja kalah sama anak kemarin sore yang chuuni ga ada obat. Masih menjadi misteri, kekuatan slime Cid yang ga kena efek debuff tempat musuh yang katanya anti sihir. Penonton anime only mana paham, sudah disikat lagi ke arc selanjutnya soal finansial dan property bubble. 

Spy Kyoushitsu 01

What’s this?

Gakuen (Spy) Babysitters

Kaczmarek

Washout dikumpulin sama washout lain dan ditampung oleh instruktur yang juga washout. Tapi seiyuu-nya gak washout untungnya, ini bisa dibilang mewah kayak seri Atomic itu. Karena ini cuma satu cour saya kira bakal ngadaptasi tiga/empat fokus heroine aja sih. Kecuali mereka nge-skip banyak dialog untuk ngadaptasi ke volume yang terakhir dirilis. Latar belakang Lily paling enggak udah kena showcase disini. 

SIKE! Penjelasan setting-nya kena lewat aja, jadi mungkin ini bisa jadi adaptasi yang nge-rush dari yang kira. 

BlueHeaven

Dengan list seiyuu bintang lima dan chara waifuable, sudah jelas anime ini ngejual apa. Dari segi story ga nyangka pembukanya lumayan bagus. Tidak ada yang polos. Bahkan setangkai bunga putih bisa menjadi racun jika dibiarkan beraksi. Ditunggu aksi dari karakter lainnya.

Tomo-chan wa Onnanoko 01

What’s this?

Telat 7 tahun.

Kaptain

Ho boy ini dah dated banget. Ini juga ga ditopang kualitas produksi sekelas Cloverworks buat ngedukung animasi karakternya. Selamat aja deh buat Yanagida Fumita yang dapet proyek anime setelah karya lainnya yang lebih pendek dapet adaptasi live action.

Sen no Kiseki: Northern War 01

What’s this?

Sen no Kiseki 2.5

Kaptain

Penasaran saya ada nggak sih penonton yang langsung hajar tanpa peduli sama latar seri Kiseki/Trails. Anyway ini emang pembuka yang tipkal banget buat nih seri, via talenta muda keturunan orang super penting sama baru 5 menit udah birahi banget ngenalin pake format “X the Y, Si Peninju Sejuta Selangkangan”. Saya hormati fase keluyuran di kota buat ngedengerin komentar penduduk masih jadi fase di sini.

Baguslah nih arc Ambria disampaiin via perspektif orang yang bakal digilas Aurelia & Rean nanti. Ya mau gimana lagi kalau ngelawan orang yang bisa spam Delay +10.

NieR Automata Ver1.1a 01

What’s this?

Seri pertama Yoko Taro yang dapet anime

Kaptain

Sedikit konteks, produksi Yoko Taro selalu ngelibatin cerita di mana staf produksi harus nge-tackle tuh makhluk ke lantai biar dia ga masukin ide yang lebih gila ke produk. Makanya ini adaptasi yang njplak intro tuh agak underwhelming walopun emang ini ngegabungin route A & B. Paling nggak harapan saya soal “ending alternatif” tiap episode tuh ngikut gamenya diwujudin.

CG aside ini kualitas produksinya ga jelek-jelek amat. Secara pribadi juga saya dah kebanyakan keluyuran di nih area di FFXIV dibanding game aslinya.

Otonari no Tenshi-sama 01

What’s this?

SoftBank new cow to milk

Kaczmarek

Mahiru hanya ingin masak. Karena di rumah dulunya selalu dimasakin. Karena suka memasak kadang gak mikir porsinya kelebihan. Beruntung ada tetangga yang bisa nampung sisa masakannya. Tetangganya juga senang tiap malam dapat jatah. Semua senang, semua bahagia. Asal Mahiru gak bikin apple pie.

BlueHeaven

Terima kasih telah menonton kisah saya.

Maou Gakuin II 01

What’s this?

Tatsuhisa Suzuki role on demise

Kaczmarek

Yak pasca skandal itu, Anos sekarang ganti seiyuu di musim kedua. Pilihannya ke Yuuichirou Umehara, yang range-nya juga cukup luas dan populer sekarang. Gak perlu filler-filler-an sih sebenernya untuk lanjutin proyek tiga musim ini. Langsung aja ditemukan dengan Erdomaid dan para sidekick-nya Giliisiris Dello. Eleonora sama Zesh perkenalannya juga sekelebat bagi yang belom nonton musim pertamanya.

BlueHeaven

Masih episode satu tapi ga ditahan-tahan, ya. Emang gairah anak muda. Di ruang publik main sosor aja. Ga ada santainya episode 1 Maou Gakuin season 2. Langsung loncat ke konflik setelah munculin akar masalah di part pertama episodenya. Ini mau ngejer apa dah keretanya? 

Saikyou Onmyouji no Isekai Tenseiki 01

What’s this?

Exorcist

Kaczmarek

Kesini cuma karena Efa, tapi malah terkesan sama mode animasinya Yuki. Ini versi cepet dari novelnya, beberapa detail soal keluarga Lamprogue gak diungkap di episode awal ini. Beberapa adegan sengaja dipercepat biar dapet momen monster kena damprat si Seika. Semoga pace-nya agak diturunin pasca ini, karena banyak info yang susah ditelen tanpa konteks lebih.

BlueHeaven

Not your daily isekai. Isekai yang nyeritain tokoh dari masa kecil beranjak dewasa memang menarik. Kita sudah punya judul seperti Mushoku Tensei atau Ansatsu Kizoku sebagai contohnya. Nah, isekai yang satu ini ternyata punya modal lebih dan keunikan yang lebih menjual dari seri isekai lainnya. Saya bukan fans anime yang membahas yokai, terbukti dengan rendahnya pandangan saya terhadap Kyoko Suiri (ini juga ada di musim ini tapi ga bakal saya nonton, semoga). Tapi soal anime ini, damn it’s so good. Siapa sangka naruh unsur yokai ke dalam fantasi bisa sebagus ini. Ditambah Efa, beuh ini calon waifu of the season bersaing dengan tenshi Mahiru dan Marika dari Ankoku Heishi Slow Life. Nambah satu lagi list anime isekai bagus dalam inventory.

DanMachi IV 12

Kaczmarek

Saya udah dibikin kesel sama cour pertama karena stretching-nya yang kurang ajar banget. Berasa balik ke seri 80-an di saat arc bisa diselesain dalam lima menit adaptasi tapi dibikin 25 menit. Cour kedua ini juga bakal ngasih flashback soal Astrea Familia dan beberapa material dari novel spin-off yang baru rilis akhir tahun kemarin. Belum sempet nyentuh ceritanya sih, kecuali ilustrasinya yang bikin Kakage.

Isekai Nonbiri Nouka 01

Pak Lurah harus ati-ati sama yang kiri ini

What’s this?

PAK LURAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH

Kaczmarek

Membangun dusun dulu bersama para anjing-anjing ini. Karena formatnya make material novel, jadi pacing-nya mungkin bakal agak cepet disini. Apalagi beberapa karakter yang sudah nongol di animasi pembukanya. Saya masih sedih Loo yang ngisi bukan Tane dan Tia yang ngisi bukan Yukana kayak di Voice Card awalnya. Ya paling enggak dapet animasi juga ini seri yang lagi stagnan pengembangannya.

Trigun Stampede 01

What’s this?

Adaptasi yang bukan Trigun Maximum

Kaptain

Anime 3DCG yang dipegang Orange. Di satu sisi kita kehilangan kepribadian Nightow dari era 2000-an, di sisi lain saya cukup kagum sama kualitas desain sci-fi dan setting nih remake. Saya bisa terima kompromi ini. “Dikerjain sama staf yang peduli sama sumber materi” emang standar yang rendah banget buat dipenuhi, tapi ini emang banyak banget fanservice buat fans lama di latar. Cerita juga ga buang-buang waktu soal setup perkenalan konflik Vash & Knives.

Sebagai pentonton lama, saya cuma ngarep ini bisa secepetnya berurusan sama Gungho Guns. Buat penonton baru, saya kasih penekanan aja kalau ya; pasifisme Vash itu fokus dari seri ini. Semua hal buruk yang bisa terjadi dari idealisme ini akan terjadi dan bagaimana Vash hidup seperti ini tuh emang konflik utamanya.

Witch from Mercury 12

Kaptain

Hot damn. Penutup cour yang kuat dan padat banget sampe #血染めのユフィtrending lagi berkatnya. Selamat buat bu Prospera yang dapet pretty much everything, cuma butuh bikin anak orang trauma berat aja buat dapet semuanya. Ini Guel udah dapet banyak banget character development jadi saya ga keberatan dia jadi antagonis di paruh akhir, you earned it.

I say, ini semua rencana Prospera butuh Banyak Banget suspension of disbelief biar bisa serapi ini. Saya ga keberatan selama momen emosionalnya bisa terus kuat, and boy ini seri punya rekor bagus buat nih momen. Tragis aja sih ini terjadi abis Miomio minta Suletta buat ga lari.

bukan_randy

Berkat bujukan dari sang ibu di adegan yang dipasang musik yang anehnya rada ceria, Suletta berhasil maju dari takut ngebunuh orang jadi nganggap nyawa orang kayak nyamuk lewat aja. Lama-lama saya curiga itu motto ibu-anak ternyata sebenernya keyword hipnotis. Would you kindly?

Tebakan saya buat nasib Delling ternyata setengah bener setengah salah, dan akibatnya tebakan saya kalau season 2-nya ga bakalan bersetting di sekolah lagi jadi ada kemungkinan ga jadi kenyataan juga. Kelihatannya hubungan Delling & Miorine bakalan sangat membaik, tapi gantinya hubungan Suletta & Miorine bakalan jadi ladang ranjau drama. Mari kita berdoa supaya kutukan season 2 anime mecha Sunrise ga kembali makan korban, karena arahan writingnya, meski sejauh ini saya suka, itu sangat rentan menuju ke sana.

Ningen Fushin 01

What’s This?

Rejected Squad Adventure

BlueHeaven

Berapa banyak seri anime yang mulai banyak menampilkan premis cerita “sorry lu ga guna, please keluar dari party”? Musim lalu kita sudah ada Beast Tamer, sekarang kita punya Ningen Fushin. Bukan hanya satu, tapi 4 karakter buangan dijadikan satu. Heheh, mungkin karena satu sudah mainstream, mari kita buat sekumpulan orang buangan jadi party. Begitulah cerita yang coba ditampilkan oleh Ningen Fushin.

Episode satu masih awal, jadi kita dikasih lihat background per karakter dulu. Paling kasihan ya pendeta. Karena menolak gila, malah dibuat gila sama loli bejat. Serius, itu kan warga bisa lihat di scene pertama pas si bocah ngasih tanaman herbal terus dibalas sereceh koin. Masa langsung kena hakim sendiri. Emang ya, mau zaman baheula di anime atau di real life zaman sekarang, yang namanya bocah pasti dapat previlege pembelaan atas kasus beginian. Turut berduka atas nasib yang dialami para karakter.

Oh ya, ngomongin Si Pendeta saya sampe lupa ada cerita buat MC yang sekarang jadi wota. Heran aja sih, bisa aja mereka masukin idol di fantasi beginian. Bukan yang pertama kali, sih. Tapi itu light stick loh! Modernnya dibatasin dikit dong.

Kaiko sareta Ankoku Heishi (30-dai) no Slow na Second Life 01

What’s This?

Back to Human the Series

BlueHeaven

Satu kesimpulan. Boing-boing save the day. That’s it.

Tenten Kakumei 01

“Permisi saudara-saudara, saya sudah merecokin pesta Anda. Sekarang izinkan saya membawa pulang mantan tunangan Anda. Bye.”

What’s This?

Anis Potter and The Duke Daughter

BlueHeaven

2024 masih lama, tapi kok Anis yang satu ini sudah pintar mencuri hati saya ya? Berkat si kegoblokan pangeran kita jadi bisa melihat anime belok yang lumayan seru ditonton. Animasinya bagus sih, terutama pas nunjukin dua sejoli di atas langit malam. Gula banget dah ngelihat pasutri yang satu ini.

Revenger 01

What’s this?

Bukan di Tokyo, ini juga 150 tahun lalu. Judul juga lebih akurat ngeliat ini tuh soal jasa balas dendam.

Kaptain

Buat seri orisinal, saya cukup respek buat cerita yang ga buang waktu. Kasus balas dendam kali di seri yang lebih ga sopan bakal makan satu arc, tapi ini bisa satu episode aja dikelarin. Bukan episode debut yang wah banget, tapi kesopanan ini ngebuat saya bersedia buat ngasih lebih banyak waktu nonton.

Tsundere Akuyaku Reijou 01

What’s This?

“What is Tsun de rais?”

BlueHeaven

Fresh dari oven, tidak ada karakter yang terlempar ke isekai jadi akuyaku reijou terus ngubah plot asli VN. Akuyaku Reijou yang satu ini mengedepankan kemurnian interaksi antara karakter game dengan intervensi “minor” dari dua pemain gamenya yang disebut sebagai dewa. Dari konsep ceritanya bagus sih. Eksekusinya langsung kelihatan di episode ini yang berhasil mencuri perhatian penonton. Adanya jenaka yang gampang naik membuat jalan anime ini sangat lebar untuk episode selanjutnya.

Tolong kru kipas angin yang di belakang kamera dikasih bonus gaji lebih. Kasian anginnya habis di tengah jalan jadi saya hanya bisa bergumam “Ya, kok sampe di sini saja sih angin-anginannya?” Btw voice acting Endo dan Kobayashi bagus buat posisi pembaca acara dan komentator.

Roukin8 01

What’s This?

Kiat Sukses Menjadi Kaya di Isekai

BlueHeaven

Kekuatan Mitsuha itu udah OP, ditambah lagi dia dapet kemampuan bahasa cuma sekadar minta. Enak banget dapat kekuatan dengan bayaran nol. Ditambah tujuannya yang sebenarnya bakal menghancurkan stabilitas antar dunia, apa ga OP itu? Sepertinya pemikiran ekonomi normal mengenai inflasi dan semacamnya harus dibuang demi menikmati anime yang memuat unsur keuangan di judulnya. Paling bagus ya berpikirlah seperti kakaknya Mitsuha. Isekai tanoshii,  let’s enjoy it!

Dandadan 89

CTian

Yap, di atas adalah contoh dialog paling normal di Dandadan.

Neural Cloud

Kaptain

Dah pada dapet Hatsu kan? Sama kayak kebanyakan early game OP chara, ini unit rusak yang untungnya kerusakannya mihak pemain. Semua Warrior ke depan bakal dapet beban “Ini sebagus Hatsu apa nggak?” dan ya harusnya banner Warrior berikutnya tuh buat Magnhilda yang niche-nya tuh di survivability

Entah ini deket Imlek dapet percepatan Banner lagi apa nggak, ga keberatan sih kalau Daiyan nongol duluan.

bukan_randy

Dah dapet Hatsu tapi masih investing very heavily ke tim sniper, jadi kayaknya dinaikinnya masih nanti-nanti.

Setelah story chapter 1-4 yang masing-masing standalone, chapter 5-6 ini ceritanya nyambung dan bahkan masih belum selesai. Jujur agak sedikit sebel chapter 6 ini panjangnya dua kali lipat chapter-chapter lainnya tapi ceritanya sendiri ga progres banyak selain ngasih implikasi keberadaan faksi-faksi di Magrasea selain Exiles & Sanctifier. Croque bakalan terus di ruang IGD sampai kapan ini lol

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: zzinbbang